Home > TIPS > Yang Penting Rame Bro…

Yang Penting Rame Bro…

September 6, 2009 Leave a comment Go to comments

IMGP0790

Mas Parno CEO Bengkel PMS

Jakarta 7 September 2009. “Yang penting rame bro..” demikian sebuah kalimat pendek yang menjadi harapan-harapan dari Mas Parno sang pemilik dari Bengkel PMS Ponorogo Motor Sport.

Hal itu dungkapkan oleh Mas Parno diwaktu silam ketika SL.com sedang mengunjungi bengkel tersebut untuk servis motor sambil mengambil beberapa foto untuk dijadikan artikel tentang bengkel PMS. Niat penulisan artikel disampaikan dengan hati dan niat yang baik, dan akhirnya kini berlanjut dengan pemasangan iklan secara kontinue yang muncul di halaman blog ini.

Waktu dulu Mas Parno sempat cuek-cuek saja karena tidak sempat berpikir jauh bagaimana penting-nya marketing dan internet,ย  wong dia memang orang bengkel asli, yang dia tau cuma ada konsumen yang datang, ada motor yang harus diservis, dilayani dan terakhir bayar ditempat, demikian pemikiran pendek Mas Parno pada saat itu.

Tapi ketika artikel PMS sudah dimuat di halaman blog ini, akhirnya Mas Parno pun sadar bahwa artikel PMS dan dunia teknologi internet telah menambah banyak pelanggan PMS, baik yang datang dari Jabodetabek maupun yang datang dari luar kota.

Loh koq bisa ada pelanggan yang datang dari luar kota, bahwa apa yang dimaksud oleh Mas Parno sebenarnya adalah konsumen yang tahu bengkelnya dari internet khususnya http://www.stephenlangitan.com yang kemudian mereka (red=konsumen) hanya lewat alat HP melakukan pengecekan harga, terus berlanjut dengan pemesanan, kemudian setelah harga sepakat dan uang sudah ditranfer, maka barang pesanan tadi pun segera dikirim lewat jasa expedisi.

IMGP0779Kini bengkel PMS tidak hanya melayani servis motor dan penjualan asesories ditempat, tetapi PMS juga sudah bisa melayani pesanan aneka asesories motor, maupun suku cadang motor yang sulit dujumpai di daerah.

Soal pesanan dan pemakaian jasa ekspedisi memang ditujukan buat para konsumennya yang datang dari luar kota Jakarta. Sedangkan konsumen yang masih dalam berada di area Jabodetabek, biasanya langsung datang ke lokasi bengkel PMS yang terletak di kawasan Petukangan Selatan, Jl. Raya Cileduk,ย  Jakarta Selatan.

Nah itulah sekilas yang dimaksud oleh Mas Parno: Yang penting rame bro! Bicara soal rame, apa yang dimaksud oleh Mas Parno adalah sangat luas. Bisa jadi rame yang datang (red=pengunjung), rame pembeli, rame pemesan, rame yang nelpon, atau juga rame yang main ke bengkelnya.

Nah, bagi pribadi SL.com ketika mengamati perkembangan Mas Parno, terlihat ada banyak kemajuan, selain Mas Parno sudah memiliki lahan sendiri untuk membuka bengkel sendiri, dan kini ia pun kini sudah berani menambah mekaniknya, menambah produk-produk asesories yang dipajang didalam bengkelnya. Bahkan Pertamina pun sudah mengikat kontrak dengan PMS melaluiย  Program Motor Jadi Hero!

IMGP0783Tak cuma itu saja, Mas Parno kini juga sudah memiliki kembali mobil keluarga Toyota Kijang jenis kapsul, selain untuk keluarga, mobil tersebut ia pakai untuk keperluan operasional dan belanja ke pusat kota. Rumahnya yang terletak persis dibelakang bengkelnya memudahkan ia melihat keluarganya, demikian pula sang istri kini ikut pula membantu usaha bengkel PMS ini. Satu kemajuan, perangkat komputer pun sudah tersedia di rumahnya yang terkoneksi dengan internet selama 24 jam penuh.

Yang penting rame bro… kalimat pendek yang tidak akan pernah dilupakan begitu saja oleh SL.com. Setidaknya SL.com belajar banyak dari Mas Parno bagaimana ia bisa maju dan sukses. Bengkelnya terbukti memang selalu ramai pengunjung yang datang dari berbagai klub/komunitas, privateer, dan juga konsumen yang sifatnya umum. Ia cukup pintar menjaga hubungan yang baik dengan kosumennya, dibuat betah, dan kembali lagi pada servis berikutnya. Ada aneka ragam jenis merek motor dilayani dengan baik oleh Mas Parno, dan kabarnya motor-motor sekelas Kawasaki Ninja 250 CC juga sudah banyak yang melakukan servis di bengkel PMS ini.

TIPS UNTUK BLOGGER

IMGP3992Belajar dari cerita diatas, SL.com pun teringat ketika mengikuti Pesta Blogger 2008 khususnya dalam acara kelompok. Saat itu SL.com memilih kelompoknya Nukman Luthfie yang dikenal sebagai Online Strategist sekaligus CEO www.vitual.co.id. Materi yang dipakarkan oleh Pak Nukman seputar blogger & busineess opportunity.

Yang dapat diingat dari pesan-pesan Pak Nukman bahwa blogger yang sudah bisa berhubungan dengan perusahaan untuk menjaring iklan, minimal sudah memiliki 1000 pengunjung per hari. Wah.. berarti blog harus dibuat rame dong..๐Ÿ™‚

Waktu itu SL.com sempat kaget, lah pengunjung blog ini baru mencapai 25 orang viewers per hari, jadi gimana dong caranya supaya bisa sampai angka 1,000 viewers per hari? Namun demikian, tips dan petunjuk dari Pak Nukman tetap diikuti yaitu tetap fokus pada sebuah bidang, karena tipsnya janganlah jadi blogger “gado-gado” agar blogger bisa dikenal oleh suatu industri tertentu. Maka akhirnya penulisan artikel-artikel yang ada di blog ini akan selalu terfokus pada satu bidang, yaitu seputar automotive yang dimulai dari karegori roda dua dan juga roda empat.

Pelan tapi pasti, dan akhirnya pencapaian pada angka 1000 pengunjung per hari bisa tercapai juga. Yang penting rame bro… selalu teringat didalam setiap penulisan blog. Kata-kata ini yang selalu mendorong sekaligus memberikan semangat, karena secara tidak langsung hal ini memberikan motivasi.

IMGP0508Sejak pencapaian di angka 1000 tersebut, akhirnya SL.com menghubungi seorang teman yang memiliki salah satu kontak person di Pertamina, dan dibalas dengan undangan untuk nonton bareng balapan A1 di sebuah cafe. Teman yang dihubungi malah tak datang di cafe yang dituju, tak ayal SL.com pun langsung berhubungan dengan pejabat Pertamina tersebut. Kebetulan pada acara nonton bareng balap A1 tersebut diliput secara langsung oleh sebuah stasiun TV.

Setelah berkenalan singkat, apakah pertanyaan yang mucul dari para pejabat Pertamina?

Pertama, ditanyakan berapa jumlah pengunjung blog anda per hari? Kedua, berapakah artikel yang dihasilkan per hari? Saat itu SL.com beruntung membawa lembaran hasil print statistik total viewers blog sebagai bukti bahwa angka pengunjung blog terus meningkat dan angkanya jelas tertera. Demikian pula ada data-data jumlah posting blog sehingga bisa dihitung berapa jumlah posting per harinya secara rata-rata.

Singkat kata, pejabat Pertamina tersebut memberikan anggukan dan mengundang SL.com untuk datang kekantornya untuk membicarakan lebih lanjut. Pada akhirnya, pihak Pertamina memberikan suatu kesempatan bagi SL.com untuk menuliskan artikel-atikel secara independent, bebas dan lugas tentang Pelumas Pertamina selama tiga bulan dengan total 15 artikel (lihat di halaman ini).

BLOG SAMA DENGAN MEDIA

Jika kita jujur, sebenarnya blog tidak lebih dari sebuah “media” yang hanya disampaikan melalui media on line internet. Sekedar flashback, coba perhatikan ketika orang mau pasang iklan di sebuah koran atau majalah pastinya pihak klien akan selalu bertanya, berapa oplahnya per hari? Siapa saja pembaca koran/majalah tersebut? Dan siapa pemilik atau manajemen dari koran/majalah tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini seringkali ditanyakan pula oleh para pengusaha ketika SL.com sebagai blogger berhadapan dengan industri dalam banyak kesempatan. Apakah blognya ramai dikunjungi? Berapa per harinya? Siapa saja para pengunjungnya? Bisa lihat data dan statistiknya?

Yang penting rame bro.. mungkin itulah tips yang paling tepat bagi blogger yang ingin mendapatkan kerjasama dengan beberapa perusahaan. Oleh karena itu, usahakan blog tetap ramai dan sering dikunjungi, dan ingat bagaimana caranya setiap tulisan yang ada bisa juga menyentuh para pengusaha yang akhirnya mau memberikan kesempatan kepada blogger meliput produk atau perusahaannya.

Coba perhatikan beberapa website perusahaan,ย  sebenarnya website perusahaan tersebut masih banyak yang sepi pengunjung, mendingan mereka di-back up atau di-support melalui artikel blogger. Nah bagaimana kalau mereka yang tidak punya website? Paling tidak mereka punya sebuah artikel tentang usahanya di sebuah blog. Hal itu bakal bisa jadi referensi perusahaan untuk disebar luaskan.

Yang penting rame bro..๐Ÿ˜‰

Categories: TIPS
  1. September 6, 2009 at 5:52 pm

    Mantap sekali nih …. Thanks Bro Stephen …

  2. September 6, 2009 at 10:35 pm

    Wah, pengalaman yang luar biasa.
    Trims sudah berbagi.

    Salam.

  3. fachruldestama
    September 6, 2009 at 11:04 pm

    Kayanya serius amat nih… Ke online earningnya ?๐Ÿ˜€
    Mas.. Saya mau tanya, gmna sih.. Mendapatkan klien pasang iklan… Dengan jitu tnpa harus ke kantor perusahaannya sgla..
    .Baru tuh… Mas membuka lahan blog di mas saat umur blog keberapa sih…
    Makasih mas…
    Hahaha… Maklum newbie๐Ÿ™‚

  4. fachruldestama
    September 6, 2009 at 11:27 pm

    Ralat: tambahin kata : lahan iklan.

  5. September 7, 2009 at 10:13 am

    awalnya nyantai bro.. cuma aja setelah dilirik perusahaan jadi lebih serius.. soal pasang iklan kita perlu negosiasi ama perusahaan ybs di kantor-nya.. Umur brapa buka lahan blog? sebenarnya dah tua bro.. tapi mamanya juga usaha gak ada yg telat.. hehehe..๐Ÿ™‚

  6. gary
    September 7, 2009 at 6:36 pm

    Pokoknya semoga SL.COM maju terus deh…..:D

  7. September 8, 2009 at 2:47 am

    mumpung lagi bahas PMS, jujur saya udah lama pengen ngerasain settingan mas parno (biasanya saya di ahass html lenteng agung)

    yang mau saya tanyain, proses penservisan itu gimana ya bro..??

    maksudnya kalo misalnya kita mau servis, apa kita harus ke front desk dulu, atau langsung bilang ke mas parno kalau saya mau servis..

    kan bisanya kalo baru pertama kali kesana kan masih bingung bro stephen dimana kita harus ambil nomer urut servis dll,dll

    sekalian di sana ada mekanik yang di rekomendasiin gak..??

    setau saya yang saya baca di review mas parno di tulisan sebelumnya sih mas parnonya ya ?? apa masih berlanjut sampai sekarang?

    sama terakhir, biyaya servis untuk motor laki (tiger) itu berapa supaya saya bisa memperkirakan…

    thx bro stephen..
    maaf banyak bertanya๐Ÿ˜€

  8. Omar
    September 8, 2009 at 3:47 am

    @Anggi : Kayanye kenal neeh ?

  9. anggiwirza
    September 8, 2009 at 5:00 am

    masa sih bro…??

    aye jadi takut..๐Ÿ˜†

    ni omar penghuni forum HSX kan..??

    wakakakak..

  10. September 9, 2009 at 10:50 am

    bro anggi.. langsung aja kontak Mas Parno.. orangnya enak.. apalagi anak daerah bakal didahulukan servisnya.. Mas Parno punya banyak mekanik yang handal, soal nama mekanik semuanya sama.. harus dirasakan satu persatu.. biaya servis terjangkau lah.. murah tapi bukan murahan..๐Ÿ™‚

  11. September 9, 2009 at 5:03 pm

    langsung ke mas parnonya toh..

    wah saya daerah bekasi di duluin gak ya..

    heheheh..๐Ÿ˜€

    wah brarti musti di cobain donk..

    nanti abis lebaran kesana ah. biar manteb..

    thx ya bro sthepen…๐Ÿ˜€

  12. Omar
    September 11, 2009 at 12:28 am

    Jiaaaaah…bener khan๐Ÿ™‚

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: