Home > REPORT > Suka Duka 5 Tahun Honda Tiger 2004

Suka Duka 5 Tahun Honda Tiger 2004


IMGP2787

Honda Tiger 2004

Jakarta, 24 Juli 2009. Eh.. kaget juga hari ini melihat STNK motor Honda Tiger milik SL.COM.

Enggak taunya si “TIGIBLACK” keluaran PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) sudah masuk usia lima tahun tepatnya tanggal 26 Juli 2009 (Juli 2004 – 2009).

Perasaan tuh motor, Honda Tiger sepertinya masih baru aja, masih mulus, nyaman dan tarikannya juga semakin enteng aja. Tampilan secara fisik masih dalam keadaan standard, tidak ada modifikasi, kecuali ditambah pake box GIVI E-45.

Soal kenalpot memang masih pake yang standard, walaupun kenalpot modif bersuara sangar masih ada dirumah dan pernah dipakai sekitar tahun 2004-2006. Hanya saja SL.COM sekarang ini masih mempertahankan kenalpot standard karena bensin terasa lebih irit. Lumayan kan hemat bensin dengan pemakaian dalam kota 1:30 Km dan saat touring bisa 1:40 Km.

Tak ada yang istimewa ngomongin motor Honda Tiger tahun 2004 ini, karena Honda Tiger model baru yang dikenal dengan Tiger Revo dan Tiger New Revo sudah hadir dengan model dan desain yang lebih trendy dan sportif. Model boleh beda-beda dikit, tapi soal mesin dan komponennya masih sama dengan model lama dengan kapasitas mesin 200 cc.

Ya apa boleh buat, hari Jumat (24/7) mau tak mau harus nebus bayar pajak tahunan sekitar Rp.350 ribu-an ditambah lagi dengan ganti ongkos plat nomor baru buat lima tahun ke depan. Plat nomor yang lama di bagian belakang sudah nyaris patah, karena sering disenggol/ditekuk orang saat parkir.

Bicara soal motor Honda Tiger sudah biasa, tapi yang luar biasa bagi SL.COM adalah semasa “menjalani waktu bersama Honda Tiger” dari tahun 2004 hingga sekarang. Harus diakui peran motor Honda Tiger ini telah banyak memberikan pengalaman hidup yang berarti. Semua kisah bersama motor  ini sudah banyak dijadikan artikel-artikel menarik yang bisa dibaca di setiap halaman blog ini.

Mau tau apa saja suka duka bersama Honda Tiger ini? Hehehehe.. jadi malu mau diceritain, sepertinya lagi curhat aja..😀

Kalau tertarik, mari sebagai pembuka cerita, kita baca dulu kutipan artikel ini:

Picture(9)

Penampilan akhir tahun 2004

Lalu Lintas Jakarta semakin memburuk dan menjadi tidak karuan, akhirnya sadar betul bahwa sebenarnya waktu tempuh menuju kantor baik pergi atau pulang dengan mobil semakin melorot.

Biasanya perjalanan pergi atau pulang kantor dengan mobil bisa 45 menit, tapi belakangan semakin hari melorot menjadi 1 jam, kemudian 1 jam 15 menit, kemudian 1 jam 30 menit dan akhir nya pun kadang-kadang tembus 2 jam.

Ada apa ini? Usut punya usut jalan di Jabodetabek ini memang tidak pernah berkembang. Malah belakangan jalan-jalan di kota Jakarta makin sempit karena adanya jalur busway hampir di semua sudut Jakarta.

Kegiatan usaha/bisnis dan perkantoran semuanya terpusat di lokasi yang sama. Disini justru yang makin berkembang adalah jumlah penduduk, jumlah manusia, diikuti bertambahnya jumlah mobil dan jumlah motor.

Suka atau tidak suka kehidupan Jabodetabek tetap harus dijalani. Secara jabatan mobil kantor juga tersedia tapi yang lebih penting adalah “WAKTU”.

Beruntung suka naik sepeda motor, ini terjadi sejak sekolah di SMP/ SMA. Pada tahun 2004 akhirnya memutuskan beli motor sebagai solusi alternatif menggantikan mobil yang akhirnya mobil lebih banyak parkir dirumah. Terpilih Honda Tiger 200cc warna hitam yang dibeli saat berkunjung ke PRJ Kemayoran.

Motor Honda Tiger ini terpilih karena memiliki ketangguhan untuk dipakai sebagai motor harian maupun touring.

Kutipan artikel: Back To Year 2004

Cerita berikutnya adalah mengenal dan bergabung dengan HTML sebagai wadah “pertemanan dan kebersamaan” didalam satu selera pergaulan dan aktifitas touring:

Picture1

Kopdar HTML di Parkit, sekaligus pembagian stiker resmi HTML di awal tahun 2005.

Saat yang paling menarik dan tidak bisa dilupakan ketika resmi menjadi anggota HTML Honda Tiger Mailing List yang dikenal sebagai “komunitas” Honda-Tiger se Indonesia.

Secara prosedur dan ketentuan menjadi anggota HTML yang resmi harus mengkuti semua Prosedur Tetap (ProTap) yang sudah diatur dalam aturan-aturan standard antara lain: HTML Registration.

SL.COM mendapatkan nomor anggota HTML 668.

Kutipan artikel: How To Become HTML Member

Berikutnya adalah bagaimana ikut touring perdana atau yang pertama kali dengan motor Honda Tiger bersama Komunitas HTML:

normal_Img_1338

Touring perdana bareng HTML Jaksel ke Ciwedey di tahun 2005.

Acara touring ini resminya diadakan oleh HTML Jakarta Selatan pada bulan April 2005. Touring ini adalah touring perdana sejak memiliki Honda Tiger dan bergabungdengan HTML. Hitung-hitung mau belajar banyak bagaimana touring dengan HTML.

Beberapa anggota HTML lainnya dari HTML wilayah Jakarta Pusat and HTML wilayah Jakarta Timur ikut pula bergabung dimana mereka bertemu di titik pertemuan yang sudah disepakati yaitu di Ciawi Bogor.

Kalau tidak salah, ketika itu ada 30 orang HTML Riders yang berangkat secara bersama-sama pada tengah malam menuju Bandung. Pada saat itu touring mengambil rute atau jalur normal menuju Bogor, Ciawi, Puncak, Cianjur and Bandung yang pada akhirnya tujuan utama Ciwedey West Java.

Kutipan artikel: HTML Jaksel Touring Ciwedey, April 2005

Yang paling buruk adalah soal kecelakaan. Sebagai bikers pastinya  hampir  semua pengendara motor pernah mengalami musibah, mungkin jatuh atau kecelakaan. Soal kecelakaan terburuk yang pernah dialami SL.COM bersama boncenger ketika melewati Jalan Baru Bogor di bulan Mei tahun 2005.

Picture2

Accident di Bogor, Mei 2005.

This happened on May 2005 in Bogor West Java. For sure this was a very bad story and ashamed to be published here. Sorry, I would not to tell you again here, but the detail report had ever published in the mailing list honda-tiger@yahoogroups.com.

Here, I only can say thank you very much again for all my friends in HTML Community, especially who had been supported me directly in the accident location like friends from HTML Jaksel and HTML Bogor.

Kutipan artikel: Accident in Bogor, May 2005

Hanya berselang satu hari setelah kecelakaan, SL.COM dengan kondisi mulut yang masih diperban karena ada luka dan jahitan di sekitar bibir, langsung terbang ke Bali dalam rangka tugas.

Picture20

Silahturahmi dengan teman2 HTML Bali, Denpasar Mei 2005,

Kesempatan menuju Bali dimanfaatkan dengan baik untuk bertemu dengan teman-teman HTML Wilayah Bali.

Sangat terasa positifnya, sejak hadir di HTML, membangun hubungan pertemanan begitu sangat mudah dan cepat.

Dimanapun kita berada, atau dimana ada HTML wilayah, yang namanya pertemanan langsung bisa terjadi, asalkan kehadiran kita di kasih tau lebih dulu via telepon atau e-mail.

Saat di Kuta Bali, kopdar dengan teman HTML Wilayah Bali berjalan dengan lancar. Pada hari berikutnya SL.COM membawa Honda Tiger sewaan dari Kuta untuk  melakukan perjalanan tugas ke  beberapa lokasi tujuan, hingga ke  daerah Ubud dan Kintamani. Secara fisik masih ada luka disana-sini akibat kecelakaan yang terjadi di Bogor pada hari sebelumnya. Semua ini karena memang sudah  niat!

IMG_4254

Touring HTML Goes To Bromo Jawa Timur, Mei 2006.

Justru setelah mengalami kecelakaan di Bogor, SL.COM tidak pernah merasa kapok, malah sebaliknya semakin tertantang untuk menyusuri beberapa  daerah wisata dan wilayah menarik di negara tercinta Indonesia ini.

Bicara soal tujuan touring kawasan Pulau Jawa, SL.COM beruntung bersama HTML pernah menuju kawasan Malang dan Gunung Bromo tepatnya pada bulan April 2006.

Kemudian pada bulan Mei 2007, SL.COM lagi-lagi bersama HTML menjajal singkat Pulau Sumatera.

P1010477

Adventure Touring HTML Goes To Sumatera, Mei 2007

Seharusnya tujuan menuju Km Nol Sabang Aceh namun karena kendala waktu yang terbatas, dan juga kendala jumlah peserta yang ikut, maka perjalanan ke Aceh terpaksa diurungkan dulu.

Namun demikian, perjalanan ke Sumatera ini yang hanya memutari “Sumatera Bagian Selatan Khatulistiwa” sudah cukup lumayan memberikan tantangan dan inspirasi bagi bikers lainnya untuk mencoba rute tersebut.

Tahun 2008 dan 2009, atau hingga artikel ini ditulis terasa kegiatan touring sangat melempen, bahkan boleh dibilang tidak ada sama sekali kegiatan touring.

Walaupun kegiatan touring sedang kosong, tetapi dibalik kekosongan tersebut itu SL.COM terus berusaha dan berkarya dengan proyek-proyek kecil yang disebut jadi seorang penulis blog, atau “blogger.”

IMGP2792

SL.com pakai motor buat aktifitas harian, Juli 2009.

Motor Honda Tiger yang dipakai hingga saat ini masih tetap menjadi sarana transportasi utama untuk aktifitas harian, dan tetap menjadi bagian yang terpenting untuk kesana-kemari.

Juga, perangkat box motor sudah menjadi kebutuhan utama untuk membawa berbagai keperluan, antara lain jas hujan, tas kerja, dan netbook.

Pada awalnya hanya bicara soal touring, namun kebersamaan dengan motor Honda Tiger dan/atau bersama dengan Komunitas HTML, telah mengantarkan SL.COM makin luas membangun jaringan sosial pertemanan. Ini tak hanya internal komunitas HTML, tetapi juga secara external dengan berbagai klub motor lainnya.

Tak itu saja, selain mendapatkan teman-teman baru dari berbagai komunitas dan klub motor, serta berteman dengan orang-orang yang berbeda suku dan derajat sosial,  ternyata dari hobi motor ini, SL.COM bisa juga menemukan kembali teman-teman lama sewaktu masa sekolah di SD-SMP-SMA, maupun teman semasa kuliah. Luar biasa! Unlimited friends!

Makin luas memiliki teman bikers, makin luas pula wawasan dan kesempatan yang bisa diraih. Jadi, tak heran jika blog yang sedang anda baca ini, dan maaf halaman blog mulai ramai dengan warna-warni dari berbagai usaha otomotif yang memang bersedia ikut meramaikan blog ini.

IMGP2789

Penampilan pada bulan Juli 2009

Blog yang ditulis “secara pribadi/tunggal” oleh SL.COM sudah merambah ke dunia otomotif roda dua dan roda empat yang sebenarnya.

Semua ini tidak lebih karena ada kesempatan baik, demikian pula adanya kebersamaan SL.COM dengan Honda Tiger yang bisa diajak bergerak cepat menemui klien, rapat penting, maupun presentasi bisnis tanpa ada keluhan kemacetan yang berarti.

Walaupun kondisi lalu-lintas dan perjalanan dengan motor adalah lancar, atau lalu-lintas yang macet, tetap  sama aja ada sisi baiknya, disini yang penting selama berjalan dengan Honda Tiger, minimal masih bisa menghadirkan  judul-judul baru yang terus bermunculan untuk ditulis.

Bagaimanapun juga jalan bareng dengan Honda Tiger memang makin mantap! Thanks a lot to my “TIGIBLACK” yang sudah jalan bareng selama 5 tahun.Also spesial thanks to Komunitas HTML. (SL).

FOTO-FOTO DARI TAHUN 2004 s/d Juli 2009:

100_0276

100_0431

BJL 030606 003
P1010014

IMGP2810

Categories: REPORT
  1. supra XX
    July 24, 2009 at 7:43 am

    benar2 masih terawat tigernya_

  2. July 24, 2009 at 9:12 am

    @SL
    bro,gw nungguin artikel vespanya euy..
    IIMS mau setiap hari datang nih he3x..

  3. July 24, 2009 at 10:22 am

    hehehe.. artikel vespa nyusul aja ya bro..😉 IIMS kita liat aja dulu siang ini, pameran gabungan mobil + motor jadi lumayan bakal banyak dapet artikel.

  4. Densur
    July 24, 2009 at 10:55 am

    Huebat euy, Macannyah masih bening….kasih tau rahasiahnya dong Bro….

  5. July 24, 2009 at 2:55 pm

    Cak, pasti sampeyan udah bikin magic card kaya Bro Stephen ya? hihihihihihi….

  6. robbymilo
    July 24, 2009 at 4:02 pm

    Salut Om…. Hiks.. Hiks. jadi terharu.. MiloTigi sudah 5bulan di garasi Bandung. cuma dipanasin aja kerjanya..

  7. masboy
    July 24, 2009 at 4:33 pm

    tiger bapak saya keluaran 97 ([pas 1 bulan lagi mau krismon masih dipake sampe sekarang cuma getaran mesin yg luar biasa plus ada karat2 di knalpot..
    tangki diganti karena bocor..

    singkat cerita, tiger sangat bisa diandalkan cuma tidak memuaskan (bagi saya)…

  8. Jadul
    July 24, 2009 at 4:51 pm

    Mangkanya dirawat atuh Bro…tuh kayak Bro SL.. Tiger th 97 itu top markotop loh, pada waktu itu jadi rajanya di jalanan….

  9. r'dee
    July 24, 2009 at 7:05 pm

    tiger pertama saya sama persis dgn punya bung Stephen…. namun tepat setahun lalu, dijual karena kebutuhan transportasi keluarga yg lebih aman – mobil. banyak yg bilang, bahkan ada teman yg juga punya yg sama persis, tiger thn 2004 banyak masalahnya tapi Alhamdulillah, tigerku itu gak pernah nginep di bengkel/jajan onderdil yg mahal.
    gara” tiger itu dan HTML, aku bisa ketemu jodoh deh, yg skrg jd istriku….xixixixixi….
    hampir setahun gak pake tiger, rasanya kangen bgt pgn naek tiger lagi…. untunglah ada temen HTML yg sangat baik hati meminjamkan tigernya u/ memenuhi rasa kangen itu….. tiger ’98 tapi masih apik bodi, mesin & rangkanya. tiger inilah yg skrg menggantikan tiger 2004-ku dulu… bravo Honda Tiger klasik & HTML!!

  10. July 24, 2009 at 9:19 pm

    SERU juga ceritanya….bang SL nih INSPIRING ya,..SOUL BIKERSNYA kental,…perjalanan touringnya juga menyenangkan…LUAR BIASA….

    kalo ceritain tentang tigi sih emang ga ada habisnya..sebelum beli tigi gw pake Suzuki Shogun tahun 2000 (hadiah dari indosiar)..trus pas pulang kampung ke surabaya pinjem motor pakde gw Honda Megapro…gw coba deh malang-surabaya PP…GILA..tarikannya mantabs…dalam hati gw mikir,,,kalo Megapro aja DAHSYAT..gmana yang Tiger ya???…..

    Puas di Surabya, Jadi deh gw pulang ke Lampung akhirnya..sampai di lampung gw beli koran POS KOTA…baca-baca deh…mata gw langsung menuju AWALAN HONDA..trus ke kata HONDA TIGER..tertuju dan terfokus ke HONDA TIGER 2001 SILVER yang beralamat di SELATAN JAKARTA buka harganya 11JUTA dikoran…iklannya biasa aja ga muluk-muluk…disini gw demen, langsung aja gw bel hpnya…yang jual kayak ga ngerti motor gitu, gw tanyain..oversize berapa pak motornya??? kata beliau..OVERSIZE ntu apaan ya pak???….hehehhehe…

    tanpa pikir panjang saking KEBELETNYA punya Tiger…gw putusin berangkat ke JAKARTA NAIK BUS DAMRI malamnya….sampai GAMBIR jam 6 pagi…kebetulan di Jakarta ada temen yg jemput dari NSC-Jakarta…

    langsung deh gw samperin tuh Si Empunya….sampe di Rumahnya….kata yg pertama keluar…BUSYYYYEEEEEEETTTTT…..nih rumah GUEDE BANGEETT….mana MOBIL mewah semua di parkiran….dlm hati…apa iya ada motor Tiger dijual disini…kata temen gw…’kaeknya lu salah alamat Cay….’

    akhirnya gw putusin gw telp lagi hpnya…
    setelah diangkat..kata si Empu….maaf Pak…saya ga bisa temuin Bapak…saya Sedang dlm perjalanan maen GOLF…
    dlm hati gw..GILA nih orang…gw jauh-jauh dari Lampung buat beli motor dia…eh…di malah MAEN golf…langsung aja gw nggerutu….cas cis cus…

    si Empu ngomong lagi…tapi ada orang saya yang akan melayani Bapak…
    wah….LEGA…

    masuklah gw ke rumahnya…ada penjaga getu..trus….bla bla bla…bla..bla..bla…bla..

    baru deh gw di liatin Si Tigi…pandangan pertama gw langsung jatuh cinta…GW hidupin deh…stater..jreng….aduh..SUARA MESINNYA bikin alllluuuuuuuaaaa bener…

    kata pelayannya…Pak…kata Bapak terserah Bapak aja berapa mau bayarin…motor ini udah ga kepake lagi…(rejeki nomplok)…

    bla-blabla-bla-bla…thebla- the blabla…
    dari harga 11 juta….tawar-tawar-tawar…jadinya 8,4 juta…

    nah..ini Dia ikhwal motor TIGER pertama gw….
    pernah liat ga tigi silver pake box V46 N E21….
    ntu motor pertama gw…
    sampai akhirnya mengantar gw untuk dpt register 1581 di HTML…
    FANTASTIS…

  11. andro
    July 24, 2009 at 10:09 pm

    wualah…. ini to awal muasalnya juragan breket… ck..ck..ck..ck… :p

  12. andro
    July 24, 2009 at 10:11 pm

    tulisan a#*K@*@ dihapus tuh bro… ntar dimarahin bro stephen..

  13. kungfluboy
    July 24, 2009 at 10:14 pm

    Bro stephen… mo nanya Box belakang bro stephen itu type apa yah?? muat untuk bawa laptop ukuran 15″ ga? Boleh tahu dimensi bagasinya?

    nuhun nya’

  14. July 24, 2009 at 10:31 pm

    kungfluboy:

    yang dipake di motor SL.COM TUH givi e45 litre
    dimensinya

    tinggi 586mm
    lebar 425mm
    panjang 555mm

    kalo mau lebih gede lagi pake kappa 46 litre

    atau agak bagusan lagi givi maxia 52 litre

  15. July 25, 2009 at 7:00 am

    walah.. baru tau sejarah bro kucay dengan tigi.. dpt harga murah emang rejekinya, ditambah lagi punya usaha breket.. laris manis pula! mau bilang apa lagi.. hehehe… muantap bro!

  16. July 25, 2009 at 7:17 am

    laptop 15″ masih bisa, hanya tas-nya jgn terlelu lebar. Kalo gak, coba tes ke motor teman yg sdh pake box. Soal ukuran dah dijawab ama bro kucay.. kalo mau lebih jelas lg atau lg cari box hubungi aja dia langsung.. http://stephenlangitan.com/2009/07/03/kucay-lampung-spesialist-breket-box-motor/

  17. July 25, 2009 at 7:19 am

    emang nulis apa sigh bro? hehehe dan biari aja dulu..😀

  18. July 25, 2009 at 3:17 pm

    Tigi aye itu April 2004 . . . sebulan kemudaian keluar tigi stiping macan kayak punyanya oom SL he he he he, sempet nyesel juga dikit..kenapa nggak nungguin🙂

    bulan berikutnya langsung gabung juga ke HTML . . .bisa kebayang…sebulan bisa naik motor, langsung pake Tiger . . . dua bulan setelah bisa . . .langsung bawa ke Palbut dari Bogor… geleng2 kepala saat inget hal itu . . .betapa perjuangan berat untuk seorang dari Bogor untuk bisa dapetr stiker Sakral HTML . .. oleh kerena itu nomor aye kebetulan lebih kecil dikit dari oom SL

    Mengenai Accident di Bogor

    aye inget banget kejadian itu . . . . mungkin karena kejadian itu . . . TKP sekarang udah dipugar jadi Underpass he he he he he he . . .aye inget banget dagu oom stephen diperban, kesian banget ngeliatnya😦 Motor dititipin ke rekan yg rumahnya di cimanggu cmiiw

    keep on riding Oom SL

  19. July 25, 2009 at 3:19 pm

    Nambahin dikit …omm SL, Braket box nyang dari aye ada di poto yang manah ? he he he he

  20. July 25, 2009 at 3:29 pm

    oohh waktu itu apa bro taufik ada dilokasi? Ikut rame2 ke RS Islam? *cari dulu wajah bro taufik di album foto

    Btw ini lain cerita, waktu itu ada anak HTML Bogor yg jualan braket, itu siapa ya? Jadi inget awal2 pake box e-33 pesan braket via online dan kiriman tiki datang dari bogor, ybs juga ngaku koleksi box givi..😀

  21. July 25, 2009 at 3:33 pm

    ya itu foto yg pertama.. ntar gw tambahin lagi fotonya biar lebih jelas.. hehehehe.. benar kan yg bikin breket di tahun 2004-2005 pasti penasaran..😀😀

  22. July 25, 2009 at 4:05 pm

    hehehe.. selamat ya bro.. maksud gw sukses dapetin jodoh karena bawa honda tiger.. apa doi krn suka ama motornya? *sambil garuk2 kepala..*

  23. July 25, 2009 at 7:47 pm

    Iya bro . . . aye ikut ke RSI waktu entuh he he he he, tanya aja sama bro Edison😉

    mengenai penjual braket waktu itu ada Bro ferry sama siapa lagi tuh… aye lupa namanya..tapi inget banget No stikernya 475, silahkan tanya ke Stidat pppfffttt😛

  24. AHTS 032
    July 25, 2009 at 10:11 pm

    Salut Bro… bikers sejati🙂

  25. July 26, 2009 at 10:04 pm

    ha..ha..ha nostalgila yg indah.. jadi mau ketawa kalo nginget pertama gabung HTML..

  26. Eky
    July 26, 2009 at 10:09 pm

    Congrats bro SL, happy 5th anniversary for your most loyal soulmate, the Black Tigy…

  27. July 27, 2009 at 10:18 am

    bro eky.. minta cepatu bikersnya dong… buat training safety riding..😀

  28. Leo
    July 27, 2009 at 12:47 pm

    Hehehehehe, gak nyangka serius juga om SL.COM ini jadi bikers, awal ketemu kirain cuma ikut trend aja beli Honda Tiger. Ternyata awet sampe sekarang.

    Selamat Bro

  29. July 27, 2009 at 1:11 pm

    udah basah, langsung aja nyemplung.. bahkan menyelam sambil minum.. hahaha..😀

  30. dpouwel
    July 27, 2009 at 7:57 pm

    Rada ga enak mo comment coz poenya sejarah ama “TIGYBLACK”:p

    artikelnya bikin kangen ama ex tigy T.T urusan nyaman emang tigy ga ada duanya

  31. July 27, 2009 at 9:01 pm

    jogja punya cerita seru juga ya.. hehehe.. masa lalu biarlah berlalu..😀

  32. r'dee
    July 28, 2009 at 9:24 am

    sbenernya tigernya, xixixixixi…..

  33. July 28, 2009 at 2:26 pm

    setuju bikin aye kangen juga sama si Kebo Item😀

  34. dinda
    July 30, 2009 at 2:23 pm

    Mas, itu foto anak mas Steven ya, lucu sekali dan menggemaskan, itu kan foto tahun 2004, pasti sekarang dia udah tambah besar ya. Tigernya jg masih bagus dan terawat.

  35. July 30, 2009 at 4:52 pm

    hehehe.. betul sekali dinda.. BJ namanya.. skrg dah 6 tahun 3 bulan sdh SD kls 1.. beda satu tahun ama si TIGIBLACK

  36. July 31, 2009 at 3:55 pm

    Author : tandi
    gimana kickstarter tiger bro stephen sejak beli sampai sekarang, apa sekali di engkol langsung bisa hidup? pengalaman saya dari memakai motor dari bebek sampai sport,rasanya gampang aja di engkol sekali langsung ger.. (tanpa dichoke lagi).tapi tiger picek saya (baru berumur 1 minggu)kok rasanya susah banget menghidupkan mesin pake kickstarter? harus di choke dulu, baru bisa hidup pake kickstarter. kalo pake tombol start , sih gampang. tapi kalo kickstarter tanpa di choke, wah minta ampun deh, di engkol seratus kali rasanya gak bakal hidup tuh tiger…. udah tanya ke pihak dealernya ( cuma ada di sebelah rumah), katanya emang gitu kickstarter tiger emang susah hidup kalo tidak di choke. kalo mau gampang di kickstarter tanpa dichoke, kata mekanik honda, bisa kita setel ulang, tapi nanti boros bbm. saya jadi batal menyetelnya karena mau ngejar hemat bbm sih. dari forum sebelah emang tiger susah di kickstarter… apa emang
    begitu bro stephen?mohon pencerahan dari bro stephen…. ma kasih…

    Jawab:
    Masalah dgn starter tiger? kadang2 ada masalah, tapi gau taunya krn gw aja yg lupa ama engine start di on, udah cape2 engkol.. hehehe..😀

    btw, sbenarnya main choke is ok, tiap pagi atau mesin dah lama off, mau gak mau gw dipancing ama choke, baik engkol atau engine start.. so far gw sih gak nemuin masalah yg berarti soal engkol atau start mesin.. so far so good..😉

  37. tandi
    July 31, 2009 at 4:56 pm

    emh, berarti tiger milik bro stephen juga harus dichoke biar gampang hidup waktu engkol.jadi semua tipe tiger harus maen choke ya…. tapi emang gak ada masalah juga sih di start engine, cuma agak lucu aja, biasa pake thunder dan bebek gak perlu dichoke, sekarang harus sering maen choke. oh iya, berarti sama juga karena tiger ada tombol on/off, jadi walo udah dichoke dan engkol ampe mati gak mau hidup , pake elektrik start juga gak hidup…… udah kesel…. eh taunya tombol di off….. jadi malu sendiri.hehehe….. ok deh. thanks buanyak………atas info bro stephen ya..trims

  38. my65
    August 18, 2009 at 1:42 pm

    hahaha’ Itu Sama kaya gw Bro ‘ Di lampu merah yang sangat Panas sekali+ Macetnya Jkt’ sya iseng Matiin Mesin (Biar hemat + dinginin Motor) ehh pas lampu ijo gw stater + engkol Motor gw ga idup sampe gw di teriakin Mobil di belakang akhirnya Motor gw dorong ke samping / ehhh tautaunya Tombol offnya LUPA….

  39. Imam
    September 8, 2009 at 6:33 pm

    itu tiger senasib ama tigerku, awal ditimang bulan januari 2004, jadi kemaren januari uda ganti plat dan stnk…tapi sekarang uda aku lepas ke sodara sendiri, over-tombok dengan honda revo 100cc, sodaraku nombok 6 juta…

    sekarang lagi mikir2 untuk menimang2 megelli 250…ada saran dari bro stephen

  40. September 9, 2009 at 11:06 am

    ya sudah tetapkan saja pilihan hati-nya.. naik kelas 250cc oke banget bro.. hehehe..🙂

  41. Imam
    September 11, 2009 at 10:34 pm

    iy, makasi…udah siap2 buat ngumpulin mahar buat melamar si megelli, cuman binggung ni, ngelamar megelli merah atau hitam? bro stephen ada saran soal pemilihan warna…?

    tiger itu tak ada matinya bro stephen, sampai sekarang, saya masi bisa memperhatikan motor yang uda di bawa sodara, suaranya masi alus2 aja, hal itu saya rasakan setelah mulai mengkonsumsi Oli Pelumas Enduro 4T 20W-50…padahal sebelumnya, saya menggunakan Fastron 10W-40…memang waktu awal2 saya masih seorang yang speed-addict, dengan Fastron saya bisa membetot gas hingga maksimal 140kmh padahal dengan setting normal (saya tidak termasuk orang-orang yang keracunan modif), tapi setelah memasuki tahun ke-4, suara mesin mulai kasar, tidak semulus dahulu, setelah saya sadari ternyata umur mesin sudah tidak cocok lagi mengkonsumsi oli pelumas dengan kekentalan 10W-40, jadi begitu saya ganti dengan pelumas pertamina yang memiliki kekentalan 20W-50 yakni Enduro 4T, mesin kembali normal, suara halus, namun, saya harus mengorbankan speed-addict saya demi panjangnya umur mesin tiger…terakhir top speed dengan enduro 4T 20W-50, yakni 105kmh

  42. September 12, 2009 at 6:21 am

    bro Imam.. soal pilihan warna megelli, merah atau hitam sesuai selera bro aja, kalau merah buat mereka yg suka dengan warna terang (eye-catching), mungkin pilih hitam karena mereka suka warna yg standard/tidak menyolok.

    Soal Honda Tiger, hm.. kalau dipake buat top speed di dalam kota (buat harian) kayaknya kasihan sekali buat tigernya.. karena motor ini pas buat touring dan enak digeber di kawasan pegunungan.. soal piihan olinya terserah kepada pilihan masing-masing para pemiliknya.. ada yg cocok dengan Fastron, Enduro ataupun merek lainnya.. yg penting kita bawa motor harus selalu pikirkan Safety Riding, berapapun kecepatan yg mau kita tempuh..🙂

  1. July 31, 2009 at 6:16 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: