Home > REPORT > AHM Punya Lomba Front Line People!

AHM Punya Lomba Front Line People!


IMGP3072Pekan yang lalu, Jumat 31 Juli 2009, beruntung SL.COM bisa hadir ke Hotel Mercure Ancol mengikuti  acara PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) dengan tajuk “Final Kontes Layanan Honda Nasional 2009.”

Ketika itu, SL.COM bersama seorang konsultan human resources turut berpatisipasi sebagai anggota juri bersama dengan tujuh juri lainnya yang terdiri dari jajaran pimpinan PT AHM setingkat Genenal Manager.

“Kontes Layanan Honda Nasional 2009 ini diadakan dalam rangka memberikan aspresiasi dan memovitivasi orang-orang yang duduk dalam jajaran barisan terdepan perusahaan penjualan motor Honda (Front Line People Honda). Mereka ini adalah ujung tombak Honda yang secara langsung akan melayani para pelanggan, konsumen atau prospek dengan prima, sekaligus mampu memberikan kepuasan dalam layanan perusahaan,” demikian ungkap Istiyani Susiati, General Manager Honda Customer Care Center dalam sambutannya di acara pembukaan Finalis Kontes Layanan Honda Nasional 2009.

Menurut penjelasan Istiyani, kontes layanan nasional yang serupa dan yang pertama kali diselenggarakan yaitu tahun 2007 di Makasar, kemudian di Jambi pada tahun 2008, dan berikutnya yang ketiga kalinya tahun 2009 diadakan di Jakarta. Yang berbeda dari pelaksanaan Kontes Nasional Layanan Honda kali ini adalah bahwa untuk kategori Service Advisor tidak lagi disatukan dengan FLP, melainkan digabung dengan Kontes Mekanik 2009 yang telah diselenggarakan beberapa waktu yang lalu (lihat artikelnya di sini).

IMGP3056Para peserta dan kotenstan FLP yang ikut berlomba datang dari 28 main dealer Honda di berbagai daerah, mereka harus melewati berbagai seleksi ketat ditingkat daerah, regional hingga tingkat nasional. Sedangkan yang masuk finalis hanya 6 orang peserta, setelah mereka terpilih melalui ragam seleksi meliputi Test Teori, Praktek, Kepribadian, dan Survei Lapangan.

Jumlah peserta yang masuk karantina final selama empat hari di Hotel Mercure Jakarta, 28 Juli s/d 31 Juli 2009 hanya 38 orang. Padahal jumlah keseluruhan FLP yang tersebar di seluruh jaringan penjualan Honda di Indonesia berjumlah 32,000 orang. Adapun persyaratan peserta kontes layanan nasional ini adalah mereka para Karyawan Dealer, Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), Honda Eksklusif Parts Shop (HEPS) yang memang berprestasi dalam target penjualan dan Customer Service.

Sedangkan posisi-posisi yang ikut dilombakan adalah bagi para Sales Counter, Salesman, Front Desk Officer, Salesman Part, Sales Counter Part, dan mereka sudah biasa disebut sebagai Front Line People-nya dalam industri penjualan motor merek Honda. Mereka yang lolos datang Jakarta terdiri dari 3 orang dari Sales Part; 4 orang dari Front Desk Officer; 5 orang Salesman, dan 26 orang Sales Conter.

Sedangkan pada acara babak final, yang terpilih masuk nominasi hanya 6 orang, dan pemenang yang mendapatkan hadiah yang terpilih hanya 3 orang saja.

IMGP3101Pada acara babak final tersebut, acara dihadiri langsung oleh Presiden Direktur PT AHM, serta Wakil Presiden Direktur AHM , Miki Yamamoto dan Johannes Loman. Mereka ditemani oleh Julius Aslan dan Takashi Nakamura sebagai Marketing Director beserta jajaran manajemen PT AHM.

Terlihat, bahwa PT AHM sangat serius, sangat peduli, serta memberikan perhatian khusus soal pelayanan dan kepuasan konsumen. Hal ini merupakan salah satu cara PT AHM dan seluruh jaringannya untuk selalu dapat meningkatkan kualitas layanan prima kepada konsumen setianya.

Kontes Nasional bertajuk ”Antusiasme menuju Service Excellent” adalah perhelatan akbar dari PT AHM yang digelar secara tahunan. Acara ini ditutup oleh sambutan Miki Yamamoto selaku Presiden Direktur PT AHM.

“Ini merupakan ajang kompetisi bagi para Front Line People (FLP) Dealer Honda, dimana acara ini merupakan salah satu wadah bagi para FLP untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan individu di tingkat nasional. Honda adalah sebuah nama merek yang telah membawa seluruh peserta FLP sampai di acara final ini,” kata Miki dalam sambutannya sebelum penentuan siapa yang masuk Grand Final.

Syarat kepesertaan Kontes Layanan Honda Nasional 2009 sebagai berikut:

  1. Merupakan seluruh Front Line People baik karyawan jaringan pemasaran & purna jual Honda
  2. Masa kerja minimal 1 tahun
  3. Berprestasi.

IMGP3123“Kami menyadari bahwa Front Line People merupakan ujung tombak bagi kepuasan pelanggan sehingga memegang peranan penting terhadap pelayanan purna jual sepeda motor Honda, untuk itu kami ingin selalu meningkatkan pelayanan karena kepuasan pelanggan adalah hal yang utama” ungkap Julius Aslan Marketing Director AHM.

Diharapkan dengan kompetisi ini dapat terus tercipta layanan yang prima dan kepuasan bagi konsumen sepeda motor Honda di Indonesia agar dapat terus mempertahankan gelar sebagai market leader.

Selamat buat pemenang!

Juara pertama adalah Budi Wijayanto, dari Astra Motor Jombor, Yogyakarta memboyong Honda Blade dan hadiah-hadiah lainnya. Untuk juara kedua direbut oleh Ni Luh Dharma Utami, dari PT Enam Tiga Sejahtera, Singaraja Bali.

FOTO-FOTO ACARA GRAND FINAL KONTES LAYANAN HONDA 2009, JUMAT 31 JULI 2009 DI HOTEL MERCURE ANCOL, JAKARTA

MAA

Categories: REPORT
  1. August 8, 2009 at 2:03 am

    PERTAMAX…..
    Kalo gw pribadi melihat bahwa AHM cepet belajar dan tanggap terhadap masukan2 konsumen dan blogger. Kalo AHM konsisten melakukan improvement di semua lini baik produk dan layananya, bukan sesuatu yang mustahil AHM akan kembali memenangkan pertarungan di industri roda dua, dan menguasai market share pasar sepeda motor di Indonesia.

  2. ben
    August 8, 2009 at 8:56 am

    percuma kalo cuma mukanya doang yang dipoles…. coba tanya stock part NSR atau honda win…
    AHASS jaman sekarang paling-paling jual aki, ban, oli…. ama shockbreaker… coba cari part engine …. atau karet kecil di tuas pemindah gigi tiger, ada yang jual ?

    hwarakadah …..

  3. FQ
    August 10, 2009 at 9:10 am

    PERTAMAX PLUSS..

    Keren bro. semoga layanan di Indonesia bisa semakin baik, begitu juga konsumen kita yang harus semakin rasional dengan mengacu ke Etika yang benar.

  4. wira
    August 11, 2009 at 1:26 pm

    Kalau acaranya bagus, ditiru aja, kok malu-malu

  1. August 14, 2009 at 7:12 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: