Home > REPORT > Review Bacaan: Buku Industri Sepeda Motor & Majalah Dunia Matik Honda

Review Bacaan: Buku Industri Sepeda Motor & Majalah Dunia Matik Honda

September 21, 2009 Leave a comment Go to comments

IMGP4203

Buku & Majalah Untuk Referensi Bacaan

Jakarta, 21 September 2009. Liburan lebaran mau kemana ya? Mau bersilahturahmi dengan keluarga yang lagi berlebaran sudah dilaksanakan.

Sepertinya kota Jakarta masih lengang dan bebas macet selama liburan lebaran, tapi yang namanya tempat rekreasi pastinya ramai dan penuh sesak. Jangan tanya lagi soal keramaian di Ancol, TMII, Ragunan, Kebun Raya Bogor, Puncak, Bandung, dan sebagainya selama liburan lebaran pasti sangat padat!

Tak ada pilihan bagi SL.com kecuali berkunjung ke TB Gramedia sebagai pilihan terakhir. Dari sekian buku yang dilihat-lihat dan ketika sampai ke kasir untuk membayar, terdapat satu buku berjudul “Industri Sepeda Motor: Ditengah Maraknya Klub dan Komunitas Motor,” karangan blogger Edo Rusyanto. Sedangkan yang berikutnya adalah majalah “Dunia Matik Honda,” terbitan Otomotif.

Berikut ini adalah kutipan dan pandangan SL.com tentang buku dan majalah yang telah dibeli.

Industri Sepeda Motor: Di tengah maraknya klub & komunitas motor

IMGP4207

Buku Industri Sepeda Motor Ditengah Maraknya Klub dan Komunitas Motor

Sebagai seorang teman, sekaligus sesama penulis blogger tak ada salahnya jika SL.com memiliki buku karangan Edo Rusyanto yang dikenal sebagai seorang jurnalis harian Investor Daily.

Edo dalam pekerjaannya sehari-hari menggunakan sepeda motor. Terakhir kali SL.com melihat ia mengendarai motor Yamaha Vi-xion untuk menelusuri jalan-jalan di kota Jakarta. Ia sangat aktif mengikuti perkembangan klub dan komunitas motor di Indonesia, sejalan dengan perkembangan industri dan volume penjualan motor di tanah air.

Pria kelahiran tahun 1970 ini sering bercanda dalam obrolan, namun ia tetap serius dalam hal menulis. Ia juga tercatat sebagai anggota Karisma Honda Cyber Community (KHCC) yang berbasis di Jakarta. Selain itu, ia pun didaulat sebagai salah satu Penasihat Minerva Riders Community dan juga aktif di RSA (Road Safety Association).

Yang pasti ia begitu concerns dan peduli tentang safety riding. Hal ini terbukti dari tulisannya yang bisa ditemui di blog pribadinya “Edo Rusyanto’s Traffic.” Demikian pula ia adalah aktifitis CERAS (Ceras of Safety Riding Study) yang kerap mengadakan panel diskusi bersama AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) dan sejumlah ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek).

Panel diskusi CERAS, AISI, dan beberapa ATPM sebelum lebaran 2009 dapat dilihat melalui salah satu artikel ini.

Menurut kata sambutan Bro Edo yang ada didalam bukunya, ia mengatakan bahwa buku Industri Sepeda Motor di Tengah Maraknya Klub dan Komunitas Motor ini mencoba memotret sebagian denyut kelompok sepeda motor yang belakangan juga menjadi ajang para agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor meningkatkan awareness mereka.

SL.com mengamati isi buku pada Bab Pertama yang intinya adalah membahas tentang perkembangan sepeda motor. Dimulai dari sejarah motor dunia, kemudian orang-orang penting dalam sejarah motor sepeda motor, rakasasa Asia. Setelah itu dibahas tentang perkembangan sepeda motor di Indonesia, dan mengenai industri motor di Indonesia, khususnya ATPM yang terdaftar sebagai anggota AISI.

Pada Bab Kedua, Edo menulis secara khusus tentang merebaknya komunitas dan klub sepeda motor di Indonesia. Ia bahas mulai dari soal tren komunitas motor, antara lain tentang ciri-ciri klub dan komunitas, motivasi berkelompok, kegiatan klub motor, keselamatan berkendara, dan penggalangan keuangan kelompok sepeda motor. Masih dalam Bab Kedua, ia membahas tentang pentingnya keahadiran teknologi internet, peran komunitas pada citra produk, dan bagaimana kepentingan ATPM. Ada sejumlah nama klub/komunitas dengan latar belakang pengurus, visi dan misi klub/komunitas yang diuraikan secara detail. Pokoknya isi buku ini lumayan lengkap dengan informasinya soal klub dan komunitas motor yang ada di Indonesia.

Pada Bab Ketiga sebagai bab terakhir, Edo mengupas tentang tren industri sepeda motor di Indonesia, antara lain peran motor sebagai alat transportasi, tren sebagai gaya hidup, dan juga strategi pemasaran dan pembiayaan.

Buku setebal 167 halaman dengan penerbit Tristar Publishing dapat dibeli di TB Gramedia dan toko buku lainnya dengan harga Rp.40,000.-.

Pandangan SL.com tentang buku ini adalah, bahwa buku ini tepat sebagai panduan bagi mereka yang ingin tahu soal industri (ATPM), dan perkembangan klub/komunitas motor di Indonesia. Kita ketahui bahwa industri dan konsumen (bikers) kini harus saling merangkul, apalagi merangkul klub/komunitas adalah bagian yang terpenting untuk kelangsungan pertumbuhan industri motor di Indonesia di tengah persaingan yang kini makin kompetitif.

Info lengkap tentang isi buku ini, langsung saja beli bukunya bro..πŸ™‚ Soalnya di halaman dua ada kutipan pasal 44 tentang Sanksi Pelanggaran Undang Undang Hak Cipta. Pada intinya jangan mengutip/meng-copy isi buku, tapi harus beli sendiri bukunya! Bukan begitu maksudnya Bro Edo?!πŸ™‚

Majalah Dunia Matik Honda

IMGP4206

Majalah Dunia Matik Honda dari Otomotif/Gramedia Group

Ini adalah majalah edisi khusus yang diterbitkan oleh Gramedia Group & Otomotif. Yang pasti isi dari malajah ini adalah tentang motor matik dari merek Honda atau produk-produk dari PT Astra Honda Motor (AHM). Majalah ini sengaja dicetak setelah launching “Dunia Matik Honda” pada tanggal 2 Agustus 2009 lalu. Artikel tentang acara Dunia Matik Honda itu sendiri bisa dibaca di sini.

Yang menarik bagi SL.com ketika mencermati isi majalah tersebut, bahwa sebenarnya setiap artikel yang ada dariΒ  majalah Dunia Matik Honda, ternyata beberapa di antaranya sudah pernah dimunculkan melalui tabloid-tabloid dan majalahnya terbitan Gramedia Group. Sebut saja antara lain, sumbernya dari tabloid Motor Plus, Otomotif, Oto Plus, Moto Bike dan sebagainya yang mana mereka memang khusus meliput atau menulis tentang otomotif roda dua.

Majalah tersebut kali ini memang khusus mengupas habis tentang motor matik Honda, merek Vario dan Beat antara lain mengenai profilnya, fiturnya, brand ambassador, test ride, bore up, modifikasi, tips, aksesori, komparasi, bengkel rujukan, dan klub-klub skuitik Honda. Sedangkan jenis motor yang dibahas, secara detail maupun secara satu persatu dengan urutan dari Honda Vario, Honda Beat, dan Honda Vario Techno.

Nah, bagi mereka yang perlu informasi soal motor matik Honda atau lagi mikir-mikir mau beli motor baru, sebaiknya beli dulu majalah ini. Setidaknya ada tambahan informasi yang lumayan lengkap. Bagi mereka yang sudah punya motor matik Honda, juga tak ada salahnya memiliki majalah ini yang dijual dengan harga Rp.30,000 karena siapa tahu ada tips-tips yang berguna. Apalagi isi majalah tersebut memiliki desain dan warna-warni gambar yang meriah dan cerah.Β  Maaf bro.. lagi promosi nih!

Pandangan pribadi SL.com tentang majalah ini, bahwa pihak Otomotif dan Gramedia sepertinya mendapat order khusus atau ada jalinan kerja sama dengan PT AHM untuk menerbitkan majalah edisi khusus “Dunia Matik Honda.” Artinya, semua pihak, baik dari percetakan maupun industri motor, masing-masing punya kepentingan yang sama dalam hal publikasi, yang penting isi tulisan, maupun artikel yang disajikan tetap independen, bicara apa adanya, dan lengkap dengan foto-foto, sepanjang informasi yang disajikan memang berguna bagi masyarakat luas. Tentunya isi dari pada majalah tersebut dibuat dengan versi Otomotif/Gramedia.

Kalau masih penasaran, silahkan beli sendiri majalahnya di TB Gramedia..πŸ™‚

Categories: REPORT
  1. edo
    September 22, 2009 at 10:20 am

    trims atas atensinya bro stephen, smoga sehat dan senantiasa sukes yah, salam

  2. September 22, 2009 at 9:45 pm

    yes! sama2 bro Edo..πŸ˜‰

  3. Ian
    September 23, 2009 at 7:42 am

    Saya juga udah baca buku nya bro Edo, thumbs up! cocok buat mereka yang mau mengenal komunitas motor di Indonesia. Mantap bro Edo!

    SL.Com emang selalu oke dalam mengulas sesuatu! keep it guys!

    Regards,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: