Home > TIPS > Pertemanan Antara Dunia Maya & Kopdar

Pertemanan Antara Dunia Maya & Kopdar

September 19, 2009 Leave a comment Go to comments

IMGP3698

Internet sebagai sarana komunikasi dunia maya

Jakarta, 18 September 2009. Semua orang juga sudah tahu kalau blogger itu lebih sering duduk dibelakang komputer-nya dan berhadapan dengan dunia maya. Komputer adalah sarana utama bagi seorang yang suka ngeblog.

Sang blogger bisa menuangkan pengalaman, daya pikir, opini, pendapat, berbagi cerita, melalui berbagai artikel yang diketik melalui alat komputer, dan kemudian artikel tersebut di sebarluaskan melalui dunia maya internet. Kurang lebih seperti itulah ciri-ciri utama orang yang suka ngeblog.

Apakah ngeblog sebuah pekerjaan? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak.

Bagi sebagian blogger mengatakan bahwa kegiatan ngeblog adalah hobi, menuliskan ide-ide, sekedar meluangkan waktu, sekaligus mengembangkan pertemanan, atau sekedar berbagi cerita yang sebenarnya membutuhkan waktu dalam hitungan jam.

Ada juga blogger yang bertujuan ngeblog hanya mencari kesenangan bathin dan ia pun bersedia duduk didepan komputer-nya berjam-jam untuk membaca setiap komentar dari pembaca setianya. Beruntung perangkat Hp masa kini sudah bisa terkoneksi dengan internet, sehingga hal ini memungkingkan orang bisa ngeblog lewat Hp. So, ngeblog pun sekarang sudah bisa dilakukan selama 24 jam penuh, dimana saja lokasi blogger itu berada.

greatidea-01

Membangun ide dan gagasan

Kesibukan ngeblog tergantung dari jumlah artikel yang dimunculkan, ada yang bisa mencapai dua atau tiga artikel per hari, ada juga yang bisa menghasilkan hanya satu artikel per hari, atau ada juga yang cuma sanggup satu artikel per minggunya.

Kemampuan seseorang ngeblog tergantung dari pada waktu yang tersedia, materi yang didapat, ide atau gagasan yang pantas ditulis, dan juga bisa tergantung dari pada kemampuan daya pikir untuk mengembangkan sebuah tulisan yang menarik.

Namun pada prinsipnya, orang mau ngeblog akan sangat tergantung dari pada longgarnya waktu, antara waktu pekerjaan utamanya dan waktu untuk keluarganya, karena kebanyakan orang yang suka ngeblog hanya sebagai “sambilan”,dan bukan sebagai hal yang prioritas, walaupun ngeblog sudah menghabiskan waktu berjam-jam.

Bicara soal jaringan sosial network melalui dunia maya memang sangat mudah dilakukan, sebut saja SL.com bergabung dengan berbagai mailing list atau forum-forum internet. Semua orang pun bisa melakukan hal yang sama, tinggal masuk ke yahoogroups.com, googlegroups.com, atau forum internet. Selanjutnya silahkan pilih group yang diminati, atau  pilih yang anggotanya banyak, atau masuk ke forum diskusi internet sesuai dengan minat. Setelah itu, silahkan ikut berdiskusi dan memberikan posting-posting yang menarik. Dijamin jaringan pertemanan dunia maya pasti bisa dicapai dalam angka ratusan, ribuan dan hingga jutaan orang.

Namun demikian, bagaimana dengan kopdar (kopi darat)? Perlukah pertemanan dunia maya tadi dilanjutkan dengan kopi darat?

networking1

Kopi darat sebagai sarana social networking

Kebanyakan pemain dunia maya mengatakan tidak mudah menyisihkan waktu untuk kopdar. Hal itu tergantung dari pada beberapa faktor, antara lain skala prioritas kopdar, waktu yang tersedia, lokasi kopdar, pekerjaan, keluarga, dan sebagainya.

Banyak pemain dunia maya yang sangat aktif berbicara di milis atau forum internet, maupun yang suka ngeblog ternyata mereka juga tak sanggup melakukan kopdar karena faktor-faktor yang disebutkan tadi. Hal ini dapat dimaklumi karena fasilitas internet dunia maya adalah sarana komunikasi modern, bisa menjangkau semua sudut bumi, tapi bicara soal kopdar nanti dulu.

Pengalaman SL.com dalam dalam konteks mengembangkan wawasan dan pertemanan, berpendapat bahwa blogger  seharusnya tidak hanya duduk diam di depan komputer. SL.com ikut dituntut untuk bisa bertemu secara langsung dengan beberapa rekan blogger melalui acara kopdar, atau bertemu langsung dengan para nara sumber yang sering dibicarakan melalui tulisan blog. Kenapa SL.com perlu hadir di acara kopdar?

Karena ternyata jalinan sosial pertemanan jauh terasa lebih solid. Hal ini terbukti setelah SL.com bertemu langsung dengan orang-orang yang sering berdialog di dunia maya. Apalagi ketika bertemu langsung dengan para nara sumber yang sering ditulis, karena kebanyakan para nara sumber ingin pula bertemu dengan para blogger yang kerap dibicarakan di blognya.

Copy (2) of IMGP4144

Panel diskusi sebuah kesempatan untuk kopdar

Ketika SL.com menghadiri beberapa acara kopdar, dan sebut saja ketika hadir di acara panel diskusi yang bertajuk “Peran ATPM Menghadapi Ledakan Pemudik Sepeda Motor” yang digelar oleh CERAS (Center for Safety Riding Study), dimana acara ini diprakarsai oleh seorang blogger bro Edo Rusyanto (Rabu, 16/9/09), tak tak disangka jika SL.com bisa bertemu muka secara langsung dengan beberapa tokoh sentral dibidang industri sepeda motor, kalangan media/wartawan otomotif, dan juga dengan tokoh sentral penggiat safety riding.

Hanya bermodal dengan kartu nama pribadi berinitial http://www.stephenlangitan.com, maka tak pelak hampir semua para pembicara di acara tersebut, wartawan, dan tokoh utama safety riding, baik yang independent maupun ATPM, serta beberapa anggota klub/komunitas motor, seluruhnya bisa disalami satu persatu dalam rangka menjalin tali silahturahmi dan pertemanan kopi darat.

Ternyata dengan kegiatan saling bertukar kartu nama tadi, yang semula hanya perkenalan awal, bisa berlanjut dengan percakapan yang lebih akrab. Lebih dari pada itu, jalinan sosial network juga makin berkembang dengan sejumlah janji pertemuan-pertemuan berikutnya.

“Habis lebaran kita bertemu lagi ya, kita atur pertemuan dikantor untuk melanjutkan obrolan ini,” kata SL.com kepada seorang staff PT Yamaha Kencana Motor (YMKI) yang duduk bersebelahan.  Omongan tadi pun dijawab singkat: “Pasti bro, kami wellcome dengan kehadiran anda,” jelas staff PT YMKI tersebut sambil berjabat tangan secara erat.

Ahh.. rasanya memang sudah tak sabar lagi mau melihat produk baru yang bakal ditelurkan oleh PT YMKI dalam waktu dekat ini.🙂

Categories: TIPS
  1. September 19, 2009 at 5:43 am

    Halo bro,
    Selamat Idul Fitri 1430 H, Mohon Maaf Lahir Batin.

    Bro Stephen sendiri mudik nggak?🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: