Home > REPORT > IIMS 2009: Apa sih FK3O?

IIMS 2009: Apa sih FK3O?


FK3O-01Jakarta, 6 Agustus 2009. Memperhatikan ajang IIMS 2009 yang sudah berakhir di hari Minggu 2 Agustus 2009 lalu, sebenarnya pameran IIMS 2009 ini sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan acara serupa di tahun sebelumnya.

Tahun 2009 ini, IIMS menggunakan lokasi yang sangat luas di kawasan Kemayoran, sehingga hal ini memungkinkan banyak pihak yang bisa dilibatkan, salah satunya adalah FK3O.

Panitia acara IIMS 2009, PT Dyandra Promosindo pada tahun 2009 ini merangkul komunitas dan klub mobil yang tergabung melalui FK3O (Forum Komunikasi Klub Komunitas Otomotif).

Inilah forum nasional bagi penyuka otomotif yang memiliki anggota sudah lebih dari 60-an klub dan komunitas mobil khususnya datang dari wilayah Jabodetabek.

Hanya melalui forum FK3O, maka PT Dyandra Promosindo tak perlu lagi repot-repot mengundang klub/komunitas secara satu persatu, tapi cukup dengan satu undangan ditujukan kepada FK3O, maka FK3O akan meneruskan lagi kepada masing-masing klub/komunitas. Melalui cara ini, terbukti perwakilan dari setiap klub/komunitas bisa dikumpulkan dan mereka pun hadir meramaikan ajang IIMS.

Setidaknya ada 50-an klub mobil yang mengisi tenda-tenda yang sudah disiapkan oleh panitia acara IIMS 2009. Eksistensi mereka, memberikan bukti bahwa klub dan komunitas mobil patut dihargai dan harus dilibatkan karena mereka ini adalah corong pemasaran bagi ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek).

IMGP3309

Bisa jadi tanpa kehadiran klub/komunitas otomotif, maka acara pameran IIMS tidak akan ramai. Lihat saja keramaian pada acara tarik mobil truk yang diikuti oleh anggota FK3O. Semua peserta merasakan keceriaan, kebersamaan dan juga kebanggaan menjadi anggota klub. Rata-rata dari setiap anggota klub memiliki baju seragam yang menunjukkan indentitas klub mobilnya.

Enggak salah lagi, mereka merupakan kumpulan organisasi para hobbies yang tergabung dalam Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O). ”Kita diminta untuk tampil dan mengisi acara IIMS 2009 dan menyesuaikan dengan acara utama mereka,” terang Amroe Wahyudi, aktivis FK3O disela-sela mengatur acara tarik tambang truk yang sudah disiapkan panitia.

Jaringan klub besar ini memang diberi fasilitas berupa lahan seluas 2 ribu meter persegi. Untuk itu, lay out lahan dibuat menjadi sebuah zona khusus klub otomotif. Kehadiran mereka pastinya bukan cuma mejeng aja, karena FK3O juga bakal menghadirkan games untuk pengunjung. ”Kami disupport oleh sponsor dari ban, oli dan aksesori,” lanjut Amroe dengan semangat.

SEKILAS SEJARAH FK30

IMGP3315“Pertama-tama cikal bakal FK3O berawal dari pertandingan futsal, AUTOCLUB 2008 yang dihadiri oleh 32 klub mobil dalam satu merek, antara lain ada Timor-er, Picanto, AXIX, Karimum, Starlet, Proton, dan lain-lain yang mana acara pertandingan futsal tersebut diikuti oleh panitia dan peserta dengan konsep dari “kita untuk kita.” Maksudnya, kami tidak pakai event organizer, tetapi para panitia terdiri dari masing-masing perwakilan klub mobil. Sehingga acara AUTOCLUB ini hanya untuk kita-kita juga,” demikian penjelasan Amroe Wahyudi (41) ketika ditanya soal cikal bakal FK3O.

“Sejak acara AUTOCLUB, dan masih dibulan November 2008, dari beberapa klub berkumpul lagi dan memberi gagasan untuk mendirikan suatu forum komunikasi antar klub dalam satu wadah yang disebut dengan FK3O, walaupun sebelumnya sempat memakai kata paguyuban, tetapi maksudnya adalah sebagai tempat untuk menyatukan seluruh klub atau komunitas mobil ddari seluruh Indonesia yang diwakilkan oleh Ketua atau Wakil Ketua atau perwakilan yang ditunjuk,” jelas Amroe dengan panjang lebar menceritakan FK3O secara terperinci.

Sebuah komunitas memiliki tujuan utama adalah kebersamaan. Itulah benang merah sebagaimana dikatakan oleh Panglima Besar FK3O, sebutan buat Amroe Wahyudi dikalangan anak-anak otomotif Jabodetabek.

IMGP3317Oleh karena tuntutan dalam hal mencari kebersamaan, tempat sharing, sekaligus tempat kopdar, maka forum ini akhirnya dibentuk oleh mereka-mereka yang memang suka/hobi dengan otomotif dan juga pemakai kendaraan roda empat. Jadi, tujuan utama FK3O adalah mengkomunikasikan kebutuhan dan kegiatan klub masing-masing, disamping untuk menjembatani terjadinya konflik dan perselisihan yang mungkin terjadi di antara komunitas.

FK3O dibentuk pada tanggal 11 Nopember 2008 pukul 11.00 malam di salah satu kafe yang ada di FX Mal di bilangan Jl. Sudirman Jakarta Pusat. Saat itu hadir 11 orang perwakilan klub dan komunitas otomotif, yaitu:

1. Amroe Wahyudi – Timor-er, Ina-GO, IDC
2. Bagus Brawono – AXiC
3. Ciput Putrawidjaja – TeRuCI
4. Maulistian Nur Wibowo – HACI (CRV)
5. Arnold Rianto – HACI
6. Diki Lestariono – Timor-er
7. Adi Arya – Timor-er
8. Iwan Eka Nugraha – PCI/Protoners
9. M. Wahab – TVCI
10.Armen Yuldi – JFC (Jazz Fit Club)
11.Dimas Gendut – Volvo Club Indonesia (VCoI)

PROSEDUR BERGABUNG FK3O

IMGP3331Tidak ada iuran tahunan. Kirimkan data pengurus klub dan sebutkan siapa nama yang mau menjadi PIC (person in charge) buat data di FK3O.

Nama PIC tersebut bisa seorang Ketua, Wakil Ketua atau siapa saja yang bakal diwakilkan dari klub tersebut, minimal nama seseorang yang masih aktif di klubnya.

Tidak ada batasan mengenai jenis kendaraan, usia kendaraan, yang pasti sebuah klub biasanya terdiri dari satu merek tertentu dari sebuah pabrikan, misalkan klub Toyota Kijang, dan lain sebagainya.

Namun demikian, sebuah klub atau komunitas bisa juga terdiri dari bebrbagai jenis atau campuran kendaraan khususnya roda empat. Hal ini pun bisa dipertimbangkan untuk menjadi anggota FK3O, karena tujuan utama FK3O adalah kebersamaan diantara sesama/pengguna otomotif dalam berbagai aktifitas.

EKSPEKTASI FK3O

IMGP3328Apa yang diharapkan FK3O bukanlah cuma kebersamaan dan sebagai tempat ngumpul atau kongkow biasa, tapi juga menjadikan FK3O sebagai wadah komunikasi dan sentral aktifitas otomotif nasional. Hal ini terbukti dengan event-event yang sudah pernah dilewati oleh FK3O, antara lain pernah bekerjasama dengan Sirkuit Lippo Karawaci, event Enduro100 Challenge di Sirkuit Sentul, UNICEF/Depsos, dan lain-lain.

Jadi, harapan FK30 untuk kedepannya, jumlah anggota akan makin bertambah lagi, saat acara IIMS 2009 sudah mencapai 65 anggota, juga  diharapkan berkerjasama dengan berbagai pihak dari industri otomotif. Tak lupa, menjalin kerjasama dengan berbagai ATPM secara berkesinambungan dan tentunya akan lebih erat lagi.

KONTAK FK3O

Berminat menjadi anggota FK3O?

Sebaiknya sih langsung saja daftarkan klub mobilnya, biar bisa ikutan acara-acara FK3O yang sarat dengan agendanya. Lebih lanjut silahkan kontak PIC FK3O, yaitu:

Amroe Wahyudi:
E-mail: amruwahyudi@yahoo.com atau aw2701@gmail.com
Hp. 0817 767965; 0811 767966; 021 91769966
Website: http://fk3o.org/
Milis: fk3o@yahoogroups.com
Facebook: FK3O

Categories: REPORT
  1. August 7, 2009 at 7:02 am

    Apa ada rencana buka cabang selain jabodetabek om stephen?

  2. August 7, 2009 at 8:05 am

    setahu gw sih gak ada cabang, ini kan forum atau wadah pemersatu seluruh klub/komunitas mobil, bisa dibilang sbg induk klub2 mobil, kalau bisa merangkul semua klub mobil seluruh indonesia..

  3. mitra
    August 7, 2009 at 6:25 pm

    Bro Stephen, kalo ada boil Honda, jgn lupa gabung ke HACI yak hehehe…..🙂

  4. August 7, 2009 at 7:01 pm

    Ok bro..

    -original message- Subject: [stephenlangitan.com] Comment: “IIMS 2009: Apa sih FK3O?”

  5. ekowd
    August 10, 2009 at 12:45 pm

    Salut untuk FK3O!
    Jadi inget awal-awal ngumpul2nya.

    Udah lama nih ga ketemu om amroe

  1. August 8, 2009 at 4:53 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: