Home > REPORT > Tren Mobil Putih & Isu Lingkungan Hidup

Tren Mobil Putih & Isu Lingkungan Hidup


IMGP3361Jakarta, 25 Agustus 2009. Betulkah mobil warna putih kini jadi trend dan favorit?

Belakangan ini terlihat banyak produsen mobil dari kalangan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) mulai menjual dan memasarkan mobil-mobil dengan warna putih, antara lain merek Honda, Toyota, Suzuki, bahkan tak ketinggalan beberapa pabrikan dari Eropa seperti BMW ikut pula memasarkan mobil warna putih di Indonesia.

Tak ketinggalan pula ada motor warna putih, contohnya Minerva Megelli yang pernah dipajang pada saat ajang IMMS 2009 yang lalu.

Mobil Warna Putih Sebuah Tren?

Mari kita lihat dulu ajang balapan F1 2009 yang kita kenal sebagai balapan paling top saat ini, dan ternyata “Tim BrawnGP” yang sebelumnya milik Honda, saat ini menggunakan mobil balap F1 berwarna putih polos.

IMGP3935Menurut DuPont 2007 Global Automotive Color Popularity Report, setelah tujuh tahun, warna silver tampaknya mulai renta dan akan segera lengser dari singgasananya di kerajaan warna yang paling populer di dunia. Tapi warna putih atau putih mutiara akan bangkit kembali memimpin sebagai warna pilihan untuk kendaraan mobil masa kini.

Di beberapa negara, warna mobil putih sudah menggulung silver. Di kawasan Amerika Utara untuk pertama kalinya putih dan putih mutiara, sudah berada di atas pesaingnya, yaitu diatas warna silver dan hitam. Sedangkan di Jepang, mobil warna putih juga menyisihkan warna silver. Demikian pula di negara Amerika Tengah Meksiko warna putih sudah sangat superior.

Industri Du Pont melihat warna putih dan putih mutiara adalah warna pilihan yang bisa menggeses warna hitam metallik, maupun warna-warna lain. Namun demikian, mobil dengan warna merah juga masih bisa kuat untuk beberapa negara.

“Tumbuhnya popularitas mobil berwarna putih atau putih mutiara sudah bisa memberikan indikasi bahwa sudah ada pergeseran yang dramatis dalam hal pilihan warna-warna utama,” kata Karen Surcina, Color Marketing and Technology Manager- DuPont Automotive Systems.

“Kami tidak terkejut melihat berkembangnya warna mobil putih atau putih mutiara yang tertuang didalam laporan Du Pont pada tahun 2009 ini,” kata Leatrice Eiseman, Executive Director of The Pantone Color Institute.

“Ini setidaknya telah mengikuti kecenderungan global dalam benda-benda perkakas rumah tangga, fashion, consumer product dan desain industri, di mana memperlihatkan adanya kebangkitan warna putih sebagai pencerah sebelum perubahan tren, atau sebagai warna yang dapat menyiratkan kemurnian dan minimalisme,” lanjut Eisman.

Warna putih juga dilihat sebagai suatu pernyataan fashion. Mobil putih bisa jadi sebagai suatu pernyataan fashion dan pemiliknya memilih putih itu sebagai penyataan setuju. No argumen and peace (red=tidak ada argumentasi dan damai). Sedangkan warna putih mutiara sendiri adalah kombinasi banyak warna, memungkinkan kemampuan untuk berubah, memantulkan lapisan-lapisan putih.

Laporan tahunan yang sudah dibuat sebanyak 55 kali ini, telah menjadi standar industri otomotif untuk analisa dan prediksi kecenderungan warna mobil berdasarkan pilihan dari para konsumen. Pengaruh studi Du Pont tidak lagi sebatas industri otomotif, tapi juga menjangkau industri bidang lain seperti perkakas rumah tangga, perangkat elektronik dan juga fashion.

Emang sih harus diakui, beberapa mobil warna putih kini terlihat sangat eye catching, bersih, murni, walaupun beberapa jokes sering menyebutkan kalau bawa mobil mirip dengan ambulans atau mobil dinas palang merah, atau mobil dinas PBB, atau UNIFEC dan sebagainya yang memang mobil instansi PBB kebanyakan berwarna putih.

Warna-Warna Baru Tahun 2009

Seperti halnya di dalam industri fashion, produsen coatings juga menampilkan koleksi warna-warna tahunan pada produsen otomotif dalam pertemuan resmi.

Tema DuPont Color Show tahun 2009 ini adalah “Winning with Color“. Nama-nama yang diperkenalkan termasuk Whitney White, Gwendolyn Gray, Roger Rocket (putih dengan aksen biru), Remington Red, Giselle Glacier (putih), Gaby Goldfish (nuansa orange) dan Nemo Night (nuansa biru tua).

Dari perspektif global, secara umum popularitas warna mulai bergeser dari silver cenderung ke warna abu-abu. Namun warna putih dan putih mutiara tetap jadi warna yang penting untuk mobil SUV, karena tingginya volume jenis kendaraan ini. Juga terlihat adanya pertumbuhan di segmen mobil mewah.

Di Jepang mobil warna putih dan putih mutiara sudah memimpin dengan tingkat popularitas 24%. Kemudian dibayangi dengan warna silver 22%, yang turun 5% dari tahun lalu. Silver populer di segmen mobil kompak dan sport.

Di negara China, warna silver dan hitam hampir seimbang dengan silver, sedikitnya satu persen lebih tinggi. Mobil warna putih, biru dan merah masuk dalam lima besar dan disusul dengan warna abu-abu. Warna mobil silver masih merajai di negara Korea Selatan dengan 39% pasar, sedangkan warna putih 25% dan hitam 22%.

Efek Kampanye Go Green

Yang bisa diamati saat ini adalah, adanya efek atau pengaruh dari kampanye “Go Green” atau “Save Green” atau “Save The World” yang berhubungan langsung dengan isu-isu lingkungan hidup.

Kembali ke topik balapan F1, jika pembaca masih ingat balapan F1 ditahun 2008 yang lalu, dimana Team Honda menggunakan warna khas “Save The World,” maka tidak heran jika Tim BrawnGP yang telah mengambil alih saham mobil HONDA tersebut di tahun 2009, mereka teap ikut meneruskan kampanye “Go Green” yaitu dengan menggunakan mobil balap warna putih polos.

Hak ini tidak lain karena adanya penerapan “social marketing” khususnya mengenai isu lingkungan hidup sebagai salah satu strategi komunikasi perusahaan. SL.COM melihat ada banyak perusahaan besar yang bergerak di dalam satu industri terpadu berusaha keras mengambil konsep kehidupan “white and green.”

Ini lingkupan hidup ini terbukti ketika hadir dalam ajang pameran IIMS 2009 yang lalu di Kemayoran, Jakarta. Pabrikan mobil Toyota Astra, memajang seluruh mobil-nya berwana putih, dengan kombinasi hijau bagian dekorasinya. Hal serupa juga dilakukan oleh Pertamina, memiliki konsep putih serta dilengkapi dengan dekorasi warna hijau.

Kita melihat begitu gencarnya kata-kata “Go Green” yang selalu disebutkan melalui iklan, yang ditujukan kepada masyarakat untuk menyadarkan betapa pentingnya kita semua harus sama-sama berkomitment “menjaga lingkungan hidup” agar semua yang ada dibumi ini tetap terjaga.

Namun, bagaimanakah dengan feedback dari masyarakat tentang kesadaran, kepedulian dalam hal menjaga isu-isu lingkungan hidup? Harus kita akui, masih buruk!

Ini nukan persoalan membuang sampah dengan sembarangan, tapi kepada masalah etika dan disiplin pribadi dari orang ke orang (individual). Ketika seseorang lagi ngotot ngomongin isu-isu lingkungan hidup, dan berusaha keras membuat undang-undang tentang lingkungan hidup, tapi disatu sisi, ia pun sangat sulit mengatasi problematika gaya hidup dan kesehatannya, bukan soal makanan, tapi soal kebiasaan merokok!

Yah.. lagi-lagi ujung-nya soal merokok? Mohon maaf jika anda seorang perokok. ;)  Yang penting pakai rokok putih.. kan masih tetap berhubungan dengan topik artikel ini tentang warna putih. *Ngeles mode-on..

Sumber artikel: Dikutip dari berapa sumber.

Categories: REPORT
  1. yonas
    September 4, 2009 at 3:45 pm

    bagus juga seh tapi kalo kita jarang sayangi kendaraan kita lama2 jadi kuning,dan hanya satu putih yang di jauhi ykni keputihan he3

  2. Imam
    September 8, 2009 at 5:42 pm

    memang warna putih, akhir2 ini menjadi satu patokan bahwa warna yang bisa menetralisir pemanasan global, y warna putih itu, ada sebuah fakta, bisa d search d google, d daerah california, sejak 2005 atap rumah semua penduduk d warna putih, itu agar panas matahari bisa langsung dpantulkan

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: