Home > REPORT > Ulasan Website www.welovehonda.com

Ulasan Website www.welovehonda.com


hondamatik-psd-01Jakarta, 24 Agustus 2009. Sepak terjang Honda melalui event nasional Dunia Matik yang digelar di beberapa kota besar masih dirasakan belum cukup, namun demikian PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) perlu menciptakan suasana baru melalui media online atau digital, antara lain mendirikan website  khusus www.welovehonda.com

Melalui situs ini, Honda jelas sedang mencoba mendekati para kawula muda agar pabrikan bakal lebih akrab dan lebih gaul dengan anak-anak muda yang menjadi target pasar dari penjualan motor Honda Matik-nya, antara lain Honda Vario dan Honda Beat. Sebenarnya PT AHM sudah memiliki website resmi http://www.astra-honda.com/ tapi website perusahaan tersebut rasanya belum menyentuh selera anak muda masa kini yang penuh dengan dinamika dan gaya.

variotechno

Kita ketahui bahwa anak muda selalu punya lingkungan dan bahasa sendiri, harus lebih gaul, lebih ceplas-ceplos, lebih exciting dan harus serba rame. Mungkin itulah alasan mengapa AHM perlu membuat situs yang jauh berbeda dan lebih khusus untuk bisa merangkul anak-anak muda, yang intinya mereka memiliki potensi pasar motor matik.

Penyesuaian diri PT AHM pun tidak hanya dengan pembuatan website, tetapi juga bagaimana Honda memilih ikon-ikon anak muda dalam iklan Honda Matik-nya. Sebut saja ada sederet artis-artis terkenal yang masih berjiwa muda, antara lain VJ Daniel, Agnes Monica, Afgan Reza, Cinta Laura, dan sejumlah artis-artis lainnya yang katanya lagi pada antri bakal iklan Honda di waktu yang akan datang. Wouw.. artis aja perlu ngantri buat jadi ikon-nya Honda..😉

topwelovehonda-600

SL.COM beberapa hari yang lalu mencoba menelusuri semua menu dari situs http://www.welovehonda.com tersebut dan memang, rasanya menu dan tampilan sudah pas buat anak muda, penuh dengan warna-warni dan keceriaan. Namun, bicara soal contents website rasanya masih  belum banyak, demikian pula galery fotonya juga belum mewakili semua kegiatan.  Untuk tampilan produk Honda Matik-nya, baik Honda Beat dan Honda Vario, sudah cukup menarik.

Yang pasti pekerjaan mengelola website yang memang dibuat khusus untuk anak muda, perlu keahlian khusus yang juga berjiwa muda, dan ini tentunya harus datang dari anak-anak muda.  Kalau website ini masih dikelola oleh orang tua, maka operator/admin-nya akan mengalami kesulitan menemukan selera dan gaya bahasa yang pas. Anak muda sekarang jauh lebih kreatif dan inovatif.

Nah, buat orang tua yang memang lagi butuh informasi tentang motor matik dan hiburan, maupun kegiatan anak muda jaman sekarang, serta ingin tahu pendapat dari para pemakai Honda matik, maka tidak ada salahnya untuk mampir ke situs tersebut. Bisa dijamin orang tua bakal tetap awet muda. He-he-he…🙂

Selain dari pada website http://www.welovehonda.com, jejaring sosial Facebook pun sudah disentuh oleh PT AHM.  Kali ini Honda memiliki akun khusus untuk group dan fans “Dunia Matik Honda.”

Selain itu, masih ada lagi akun-akun lainnya yang berhubungan dengan kegiatan klub/komunitas motor di Indonesia. Kalau soal group klub dan komunitas motor di Facebook, hal ini  jangan ditanyakan lagi, karena ada ratusan, dan mungkin ribuan klub/komunitas motor Honda di facebook.

Apa yang dapat disimak dari keberadaan website http://www.welovehonda.com adalah, bagaimanapun juga PT AHM tetap berusaha keras mau merangkul anak muda dengan berbagai event yang sepadan. Penjualan motor matik memang tidak sendirian, masih ada pesaing, antara lain ada merek Yamaha dan Suzuki yang masing-masing punya daya tarik sendiri. Belum lagi ada pendatang baru seperti Minerva Matik.

Afgan-02

Namun demikian, Honda tetap berinovasi dan tidak diam di tempat dalam soal pemasaran dan penyebaran informasi. Honda tetap mengikuti trend perkembangan anak muda yang kini anak muda lebih banyak bermain dengan dunia internet. Kita ketahui bahwa fasilitas internet kini sudah mendunia, hampir semua merek handphone terbaru sudah memiliki koneksi dengan internet. Bahkan anak-anak sekarang berani mengatakan: “loe nggak punya internet.. mampus aja deh lo!”

Soal merangkul komunitas, Honda terbukti sudah mulai merangkul klub-klub besar yang digeluti oleh anak-anak muda. Contohnya, lihat saja PT AHM yang kerap menggelar beberapa acara berskala nasional dan senantiasa mengundang klub/komunitas motor Honda yang ada dikota tersebut.

IMGP3414

Kiri-kanan: Tedy Suryadi AHM, Bro Triatmono dan staff AHM lainnya pada saat Live Show Dunia Honda Matik

Bahkan ada yang menarik ketika menjumpai staff PT AHM, Tedy Suryadi selaku Club & Community Supervisor dimana  ia ikut pula menyesuaikan diri dengan kostum anak muda saat acara Dunia Matik Honda di Jakarta beberapa waktu yang lalu (lihat foto).

Satu kesimpulan dari SL.COM yaitu industri harus memasuki “Era Dunia Digital.” Artinya, kegiatan pemasaran dan penjualan motor masa kini harus bisa memaksimalkan dengan berbagai macam cara dan kreatifitas. Salah satunya, adalah turut bermain didalam dunia digital yang kini sudah semakin populer dan dibutuhkan oleh semua orang.

Bahkan kebutuhan dunia digital harus pula disesuaikan dengan target pasar yang dituju. Jika target pasarnya adalah anak-anak muda, maka fasilitasnya harus bisa menyesuaikan diri dengan anak muda juga. Inilah salah satu kreasi dan strategi marketing yang nggak pernah habis dibahas.

Lihat foto-foto dibawah ini yang dicopy dari album facebook Dunia Matik Honda, yaitu acara khusus Dunia Matik di Bali yang berlangsung pada tanggal 16 Agustus 2009 lalu. Weeiiis.. yang hadir emang anak muda semua!

Categories: REPORT
  1. xxl123
    August 25, 2009 at 4:26 am

    ackhhhh biasa aja websitenya hehehehehe

  2. August 25, 2009 at 11:00 am

    lagi-lagi … minus edukasi aman berkendara, padahal masa remaja adalah masa-masa rawan dimana berkendara hanya dijadikan media senang-senang saja tanpa memperhatikan keselamatan.

    idealnya web honda ini bisa lebih ‘mencekoki’ pasarnya dengan edukasi singkat dan mengena soal perubahan mental dan perilaku pengendara di Indonesia ..

    *siap sumbang artikel mode on .. kampanye SR harus jalan terus*

  3. August 25, 2009 at 11:30 am

    setuju bro.. edukasi, trainig, kampanye dan iklan2 berbau “SAFETY RIDING” harus lebih banyak lagi.. ini jadi masukan yg positif..

  4. masboy
    August 25, 2009 at 4:27 pm

    ckckck.. hondaaa… hondaaa.. just give us a proper decent bike, and everyone will be very happy !

  5. Linda!
    August 27, 2009 at 5:50 pm

    @ andry : boleh tuh idenya.. di welovehonda.com bisa juga kok sumbang artikel… berhubung siap sumbang artikel mode nya dah on.. bisa diupload atuh artikelnya di welovehonda.com – news by hondalovers. sekaligus membantu support edukasi safety riding ke insan2 muda…

    @ SL : bapak udh join jd member welovehonda.com???

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: