Home > REPORT > Honda Lebih Dominan Di Tabloid M+

Honda Lebih Dominan Di Tabloid M+


IMGP3802Jakarta, 14 Agustus 2009. Siapa yang sudah baca Tabloid Motor Plus Edisi 546 Sabtu, 15 Agustus 2009?

Jika anda setuju, bisa dibilang isi tabloid Motor Plus tersebut lebih dominan oleh artikel-artikel dan juga iklan Motor Honda. Beberapa artikel umum mengenai Honda dan juga artikel advertorial Honda mengisi beberapa halaman tabloid yang disingkat dengan M+ tersebut.

Pada edisi sebelumnya, halaman cover depan dan belakang Motor Plus tersebut malah diisi dengan iklan Honda Vario Techno CBS sebagai produk terbaru PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM).

Melihat situasi ini, bisa terbaca jika Honda kini lagi gencar-gencarnya merebut hati para pembaca membuktikan ekesistensi Honda dan PT AHM sebagai nama pabrikan motor nasional yang berkualitas dan inovatif.

Demikian pula, keramahtamahan yang diberikan oleh manajemen dan seluruh jajaran staff PT AHM bisa dirasakan juga oleh kalangan blogger, maupun para jurnalis dari berbagai media ternama. Artinya, Honda kini makin terbuka dan transparan untuk media, sehingga hampir seluruh event Honda bisa diliput dan diwartakan kepada masyarakat.

IMGP3791Mari kita simak bagaimana dominasi Honda yang terekam oleh SL.COM di halaman Tabloid M+ tersebut, antara lain adanya Bonus Halaman sebanyak 8 lembar yang bisa ditemukan di antara halaman 16-17, yaitu tentang:

Selain itu, masih ada iklan Honda yang juga muncul di beberapa halaman, yaitu AHM Oil di hal. 5, dan juga artikel MotorGuide di hal. 18. Sedangkan pada halaman terakhir dari tabloid M+ tersebut muncul logo Honda dalam partisipasinya di acara The 1st Accessories & Modification Motorcycle Show 2009.

Jadi, lengkap sudah dominasi Honda di tabloid M+ tersebut.

Selanjutnya, bagaimana dominasi Honda di media cetak lainnya?

Sudah pasti Honda juga sedang gencar-gencarnya merebut hati konsumen melalui beberapa iklan dan artikel yang memang perlu dibaca dan diketahui oleh masyarakat secara luas. Tampaknya Honda ingin tetap eksis sebagai sebuah perusahaan sepeda motor yang terbesar di Indonesia

Kemudian, bagaimana dengan dominasi Honda di pasar sepeda motor Indonesia?

Untuk yang satu ini, kita lihat saja laporan statistik dari AISI (Asosiasi Industri SepedaMotor Indonesia) yang secara berkala sering diulas secara transparan oleh beberapa blogger KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia).

Categories: REPORT
  1. arie slight
    August 14, 2009 at 7:44 pm

    hahaha.. motor plus honda edition nih ceritanya

  2. javajoy
    August 14, 2009 at 10:38 pm

    sebetulnya gak cuman M+ yg didominasi Honda,kalok saya akhir2 ini baca yg lain seperti otomotif,R2 ataupun bikers bahkan blog juga ketemunya dominan Honda punya. Sebetulnya saya membaca tabloid dll mencari informasi yg mendidik dibanding mencari informasi jualan. Juga kesannya media bisa menjadi tidak netral lagi,jadinya kalok ada artikel komparasi produk ataupun test ride akan timbul pertanyaan apakah penilaian ini netral atau hanya sekedar membantu proses marketing, kerjaan berat buat rekan2 media karena batasnya sangat tipis untuk bisa memberikan informasi yg akurat kepada publik dibanding bahasa iklan.

  3. nick69
    August 15, 2009 at 2:10 am

    Pasti donk
    Itu aja masih kcolongan lg penjualannya dibulan 7
    Gmn nih payah ah๐Ÿ˜€

  4. Moncer
    August 15, 2009 at 8:46 am

    Sama dong kayak di blog sebelah, isinya AHM banget. Giliran AHM pasti dipuji2 mlulu (produk n strategi) tapi kalo ngebahas saingan beratnya yg diliat minusnya mlulu. Ane percaya kalo dia gak dapat imbalan apa2, tapi kayaknya dia udah jadi partisan shg cenderung berat sebelah

  5. atlet
    August 15, 2009 at 9:29 am

    ^
    Kalau blog pribadi terserah yang punya dong, kalau merasa blog orang berat sebelah ya buat blog sendiri. Lagian asalkan bukan fitnah/ pencemaran nama baik dan hal-hal kriminal atau hal-hal yang melanggar norma-norma yang berlaku fine-fine aja isi blog cenderung ke pihak tertentu, toh ada blog lain yang cenderung ke pihak lainnya juga kan? jadi ga usah komplainin blog orang.

  6. javajoy
    August 15, 2009 at 2:42 pm

    he..he..he..ramai juga nich, disitu ternyata salah satu masalahnya bro, ternyata ada blog pribadi dan blog konsumsi publik yach…maksudnya perkembangan sekarang bloger sudah mulai dilirik untuk diakui sebagai salah satu insan pers, nach kalok sudah masuk insan pers harus netral agar bisa memberi informasi yg tajam dan akurat. Tapi gimana membedakan dengan blog “pribadi” yach?….

  7. Moncer
    August 15, 2009 at 3:29 pm

    Justru koment ane tuh secara tdk langsung merupakan pengakuan bahwa blog dia gak cuma dibaca segelintir orang. Harus diakui blog dia dinikmati bnyk orang n owner mesti (n pasti) menyadari hal tsb. So seperti coment om di atas gw, kalo dah “milik publik” mestinya bisa lbh netral

  8. fachrulx2
    August 15, 2009 at 6:32 pm

    Ini yah… yg disebut Strategi Marketing ?

  9. August 15, 2009 at 8:44 pm

    @SL
    menurutku ini karena AHM pasang iklan bro..
    sudah beberapa kali iklan dua halaman pertama dan belakang (bisa dijadikan poster)mulai dari Honda Blade, Tiger Revo,Vario..
    toh pihak Motor Plus mencantumkan kata Advertorial.jadi bukan artikel.
    benernya yang pertama kali iklan seperti Nissan Grand Livina di Otomotif..

  10. Alon2 Asal Kelakon
    August 15, 2009 at 10:04 pm

    .: Mind War :.

  11. atlet
    August 15, 2009 at 11:09 pm

    Setuju sama om giri. untuk M+ kan di pisahin antara artikel dan iklan, jadi saya rasa itu masih fair. Dulu yamaha juga pernah membuat advertorial yang mendominasi di M+ jadi hanya masalah waktu kebetulan sekarang Honda yang gencar.
    Saya yakin kalau masalah data objektyif produk blog “tersebut” membeberkan data apa adanya. Masalah analisa strategi marketing kan memang preferensi sesorang mau suka yang mana, tidak kaku, nanti strategi mana yang jitu akan terjawab dengan sendirinya. Yang penting dari sisi konsumen kan masalah produknya, jadi saya kira blog “tersebut” meskipun dinilai berat sebelah tapi tidak merugikan konsumen (cmiiw).
    Ini menurut saya mengapa blog tersebut sering membahas Ahm, karena di blog sebelahnya sudah sering bahas ymki mulai dari spy shoot bison dll. di blog “tersebut” produk ymki yang di ulas pun fazer 150 mungkin sebagai strategi diferensiasi dari blog lainnya yang telah bahas fz 16. Jadi saling melengkapi (cmiiw).

  12. anggiwirza
    August 16, 2009 at 1:19 am

    wits…

    honda gitu loooohh…

    iya gak bro stephen..???๐Ÿ˜€

    cuman honda yang bisa bikin lomba honda safety trainee

    maju terus honda..!!!!

  13. August 16, 2009 at 11:15 am

    memang betul bro.. kan itu sesuai kalimat di paragraf dua:
    “… dan juga artikel advertorial Honda…”

  14. August 16, 2009 at 11:17 am

    betul sekale.. marketing/pemasaran harus pake jurus2 segala cara..๐Ÿ˜‰

  15. gary
    August 16, 2009 at 1:19 pm

    @All,
    Sori bukan sebagai pembela, Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Bajaj, TVS, dll…..:D
    Cuma iklan atau advertising sangat dibutuhkan untuk menjual suatu produk. Sepertinya tidak ada yang salah bila perusahaan otomotif manapun untuk “jor-jor”-an memasang iklan di suatu tabloid. At least dengan lebih banyaknya iklan tersebut kita bisa lebih tau mengenai produk dari perusahaan tersebut.
    Peace bros….:D

  16. ben
    August 16, 2009 at 9:41 pm

    saya malahan nulis komplain di salah satu blog yang ada di indomotoblog ( yang cenderung ke yamaha ) , enggak sampai sehari sudah didelete oleh adminnya …

  17. kus
    August 20, 2009 at 7:47 am

    kalau suatu merk pengen dominan di tabloid ya pasang iklan aja yang banyak dan bikin event yang banyak…
    Kalau ada acara Blogger diundang juga jangan lupa…..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: