Home > REPORT > IIMS 2009: Apa Yang Terbaru Buat Motor?

IIMS 2009: Apa Yang Terbaru Buat Motor?


IMGP2983

Tampil Serasi: Background, Model & Motor

Jakarta, 25 Juli 2009. Kunjungan hari pertama  ke ajang IIMS 2009 di Kemayoran pada hari Jumat 24 Juli 2009, sebenarnya SL.COM lebih banyak disibukkan dengan aneka “launching” dari berbagai merek mobil yang ada.

Sesuai dengan agenda yang sudah dibagikan oleh panitia acara, bersama dengan rekan-rekan media cetak/ eketronik maupun media online, SL.COM pun ikut larut dalam kerumunan dan berbondong-bondong mengikuti agenda launching yang cukup rapat dan padat diantara satu produsen mobil dengan produsen mobil yang lainnya.

Setiap produsen yang mau launching produknya, maka SL.COM pun bergerak cepat bersamaan dengan rekan media lainnya, meluncur ke booth yang mau me-launching produknya. Setidaknya bagi jurnalis harus cepat-cepat stand-by di depan booth pabrikan tersebut. Kalau tidak cepat, ya tidak akan dapat posisi bagus.

Press Conference adalah bagian yang terpenting bagi setiap media, karena informasi dan ucapan yang dikeluarkan oleh para petinggi produsen otomotif ini yang menjadi sumber berita untuk setiap tulisan yang bakal dimuat setiap media. Sudah tentu, suksesnya penjualan dan pemasaran sebuah produk akan sangat terbantu karena adanya informasi yang digulirkan dari media.

SL.COM berusaha meliput semua press conference (PC) sesuai dengan jadwal yang ada, serta mendapatkan “Press Kit” yang disediakan di meja informasi atau reseption desk, dengan syarat mendaftar atau registrasi alias absensi. Rasanya sayang sekali untuk dilewatkan, karena usai  acara PC tadi biasanya rekan-rekan media bakal dapat souvenir. Hitung-hitung lumayan juga bisa dapat t’shirt, topi dan lain sebagainya.

Dari sejumlah agenda launching yang diedarkan panitia, ternyata untuk industri sepeda motor tidak ada satupun agenda launching produk baru motor! Artinya,  selama ajang IIMS 2009 memang tidak ada satupun pabrikan motor yang me-launching sebuah motor baru, kecuali PT AHM yang sudah curi start launching Honda Vario CBS sehari sebelum ajang IIMS 2009 dibuka.

Tercatat partisipasi dari pabrikan motor adalah “melanjutkan pameran” sejak ajang PRJ bulan lalu, antara lain Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan Minerva. Sedangkan mereka yang sebelumnya tidak ikut ajang PRJ kemarin, adalah Harley Davidson, Piaggio, Vespa, Aprillia, dan Gilera.

Untuk lengkapnya, di artikel ini SL.COM mencoba mengulas dan memberikan pendapat satu persatu apa yang terjadi dan apa yang terlihat secara langsung di setiap booth sepeda motor.

Piaggio, Vespa, Aprillia, dan Gilera

IMGP2846

Aprilia RS 125

Booth ini ada di dalam Hall A. Semua motor berjejer dengan rapih.

Motor Aprilia  Tipe RS 125 sebagai motor  CBU termasuk pendatang baru di pasar motor Indonesia. Ketika itu, motor Aprilia ini tak begitu mencolok (lihat foto), karena diparkir sejajar dengan Piaggio. Kalau pengunjung tak mengerti soal merek motor, bisa jadi motor Aprilia ini dibilang produknya Piaggio.🙂

SL.COM sempat bertemu dengan staff markering PT Sentra Kreasi Niaga (SKN) yang dikenal sebagai importir umum merek motor Piaggio, Vespa, Aprillia, dan Gilera. Juga, PT SKN sejauh ini masih dikenal sebagai distributor box merek Kappa.

Dalam percakapan, pada intinya lebih mengarah kepada kesempatan test-ride untuk kalangan blogger otomotif. “Kami catat dulu jika blogger punya minat juga dengan tes-ride, ya kalau memang ada waktunya akan kami informasikan lagi,” demikian kata Ibu Evi yang lagi dikerumin oleh orang media cetak dari berbagai nama terkenal.

Yamaha

IMGP2939

Booth Yamaha Outdoor 01

Booth Yamaha berada di lokasi outdoor. Bagi pengunjung yang sudah datang ke arena PRJ, sebenarnya tampilan booth ini sama saja.

Karena booth Yamaha ini adalah terusan dari ajang PRJ bulan lalu.

Sayang sekali dalam kunjungan di hari pertama SL.COM tak menemui petugas atau petinggi PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (PT YMKI) yang berada di sekitar booth Yamaha ini. Menuju meja informasi, wanita cantik yang menjaga meja cuma menyodorkan formulir isian untuk bisa dapatkan Majalah Moto Dream  Edisi No. 7 Juni 2009.

Grasak-grusuk cari informasi produk baru dari PT YMKI, ada seorang SPG seksi langsung menunjuk ke motor display (replika) Yamaha sport racing warna biru Team YZF 600 cc yang dipakai oleh pembalap nasional Doni Pradita di ajang World Supersport 2009.

Wah.. salah informasi nih. Buat sama-sama senang, SPG-nya difoto aja deh ama SL.COM.

Yamaha sebenarnya lagi digosipkan hangat oleh kalangan Blogger Otomotif yang katanya bakal menghadirkan motor tipe YZ16, ternyata ini tidak ada di dalam daftar launching produk baru. Jika benar, Yamaha akan me-launching  Yz16 mungkin pada kesempatan lain atau terpisah. Ini pun masih belum jelas tentang kebenarannya, apalagi soal waktunya.

Panitia IIMS 2009 yang dikomandoi oleh PT Dyandra Promosindo mengatur semua launching produk di hari pertama, tepatnya saat Press Day, karena hari selanjutnya adalah waktunya untuk para pengunjung. Aneh juga kan kalau ada produsen mobil atau motor mau me-launching produknya tapi di hari terakhir.

Masih soal Yamaha, tapi ini sudah diluar booth Yamaha, SL.COM sempat ngobrol santai dengan seorang yang berseragam Yamaha saat rehat kopi disebuah pojokan. Ia hanya terseyum lebar ketika diajak ngobrol dan diminta konfirmasinya soal motor YZ16.

“Ah.. itu belum ada mas! Emang info apaan sih yang beredar di pasaran? Jangan-jangan ini cuma kerjaan blogger aja biar bikin rame blognya.. hehehe..” ujarnya sambil tertawa dan balik bertanya kepada SL.COM

Ketika ngobrol soal pesaing-nya Honda melalui kehadiran Honda New Vario CBS Techno, lagi-lagi ia berujar: “Biasalah.. namanya industri harus kasih inovasi, jangan terpaku dengan produk yang itu-itu saja. Lagian Honda tak bilang ini produk baru. Alat Combi Brake itu kan alat tambahan. Wujud dan kapasitas motornya masih sama kan dengan Vario sebelumnya?

IMGP2936

Motor Replica MotoGP Valentino Rossi 46 & Jorge Lorenzo 99

Pendapat SL.COM dalam obrolan, sepertinya staf PT YMKI ini lagi low profile.

Sepertinya ia tak ingin menyampaikan informasi yang begitu ngotot seperti seperti balapan MotoGP yang dilakoni oleh Valentino Rossi Team Fiat Yamaha yang memang sudah dikenal sebagai jawara balap kelas dunia.

“Ikon pembalap Rossi memang telah membantu penjualan Yamaha di Indonesia untuk saat ini. Tapi kan harus kita akui kalau sebelumnya Rossi adalah pembalap Honda Repsol. Jadi, gak usahlah ini dihubungkan dengan “persaingan industri.” Gimana kalau Rossi balik ke Honda atau pindah ke Suzuki, ayo gimana? Masa sih usaha kita harus berpatokan ama Rossi?” ungkap staff Yamaha yang ngaku kalau kartu namanya lagi habis. Low profile..😉

Honda

Booth Honda sama juga dengan Yamaha, maksudnya booth bekas PRJ yang diteruskan buat ajang IIMS 2009. Bisa jadi ajang JMCS 2009 (Jakarta Motor Cycle Show) tidak ada gelaran, karena secara waktu dan biaya bisa dihemat melalui PRJ dan IIMS.

IMGP2914

Booth Honda Outdoor 04

Luas booth Honda 560 meter persegi sama juga dengan Yamaha 40 x 14 meter. Hanya saja, kedua booth ini “ditengahi” oleh booth Suzuki dan Minerva.

Lagi, tak ada yang spesial di booth Honda milik PT ASTRA HONDA MOTOR.

Kehadiran Honda New Vario CBS (Combi Brake System) yang sudah di launching hari Kamis 23 Juli 2009 oleh para petinggi AHM, seakan sepi  dari liputan media IIMS 2009. Selengkapnya acara launching tersebut bisa pindah ke web resmi PT AHM.

Tapi motor ini tetap menarik perhatian buat beberapa orang, dan prediksi kehadiran motor Vario CBS ini memang sudah jauh-jauh hari di omongin oleh blogger otomotif. Motor Vario CBS pun memang sudah ditebak duluan oleh kalangan penulis otomotif, mangkanya Honda tak bikin acara khusus untuk menelurkan produk ini di ajang IIMS 2009. Artinya, PT AHM sudah mencuri start launching sehari sebelum IIMS 2009 dibuka.

Ngomongin soal Honda New Vario CBS jadi teringat SL.COM ketika makan malam dengan seorang rekan PT AHM pekan lalu di sebuah Cafe di Tebet. Tujuan acara dinner adalah silahturahmi dan juga perkenalan dengan rekan AHM dari salah satu divisi komunikasi. Singkat cerita SL.COM mendapat masukan dan undangan khusus untuk sebuah event pada akhir bulan Juli 2009. Nantikan saja artikelnya di blog ini.😉

Ketika itu dalam obrolan, rekan dari PT AHM ini tidak mau mengaku langsung, tapi tidak juga mengatakan tidak ada New Vario. Ibaratnya tebak sendiri dan silahkan liat saja sendiri aja di ajang IIMS, dan apakah ada produk-produk PT AHM yang punya perbedaan dengan produk sebelumnya.

Pendapat SL.COM secara pribadi, terkesan dari obrolan dengan staff AHM ini, mereka mengangap produk Vario CBS ini hanya semata-mata sebagai inovasi melengkapi produk yang sudah ada, bukan dengan maksud untuk bersaing dengan kompetitor.

Bahkan ketika diajak ngobrol soal produk kompetitor, sepertinya pihak AHM tak terlalu peduli. Memang dicatat ada nama pesaing, hanya saja AHM akan lebih serius di sektor pleyanan konsumen, intinya bagaimana PT AHM tetap konsisten serta mampu memberikan servis yang terbaik untuk konsumen.

IMGP2893

Wah ini dia Honda Vario CBS! Pake rem buat parkir!

Masing-masing pabrik kan sudah punya dapur sendiri, dan silahkan urus dapurnya sendiri karena pabrikan melibatkan ribuan tenaga kerja yang perlu digaji tiap bulannya.

Tabel produksi dan penjualan selalu dilaporkan kepada AISI dan juga instansi terkait pemerintah, karena ini adalah kepentingan nasional bukan untuk beradu mencari siapa yang menang atau kalah.

Soal “perbandingan” itu jelas makanan media agar pembaca jadi lebih rame, bahkan pembaca bisa dibuat panas.

Biacara soal promosi, sudah barang tentu ini jadi bagian dari tugas utama penjualan. Tentu saja semua produk yang diproduksi harus bisa dikenal dan diterima oleh pasar. Tapi bicara soal menang-kalah, kompetisinya bisa dilihat melalui di arena balapan. Kan disitu jauh lebih seru.  Hm.. betul juga sih..😉

Suzuki

Melangkah di booth Suzuki, pertama-tama yang bikin tertarik adalah SPG-nya. Wah seksi banget, bercelana pendek dan tak memakai stoking.

IMGP2917

Bpk Edy Darmawan, ada yang kurang jelas? Untuk info lanjutan kontak Hp saya 0816 8280xx

Booth dengan luas 400 meter persegi 20 x 20 meter ketika dikunjungi lagi ada acara Press Conference yang dipimpin oleh staff`marketing, Edy Darmawan.

Seperti yang sudah-sudah, atau sama seperti aktifitas bagi media pers di booth yang sebelumnya, semua media yang ahdir terlebih dahulu melakukan absensi. Setelah itu bisa mendapatkan “Press Kit” yang dilengkapi dengan souvenir t’shirt. Rasanya ini sudah jadi hal yang biasa.

Kali ini, dari booth Susuki motor mendapatkan t’shirt Suzuki Gavanza, dan tak lupa ada kotak snack buat ngemil sambil mendegarkan sesi tanya-jawab.

Singkat kata, apa yang sedang dijelaskan oleh Pak Edy adalah mengenai sales program dari Suzuki dengan nama “Suzuki Gavanza.” Ini khususnya berlaku bagi pembeli motor Suzuki tipe apa saja, baik secara tunai atau kredit untuk mendapatkan undian berhadiah 1 unit mobil Suzuki SX4, 3 unit mobil Suzuki Karimun Estilo dan 50  unit motor matic Sky Drive.

Selain itu, penjelasan menuju ke arah “lomba tulis dan foto” untuk kalangan media dalam partisipasi “SUZUKI: SPIN, SKY WAVE & SKY DRIVE” yang berlaku selama periode 27 Juli 2009 s/d 30 September 2009.

“Info lengkapnya dan formulir pendaftaran silahkan lihat saja pada dokumen lampiran yang ada didalam paket,” demikian ujar Pak Edy. Ketika melihat dokumen yang ada di dalam paket “Suzuki Press Kit” ternyata writing contest memang ditujukan khusus buat jurnalis, dan itu berlaku juga buat blogger.

Bicara soal produk, ternyata diam-diam Suzuki melalui PT Suzuki Indomobil Motor, sudah menjual produk motor CBU. Menurut ketenrangan dari Pak Edy saat ia dikerumunin oleh para wartawan, produk Suzuki CBU sudah bisa dijual dan angka penjualannya bisa tembus 30 unit per bulan (red=mudah-mudahan ini tidak salah dengar).

IMGP2989

Yup.. pose khusus untuk SL.COM dengan Suzuki Bandit

Sebut saja yang paling disukai adalah tipe sport racing GSX-R 600.

Setelah itu ada produk CBU lainnya, B-King, LT-Z 50, Burgman 650, Gemma dan Bandit yang semuanya ikut juga di pajang.

Namun demikian, fokus penjualan motor Suzuki tetap di sektor motor regular, yaitu prioritasnya ke motor skutik yang memang sudah ada, antara lain Sky Drive, Sky Wave, dan Spin. Pasar motor skutik memang lagi ramai, dianggap mudah, ekonomis, praktis, mudah dikendarai oleh siapa saja, simple, perawatan yang mudah, hingga modifikasi sesuka hati yang enak dipandang mata.

Kawasaki

“Let’s Ride 2009” demikian judul brosur yang dibagikan oleh gadis SPG seksi Kawasaki di booth milik PT Kawasaki Motor Indonesia dengan luas 480 meter persegi (40 x 12 meter).

IMGP2956

Booth Kawasaki Outdoor 08

Menyimak lagi brosur dari Kawasaki, sebenarnya semua line-up dari pabrikan Kawasaki sudah beredar dipasaran.

Tak ada yang spesial, tak ada yang baru, semua produk sama dengan produk yang pernah dipamerkan pada ajang JMCS 2008 di JCC Senayan akhir tahun lalu, sebut saja antara lain: Hot Ninja 250R, New KLZ 150S, Touring Kaze ZX, Adventure KLZ 250S, Hot Ninja RR Sport, New D-Trackerx, dan Fresh Athlete.

Lagi, kehadiran Kawasaki di IIMS 2009 adalah kelanjutan dari ajang PRJ bulan lalu. Mungkin bagi pengunjung yang sudah pernah datang dan melihat booth motor di PRJ yang lalu, hal ini agak terasa membosankan juga. Hampir sama dan mungkin pula SPG-nya juga masih sama alias dia-dia juga.

IMGP2958

Silahkan tebak ini motor CBU Kawasaki jenis apa? Betulkah sudah penjualan di Indonesia?

Yang menarik adalah melihat motor CBU yang kokoh dan gagah. Tapi sayang tak memeproleh informasi yang valid dari para petugas Kawasaki ditempat.

Mungkin bisa dapat info pada kunjungan yang kedua atau ketiga.

Sebenarnya yang ingin ditanyakan adalah perihal kehadiran motor CBU Kawasaki, apakah benar sudah ada penjualan di Indonesia? Berapa unit? Jenis apa saja yang laku?

Karena petinggi Kawasaki memang tak ada yang bisa ditemui atau tidak ada ditempat, maka tak ada informasi apapun yang bisa dipetik. Lagian tak ada keramaian dari kalangan media, seakan memang tidak produk baru yang bakal dilaunching.

Agar tidak merasa kecewa meninggalkan booth Kawasaki, maka terpaksa deh cuma bisa motret-motret disekitar motor Kawasaki, sudah tentu motret bersama SPG-nya.😉

Minerva

IMGP2966Melangkah ke booth motor Minerva milik PT Minerva Motor Indonesia (PT MMI) terasa ada keramaian.

Hari sudah semakin sore, dan tampaknya pengunjung umum sudah mulai diperbolehkan masuk ke arena IIMS, sehingga terlihat ada beberapa wartawan serta pengunjung yang sedang antri mau test-ride motor Megelli 250.

Menempati areal dengan luas 280 meter persegi, atau 20 x 14 meter, desain dan layout booth Minerva tampak lain dari pada yang lain. Ukuran booth memang lebih kecil dari merek motor Honda, Yamaha, Kawasaki, tapi jumlah motornya lebi banyak, karena ada motor yang nempel di dinding dengan ketinggian yang lumayan tinggi.

Beruntung saat itu ada para pimpinan PT MMI yang sudah dikenal oleh SL.COM sehingga percakapan dan informasi penting bisa dikumpulkan. Staff`Marketing, Pak Krist Sarumaha memperlihatkan motor Megelli 250 Racing dengan kelir warna putih.

“Motor warna putih ini edisi khusus dan sudah bisa dipesan di ajang IMMS 2009. Kami hadirdi IIMS hanya melanjutkan sukses penjualan kami di ajang PRJ bulan lalu. Desain lay-out booth masih tetap sama. Beruntung kami bisa dapat diskon,” ujar Pak Krist disela-sela kesibukannya melayani prospek konsumen yang lagi serius bertanya.

Sementara itu, Bapak Eddy selaku Marketing Manager menyampaikan pesan bahwa ia selalu memantau dan melihat perkembangan dalam hal “Customer Care Service” dan “Quality Control,” mulai dari pabrik perakitan PT MMI sampai  kepada motor sudah di terima oleh konsumen.

IMGP2979

Minerva Kelas Moge: Prototipe Product

Bahkan ia berujar, artikel-artikel yang ada di media internet, termasuk  di blog SL.COM ini diakui olehnya bahwa ia selalu memantau dengan seksama.

Bahkan setiap keluhan yang ada akan langsung ditindak lanjuti oleh staff PT MMI.

Selain produk Minerva yang sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas, terlihat juga ada unit baru motor Minerva Matic GTR 150 yang tampil sarang dan galak.

Ada juga motor yang lebih besar lagi, sebagai kakak Megelli 250, dan motor yang satu ini memang belum di launching secara resmi, konon kapasitas mesin bisa di antara 400 s/d 600 cc. Motor ini baru sebatas prototipe, atau sekedar contoh saja.

Antrian panjang test-ride sudah sampai puluhan nama, para pengunjung pun masih sabar menunggu di sekitar booth PT MMI. Hanya saja SL.COM tak lama berada di sekitar booth PT MMI mengingat waktu untuk melangkah ke tempat lain, maka SL.COM pun pamit dan bersalaman dengan presdirnya PT MMI yang juga ada di booth Minerva tersebut.

Harley Davidson

IMGP2860

This is the real iron bilke: Harley Davidson

Jajaran moge merek HD berada di bawah bendera PT Mabua ini menempati lokasi bagian dalam gedung, tepatnya bersebelahan dengan luxury & exotic cars di Hall D.

Sebagai exotic bike dan motor bagi yang mencari status di level  premium, maka tak  heran motor HD harus tampil  sejajar dengan mobil luxury sebagai simbol barang mewah.

Tak banyak yang bisa dilliput, sang petugas HD pun ketika itu sedang sibuk melayani tamu. Akhirnya hanya kamera saja yang banyak dimainkan untuk meliput booth HD ini. Bagusnya, HD di ajang pameran IIMS 2009 sudah menampilkan figure wanita seksi, hal ini berbeda waktu ajang JMCS 2008 yang lalu, dulu HD gersang, kalau sekarang sudah lumayan.😉

GEAR & APPAREL BIKERS

Bicara soal perlengkapan motor, nggak tanggung-tanggung PT Gemilang Citra Indo memindahkan “sementara” waktu show-roomnya yang ada di Automall SCBD ke arena IIMS 2009. Lokasi booth ini terletak di outdoor N0.05B dengan luas 11 x 12 meter.

Apa yang anda cari untuk perlengkapan motor?

Helm bermerek, jaket motor berkualitas, sepatu motor keren, atau box motor, semuanya sudah tersedia dengan lengkap di booth ini dengan nama  brand GIVI, NOLAN, X-LITE, SPIDI dan merek HAPRO yang khusus untuk box mobil (roof box).

“Semua jenis produk terbaru, mulai dari helm yang dipakai oleh pembalap MotoGP Casey Stoner merek NOLAN, maupun Jorge Lorenzo merek X-LITE tersedia di booth ini. Helm touring maupun jenis lainnya juga ada. Box motor dengan seri terbaru GIVI Maxia E-55 juga tersedia. Ya.. kami memindahkan semua perlengkapan dan barang display di Automall ke ajang IIMS 2009 supaya acara disini bisa lebih rame,” ujar Nopie petugas GIVI yang sangat paham soal kebutuhan dan mode anak bikers masa kini.

IMGP2884

Categories: REPORT
  1. abang fajar
    July 26, 2009 at 2:07 am

    bang steph,,numpang save url melli putih yak bang,,ane sbutin sumbernya ko bang,,maap sblumnya,,hatur tengkyu

  2. indramayuparean
    July 26, 2009 at 7:44 am

    tsumaranai naaaa..atarashi mono denakatta…

  3. July 26, 2009 at 10:00 am

    yup.. silahkan bro.. btw sempetin dateng ke IIMS 09!

  4. jurig
    July 26, 2009 at 7:46 pm

    om stephen .. ada informasi megeli putih harga nya sama ato beda ga ? klo beda tau brapa ga om ?

    thank’s

  5. tito
    July 27, 2009 at 7:11 am

    beda… gw maren ke sana, nanya harganya nambah 1jt… jadi 29,9jt, ampon dj ….

  6. July 27, 2009 at 7:16 am

    dah kejawab duluan ama bro tito..

  7. masboy
    July 27, 2009 at 10:08 am

    meggeliii putiiiih… hmmm..

  8. M250R
    July 27, 2009 at 10:25 am

    Wah wah wah…kenapa yg PUTIH baru keluar ya…kenapa engk kemarin2 dikeluarin…MANTAP DEH PUTIH nya…sukses terus deh buat PT.MMI nya..

  9. Hendav
    July 27, 2009 at 12:48 pm

    Hem,gw kurang yakin ni sama kwlitas motornya,kaya yg udah2(cbr2an)

  10. afreezal
    July 27, 2009 at 11:04 pm

    bro Steph mo nanya info….ne dari solo nih.apa gsf bandit 650 nya udah bisa di beli…..gmn tuh prosesnya…08121526666

  11. afreezal
    July 27, 2009 at 11:07 pm

    No telfon mana yng bisa ane hubungi bro……….thanks

  12. July 27, 2009 at 11:15 pm

    langsung aja kontak PT Suzuki Indomobil Motor Wisma Indomobil I Jl. Jend, MT Haryono Kav. 8 Jakarta 13330 Tel. (021) 8506868, 8564530, 8564540, 8564550 Attnention: Unit Penjualan Sepeda Motor CBU

  13. afreezal
    July 27, 2009 at 11:22 pm

    Kira2 nyampe solo berapa ya Bro……..

  14. my65
    July 28, 2009 at 4:31 pm

    Keuren…

  15. stoner27
    July 29, 2009 at 5:37 pm

    Gambar Minerva paling atas..
    Motornya mirip Ducati, SPGnya mirip Sandra Dewi..
    tapi cuma mirip doang… hehe

  16. July 29, 2009 at 10:06 pm

    Tuh kawasaki Versys ya bro…, mantep…

  17. zein
    September 21, 2009 at 6:58 pm

    keren brooooo!!!! tapi gua mah lebih suka yang ngecenginnya!!! heeee…heeee….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: