Home > REPORT > Opini: Tren Motor Racing di Indonesia

Opini: Tren Motor Racing di Indonesia

September 6, 2009 Leave a comment Go to comments

megelli-R250ccJakarta, 6 September 2009. Kehadiran motor Kawasaki Ninja 250 cc, yang juga diikuti oleh Minerva Megelli 250R sebagai motor kelas racing, atau motor jenis balap full-fairing, hal ini menunjukkan bahwa para pengendara roda dua di Indonesia sudah mendapatkan suatu kepuasan tersendiri, dan ini setidaknya kerinduan mereka selama ini untuk memiliki motor racing ternyata kini sudah tersedia di Indonesia.

Terasa memang ada suatu kebosananan dari masyarakat Indonesia akan motor-motor yang sudah lama bersedar dipasaran seperti jenis naked bike a.l. Honda Tiger, Yamaha Scorpio, Suzuki Thunder dimana belakangan ini banyak juga masyarakat Indonesia yang tampaknya sedang mencari jati diri baru melalui kepemilikan motor yang lebih gaya, lebih race-look, lebih eye catching, lebih mahal, tampil beda, keren, dan lain sebagainya.

Yang lebih menarik lagi, karena masyarakat begitu ngototnya ingin memiliki motor-motor racing, maka tak ayal lagi terjadi panen besar bagi para modifikator untuk merubah motor-motor naked bike yang selama ini memang sudah beredar dipasaran, yaitu memodifikasi motor naked bike tersebut menjadi motor racing ala Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Daniel Pedrosa, dll.

Rupanya impian masyarakat Indonesia ingin memiliki motor racing menjadi celah bisnis yang lumayan menjajikan. Gimana tidak menguntungkan jika harga sebuah modifikasi motor racing full fairing ditawar mulai dari 10 juta hingga 25 juta ada yang mau tebus!

ATPM KAWASAKI

fairing-03SL.com mendapat info bahwa Kawasaki Ninja 250cc hanya baru berjalan tiga bulan sejak launching, sudah 400 unit sampai ke tangan konsumen.

Ternyata penjualan motor ini terus dibanjiri order hingga pabrikan Kawasaki agak kewalahan melayani permintaan pasar yang begitu cepat dan tinggi. Para pemesan motor yang sudah indent selama 3 bulan hingga 6 bulan tetap saja masih setia bertahan menunggu motornya tiba. Apa sih daya tarik dari motor Kawasaki ini? Apakah lantaran dapur pacu seperempat liter dan dua silindernya? Atau desainnya yang memang mengadopsi moge sekelas Kawasaki ZX-6R dan ZX-1000?

ATPM MINERVA

Lain cerita dengan Minerva Megelli yang resmi di launching oleh ATPM PT Minerva Motor Indonesia pada 28 April 2009 yang lalu. Konon penjualan motor ini khususnya tipe R (racing yang pakai full fairing) termasuk sukses. Begitu usai di launching, masyarakat Indonesia pun langsung gasak-gusuk ingin mendapatkan motor ini dengan cepat. Pameran diserbu dan terjadi antrian test-ride panjang saat PRJ dan IIMS 2009 yang lalu. Tak pelak indent hingga 3 bulan lebih dan pemesan motor inipun tetap ngotot mendapatkan motor ini.

ATPM HONDA

Pedrosa-04Melihat pengalaman dua pabrikan motor tersebut, kabarnya dari berbagai media disebutkan PT Astra Honda Motor (AHM) juga sudah siap mengambil ancang-ancang dengan senjata barunya. Konon, pada akhir tahun 2009 akan mendatangkan motor sport 250 cc yang mana motor akan di bawa dalam bentuk CBU. Kalaupun bukan motor tipe 250cc, bisa jadi PT AHM melalui jaringan penjualan Honda diseluruh Indonesia akan memasarkan Honda Racing CBR150-nya yang memang sampai ini sudah dipasarkan oleh IU (importir umum).

“Pasar 250 cc memang ada, tapi nggak sebesar sport dengan kapasitas mesin di bawahnya. Bisa jadi Honda akan menjual motor 250 cc, tapi dengan CBU,” tegas Johannes Loman, Direktur marketing PT Astra Honda Motor (AHM). Kalau diterka-terka, AHM sepertinya akan memasukkan Honda Twister. Mesinnya berteknologi DOHC yang sudah banyak dipakai di pasar Eropa dan Singapura.

ATPM YAMAHA

2009-yamaha-YZF-R125-MotoGP-Race-Replica-studio-03Nah kabarnya Yamaha juga tak mau ketinggalan dan ikut mempersiapkan diri mengambil segmen pasar dari motor racing ini.

Gosip yang beredar luas kalau PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) akan menembakkan motor Yamaha Fazer 250 atau Yamaha FZ160 ke pasar Indonesia yang kini sedang diuji kelayakannya. Namun sebenarnya kedua jenis motor tersebut masih kategori naked bike yang mana pabrik garputala di Indonesia ini telah memiliki dua motor sport naked bike sejenis, yaitu V-ixion dan Scorpio.

Kalaupun tidak jadi naked bike Fazer 250 atau FZ160, maka tampaknya Yamaha akan mempersiapkan diri dengan peluru tajam yang lain, dan bisa jadi YamahaMX 135 cc yang sudah beredar dipasaran akan dijual dengan edisi khusus yaitu didesain ala motor sport racing alias full-fairing. Ataukah masih berharap motor YZF125 yang bakal masuk ke Indonesia?

ATPM SUZUKI

Suzuki20GSX-R206002008

Bagaimana dengan motor Suzuki?

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) tampaknya juga ikutan bersemangat kembali untuk menghidupkan legenda motor naked bike Suzuki Thunder 250.

Sebenarnya spek Thunder ini sudah diturunkan menjadi 125cc sebagai motor laki-nya Suzuki pada saat ini, tetapi mengingat varian FXR150 sempat merebut hati konsumen, maka kemungkinan besar akan dihadirkan motor Suzuki GS250F, yaitu gabungan antara Suzuki Bandit plus fairing GSX-R.

Tapi namanya juga sebuah usaha, lagi-lagi pabrikan harus bisa mempersiapkan cadangan produk yang bisa diterima dan diunggulkan oleh pasar dalam kelas masal, maka bisa jadi Suzuki akan mengeluarkan senjata penjualan dengan tipe GSX-R 125 cc full-fairing bike mirip dengan abangnya motor racing CBU GSX-R 600 yang saat ini sudah beredar di pasaran.

MOTOR CBU KAPASITAS BESAR

Bagaimana dengan motor racing CBU dengan kapasitan mesin diatas 400 cc untuk pasar Indonesia? Wah.. kalau yang satu ini jangan ditanya lagi. Di Jakarta sudah punya ratusan bikers dengan motor CBU-nya dengan merek dan jenis motor yang wahid. Sebut saja ada Ducati, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Cagiva, Aprilia, dan lain-lain.

Dari merek Ducati dengan kapasitas mesin minimal 600cc, para pemilik motor Ducati biasanya akan bergabung dengan Ducati Desmo Owner Club Indonesia yang punya banyak kegiatan. Mereka sering wara-wari di jalan umum di Jakarta, apalagi ketika week-end akan sangat mudah ditemui. Belum lagi untuk merek-merek lainnya.

So, begitulah tren motor racing yang tampaknya kini semakin disukai oleh masyarakat Indonesia baik di Jakarta maupun di daerah. Semoga saja ini memberikan secercah harapan agar pabrikan dan ATPM sungguh-sungguh mau menjual dan memasarkan motor-motor terbaru kelas racing dengan harga yang terjangkau.

Categories: REPORT
  1. September 6, 2009 at 10:54 am

    Pingin punya motor gede kaya abang…
    Tpi… duid gag mendukung… !!!

  2. cuxx
    September 6, 2009 at 5:32 pm

    Salam kenal ya Mas Stephen,

    Kalo baca blog sampeyan, maknyuss liat motor2 gedhe…puas deh, salah satu blog fav-ku
    Kayaknya sudah saatnya di negara kita ga ngimpor motor gede, tapi produksi langsung ato jadi basis produksi, lha wong kita udah punya banyak tempat sentra plant yang potensial, contoh di karawang, tenaga kerja memadai, pasar pun bisa dibilang untuk R2 kita salah satu yang terbesar..
    Doa kami para pengguna R2, mudah2an para blogger memiliki value yang cukup untuk memberikan pendapat bagi para ATPM dalam mempertimbangkan arahan R&D R2 Indonesia kedepannya..

    I love indonesia

  3. September 6, 2009 at 10:53 pm

    Nabung dulu ah…
    Pengen punya moge juga.

  4. 4dw4rds
    September 7, 2009 at 10:05 am

    Koq Aprilia RS125 dari PT. SKN gak di bahas Om???

  5. September 7, 2009 at 10:26 am

    Bro Arief.. ya semoga harapan anda kelak menjadi masukan buat para ATPM menjual moge berkelas di Indonesia.

  6. gary
    September 7, 2009 at 6:33 pm

    Broer Stephen,
    Apakah ER-6n akan jadi dijual ya ama Kawasaki Indonesia….:D

  7. September 7, 2009 at 7:12 pm

    Kalo di malaysia jgn ditanya lg deh, tapi di indonesia blum ada kepastian nih. Mudah2an er6n masuk lewat cbu bike. Semoga.

    -original message- Subject: [stephenlangitan.com] Comment: “Opini: Tren Motor Racing di Indonesia”

  8. October 7, 2009 at 7:59 pm

    salam kenal……

    kalo harga untuk motor yamaha yzf R4 250 cc itu berapa….
    trus yamaha yzf 150 cc

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: