Home > REPORT > “Cheng-Cheng Fo” Touring Club

“Cheng-Cheng Fo” Touring Club


CIMG0214_resize

Cheng Cheng Fo Touring Club, foto kiriman dari Bro Wahyu Kurniawan

Jakarta, 27 Agustus 2009. Rasa haru SL.COM tak dapat ditahan, ketika ada ada sebuah e-mail dari daerah Jogjakarta yang dikirim oleh seorang pembaca blog ini pada hari Sabtu 15 Agustus 2009 yang lalu.

Ia adalah Wahyu Kurniawan asal Sendangadi Mlati Sleman Yogyakarta yang sebelumnya memang tak pernah berkenalan dengan SL.COM namun melalui e-mailnya secara jelas ia menceritakan bagaimana ia bisa mendapatkan inspirasi atau motivasi setelah ia menemukan salah satu halaman blog ini yang memang berguna untuknya.

Selanjutnya, silahkan saja baca isi e-mailnya dan sebenarnya SL.COM masih berharap mendapatkan foto-foto terbaru dari Bro Wahyu Kurniawan bersama dengan “Cheng-Cheng Fo” Touring Club.

from: Wahyu Kurniawan
to: steplangitan@gmail.com
date: Sat, Aug 15, 2009 at 11:30 PM
subject: Perkenalkan kami yang di Jogja
signed-by: rocketmail.com

Perkenalkan nama saya Wawan. Saya tau alamat Web Bang Stephen ketika sedang browsing radio komunikasi (rakom) utk touring. Setelah itu saya jadi sering buka-buka web Abang. Saya dari waktu masih sekolah paling demen touring, hanya saya tidak pernah membuat atau mendirikan sebuah club, karena keterbatasan dana waktu itu.

Kini saya telah berkeluarga dan tinggal di Jogja, Setelah lebih dari 10 tahun saya tidak pernah touring, akhire virus touring kembali masuk dalam darah saya dan menulari beberapa kawan yang notabene adalah kawan kongkow. Dengan ide dan command dari saya pula akhire kami merencanakan touring kami yang pertama dengan tujuan Jogja-Purwokerto (Baturaden). Tujuan awal dari touring ini sebenere adalah untuk refreshing saja, sebab para peserta atau anggota dari touring ini datang dari berbagai profesi, sopir pribadi, satpam, pegawai variasi, bahkan hingga tenaga kasar harian, dan saya sendiri yang hanya seorang wirausaha kecil.

Kebanyakan anggota touring kami adalah para orang-orang tua yang telah memiliki anak, dan aseli Wong Ndeso (orang kampung tulen), dan uniknya lagi kami mengharuskan pada para peserta yang ikut untuk memakai motor bebek, apapun merek, jenis dan tahunnya yang penting bebek sehat wal afiat hehehehehe… 🙂 Saya sendiri memakai Honda Grand tahun 95 yang sudah 5 tahun nganggur ga kepake sama sekali di gudang milik mertua di Bali.

Sebelum toruing kami mulai, beberapa minggu sebelumnya kami sengaja mengadakan rapat bersama untuk menentukan iuran dan juga pembuatan safety vest murah dengan reflector. Dalam pertemuan tersebut saya juga membagi tugas masing yang terdiri dari RC, Sweeper, dan Figther(sebutan kami untuk peserta ditengah). Dan hal yang kami anggap paling utama adalah penekanan kepada setiap peserta untuk tidak berbuat arogan dan saling berbagi jalan dengan pengendara lain baik motor, mobil ato sepeda biasa. Alhamdullialah mereka semua ternyata bisa melaksanakannya, maklum para fighter kebanyakan adalah para sopir pribadi yang sering keluar kota.

Acara touring tersebut kami anggap sukses meskipun banyak yang perlu dibenahi namun saya angap sebagai suatu kewajaran bagi group yang baru melaksanakan toruing pertama kali dan juga bagi peserta yang baru merasakan nikmatnya sebuah toruing. Pasca touring pertama tersebut kami sering mengadakan pertemuan rutin meskipun cuman untuk begadang hingga larut di Markas (garasi rumah saya), banyak juga rekan-rekan baru yang turut bergabung agar bisa merasakan touring kami yang kedua dengan tujuan Pangandaran. Kami akhirnya membentuk sebuah tabungan mingguan, maklum Bang kami semua agak berat jika harus membayar iuran langsung ketika touring akan dilaksanakan, mungkin ini adalah solusi terbaik bagi kami semua.

Saya teringat dalam perjalanan kami bertemu dengan beberapa solo Biker ato bahkan mahasiswa yang pulang kampung sendirian dan mendapati bannya kempis, kami pun dengan bangga membantu memperbaiki bannya hingga mahasiswa tersebut keheranan melihat kami menolak di sodori uang. Kebetulan persiapan kami matang sekali bahkan kami mempunyai semboyan “lebih baik bawa alat tapi ga kepake, dari pada gak bawa tapi kita butuh pas dijalan.” Alhamdullilah dari perjalanan yang telah kami lalui salah satu anggota kami hanya mengalami kerusakan lampu rem saja, itupun kami sudah mempersiapkan cadangannya.

Dalam perjalanan kami sengaja membatasi kecepatan maksimal 80 kmj saja, maklum ada salah satu fighter kami yang bersepeda Honda Star hehehehehehe…🙂 sedang beberapa motor yang be CC besar sengaja saya jadikan sweeper di belakang, dan saya dengan grand menjadi RC meskipun ga tau jalan hahahahaaha… sering banget salah jalur wakakaakakakakka….🙂 Kami mewajibkan membentuk kelompok iringan dalam 1 baris saja, agar kendaraan lainnya dengan mudah dapat mendahului kami.

Tadi malam kami baru saja ngumpul di Markas hingga jam 3 pagi, kami semua telah memberi nama group kami yaitu “Cheng-cheng Fo” Touring Club. Cheng-cheng fo adalah suatu kiasan dari Jogja yang berarti asal jadi, ato asal-asalan. kami memakai nama ini karena memang motor yang kami pake dan pembentukan club kami asal jadi dengan keterbatasan semua namun tidak menyurutkan niat kami untuk bersepeda bersama.

Kedepan kami ingin melengkapi minimal RC dan Sweeper dengan Rakom, kini saya baru menabung untuk membeli alat tersebut. Syukur-syukur jika dapat murah dan semua fighter juga ikut beli kan asyik ga usah pake kode tangan segala untuk aba-aba. Mohon info dari Bang Stephen untuk rakom yang sebaiknya kami pake sekaligus headset yang praktis dan letak PTT yang ga mengganggu ketika sedang berkendara, saya lihat punya Abang bagus sekali…

Terima kasih Bang Stephen telah meluangkan waktu untuk membaca cerita kami dari Jogja, semoga Bang Stephen bersedia memberikan saran bagi kami yang baru mempunyai pengalaman seumur jagung dalam touring. Salam kami semua dari Jogja untuk Abang.

Cheng-cheng Fo
d/a
M.A. Wahyu Kurniawan (wawan)
Jatirejo Lor Rt05/22 No. 98D
Sendangadi Mlati Sleman Yogyakarta
55285
0274-6669695 / 081335335911

Categories: REPORT
  1. akbar
    August 28, 2009 at 5:32 pm

    salut buat klub cheng cheng fo, semoga selalu giat dalam mengkampanyekan safety riding ya masbro2 sekalian…
    main ke jakarta kapan2, nti diajak om stephen kopdar HTML trus makan es palu butung, heheheheheh

  2. August 29, 2009 at 4:44 am

    Hehe manteb bro…. ternyata untuk touringnya udah dipersiapin dengan matang ya …
    cuma biasanya dalam group riding para petugas ( RC, sweeper ) dilengkapi tanda khusus ( misal jaket yang beda warnanya ) yang berbeda dengan peserta yang lain guna lebih gampang kordinasinya…

    Pokoknya salut bro

  3. August 29, 2009 at 10:56 am

    Salam persahabatan dari Blogger Borneo. Wah, artikelnya membahas tentang touring yach? Kira-kira kapan ada jadwal untuk touring ke tanah borneo neh? Ditunggu lho…

  4. bodats
    September 2, 2009 at 11:18 am

    Salut buat wong jogja!
    Niat untuk safety riding ditunjukkan dengan aksi yang dahsyat bin kreatifitas! Dan betul juga kata bro Agus. Biasanya RC dan Sweeper menggunakan rompi yang berbeda (warna orange atau ada tulisan khusus). Tapi untuk sementara, ok juga lah mas. Salut lah untuk teman-teman.

    Mas Wahyu, untuk safety riding, mas wahyu bisa utak-atik blog om stephen, atau jika sudi, silahkan ke blog saya di http://bodats.wordpress.com. Di situ ada halaman khusus tentang website safety riding dari berbagai belahan dunia, moga-moga membantu mas Wahyu dan teman-teman. Tentang rakom, kami dari KHCC (Karisma Honda Cyber Community) juga sudah terbiasa pake rakom ketika touring. Ada juga uraian rakom di blog-nya om stephen nih. Begitu juga dengan blog saya, sempat dibahas juga tentang rakom. Monggo mas…

    Salam untuk teman-teman & have a nice safety ride!
    *jadi pengen ke Jogja lagi, kangen sama ankringan…*

  5. allan_
    September 7, 2009 at 6:21 am

    Jatirejo Lor Rt05/22 No. 98D
    Sendangadi Mlati Sleman Yogyakarta
    55285
    0274-6669695 / 081335335911

    gabung ja ke JAC(Jogja Automotive Comunity)

    daerah mlati..cerak tnan

  6. morgan
    September 9, 2009 at 3:05 pm

    sebenarnya dasar dari pendirian club/comunitas motor itu ya untk itu .apapun motornya yg penting solider dan menjunjung tinggi rasa kebersamaan.dengan begitu pd saat touring ataupun ada acara2 yg lain anggotanya makin erat.mungkin ada komunitas2 tertentu yg agak ngrasa waah dengan motor kebangganya,sehingga kurang peduli dengan org/pengendara lain yg bukan kelompoknya.sbnarnya inilah sifat dasar manusiawi,ada yg buruk tapi ada yg baik.tengok aja club/comunitas vespa.saking solidernya setiap ketemu org yg naik vespa macet /mogok dijalan pasti di hampiri dan dibantu untuk menyalakan vespanya.sebenarnya dng dibangunya rasa solider yg tinggi akan nyaman juga buat kita klo pas dijalanan.saya sendiri sampai sekarang juga belom punya komunitas yg sesuai dng ide saya.sbnarnya simple.tapi mgkn buat sebagian org dianggap ugal2an.saya bercita2 punya club/community terdiri dr motor semua merek boleh gabung,dan suka dng kecepatan.yah minimal motor bs lari sampai 120km/jam.soalnya saya mau bikin komunitas yg suka berlatih dijalanan umum.tapi tetep menjaga faktor keselamatan.nah club itu akan saya beri nama.”STREET FIGHTER RIDER”karena saya tinggal dijakarta ya saya tambahkan jakarta didepan nama klub itu.tujuanya simple.nglatih ketrampilan berkendara dijalan raya,dan mempelajari tehnik2 untuk bs meloloskan dr kemacetan jalan dijakarta.jd pas dijalanan siapa saja bisa jadi sparing partner asal dia yg memulai race dijalanan.tapi karena saya sampai sekarang belom ketemu org2 yg sepaham ama saya jadi ya saya jalani sendiri..udah hampir 1 thn.jadi single street fighter ini.dan saya masih mencari temen yg sefaham dan sealiran.

  7. santosa
    September 26, 2009 at 11:14 am

    namaku santosa, tinggal di jl monjali. aku tertarik dan ingin gabung dg club touring ceng ceng fo. cara ndaftarnya gimana ya? atau kealamat mana aku datang?,atau kalian bisa smskan alamatnya ke nmr hpku: 085228273113 trims dan salam sukses…”Brafo ceng-ceng fo club…!!!”

  8. September 26, 2009 at 11:38 am

    @Santosa,
    bagi siapa yg berminat jadi anggota Cheng-cheng Fo, hubungi langsung nama ini:

    M.A. Wahyu Kurniawan (wawan)
    Jatirejo Lor Rt05/22 No. 98D
    Sendangadi Mlati Sleman Yogyakarta
    55285
    0274-6669695 / 081335335911

    Biasanya sih, siapa yang minat dia yang harus nelpon duluan. Jarang ada pengurus klub atau komunitas yg nelpon duluan cari anggota.. hehehe..🙂

  9. wawan ChengChengFo
    October 3, 2009 at 3:26 pm

    Hallo Bang Stephen,
    Bagaimanapun juga kami dari cheng-cheng fo wajib berterima kasih banyak kepada Bang Stephen, karena telah dimuatnya email dari kami, membuat kami semakin dikenal sobat-sobat Biker lainnya, sehingga ilmu pun juga bertambah. Terima Kasih Bang Steph. Mohon ijin pula saya menyapa beberapa sobat yang telah memberikan kami support dan informasi yang kami butuhkan diantaranya:

    @ akbar : thx bgt supportnya lam kenal, insyaallah kalo pada lbur kami meluncur ke Jkt hehehehehe kapan ya liburnya?

    @ agusedisaputra & Bodats : Thx sarannya kami jadi tambah ilmu, kami sudah menjahit 2 buah safety vest berwarna hijau muda utk RC dan Sweeper. eh iya… di dekat markas ada angkringan, nasi kucingnya enak banget yang jual tetangga se-RT ma aku hahahahaahaha..

    @ Allan : salam kenal.

    @ morgan : kami mendukungmu Bro, tapi maaf kami ga berani ngebut, udah pada tua gampang masuk angin hehehehehhehehe… piss bro.

    @ santosa : coba sms saya aja dulu, kami masih sering kumpul kok meskipun acara lagi vacuum pas ramadhan kemarin. Klub kami terbuka bagi siapa saja, monggo pinarak.

    Sekali lagi terima kasih Bang Stephen, salam kami semua dari jogja.

  10. October 3, 2009 at 5:25 pm

    @Bro Wawan, yup.. sama2 dengan terima kasihnya, Terbukti kan banyak yg mau gabung?! Sering2 dimonitor aja disini.. hehehe🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: