Home > REPORT > Apakah Blogger Bisa Menghasilkan Uang?

Apakah Blogger Bisa Menghasilkan Uang?

September 2, 2009 Leave a comment Go to comments

computer-012 September 2009. Tak terasa jika  blog ini sudah berjalan selama 12 bulan penuh. Blog yang anda baca ini tidak menggunakan web hosting, karena hosting sudah termasuk dan diberikan oleh fasilitas WP.com itu sendiri. Oleh karena itu blog ini sebenarnya masih masuk dalam kategori gratisan. Demikian pula template yang digunakan masih dari WP.com yang juga disediakan secara gratisan. Beruntung SL.com bergabung dengan WP.com karena semua fasilitas masih gratis, apalagi jumlah storage yang diberikan besar sekali, 3 GB.

Satu kesimpulan khususnya bagi mereka para blogger pemula, gunakan saja WP.com sejak dari awal. Pakai saja fasilitas yang sifatnya gratisan. Jika memang anda blogger ingin maju dan blognya juga ingin banyak dikunjungi, maka usahakan kontens atau isinya yang di perbanyak dengan berbagai info yang betul-betul berguna bagi banyak orang. Artinya semua orang bisa mendapatkan info-info yang berguna yang disampaikan.

BERAPA WAKTU YANG DIHABISKAN OLEH BLOGGER?

Bagi blogger pemula, permasalahan yang ada adalah soal membangun kebiasaan-kebiasaan baru yang perlu dilakoni sekaligus beradaptasi dengan gaya hidup blogger yang suka begadang. Pertama, harus bisa menyesuaikan diri dengan menu-menu yang disediakan oleh WP.com. Kedua, memperbanyak isi atau mencari artikel yang benar-benar menarik.

Memang bicara soal menu WP.com ini tidak mudah, anda tidak bisa langsung ingat akan semua menu yang disediakan, tetapi anda tetap harus mengikuti semua langkah dan petunjuk dari setiap menu WP.com. Mudah, tapi tidak gampang. Bingung kan? Silahkan saja dimulai maka anda akan tau prosesnya.

Bagi mereka yang masih bekerja, yang semula membuat kegiatan blogger hanya sebagai kegiatan sampingan, atau kegiatan hobi, maka anda harus bisa membagi waktu antara pekerjaan utama, keluarga, dan bersiap menjadi seorang blogger yang kerap bekerja di tengah malam alias begadang.

Bicara soal isi atau kontents, blogger harus selalu kreatif mencari dan membuat tulisan atau artikel yang layak dan berguna bagi banyak orang. Ingat, bahwa tulisan anda dipublikasikan melalui internet yang dibaca orang dari seluruh belahan dunia. Mau curhat silahkan, kalau memang tujuannya hanya diantara sesama teman.

Tapi kalau mau viewersnya per hari-nya ingin tembus sampai 1000, 2000, 3000 hingga 5000 viewers, maka anda pemilik blog harus berupaya dengan maksimal, bagaimana caranya pengunjung akan terpikat dan bersedia datang ke blog anda. Silahkan saja dicoba jurus-jurus baru atau strategi penulisan artikel yang dianggap menarik. Setelah itu mungkin anda akan menemukan suatu cara dan gaya penulisan artikel yang bisa menarik jumlah vierwers lebih banyak lagi.

Jadi, berapa lamakah waktu yang dihabiskan oleh seorang blogger? Sifatnya sangat relatif dan anda akan tau sendiri setelah anda menjalankannya bermain dengan WP.com. Lagi pula, semua itu tergantung dari komitment anda untuk selalu menambah artikel baru, apakah satu artikel setiap dua hari, satu artikel setiap 3 hari, semua tergantung dari pada pilihan anda sendiri.

BLOGGER BISA MENGHASILKAN UANG?

Nah, hal ini seringkali ditanyakan orang. Blogger dicap sering bekerja tengah malam hingga subuh, sudah capek-capek bikin banyak artikel, tampilan artikel dikombinasikan dengan foto-foto, maka orang di luar sana pun sering kali bertanya apakah jadi blogger bisa mendatangkan uang?

Jawabannya: jelas bisa. Hanya kembali kepada tujuannya, karena ada banyak juga blogger yang sangat idealis dan tak ingin dibayar oleh pihak manapun atau tak ingin bekerja sama dengan pihak manapun, walaupun ia sudah menghabiskan waktu, mungkin seharinya bisa sampai 6 s/d 8 jam duduk di depan PC-nya.

Soal berapa lama seorang blogger duduk didepan PC-nya bisa dilihat dari beberapa blogger yang memiliki komentar lebih dari 50 hingga 100-an per harinya, maka setidaknya setiap koment yang masuk harus dibaca dan perlu di moderasi oleh pemilik blognya. Blogger yang bersangkutan setidaknya harus tetap membaca secara detail dari setiap email atau komentar yang masuk setiap harinya.

Harus diakui jika sampai saat ini masih banyak blogger yang sangat idealis yang sering disebut-sebut sebagai “independent blogger,” dimana mereka tak memerlukan uang karena tujuan jadi blogger hanya sebagai suatu kesenangan bathin.

Suatu hal yang agak berbeda bagi pribadi SL.com karena menjadi seorang blogger yang semula hanya sampingan, ternyata saat ini sudah bisa dibuat serius dan malah bisa mendatangkan uang. Ini adalah suatu kesenangan bathin yang tak ternilai. Jadi teringat diwaktu dulu atau waktu awal-awalnya menulis blog, dimana SL.com sering kali ditanyakan oleh istri karena bekerja hingga tengah malam: apa jadi blogger ada uangnya nggak sih?

Itu benar-benar suatu pertanyaan yang sangat menyakitkan. Nggak kuat mental bisa bikin frustrasi, tapi bagaimanapun juga silahkan saja dialami sendiri oleh anda sebagai blogger pemula, ataupun blogger yang sudah kawakan. :-) Setelah berjalan setahun ternyata hal ini tidak sia-sia, ternyata ada suatu kesempatan yang sangat baik dan bisa memberikan keuntungan, maka itupun harus segera  diambil dan tidak disia-siakan begitu saja.

Bicara soal waktu, tenaga, pikiran dan biaya untuk menulis artikel-artikel yang ada di blog ini yang sudah mencapai  323 posting (hingga artikel ini ditulis). Belum lagi bicara soal modal kerja untuk seorang blogger, antara lain harus punya PC-desk,  punya netbook, punya camera, punya external hardisk, memiliki Hp terbaru yang terkoneksi dengan internet, dan belum lagi membayar domain, maupun biaya lain-lainnya.

Mau membuat artikel touring? Syaratnya SL.com pun harus melakukan lebih dulu kegiatan touring-nya ke luar kota. Dari situ saja sudah bisa ditanyakan: berapakah biaya touring-nya? Demikian pula ketika meliput sebuah kegiatan, apalagi disaat waktu week-end Sabtu dan Minggu, ini adalah suatu pengorbanan terhadap keluarga, tapi ini setidaknya harus bisa ditebus buat kebahagiaan keluarga.

Beruntung jika SL.com kini sudah bisa mendapatkan beberapa pemasukan melalui karya tulis artikel dan juga pemasangan iklan. Isi blog tetap independent, karena itulah komitment SL.com ketika berhadapan dengan beberapa perusahaan yang bisa diajak kerjasama dalam penulisan artikel.

Setiap proposal dan presentasi selalu menekankan pada “isi tulisan adalah bersifat independent dan tak ada pengaruh dari pihak manapun.” Yang penting isi blog tersebut bisa memberikan informasi yang berguna bagi para pengunjung blog ini.

Nah.. jika anda ingin menjadi seorang blogger yang dapat menghasilkan uang: jangan pernah bermimpi banyak, tapi lakukan saja secara terus menerus penulisan-penulisan artikel yang berguna bagi masyarakat luas. Yang penting konsistensi-nya dijaga, selain menulis artikel, juga konsisten mencari wawasan baru, serta kenalan baru. Kelak ada perusahaan atau pihak lain yang akan melirik blog anda. Hal itu mungkin terjadi.

Categories: REPORT
  1. September 2, 2009 at 6:35 pm

    bisa belajar ma abang ini saya,,, saya pemula yang baru belajar ngeblog….

  2. September 2, 2009 at 7:39 pm

    Bravo untuk SL.com!

    Setuju sekali dengan apa yang diceritakan tentang WP.
    Saya pribadi belum sampai 2 minggu membuat blog, kebetulan referensinya salah satunya di SL.com. Ternyata sangat mudah untuk memulainya, tinggal konsistensinya, tapi rasanya kalau menuliskan sesuatu yang disukai akan bisa langgeng (syukur kalau banyak yang membaca). Semua informasi sudah ada di FAQ, Support ataupun Forumnya.

    Terimakasih sharingnya Bro.

  3. September 2, 2009 at 9:51 pm

    “independent blogger,” dimana mereka tak memerlukan uang karena mereka jadi blogger hanya sebagai suatu kesenangan bathin.

    kalau untuk yang kedua . . . ada benarnya (kesenangan bathin) walau ini sebenarnya merupakan salah satu goal yang dicari . . . menambah networking dan pertemanan adalah salah-dua goal yang lain😀

    Aku pikir ini perlu diluruskan . . . independent blogger bukan artinya tidak memerlukan uang . . . . akan tetapi blogger yang menapakkan kakinya berdiri independent tanpa pengaruh kepentingan . . . terutama kepetingan bisnis Pihak Produsen. Simplenya, Ia Bicara A jikalau memang terlihat A . .. bicara B bila memang faktanya B . . .

    Mengenai Biaya ngeblog . . .memang tidak dapat dipungkiri . . . ADA . . . oleh sebab itu menghasilkan uang adalah Hak Pribadi sang blogger yang dilindungi oleh HAM he h eh ehehe, so siapa saja yang melakukannya . . . silahkan saja diLANJUTKAN he he he he

    gitu kali yak bang stephen . .. cmiiw

  4. September 2, 2009 at 10:06 pm

    aku tahu, aku tahu, siapa yang barusan hijrah ke WP….
    Ituuuuh….tuuuh…..yang suka ngajarin SR……hihihihihi

  5. September 3, 2009 at 3:38 am

    @Bro Iksa, thanks for your comments. Artikel ini sekedar sharing bagi blogger pemula agar bisa maju terus dan tidak mati ditengah jalan. Banyak blogger sudah menghabiskan waktu tapi tak menghasilkan. Semoga artikel ini bisa jadi penyemangat atau menjadikan kegiatan ngeblog yang bisa menghasilkan.

    @Bro Taufik, boleh saja diluruskan asalkan tidak dibelokkan ya.. he3x..🙂 Lagi-lagi ini soal pilihan seorang blogger, tujuannya mau apa dan mau kemana, karena saya amati banyak blogger yang macet ditengah jalan. Sepertinya kehabisan artikel, hidup segan, tapi mati pun tak mau. Semoga dengan menghasilkan uang, blogger bisa lebih semangat untuk menulis artikel2 baru. Ibaratnya naik motor aja perlu bensin. Saya pun sangat setuju jika ngeblog bisa membangun networking dan pertemanan, apalagi jika ini bisa dikembangkan dengan industri-nya. Btw, ada banyak peluang yang bisa digarap. Take it or not.

  6. September 3, 2009 at 3:53 am

    wellcome bro.. blognya di migrasi aja ke WP dengan cara copy-paste..😉

  7. September 3, 2009 at 6:47 am

    jujur saya itu blogger yang newbie bangget bro, saya juga bikin di WP

    kalo gak percaya silahken klik ke link aye biarpun baru 1 halaman..😀
    *promosidikit*

    tapi yang saya bingung gara-gara masih awam, yang ingin saya tanyain ada beberapa bro..

    pertama, nyari sumber tulisan gimana sih bro..?? pengalaman pribadi, copas dari sumber lain atau gimana

    kedua, biar blog menarik entah di kasih gambar, iklan atau desain template blog kita

    ketiga, promosi. kalo misalnya kita dah pede sama kualitas blog kita, promosi efektif yangbisa di lakun itu apa..??

    mohon masukannya bro stephen..

  8. September 3, 2009 at 6:56 am

    iya bang stephen . . . saat ini mungkin saja blogger belum kehabisan sumber daya financial untuk membiayai kehidupan mayanya sehingga bisa terus aktif dan produktif . . . tapi suatu saat akan ada kondisi sulit . . . sehingga memang mungkin memang dibutuhkan sumberdaya lain untuk bisa terus menghidupi blog, walau sebenarnya . . . mau atau tidaknya blogger melebarkan sayap sumber daya financial dikembalikan lagi ke pilihan sang Blogger pastinya

    jadi silahkan di LANJUTKAN !!😆

    yang penting seperti yang telah di tulis bang SL di paragraf 3 dari bawah

    “Isi blog tetap independent”

    dan ” artikel yang berguna bagi masyarakat luas ” (paragraf kedua dari bawah )

    he he he he cmiiw

  9. September 3, 2009 at 8:10 am

    Bro Anggi.. selamat datang di dunia blogger. Konsistensi dan komitment bro Anggi yang harus tetap dijaga dalam hal tulis-menulis artikel blog. Saya awalnya juga mengalami proses yang sama dengan Bro Anggi, punya pertanyaan2 dan tampilan blog yang sangat simple, tapi enaknya di WP, artikel dapat diedit, artikel dapat dikembangkan, bahkan template juga bisa di ganti2. Jawaban pertanyaaan anda sbb:

    1. Soal sumber artikel: yang paling gampang ambil dari pengalaman hidup. Mau yg lebih berani ambil waktu dan kesempatan, yaitu pergi keluar rumah seperti seorang wartawan yg mau meliput suatu berita, lokasi, dsb-nya. Catat beberapa agenda pameran, seminar, dll karena dari situ pasti ada beberapa artikel yg bakal bisa ditulis. Artikel spontanitas seperti kejadian alam gempa, dll bisa juga dibuat artikelnya. Hindari cara2 copy-paste, kecuali sebagai bahan referensi dan harus menyebutkan sumber-nya dari mana.

    2. Upload Foto: cara pertama ikuti menu WP: http://support.wordpress.com/images/ dan cara kedua pakai pihak ke-tiga a.l. http://www.photobucket.com dan gunakan menu HTML. Perhatikan ukuran foto, untuk Theme: Redoable Lite by Dean J Robinson yang dipakai oleh Bro Anggi lebar foto max. 640. Sebaiknya foto2 yg mau di upload di photobucket atau untuk WP, fotonya sudah di resize jadi lebar 640. Kalau di blog saya lebar foto 600.

    3. Promosi: Untuk mendekati perusahaan, yang pasti harus disiapkan proposal. Tapi sebelum kesana, pastikan dulu jumlah pengunjung blog sudah rata2 1,000 per hari. Disini kita perlu promosi atas blog kita sendiri a.l. lewat milis, kaskus, fb, dll.

  10. September 3, 2009 at 10:16 am

    kalo misalnya kita dapet artikel di majalah terus kita edit sumbernya tetep dari majalah tersebut terus di tambah pake kata-kata “ada sedikit perubahan atau modifikasi” boleh bro..??

    kalo pasang gambar saya udah tau pake kode html.. cuman kalo di WP pas kita mau ngetik sebuah artikel kan ada dua pilihan..

    ada yang versi biasa, ada yang versi kode-kode gitu..

    waktu itu saya sempet beli buku tentang WP tapi tetep aja gan mudeng😆

    mungkin perlu adaptasi ya bro…

    nanti saya coba deh sedikit ngetik artikel dengan pengalaman pribadi..

    ya meskipun masih bingung ngatur kata yang enak untuk di baca…

    pokoknya pake bahasa slank aja deh bro..

    jadi kadang terlalu kasar atau terlalu non formal ketikannya…

  11. September 3, 2009 at 10:27 am

    tetap harus sebutkan sumber-nya walaupun isi sudah di-edit.. soal versi yg kode2 itu. ya bahasa HTML .. dan soal gay/bahasa itu sih terserah dari pemilik blog, yg penting isinya bisa diterima/disukai pembaca..

  12. September 3, 2009 at 11:22 am

    jadi gak papa ya kalo sedikit gak formal…😀

    sip bro makasih ya atas masukannya..

    jadi lebih semangat buat ngeblog😀

    thx berat bro…

  13. ajipingky
    September 3, 2009 at 1:29 pm

    om stipen…kl udah punya domain sendiri…trus diforward ke blog WP itu susah gak sih???misalnya kita sudah beli domain…apa aja sih yang kita dapet dari nama domain itu???apakah hanya nama domain ajah atau ada kode-kode yang kita dapatkan juga…jadi kita bisa memforward sendiri…
    makasih yah…

  14. September 3, 2009 at 1:50 pm

    beli domain cuma dapat domain resmi http://www.blablaetc.com setelah itu dapat alamat server yang harus digunakan mau ke WP, minta ama pihak penjual domain ganti server wp, a.l: server 1: ns1.wordpress.com server 2: ns2.wordpress.com dst-nya

  15. topo
    September 3, 2009 at 3:10 pm

    mantebs pak stephen.
    SL.com dari dulu saya pembaca setia nih
    dari jadul sampe hari ini.

    perubahannya manteb…inspirasi saya buat nulis…
    ijin mantau dan belajar nih pak Stephen

    maju terus SL.com

  16. September 3, 2009 at 3:49 pm

    saya juga lagi belajar banyak nih sama on Stephen, cuman memang sekarang sekarang tidak konsen mencari materi2 berita, n sekarang sedang diusahakan lagi, thanks om Steph… n cepet sembuh ya sakitnya….

  17. September 4, 2009 at 9:53 am

    mantab oom tulisannya, komen aja : kalo saya sih khoent di wordpress untuk kepuasan bathin aja keknya, sedangkan obengkembang dot com untuk kepuasan lahir alias nambahin isi dompet si akang wahid, hehe … sakses selalu yah oom …🙂

  18. September 4, 2009 at 10:02 am

    jujur nih gw lagi belajar ama http://www.obengkembang.com fyi, tadi malam gw liat2 habis tuh website.. hehehe..

  19. September 4, 2009 at 5:35 pm

    saya pernah coba,gampang tapi sulit,betul kata Bro Stephen,hingga sekarang belum saya mulai lagi,maaf mau tanya Bro,ada salah satu orang yang selalu mengiming imingi saya untuk masuk ketehnik dia cara cari uang di Internet ,bagaimana pendapat Bro Stephen tentang hal ini .??tq

  20. September 4, 2009 at 8:52 pm

    thanks bro topo yg sudah terus mantau dari awal… hehehe.. jadi malu ah..😉

  21. September 4, 2009 at 8:58 pm

    yg dibutuhkan cuma komitment and konsistensi thd diri sendiri, karena ngeblog sudah semacam IBO (Indenpendent Business Ownership). Semua kudu harus dikerjakan sendiri and syukurlah hari ini kesehatan sudah baikan.. 🙂

  22. September 4, 2009 at 9:27 pm

    gampang cari duit di inernet? ya.. ajakan seperti itu sering kali muncul.. kalo benar harusnya ada jutaan orang Indonesia hidup makmur, tapi kenapa ini tak menonjol? Yang pasti2 aja, bahwa semua harus ada kerja-nya, ada jerih payah-nya, ada pengorbanan tenaga, waktu, pikiran hingga keluarga. Kelak itu akan terbayar karena konsistensi dan komitment pribadi yang tak berhenti di tengah jalan.

  23. September 4, 2009 at 10:14 pm

    Blog sudah punya.
    Artikel juga sudah banyak.

    Namun…

    Bagian monetize inilah yang harus dibagi2 tips-nya Bro. Misalnya bagaimana mengajukan proposal & presentasi. Trus pengalaman2 dalam membina hubungan & membangun komunitas. Masih jarang yang membahas hal ini.

    Terima kasih Bro.

  24. Eky
    September 5, 2009 at 4:19 am

    Ulasan yang menarik dan lugas bro, penjelasannya juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh awam sekalipun. Congrats for making money through blogging, brother…

  25. September 5, 2009 at 9:06 am

    Bro Dewo, singkat aja.. siapkan semua perangkat bisnis, a.l. kartu nama, amplop, surat dgn head nama blog-nya. Mulai dari situ lakukan bagi2 kartu nama dengan cara hadir pada banyak pertemuan, seminar, pameran, forum2 pertemuan, kopi darat, untuk saling berkenalan dan bertukar informasi. Pembicaran awal tadi bisa berlanjut serius jika anda melihat ada peluangnya. Silahkan dicoba dulu langkah pertama ini.😉

    Langkah kedua soal presentasi/proposal saat kita kopdar ya..

  26. September 5, 2009 at 12:39 pm

    setuju deh kalo WP lebih oke, susah bgt kl mo komen di BP…..jangankan pengunjung, yg punya blog aja musti ganti browser dulu kalo mo nanggepin komen di blog sendiri ato mo komen di BP orang😦

  27. September 5, 2009 at 1:02 pm

    @Bro Stephen,

    Wah, terima kasih response-nya. Jadi ngga sabar ingin segera kopdar.

    Salam.

  28. September 6, 2009 at 12:41 pm

    Gak Fokus cari duid di Blog Boss…
    Skrg Fokus Ke afiiliate marketing…. sambil ngeblog….

  29. September 6, 2009 at 12:44 pm

    Stop Dreaming Start Action !!!
    Huahaahaa…. Kata” Milik Joko Susilo….
    Untuk Kontes SEOnya ….
    BTW, mAs ikutan kontes SEO ya… ?

  30. September 6, 2009 at 1:23 pm

    hehehe.. ada peluang kenapa tidak bro? jadi sekalian aja ditambahin pesan sponsornya..🙂

  31. September 11, 2009 at 1:55 am

    WP ama Blogspot bedanya apa bang??? terus bagus mana dan enak yang mana bagi pemula seperti saya ini???

  32. September 13, 2009 at 2:57 am

    ok bang SL saya udah migrasi ke WP.. ini blog saya :
    http://elsjeknararya.wordpress.com/

  33. September 13, 2009 at 6:30 am

    ok bang saya sudah migrasi ke WP,,, jadi saya tunggu panduannya agar saya tambah mudeng sama Blog….

  34. October 17, 2013 at 1:01 pm

    SEO?…itu apa yah mas lagitan…saya dpt surat dari SEO

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: