Home > REPORT > Produk China Ada Di Mana-Mana..

Produk China Ada Di Mana-Mana..


IMGP3737Jakarta, 19 Agustus 2009. Nggak salah lagi, emang benar jika Negara China sekarang lagi melakukan ekspansi pasar secara besar-besaran.

Hal ini bisa dibuktikan ketika SL.COM melihat pameran industri, maka bisa dilihat secara langsung mesin-mesin dari China yang ikut hadir meramaikan pameran.

Salah satu bukti adalah ketika SL.COM melihat acara pameran: “Indo Automotive: Indonesian International Automotive, Spare Parts & Acessories Exhibition” yang berlangung pekan lalu 12-15 Agustus 2009 di Hall D1, Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta.

Nggak heran lagi melihat kiprah China yang juga ikut memamerkan segala macam mesin, produk parts, produk asesories yang berkaitan langsung dengan industri otomotif. Boleh dibilang kehadiran China hampir menyita seluruh lahan pameran. Ketika SL.COM bertemu dengan panjaga booth atau stand “China Pavilion,” maka pembicaraan harus pakai penterjemah, kalaupun pun mau bicara langsung, maka percakapan dilakukan dalam bahasa Inggris dengan aksen Mandarin.

IMGP3741Dari pameran tersebut, terbukti jika Negara China sedang berupaya keras menguasai pasar industri otomotif di Indonesia, bahkan infonya mereka juga sedang melakukan pendekatan ke negara-negara Afrika dan Amerika Selatan yang masih dianggap sebagai negara berkembang.

Kalau buat negara-negara dari Amerika dan Eropa, justru merekalah yang datang ke China untuk melakukan investasi besar-besaran. Sudah tidak heran lagi, pergi jauh-jauh belanja ke Amerika/Eropa, dan disana malah melihat ragam produk dengan tulisan “Made In China.” Hal ini pun terjadi di negara Indonesia, terlihat banyak produk ternama asal Amerika/Eropa tapi berasal dari China.

Tak bermaksud mau berbicara soal politik, ekonomi atau suku/ras China, tapi yang pasti adalah fakta yang benar-benar telah terjadi di lapangan, bahwa negara China memang kini sudah merambah seluruh aspek usaha dengan berbagai cara yang smart (=pintar). Negara China tampaknya mampu merebut pasar ekspor, selain negara itu sangat besar, jumlah penduduk juga besar, disertai dengan disiplin keras penduduknya dalam berusaha.

IMGP3765Baiklah, SL.COM coba memberikan penjelasan dengan contoh yang terlihat langsung saat mengunjungi pameran tersebut.

Karena pameran tersebut adalah dibidang industri otomotif, industri parts. dan asesories, mungkin bagi pembaca yang memiliki mobil dan motor, silahkan mengamati setiap suku cadang dari kendaraannya.

Kalau perlu bongkar satu persatu seluruh komponennya, hingga mur, baut, dan seluruh kabel-kabel listrik-nya untuk sekedar memastikan asal-usul dari komponen tersebut.

Lag-lagi jangan heran dengan nama ATPM terkenal yang selama ini kita sudah percayakan sebagai industri pabrikan atau manufaturing mobil atau motor, dan ternyata dari mereka selama ini tidak memproduksi secara utuh untuk seluruh komponen produknya.

Untuk langkah effisiensi, maka mereka pihak ATPM biasanya bekerjama atau bermitra dengan berbagai perusahaan yang disebut dengan perusahaan suppier atau vendor. Misalkan komponen lampu, akan dikerjakan oleh pabrik A, untuk komponen rem akan dikerjakan oleh pabrik B, komponen ban oleh pabrik C, komponen jok oleh pabrik D, komponen kabel, mur, baut akan dikerjakan oleh pabrik E, dan seterusya.

Jadi, dari seluruh komponen kendaraan, bisa jadi pabrikan hanya memegang bagian tertentu saja, misalkan mesin, blok mesin, piston, sedangkan komponen yang lainnya dikerjakan atau disupply oleh pabrik-pabrik yang berbeda yang mungkin bisa mencapai puluhan nama supplier atau vendor. Artinya, pihak ATPM bisa jadi hanya memproduk utuh dengan kisaran 45% hingga 65% dan sisanya dikerjakan oleh pihak luar.

IMGP3746Nah, disinilah pabrikan China bermain. Merek kendaraan yang anda  miliki saat ini boleh saja dari sebuah merek terkenal, tetapi yang harus diketahui bahwa komponen-komponennya kebanyakan berasal dari ragam industri yang menggunakan mesin-mesin China. Belum lagi bahan bakunya, yang juga banyak di supply dari negara-negara China yang selalu dianggap kalangan industri memiliki “low cost” (red=biaya rendah).

Pada intinya, perusahaan industri ATPM kini sudah tidak bekerja sendiri. Jika ada perusahaan yang mengaku dan mengklaim produk tersebut berasal dari negara luar, sekalipun dari Amerika/Eropa, bisa jadi produk tersebut juga berasal dari pabrikan China, diproduksi oleh mesin  China, menggunakan teknologi China, menggunakan bahan baku China, dan seterusnya, Jadi, apapun yang kita beli, maka terima dan akuilah jika nama China sudah ada didalam kehidupan kita.

Salut untuk negara China yang terus maju, semoga ini bisa dicontoh oleh Indonesia. Masihkah kita meperdebatkan kehadiran China dan ekspansinya?

Categories: REPORT
  1. August 19, 2009 at 7:12 pm

    Pertamaxxxx…
    Indonesia Kapan Yahh ?

  2. Himawan
    August 19, 2009 at 7:40 pm

    Walaupun Made in China kalo pembuatan dengan QC yg bagus ya kenapa tidak diterima.

  3. rony
    August 19, 2009 at 10:28 pm

    “Artinya, pihak ATPM bisa jadi hanya memproduk utuh dengan kisaran 45% hingga 65% dan sisanya dikerjakan oleh pihak luar.”
    mengutip artikel diatas, kayanya 65% + 45% = 110% deh, kelebihan tuh….
    Nice article by the way

  4. August 19, 2009 at 11:28 pm

    wah.. jgn di tambah2 gitu bro.. hehehe..
    coba ambil 45%, maka sisanya dari pihak luar..
    atau ambil 65%, maka sisanya dari pihak luar..
    jadi, angka 45% hingga 65% adalah “range” produksi utuh ATPM..

  5. cahyo
    August 20, 2009 at 3:53 pm

    indonesia pasti bisa…
    sebenarnya kualitas barang2 kita udah bagus…
    cman masalah branded aja

  6. archa
    August 20, 2009 at 11:00 pm

    kualitas barang2 kita sebernery lebih bagus dr china tp bangsa kita aza yg g i love y pull ama prodak negeri sendiri

  7. Mr_lOng'S
    August 21, 2009 at 8:22 pm

    Tuntutlah ilmu sampai ke negeri china..
    Seperti ny ungkapan d dlm ayat suci umat islam itu ada bnr ny jga..
    Krn tnpa di sadari dr gw sejak kecil smpai skg remaja
    kog semua produk yg prnh gw beli hampir 80% Made In China..
    Mulai dr Mainan, Brng” Electronik, Hp, Spare part mtr, sepatu, Mesin” dll
    bahkan Obat”an china pun trkenal ampuh, beladiri ny kungfu & taichi ny pun ga luput d mkn jaman..
    dr situ gw tau
    SDM rakyat china ntu memang patut d acungi 2 jempol..

    Btw
    menurut pengamatan saya
    seperti ny hampir d seluruh dunia trdpt bangsa china yha,!!

  8. JOKO
    September 6, 2009 at 10:43 am

    Produk nya dimana-mana, keturunan nya juga ngampar dimana-mana hahaha

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: