Home > REPORT > IIMS 2009: Hari Pertama Khusus Media

IIMS 2009: Hari Pertama Khusus Media


IMGP2813

Pelajari Tujuan Anda: Mau Kemana?

Jakarta, 24 Juli 2009 – Pameran akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) diresmikan hari ini (24/07) oleh Menteri Keuangan sekaligus Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Perekonomian DR. Sri Mulyani Indrawati di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Hadir pula pada pembukaan tersebut Menteri Perindustrian Fahmi Idris.

Kehadiran kedua menteri pada pembukaan pameran ini merupakan dukungan pemerintah terhadap industri otomotif Indonesia yang tetap optimis, walaupun mendapat tantangan krisis global.

Pemerintah menyambut baik pelaksanaan pameran bertaraf internasional ini karena mempromosikan perkembangan dan kemajuan industri otomotif tanah air, dimana otomotif merupakan salah satu industri yang memang diprioritaskan pemerintah.

Sri Mulyani pada sambutannya mewakili Presiden Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, bahwa pameran IIMS dapat dijadikan rujukan sebagai pameran berskala internasional yang diselenggarakan Indonesia. Oleh karena itu, para pelaku bisnis otomotif bisa memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan investasi.

Setelah upacara pembukaan, Menteri Keuangan sekaligus Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Perekonomian DR. Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perindustrian Fahmi Idris didampingi oleh Ketua Umum Gaikindo, serta Ketua Pelaksana IIMS 2009 melakukan peninjauan sekaligus menyaksikan produk-produk otomotif karya anak negeri yang membanggakan dan memperkuat industri otomotif Indonesia di mata dunia, antara lain mobil keluarga, truk, serta  berbagai suku cadang dan perlengkapan pendukung otomotif.

IMGP2816

Partispasi Mobil Mewah: Semua Merek Ada

Industri Otomotif turut Tingkatkan Kehidupan Masyarakat menjadi Lebih Baik

Bambang Trisulo, Ketua Umum Gaikindo pada upacara pembukaan mengingatkan kembali mengenai tema yang diusung “industri otomotif nasional meningkatkan kehidupan masyarakat,” yaitu kehidupan yang berkualitas.

Penjabaran dari tema tersebut, bisa dilihat pada tingkat proses dan produksi, industri otomotif menghadapi tuntutan untuk menciptakan inovasi teknologi yang memanfaatkan bahan-bahan ramah lingkungan, peningkatan pemakaian kandungan lokal, dan penyerapan tenaga kerja.

Sedangkan pada tingkat nilai guna, hasil industri otomotif harus mampu meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih baik baik pengguna dan lingkungannya. Kendaraan yang berkualitas tidak hanya dari segi desain yang memenuhi unsur estetika tinggi, namun juga kenyamanan, safety, mobilitas, dan teknologi yang user friendly. Bambang Trisulo juga menambahkan bahwa krisis global yang masih terasa dampaknya di berbagai sektor industri di Indonesia, termasuk otomotif para pelaku industri otomotif.

Melalui ajang IIMS ini, justru pelaku industri otomotif nasional ingin membuktikan eksistensi dan sikap positif ditahun yang penuh tantangan serta ujian kesabaran ini. Industri otomotif diharapkan mampu mengajak semua kalangan untuk semakin peduli terhadap kualitas lingkungan hidup.

Hal ini termasuk memperhatikan dampak dan isu lingkungan yang terkait dengan proses, produk, maupun pemanfaatan teknologi otomotif sehingga akan tercapai kehidupan yang lebih baik. Perkembangan teknologi otomotif juga terus didorong ke arah teknologi berwawasan lingkungan sehingga tercipta kehidupan yang semakin sehat, aman dan nyamanm, jelas Bambang.

Dukungan Positif Pelaku Otomotif pada IIMS 2009

IMGP2815

Truk Pengaduk Semen Masuk Gedung

IIMS 2009 yang berlangsung sejak tanggal 24 Juli sampai 2 Agustus 2009 ini memulai babak baru dalam hal lokasi, tempat yang lebih luas, pameran dan acara yang semuanya lebih berkualitas dan beragam.

Untuk pertama kalinya, IIMS diadakan di Jakarta International Expo – Kemayoran, dengan total luas lahan 36.000 m2 area dan 64.000 m2.

Pemilihan lokasi baru ini merupakan wujud komitmen Gaikindo untuk selalu meningkatkan kenyamanan pengunjung dan juga peserta pameran dalam berkreasi menampilkan produk dan atraksi.

Pameran kali ini menampilkan 21 merek mobil, 7 merek sepeda motor, serta 124 industri pendukung otomotif.

Merek mobil yang akan tampil antara lain Hino, Audi, VW, Daihatsu, Isuzu, Mitsubishi, Nissan Diesel, Foton, Hyundai, Toyota, Honda, Proton, Jaguar, BMW, Mercedes Benz, Mazda, Nissan, Suzuki, KIA, dan Cherry.

Merek-merek lain seperti Ferrari, Maserati, Lamborghini, Aston Martin, Hummer, Jeep serta unique & exotic cars lainnya juga akan tampil dalam IIMS 2009.

IMGP2837

Tujuh Merek Motor Ternama Ikut Hadir IIMS 2009

Merek sepeda motor antara lain Yamaha, Kawasaki, Honda, Suzuki, Minerva, Piaggio, dan Harley Davidson.

IIMS didukung dengan beragam acara menarik antara lain Achilles Drift Show & Battle, Wimcycle BMX Show, Community Club Gathering, Motor Show Concert, Car Audio Show, Unique & Exotic Cars, Truckhead Pulling, Miss Motor Show, dan banyak lagi yang lainnya.

Selain itu area pameran juga akan dilengkapi dengan smoking area, food & beverages area, snack bar, business center, shuttle bus, mushola, ambulance dan ruang medis, serta media center.

Johnny Darmawan, Ketua Pelaksana IIMS 2009 menyampaikan pada kesempatan terpisah bahwa beberapa negara ASEAN menunda pelaksanaan pameran internasional sejenis. Sedangkan di Indonesia, berkat dukungan solid yang diberikan 158 merek yang terlibat, IIMS bisa tetap terlaksana tahun ini. “Dengan segala inovasi yang dilakukan, perhelatan IIMS tahun ini diharapkan dapat mencapai target pengunjung 250 ribu orang dan total transaksi 1,7 triliun,” ungkapnya.

IMGP2941

Mobi Klasik & Kuno Ikut Pameran

Johnny juga berharap walaupun beberapa waktu belakangan, kondisi keamanan negara kita sedang diuji, namun hal itu tidak menjadikan industri otomotif surut begitu saja.

Penyelenggaraan IIMS 2009 memberikan bukti pada dunia internasional, bahwa negara kita yang tercinta ini merupakan tempat yang kondusif dalam pelaksanaan event-event internasional.

“Kami berharap, penyelenggaraan Indonesia International Motor Show 2009, dapat memberikan gambaran kemajuan industri otomotif Indonesia, sekaligus meningkatkan citra positif negara kita di dunia internasional.” demikian ungkap Johny Darmawan kepada wartawan.

IMGP2869

Gadis-Gadis IIMS 2009: Jangan Lewatkan!

IMGP2896

IIMS 2009 Banyak Produk-Produk Baru

Categories: REPORT
  1. andro
    July 24, 2009 at 8:53 pm

    pertamaxx

  2. July 24, 2009 at 8:56 pm

    ditunggu kabarnya yamaha FZ 150, bang.

  3. gary
    July 24, 2009 at 10:44 pm

    Bro Hadiyanta…

    FZ-16 kali maksudnya…hehehehe…:D
    Nice report Bro Stephen….:D

  4. July 25, 2009 at 4:49 am

    Iya FZ 16 udah nongol belom om steve?

  5. July 25, 2009 at 6:35 am

    yup si Byson, karena kok saya yakin banget pakai engine 150cc🙂

  6. July 25, 2009 at 8:18 am

    belom ada bro.. di hari pertama booth motor Yamaha masih sepi.. maksudnya kalo ada media ngumpul disebuah booth, disitu pasti ada sesuatu yg baru, yg emang perlu diliput segera.

    Buat motor, lokasi dan produk masih sama dgn event PRJ kemarin, kecuali Honda sudah majang Honda Vario CBS Tehno (sudah bukan kejutan lagi).

  7. gary
    July 25, 2009 at 9:23 am

    Yup Byson atau Bison….kalo liat di blognya Bro Taufik, di Thailand juga mau launching pakai nama Bull….:D
    Mesin nanggung juga sih 153.7 cc…..Mungkin karena itu namanya diganti jadi Yamaha Byson, bukan FZ-16 buat di Indonesia…biar gak kagok kali ya CC-nya….hahahaha…:D

  8. July 25, 2009 at 11:07 am

    Biar bisa nyruduk macan pake tanduknya he he he

  9. July 25, 2009 at 3:25 pm

    hmmm berarti bisa agak nyantei . . . he he he he nunggu work days aja..biar nggak terlalu rame bisa puas jeprat-jepret😀

    kecuali kalo ada laporan penampakan baru . . .langsung cabut ke sonoh aye🙂

  10. Kapriel
    August 12, 2009 at 8:35 pm

    Ayo dong yamaha,keluarin jurus andalanmu yamaha byson nya,aku pasti beli!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: