Home > REPORT > IIMS 2009: Get To Know About AXIC!

IIMS 2009: Get To Know About AXIC!


Jakarta, 8 Agustus 2009. Rangkaian acara pameran “International Indonesia Motor Show, IIMS 2009” pekan lalu bisa jadi bakal sepi pengunjung kalau panitia tidak jeli dengan mengundang atau merangkul komunitas atau klub mobil penggemar otomotif yang jumlah anggotanya bisa mencapai ribuan orang.

Gimana tidak bakal sepi, lihat saja tenda-tenda mini yang ada di tengah lapangan, penuh sesak dari kehadiran mobil-mobil anggota klub atau komunitas mobil se-Jabodetabek yang tergabung dalam koordinasi “Forum Komunikasi dan Komunitas Klub Otomotif” atau FK3O. Lihat artikel khusus tentang FK3O: http://stephenlangitan.com/2009/08/06/apa-sih-fk3o/.

Nah, dari sekian nama klub mobil yang hadir di IIMS 2009, dan terlihat ada kelompok yang lebih menyolok, bahkan klub mobil yang lebih rame di ajang pameran tersebut, yaitu klub mobil AXIC atau “AvanzaXenia Indonesia Club.”

Para anggotanya mengenakan seragam AXIC berwarna merah dan tulisan AXIC di kemejanya, sehingga mereka sangat mudah dikenal ketika sedang lalu-lalang diarena pameran. Bahkan dari mereka membawa anggota keluarganya, sehingga lengkap sudah warna keceriaan dan kebersamaan dari klub mobil ini.

Ketika SL.COM menghampiri tenda AXIC Sabtu 1/08/09, ternyata AXIC punya acara syukuran yang mewarnai suasana keakraban dan persaudaraan yang semakin hangat diantara para member AXIC, lengkap bersama dengan keluarga yang turut serta. Terlihat ada sebuah nasi tumpeng, kue taart, dan dilanjutkan dengan tiupan lilin secara barengan oleh 3 orang anggotanya. Sepertinya, ada yang ultah, sehingga mereka disatukan dalam acara syukuran tersebut.

IMGP3340Setelah itu acara AXIC dilanjutkan bergabung dengan klub-klub mobil lainnya, yaitu AXIC turut meramaikan acara tarik mobil truk yang sudah disiapkan panita acara pameran PT Dyandra Promosindo.

Disini terasa ada suatu kebersamaan, maupun hubungan relasi yang baik dengan klub-klub mobil lainnya, tanpa memandang gender, usia, asal-usul, maupun status sosial lainnya. Itulah AXIC, salah satu klub mobil di Indonesia yang sudah berusia 5 (lima) tahun, berdiri sejak 3 April 2004 di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Klub Mobil AXIC saat ini dipimpin oleh Ketua Umum, Bagus Brawono menegaskan kembali bahwa kehadiran klub mobil ini tidak sekedar ajang  kumpul bersama, tetapi juga ingin menyatukan visi dan misi yang lebih kongkrit untuk kepentingan para pengguna kendaraan kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Klub mobil berskala nasional ini sudah memiliki anggota lebih dari 3.000-an dan mereka yang sudah berstiker Nomor ID AXIC mencapai 290 secara nasional. Untuk wilayah Jakarta memiliki 13 chapter yang terbagi dari berbagai “domilisi” dan “interest” dari para anggotanya. Untuk menjadi anggota AXIC cukup membayar Rp.100 ribu untuk seumur hidup, dan setelah itu bisa mendapatkan nomor ID AXIC yang harus ditempelkan di kaca belakang mobil Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia.

IMGP3280“Soal komunikasi, kami menggunakan milis, forum internet, facebook, dan website. Bahkan AXIC punya milis-milis tersendiri yang terdiri dari chapter, wilayah, cabang, seperti AXIC Metropolis, Halilintars, Bostoners, Cappuccino, Metrostars, Merkurius, Pakubuwono yang masing-masing dari mereka punya PIC-nya sendiri dan juga hari ultahnya sendiri. Tidak itu saja, AXIC punya relasi dan komunikasi yang baik karena kesamaan minat, seperti adanya AXIC photography, blackberry, biker,  modifikasi, futsal, dan lain-lain,” demikian papar Bagus Brawono selaku Ketua Umum AXIC periode 2008-2010.

Ketika ditanya soal kegiatan klub AXIC, dijelaskan oleh Bagus (35) bahwa klub AXIC prinsipnya memiliki tiga pilar:

“Yang pertama adalah pilar otomotif, seperti coaching klinik, kunjungan ke pabrik-pabrik komponen mobil, seperti pabrik ban, pabrik aki, pabrik busi, dan pabrik mobil Avanza dan Xenia itu sendiri. Yang pasti semua pabrik komponen kendaraan sudah kami kunjungi. Demikian pula, AXIC selalu hadir pada undangan-undangan otomotif, seperti pameran otomotif IMMS ini, dan juga pameran modifikasi otomotif dari berbagai event.”

IMGP3285“Yang kedua adalah pilar gathering, touring, kunjungan ke wilayah lain, atau sowan dengan klub mobil yang lainnya. Yang penting adalah membangun kebersamaan dan persaudaraan dengan sesama anggota AXIC dan juga dengan anggota keluarga dari setiap member AXIC.”

“Yang ketiga adalah sosial dan lingkungan. AXIC sangat aktif di berbagai kegiatan sosial, baksos, fun bike, dan juga kegiatan-kegiatan apresiasi. Bahkan kami ikut rekor MURI untuk mendapatkan rekor terbanyak mobil Avanza – Xenia. Tak lupa, kami juga aktif untuk memberikan bantuan-bantuan buat korban bencana nasional, donor darah PMI, dan kegiatan sosial lainnya.”

Milis resmi AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC): http://groups.yahoo.com/group/axic/

Bagaimana menjadi Anggota AXIC?

Silakan hubungi PIC Chapter/Cabang di wilayah terdekat, atau bergabung di dalam milis http://groups.yahoo.com/group/axic/ atau mengikuti kegiatan-kegiatan AXIC yang ada di website AXIC www.axic.or.id

Categories: REPORT
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: