Home > REPORT > FGDexpo 2009: Ajang Buat Desain Grafis!

FGDexpo 2009: Ajang Buat Desain Grafis!


IMGP3035“FGDexpo2009 akan menjadi eksibisi industri grafika terbesar di Asia Tenggara yang menyuguhkan pengalaman industri kreatif” demikian pesan yang diangkat pada acara FGDexpo 2009.

FGD adalah sebuah kependekan dari  kata “Forum Grafis Desain” yang saat ini lagi pada berkumpul di Hall A & B Jakarta Converntion Center, mulai Kamis 30 Juli s/d 2 Agustu 2009.

Acara ini digelar untuk melanjuti kesuksesan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, dimana FGDForum kembali menggelar FGDexpo yang ke-4 di JCC Senayan.

Pameran yang diadakan setiap dua tahun sekali ini, merupakan ajang pertemuan para industri grafika yang terbesar di Asia Tenggara yang memamerkan teknologi, produk dan jasa yang meliputi 3 (tiga) pilar industri grafika, yaitu meliputi: industri kemasan, percetakan, dan penerbitan.

Dengan mengusung tema “Experiencing Creative Industry”, FGDexpo2009 diyakini akan membuka lebar peluang usaha industri kreatif di Indonesia.

“Sejak awal FGDexpo diselenggarakan untuk memamerkan produk serta jasa industri grafika nasional. FGDexpo diadakan setiap 2 tahun, dan selalu menampilkan teknologi dan tren terkini agar industri grafika semakin populer di tengah masyarakat, baik para praktisi industri grafika maupun masyarakat umum. Kami berharap eksibisi industri grafika ini mampu memberi nilai tambah dan berdampak positif bagi perkembangan industri kreatif di Indonesia ”, jelas Andi S. Boediman, Ketua FGDexpo2009 yang juga merupakan tokoh creativepreneurship Indonesia.

IMGP3032FGDexpo2009 yang berlangsung selama 4 (empat) hari dan memfokuskan eksibisi atas tiga sektor industri; kemasan, percetakan & promosi, dan penerbitan.

Kemasan (Packaging)
Sektor ini merupakan industri yang berhubungan dengan kemasan produk. Kemasan sebuah produk memainkan peranan yang penting dalam pemasaran produk, dimana akan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan saat membeli produk.

Kegiatan pada FGDexpo2009 yang menyangkut isu kemasan antara lain adalah eksibisi perusahaan yang bergerak di bidang kemasan beserta portofolionya dan lomba desain kemasan untuk membantu perkembangan UKM yang diselenggarakan oleh AIESEC.

Promosi (Promotion)
IMGP3034Bertambah canggihnya teknologi dunia membuat konsumen Indonesia terbuka dan memiliki media komunikasi alternatif yang lebih beragam, tidak lagi terpaku pada media tradisional seperti koran dan majalah, radio maupun TV.

Hal ini membuat potensi media non-tradisional terbuka semakin lebar, khususnya media digital. Selain promosi, percetakan (printing) juga akan dibahas tuntas mengingat di Indonesia industri percetakan, khususnya percetakan konvensional (offset) memiliki pasar yang sangat besar dengan tingginya kebutuhan materi cetak bagi promosi produk-produk yang akan dipasarkan.

Penerbitan (Publishing)
Penerbitan merupakan sektor industri kreatif yang menjadi titik ujung dari proses pemasaran dalam mendistribusikan produk kepada masyarakat, dan memiliki potensi pasar yang sangat baik untuk berkembang.

Kemajuan teknologi digital printing memberikan kesempatan kepada para penulis untuk tidak hanya menjadi lebih kreatif sebagai penulis dengan memanfaatkan beragam kemajuan teknologi yang ada, tetapi juga memberikan kesempatan dan peluang baru kepada mereka untuk berkembang menjadi pelaku penerbitan.

Kegiatan & Program pada FGDexpo2009

IMGP3031Selain menampilkan eksibisi industri kemasan, promosi dan penerbitan, FGDexpo2009 juga akan menggelar berbagai kegiatan yang akan memperluas wawasan dan memberi nilai tambah bagi peserta dan pengunjung pameran.

FGDexpo2009 akan menghadirkan para pakar dan komunitas industri kreatif, yang siap berbagi dalam sesi ‘pengalaman belajar yang menyenangkan’, seperti;

Indonesia Design Celebration 2009
Konperensi desain yang dimotori oleh ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia ) mengusung tema “100% Indonesia Hebat” yang menghadirkan 24 pakar industri kreatif sebagai pembicara.

Konperensi Bubu Award V.06
Membahas strategi pemasaran melalui kampanye digital bagi pasar Indonesia. Konperensi ini akan menghadirkan Crispin Porter + Bogusky, dan Direktur Pemasaran Yahoo! Bennet Porter*.

Klenikgrafika
IMGP3040Dengan mengangkat isu tematik “All about Lithography Printing”, akan diulas tuntas 3 materi utama dalam dunia cetak offset Lithography mulai dari pre press sampai dengan press beserta mitos-mitosnya.

Seminar Grafika dan Cetak
Forum berbagi tentang pemahaman perilaku pelaku usaha dalam pengembangan strategi pengembangan bisnis grafika dan cetak di Indonesia, termasuk semua hal terkait mengenai Flexographic Printing, studi kasus warna & Trouble shooting dalam pencapaian warna yang sesuai dengan kualitas cetak yang baik.

Grafika Politika
Dimotori oleh FDGI, acara ini menampilkan pameran poster raksasa “Cinta Indonesia” karya 64 desainer grafis Indonesia, lomba kritik poster untuk mahasiswa, acara membatik grafis bersama, sharing singkat inspiratif, talkshow motivasional, dan workshop eksperimental.

Kegiatan, pameran Komunitas & Creative Media Week
Menghadirkan ekspresi komunitas kreatif di Indonesia seperti Inside, Fresh, AIESEC, TEDxJakarta, Common Room, komunitas fotografi, dan lainnya. Rangkaian perpaduan pecandu komunitas kreatif ini digelar di panggung utama dan ruangan workshop Cendrawasih.

“Kami optimis FGDexpo2009 akan menjadi sebuah kesempatan berharga bagi pelaku usaha yang membutuhkan informasi mengenai pemasok, tempat yang ideal untuk membangun jejaring, serta tempat yang aspiratif untuk mempelajari inovasi dan teknologi seni grafika. Pameran ini wajib dikunjungi untuk dapat memahami perkembangan industri kreatif di Indonesia ,” tambah Andi lebih lanjut.

REVIEW SL.COM

SL.COM pada kunjungan hari pertama, Kamis 30 Juli 2009 menyaksikan sendiri bagaimana teknologi digital kini memainkan peranan penting didalam industri desain grafis dan percetakan masa kini. Semuanya sudah full computerized.

IMGP3045Ada sebuah mobil BMW Coupe penuh warna-warni, ternyata mobil itu adalah sebuah permainan lapisan warna dari lembaran kertas stiker yang bermutu tinggi. Dengan modal Rp.5 juta sebuah mobil bisa disulap sesuai dengan desain grafis yang diinginkan oleh pemiliknya.

Kita sering menyaksikan mobil-mobil beriklan, misalnya Toyota Avanza warna merah Kartu Halo, atau Kartu Simpati, dan lain-lainya, dan semua adalah permainan stiker dengan ukuran kertas yang tipis, kuat dan lebar.

SL.COM juga melihat striping line dari motor Honda dan Yamaha yang menggunakan kertas stiker bermutu, dan bagaimana stiiker tersebut di cetak diatas mesin dan akhirnya ditempel ke motor dengan cepat hanya dalam hitungan menit. Jelas, ini sebuah kemajuan teknologi yang sangat pesat untuk memuaskan konsumen.

Apakah ada yang mau pesan stiker motor Valentino Rossi? Itu sangat mudah dibuat!

SL.COM melihat proses pembuatan gambar untuk billboard outdoor dengan ukuran yang besar-besar. Pernahkah melihat wajah artis Luna Maya untuk iklan operator XL yang besar. Nah, SL.COM kali ini terkagum-kagum bagaimana melihat wajah orang dalam ukuran yang sangat besar yang bisa dicetak dengan cepat dan mudah.

Mengenai FGDForum
FGD Forum dibentuk pada tahun 1998 dan memiliki misi untuk mempromosikan industri, teknologi, dan tren seni grafika di Indonesia . Saat dibentuk pada tahun 2003 forum ini ditujukan sebagai organisasi nirlaba bagi praktisi, pengamat, penyuka dan institusi pendidikan seni grafika.

FGDexpo pertama kali digelar pada tahun 2003 untuk mempromosikan industri seni grafika digital, dilanjutkan dengan penyelenggaraan FGDexpo2005 yang menyertakan percetakan konvensional. Sejak penyelenggaraan yang ke-3, yakni FGDexpo2007, eksibisi ini telah menjadi eksibisi yang tidak hanya menampilkan grafika digital namun juga menjadi medium bagi perkembangan industri kemasan, promosi dan penerbitan di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi http://fgdexpo.blogspot.com

Categories: REPORT
  1. ian
    July 31, 2009 at 7:54 am

    Pertamax!! nice info mr. Stephen, btw beneran tuh cuma pake sticker si BMW? keren banget! kirain cat, btw om..klo mau daftar buka web nya kemana yah? kebetulan temen ada yg lumayan jago dalam hal design grafis, mohon info nya yah..thanks.

  2. July 31, 2009 at 10:01 am

    pesen stiker motor berapaan tuh oom, pameran aja apa langsung dibuatin hihihi ……. :p ..

  3. July 31, 2009 at 10:19 am

    yup betul.. foto BMW cuma dilapis ama stiker doang,. soal alamat web ntar gw liat dulu kartu namanya.. di pameran, yg ada bahan stikernya..

  4. July 31, 2009 at 10:21 am

    pameran kan buat contoh doang.. yg perlu kita tahu bahan stikernya dan teknologi print.. soal mau desain dan pilihan model2.. silahkan hubungi gw japri aja.. lg buka usaha nih.. hehehe…😀

  5. dinda
    August 4, 2009 at 9:48 am

    Semoga usahanya berjalan lancar dan sukses selalu, Amiiiiinnnn

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: