Home > REPORT > IIMS 2009: Ada Mobil Terbaru & Classic Cars

IIMS 2009: Ada Mobil Terbaru & Classic Cars


IMGP2849Jakarta, 27 Juli 2009. Saat mengunjungi INDONESIA INTERNATIONAL MOTOR SHOW  (IIMS 2009) di hari pertama, Jumat 24/7/09 yang khusus disediakan untuk kalangan media dan VIP, tampak beberapa ATPM mobil seakan saling merebut perhatian wartawan dengan berbagai acara launching dan juga press coneference khususnya untuk memperkenalkan produk terbarunya.

FOTON

Diawali dengan perusahaan PT Foton Mobilindo sebagai ATPM mobil Foton asal China. Perusahaan ini bekerja sama dengan pabrik perakitan mobil PT Gaya Motor menghadirkan mobil van atau mobil dengan kabin ekstra besar dengan nama Foton View XLC.

“Mobil ini langsung dari China dalam bentuk CKD dan dirakit oleh PT Gaya Motor. Target penjualan tahun 2009 ini sebanyak 1000 unit melalui jalur distribusi dan dealer-dealer di kota besar di Indonesia. Tahun berikutnya kami akan menambah jaringan penjualan menjadi 26 jaringan dealer termasuk perawatan dan suku cadang,” papar Frans Harsono, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Foton Mobilindo.

Mobil tipe travel mirip dengan mobil-mobil angkutan cepat yang sekarang memang berkembang untuk rute Jakarta-Bandung, memiliki kapasitas mesin 2800 cc dengan konfigurasi kursi penumpang 14 kursi (2 + 12). Mobil kelas ini dijual dengan harga OTR Rp.225 juta s/d Rp.250 juta, memang pas untuk mobil antar jemput, agen perjalanan dan bisa juga untuk usaha yang membutuhkan shuttle bus.

IMGP2824

PROTON

Pabrikan asal Malaysia juga menghadirkan mobil keluarga yang compact dan modern. Acara launching dihadiri oleh pimpinan pabrik PROTON Malaysia, the PROTON Holdings Berhad Chairman Dato’ Mohd. Nadzmi bin Mohd. Salleh, dan juga Managing Director Dato’ Haji Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir, demikian pula para pejabat Keduataan Besar Malaysia, dan mitra kerja usaha mobil Proton di Indonesia.

IMGP2878Proton EXORA itulah nama produk baru dari ATPM PT Proton Edar Indonesia yang baru dilaunching hari Jumat 24/07 lalu. Indonesia adalah pasar kedua untuk mobil Proton EXORA setelah Singapura.

Mobil ini sudah di perkenalkan negara asalnya Malaysia pada bulan April yang lalu di tahun 2009 ini.

Sebagai mobil kelas MPV, Proton EXORA merupakan produk yang ke-tujuh setelah Proton SAGA.

ATPM PROTON tetap optimis menjual semua kelas produk lini walaupun para pesaing kelas MPV juga sudah banyak, yang juga memiliki fitur-fitur yang tak jauh beda. Proton EXORA menyebut MPV ini sebagai mobil yang dicari oleh orang Indonesia dengan jargon “You’ll Be Amazed.”

Fitur mobil MPV kelas tujuh seater ini menggunakan mesin 1.6 CamPro CPS 4 silender DOHC 16V. Tersedia dengan 3 varian dengan harga yang berbeda, antara`lain Executive Manual Transmission Rp.175 juta; Executive Automatic Transmission Rp.185 juta dan Supreme Automatic Transmission Rp.208 juta. Perlengkapan airbags merupakan standard. Pilihan warna yang tersedia ada enam jenis warna, yaitu Pyrite Brown, Gaia Blue, Genetic Silver, Tranquility Black, Haze Blue dan Solid White.

MOBIL BARU YANG LAINNYA

IMGP2870Beberapa ATPM lainnya seperti Hyundai, Mitsubishi, Honda dan Toyota juga menegaskan kembali beberapa produk terbarunya yang memang sudah pernah diperkenalkan kepada masyarakat di hari sebelumnya.

Sebut saja, ada Honda yang memiliki Honda Freed, kemudian Mitsubishi yang punya mobil Mitsubishi Pajero Sport, serta Toyota yang memiliki mobil hybrid Toyota Prius yang kesemuanya memiliki fitur-fitur canggih, serta segmen pasar tertentu.

Tak cuma mobil baru, bahkan ada juga ATPM yang sudah memajang mobil masa depan sebagai perkenalan awal, walaupun mobil-mobil future cars tersebut belum di launching secara resmi. Hal ini setidaknya menggambarkan bahwa ATPM tersebut terus menerus dan tak pernah berhenti dalam hal inovasi model dan teknologi.

MOBIL CLASSIC

IMGP2940Bukan hanya menampilkan mobil-mobil keluaran terbaru dari para ATPM.

Kehadiran mobil-mobil kuno dan eksotis menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, mengingat kendaraan tersebut memang tidak mudah ditemui di jalanan.

Mobil-mobil antik yang bertempat di Hall B JIExpo Kemayoran, mengundang antusias pengunjung untuk berfoto atau berlama-lama menyaksikan mobil tua yang masih apik dan terawat tersebut. Penampilan mobil antik itu didapat dari beberapa pemilik dan komunitas mobil klasik dari Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI).

Yang menarik, mobil Presiden RI pertama Ir. Soekarno turut ditampilkan dan ini mengundang antusias penonton untuk berfoto di depannya. Dengan kehadiran ajang Classic Car Show ini, menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang menampilkan mobil klasik pada sebuah pameran mobil berskala internasional.

IMGP2852Bintang lainnya adalah mobil-mobil super mewah nan eksotis yang juga baru pertama kali ini tampil di IIMS 2009.

Bertempat di satu booth di Hall D, mobil-mobil impian seperti sedan-sedan super mewah Ferrari, Lamborghini, Royle Royce, serta Hummer dipajang untuk memuaskan pengunjung yang ingin melihat langsung kendaraan yang memang lebih sering dilihat di film atau televisi dibandingkan di jalan.

Di antara deretan mobil mewah tersebut, terlihat Hummer H3 Limousine yang selalu saja membuat pengunjung berdecak kagum.

POLDA METRO JAYA

IMGP2866Gerai Polda Metro Jaya juga hadir memberikan pelayanan perpanjangan SIM yang dilengkapi dengan loket pendaftaran, dan loket pembayaran.

Tetapi, pelayanan ini ini hanya berlaku khusus bagi pemilik KTP DKI Jakarta.

Hal ini memberikan kemudahan bagi pemilik SIM yang akan berakhir, dan tak perlu repot-repot menuju kantor pelayanan SIM.

Ngurus perpanjang SIM di lokasi IIMS 2009 ini bakal dijamin bebas calo.😀

Traffic Management Center, yaitu pengaturan lalu-lintas melalui alat kamera CCTV juga ikut dipajang. Bukan sekedar pajangan belaka, tapi juga sebagai alat kontrol melalui beberapa unit komputer yang benar-benar online. Menurut petugas, ada 138 kamera CCTV yang sudah terpasang di beberapa sudut traffic-light dan juga jalan-jalan protokol di dalam wilayah DKI Jakarta.

ENTERTAINMENT MOTOR SHOW CONCERT

the-cangcuters-01Selain mobil-mobil tersebut yang menarik, pertunjukan Motor Show Concert kemarin (26/07) juga menyedot antusiasme penonton, khususnya anak muda.

Penampilan grup musik Ran dan The Changcuters berhasil membuat penonton ikut bersorak-sorak setelah menyaksikan pameran di semua hall.

Dan hari ini, tidak akan kalah seru pula artis yang akan tampil di Motor Show Concert, Mozaik, Wali, dan Samsons. Kehadiran grup-grup musik papan atas di IIMS ini memang selalu dinantikan pengunjung yang ingin menikmati bintang pujaan mereka secara lebih dekat.

Ramainya suasana akhir pekan kemarin memang cukup terasa saat berlangsungnya pameran. Jumlah pengunjung kemarin mencapai 26.527 orang, sehingga total pengunjung sampai dengan hari ketiga pelaksanaan pameran berjumlah 57.987 orang.

FOTO-FOTO SEPUTARAN IIMS 2009

Categories: REPORT
  1. masboy
    July 28, 2009 at 9:40 am

    more supercar pleaseeeee….

  2. tandi
    July 29, 2009 at 12:13 pm

    wah, mobilnya mantap coi….. ! saya paling senang masuk ke situs bro stephen karena selain infonya upto date, juga disertai banyak foto… termasuk foto ceweknya..hehehe… banyak sekali yang ingin datang ke iims di jakarta tapi karena masalah lokasi jadi cuma bisa dilihat melalui media cetak dan televisi. tapi di situs ini paling banyak fotonya yang ok-ok. situs ini sangat membantu para otomotif mania yang di daerah -daerah untuk dapat ikut menikmati iims. walo kita para maniak otomotif dari daerah tidak dapat langsung ke iims jakarta tapi berkat situs ini serasa kayak udah ke sana…. oh iya, foto- fotonya diperbanyak ya, bro stephen…. thanks…. buanyyakkk…………..

  3. July 29, 2009 at 12:16 pm

    ok bro tandi.. tq banget utk input2nya.. soal IIMS msh banyak yg belum diliput.. satu persatu ya..

  4. TINAMANIEZ
    August 2, 2009 at 9:02 pm

    numpang iklan blog kalo boleh
    (deleted)
    boleh donk mampir blog saya
    maaf kalo tidak berkenan

  5. August 2, 2009 at 9:15 pm

    iklan cari duit gampang? wah jangan deh.. link-nya gw hapus ya..

  6. October 9, 2009 at 1:02 am

    Mobil plus ceweknya top deh gan….🙂
    Makasih info mobil nya gan….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: