Home > TIPS > Pentingnya Handle Balancer

Pentingnya Handle Balancer

September 11, 2009 Leave a comment Go to comments

IMGP4034-01Jakarta, 11 September 2009. Bagi sebuah motor lelaki, alat yang terbuat dari bahan alumunium ini sepertinya sebuah benda yang sepele, namun ketika dilepas, akan terasa ada sesuatu yang tidak seimbang atau tidak stabil dalam hal kemudi motor.

Alat yang terletak pada ujung stang kemudi (sepasang), baik yang ada di ujung kiri dan diujung kanan stang biasa disebut sebagai “handle balancer” yang memang bertujuan memberikan keseimbangan dan kestabilan pada saat motor dikendarai.

Balancer yang dibuat dengan bentuk dan desain khusus ini, biasanya memiliki “berat” yang dapat memberikan suatu keseimbangan pada kemudi atau kestabilan stang motor. Disamping itu, dengan menggunakan alat balancer ini bisa mengurangi getaran kemudi motor agar stang menjadi lebih stabil dan nyaman saat dikendarai.

Beberapa motor yang mengganti kemudi atau jenis stangnya, misalnya mengganti dengan stang kemudi trail, seringkali melepas alat balancer ini agar stang kemudi tidak terlalu lebar. Tetapi sebenarnya, melepas alat balancer adalah cara yang salah. Menggunakan stang trail memang harus disadari oleh pemilik motor bahwa stang kemudi bakal menjadi lebih lebar dari biasanya, jadi alat balancer ini seharusnya tetap dipergunakan demi keseimbangan dan kestabilan motornya.

IMGP4033Belakangan ditemukan dipasaran toko asesories jika alat balancer dijual dengan ragam warna-warni yang unik, demikian pula ada yang menjual dengan ukuran yang lebih berat dari ukuran biasanya. Bahkan ada pula yang terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, seperti dari bahan emas, silver, dan titanium.

Biasanya pabrikan hanya menelurkan alat balancer ini dengan kualitas yang baik yaitu terbuat dari bahan alumunium, tetapi beberapa pengusaha asesories bisa menciptakan balancer ini dengan bahan, model dan desain yang lebih unik.

Namun demikian, apapun bahan, model dan desainnya, yang penting perhatikan fungsi utamanya, bahwa keberadaan balancer ini adalah sebagai alat keseimbangan dan kestabilan kemudi motor. Jangan pernah sepelekan, walaupun hanya tinggal sebelah karena hilang atau lepas, sebaiknya bikers segera mencari pasangannya. Hal ini adalah bagian dari Safety Riding dimana setiap bikers dapat memahami fungsi utama dari setiap alat yang ada di motornya.

Categories: TIPS
  1. shilla.kr
    September 11, 2009 at 7:02 pm

    perasaan fungsi part ini untuk membantu feeling rider yang belum pas dengan puntiran gas.
    misal,tanpa ada part ini tangan kanan yang mbetot gas sepenuhnya meremas handle gas,kalo pas lewat jalan jelek(ajrut2an) kadang tangan ikut ajrut2an,ini bahaya apalagi utk mesin yang responsif.
    Kalo ada balancer,genggaman tangan bisa bertumpu padanya,jadi pelintiran gas bisa lebih terkontrol tanpa banyak terpengaruh guncangan motor.
    Tanpa bermaksud merendahkan,buat yang sudah expert(feeling sudah padu),keberadaan part ini gak begitu berpengaruh kok..

  2. September 11, 2009 at 8:56 pm

    sangat lebih banyak yang menganggap handle balancer tersebut bukan sesuatu yang penting, sering lihat yang dicopot, diganti ama yang plastik
    pernah juga nemu di jalan beberapa kali

  3. Imam
    September 11, 2009 at 10:04 pm

    artikel anda sangat menambah wawasan saya, terima kasih, memang bentuk dari handle balancer ini mengingatkan saya pada bandul penyeimbang dalam timbangan kuno…yang mena berfungsi sama, yakni untuk menyeimbangkan suatu berat massa

  4. September 11, 2009 at 10:50 pm

    @Shilla
    bener kok ini fungsinya yang asli buat penyeimbang n pengurang getaran.. coba deh pake motor yang pake alat ini, trus coba lagi kalo dilepas, getaran bakal kerasa banget n untuk beberapa motor buat lepas stang jadi kurang seimbang/belok sendiri tapi ada juga motor yang tetep seimbang. kalo memang bisa buat pegangan juga di jalan yang jelek mungkin tu fungsi sampingan.

  5. September 12, 2009 at 7:31 am

    temen aye modifikasi bandul setangnya pake daleman motor honda + bandul luar shogun SP yang berat..

    efeknya jadi stabil..

    hal kecil yang sering di lupakan kaum bikers nih..

    padahal kalo ganti setang lebar tanpa pasang balancer, air pas nyuci motor bsia masuk kan..

    ujung-ujungnya bikin karatan daleman setang..

  6. nunoe
    September 12, 2009 at 1:06 pm

    tadi nyoba pasang sendiri balancer di skydrive..hasilnya, GAGAL TOTAL..!! hahahaha…
    udah potong karet handle sebelah kanan, ternyata ngga muat…ada plastik yg ngehalangin…(ini mah gampang, isa di coak) pas potong yg sebelah kiri, damn!!gak ada lobangnya!!ketutup besi…
    walhasil..garuk2 dah,,😛

    ntar sore mau samperin bengkel…soale kemaren riding dalem kota lumayan lama, sekitar 1,5 jam..tangan pegel2 kerna vibrasi sampe ke stang..

  7. September 12, 2009 at 5:39 pm

    @nunoe… buruan dipasang balancernya ntar tangan bisa kesemutan pas bawa skydrive…. bahaya tuh…

    Nambahin Bung SL memang betul, alat ini kecil tapi muanfaatnya gede banget,,, vibrasi motor bisa berasal dari berbagai macam… ada beberapa part yang dalam fungsinya menyerap getaran diantaranya Ban, shock breaker, Engine Mounting, handle balancer, karet-karet yang biasanya ada di sambungan swing arm dan rangka. itu semua sangat vital fungsinya tetapi kadang pemilik motor tanpa hitungan yang bagus memodifikasi sehingga fungsi komponen tadi berubah.
    Estetika perlu tetapi fungsi dari modifikasian harus diperhatikan.
    Misal ban di diganti dengan ban sepeda onthel… lha apa pantat pengendara terasa sakit !!!! shock diganti dg produk after market yg kualitasnya kurang baik sehingga rasa shock kaya shock yg udah mati….
    aya-aya wae…..

  8. September 12, 2009 at 5:40 pm

    @nunoe… buruan dipasang balancernya ntar tangan bisa kesemutan pas bawa skydrive…. bahaya tuh…

    Nambahin Bung SL memang betul, alat ini kecil tapi muanfaatnya gede banget,,, vibrasi motor bisa berasal dari berbagai macam… ada beberapa part yang dalam fungsinya menyerap getaran diantaranya Ban, shock breaker, Engine Mounting, handle balancer, karet-karet yang biasanya ada di sambungan swing arm dan rangka. itu semua sangat vital fungsinya tetapi kadang pemilik motor tanpa hitungan yang bagus memodifikasi sehingga fungsi komponen tadi berubah.
    Estetika perlu tetapi fungsi dari modifikasian harus diperhatikan.
    Misal ban di diganti dengan ban sepeda onthel… lha apa pantat pengendara terasa sakit !!!! shock diganti dg produk after market yg kualitasnya kurang baik sehingga rasa shock kaya shock yg udah mati….
    aya-aya wae…..

  9. September 12, 2009 at 5:41 pm

    hapus koment ini,, soale sekarang saya dah pakai nik name Joe TZ …. matur nuwun…

  10. September 13, 2009 at 10:46 am

    @Nunoe
    skuter matik tidak membutuhkan handle balancer.lihat saja semua produk.gak ada yang pake kan? kalo ada yang pake itu lebih dari sekadar variasi.pengen tahu jawabannya?

  11. nunoe
    September 13, 2009 at 11:07 am

    @om giri,
    Masa sih? jadi klo misalkan saya pasang, gak ada pengaruhnya?pernah saya baca tips n trik di salah satu tabloid,untuk mengurangi vibrasi di setang skutik,bisa pake balancer ini..dan katanya ampuh..

  12. wirajaya
    September 13, 2009 at 2:55 pm

    memang sih bandul balancer ini memang bisa ngurangin getaran setang cukup signifikan..

    temen2 yang pada pake setang lebar..
    dari pada gak pake balancer..
    cobain deh sisi dalem setang yang kopong..
    di padetkan pake semen putih hingga padat..
    memang setang jadi lebih beratz.. tapi dengan lebih rigidnya setang..
    maka bisa meminimalkan getaran yang timbul..
    bahkan setang bisa menjadi tumpuan yang kuat ( susah bengkok )
    apabila motor jatuh..

    sudah terbukti dari rekan2 di mari kok..

    thx

  13. moonraker
    September 13, 2009 at 5:42 pm

    tapi mbok yg pake handle balancer jaga jarak kiri kanan di tengah kemacetan..
    boilku pada baret-baret kena handle balancer motor yg tidak bertanggung jawab.
    untung pake asuransi…

  14. September 14, 2009 at 8:38 am

    saya pakai handguard kiri dan kanan
    ngak bisa pasang balancer
    tapi stang enak enak saja
    mungkin ketolong sama handguard yang berat..???

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: