Home > TIPS > Bikers & Asuransi Kecelakaan Diri

Bikers & Asuransi Kecelakaan Diri


IMGP2385-01_resizeKecelakaan Diri. Itulah salah satu resiko utama yang bisa dialami oleh setiap individu atau orang per orang.

Satu langkah dan tindakan yang salah atau tidak dilakukan dengan hati-hati bisa menyebabkan kecelakaan.

Sekalipun kita sudah hati-hati,  tetapi tetap saja yang namanya kecelakaan bisa saja terjadi.

Bagaimana dengan pengendara motor atau bikers?

Resiko terbesar bagi para pengemudi motor dan boncenger adalah sering kali mengalami kecelakaan, dimanapun. Jatuh dan tabrakan adalah peristiwa kecelakaan lalu-lintas yang sering dialami para pengendara motor tersebut.

Bagaimana kita menghindarai resiko kecelakaan?

Tak ada rumus atau metode khusus yang mampu menghindari resiko ataupun maut. Biasanya, keluarga selalu memberikan pesan pendek dengan kalimat: hati-hati dijalan. Secara manusia, kita hanya bisa menyerahkan jalan hidup manusia kepada Yang Maha Kuasa. Takdir adalah milik-Nya.

Namun, kecelakaan motor hanya bisa dihindari dengan cara: jangan naik motor!

Tetapi kenapa banyak juga korban kecelakaan yang terjadi dirumah, di tempat kerja, di perjalanan (darat,  laut, udara), dan dimana saja. Kita bisa jatuh terpeleset di rumah, di mal, maupun di tempat lainnya.

Apakah efek dari kecelakaan?

Luka badan sudah pasti ada. Cacat badan dan ketidak-mampuan anggota tubuh juga sering terjadi. Tapi, bagaimana dengan kehilangan nyawa? Bagi kita seorang manusia, tak bisa berbuat banyak kalau sudah bicara soal kematian. Hanya ikhlas.

Namun yang menjadi persoalan adalah bagaimana setelah kematian tersebut? Sering kali anggota keluarga yang ditinggalkan oleh korban mendapatan beban finansial. Banyak kasus korban kecelakaan hingga kematian, bukannya ia meninggalkan harta warisan atau kekayaan, tetapi ia juga meninggalkan hutang.

Problem finansial ketika seseorang telah meninggal bisa dirasakan setelah dua atau tiga bulan kemudian. Ada banyak kebutuhan keuangan jika sebuah keluarga sangat tergantung dari penghasilan seseorang yang telah pergi lebih dulu.

PERLUKAH ASURANSI KECELAKAAN DIRI?

Hal ini tergantung kebutuhan.

Sebuah pilihan antara ya dan tidak.  Namun yang menarik sehingga artikel ini hadir adalah, komunitas bikers HTML (Honda Tiger Mailing List) sudah membiasakan diri dengan Asuransi Kecelakaan Diri.

IMGP2631

Khususnya HTML Wilayah Jakarta Selatan, sejak dua tahun yang lalu HTML Jaksel sudah mulai mensosialisasikan kehadiran Asuransi Kecelakaan Diri. Hal ini bermula dari cerita di atas, dimana anggota HTML Jaksel merasa perlu memiliki sebuah perlindungan atau mendapatkan santunan terhadap kecelakaan diri.

Memang, kecelakaan apa saja bisa terjadi, tetapi resiko naik motor adalah resiko yang terbesar dan tentu saja HTML Jaksel merasa perlu ada suatu perlindungan yang bisa memberikan jaminan atau santunan secara finansial bagi anggota keluarganya jika benar ada suatu peristiwa kecelakaan.

“Amit-amit jabang bayi, jangan sampai ada kecelakaan walaupun sudah ada asuransinya,” demikian ujar seorang anggota HTML Jaksel.

“HTML Safety Riding sudah ada sejak lima tahun yang lalu. Semua anggota HTML harus paham Safety Riding. HTML juga punya Group Safety Riding, yaitu teknik Safety Riding perjalanan dengan group. Atas dasar pemahaman Safety Riding, dan jumlah anggota HTML yang kian makin banyak, maka tidak heran kalau perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan HTML” papar Bro “Eyang” Bima pemilik nomor anggota HTML 720.

Ketika dilakukan klarifikasi, apakah semua anggota HTML punya asuransi kecelakaan diri? Ternyata tidak semua anggota HTML ikut berasuransi.

“Ini pilihan bro! Kami tidak bisa paksakan semua anggota  ikut asuransi. Kalau merasa perlu, silahkan. Bagi yang tidak merasa perlu, ya tidak apa-apa. Yang pasti kita sama-sama tahu, jika ada anggota kena musibah kecelakaan, dalam ini HTML tidak bertanggung jawab atas masalah finansial bagi keluarganya. Lain cerita, jika sudah ada jaminan asuransi kecelakaan, maka perusahaan asuransi turun tangan sesuai dengan kondisi polis-nya,” tegas bro Bima Martoyudo yang sudah mencapaik Titik Nol Sabang Prov. NAD dan memiliki polis asuransi kecelakaan diri.

TIPS ASURANSI KECELAKAAN DIRI

Sesuai literatur yang ada, Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident) hanya menjamin risiko Kematian, Cacat Tetap, Cacat Sementara, Biaya Perawatan dan atau Pengobatan yang secara langsung disebabkan oleh suatu kecelakaan.

Kecelakaan menurut “Polis Standar Asuransi Kecelakaan Diri Indonesia” adalah suatu kejadian atau peristiwa yang mengandung unsur kekerasan baik yang bersifat fisik maupun kimia, yang datangnya secara tiba-tiba, tidak dikehendaki atau direncanakan, termasuk keracunan, mati lemas atau tenggelam.

IMGP2632

Perhatikan dengan seksama bagian PENGECULIAN POLIS atau KECELAKAAN YANG TIDAK TERMASUK ASURANSI, khususnya bagi mereka pengemudi sepeda motor (bikers), hal ini jelas termasuk bagian yang tidak dijamin.

Lihat pasal 2.1 (a) ditulis dengan tegas “bertindak sebagai pengemudi sepeda motor.

Untuk mendapatkan jaminan bahwa kegiatan bagi pengendara motor maupun sebagai boncenger motor harus ditegaskan melalui klausula tambahan yang dilekatkan ke dalam polis utama, yaitu dengan:

Klausula Resiko Mengendarai Sepeda Motor dan sejenisnya:

“Dengan ini dicatat dan disetujui bahwa menyimpang dari ketetapan polis, asuransi ini menutup pula kecelakaan-kecelakaan yang terjadi sewaktu orang (orang-orang) yang ditanggung mengendarai sepeda motor, bergandengan belakang atau samping, atau kendaraan bermotor roda dua lainnya; kecuali jika sepeda motor dan sejenisnya itu digunakan untuk suatu tujuan uji-coba, perlomabaan kecepatan atau ketangkasan, pemecahan rekor atau digunakan secara bersama-sama oleh lebih daripada jumlah orang yang diijinkan menurut perauran yang berlaku.”

POLIS ASURANSI KECELAKAAN DIRI MILIK HTML

Nama: HTML QQ PESERTA
A. Meninggal Dunia: Rp. 10,000,000.-
B. Cacat Tetap: Rp 10,000,000.- (maximum)
C. Cacat Sementara (sementara tidak mampu melakukan pekerjaan): nil
D. Untuk ongkos-ongkos Dokter: Rp. 1,000,000 (maximum)

Ahli waris adalah ahli waris menurut hukum
Periode: 12 bulan (23 April 2009 s/d 23 April 2010)

Premi: 0.55 % (5 setengah per mil)

Biaya Premi: Rp.55,000 per tahun

HTML sudah memiliki dokumen polis utama (mater policy). Jika ada penambahan anggota baru, maka dokumen master akan ditambahkan sertifikat baru. Peserta baru cukup memberikan fotokopi KTP dengan minimal 10 orang, kemudian uang premi dikumpulkan secara kolektif.

HTML Jaksel menekankan pentingnya asuransi ini ketika mereka akan berangkat touring, seperti hari Jumat 17/7/09 yang lalu, ditempat kopdar HTML Jaksel menjelang keberangkatan touring ke Jogja, ada 12 anggota HTML mendaftarkan diri ikut polis asuransi kecelakaan diri.

Tampak, seorang petugas (PIC) sedang mencatat nama peserta asuransi, mengumpulkan fotokopi KTP, dan uang preminya. Tak lama kemudian, ada seorang petugas asuransi yang datang menjemput dokumen dan uang yang dimaksud.

Catatan:

Jaminan atau santunan asuransi kecelakaan diri ini berlaku selama 12 bulan penuh, dan berlaku dimana saja. Artinya, jaminan bisa berlaku tidak hanya untuk touring, tetapi juga untuk aktifitas harian, dimana saja.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Perusahaan asuransi memang pada umumnya tidak ingin menjamin kegiatan dan aktifitas dengan sepeda motor. Lagi, kebanyakan perusahaan asuransi tidak mau menerima pendaftaran secara perorangan atau individu. Yang lebih disukai oleh perusahaan asuransi adalah bersifat kolektif atau kumpulan.

Jika perusahan asuransi menerima permohonan asuransi kecelakaan diri dari klub dan komunitas motor, setidaknya ada pertimbangan khusus melalui informasi underwriting yang mencakup beberapa hal penting, antara lain:

  1. Klub/komunitas motor memiliki jumlah anggota yang banyak.
  2. Klub/komunitas motor sudah dikenal baik, memahami & menjalankan prinsip-prinsip Safety Riding (prioritas).
  3. Klub/komunitas motor memiliki anggota yang tertib & memiliki etika dalam perilaku lalu-lintas.
  4. Klub/komunitas motor bukan kelompok yang suka ngebut, atau suka ikut balapan liar.

INFORMASI LAINNYA:

Kunjungi website dibawah ini:

  1. Info Lengkap Produk Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident)
  2. Asurasni Jasindo

Categories: TIPS
  1. indramayuparean
    July 19, 2009 at 4:31 pm

    om stephen hasil fotonya ciamik,pake camera type apa om?

  2. indramayuparean
    July 19, 2009 at 4:32 pm

    foto hp yah om?

  3. July 19, 2009 at 6:11 pm

    tiga foto diatas pake kamera yg sama, Pentax Optio A30. Khusus buat foto text disetting mode text.

  4. July 19, 2009 at 6:34 pm

    Info tambahan: di Polis HTML tertulis angka Rp50 juta, itu adalah master policy document yang dimulai oleh lima orang pertama yang berangkat touring ke Aceh, @Rp.10 juta setiap perserta. Baca ini: http://stephenlangitan.com/2009/05/04/html-jaksel-km-0-sabang/

  5. robbymilo
    July 19, 2009 at 7:25 pm

    Om Stephen.. kalo kita yang diluar HTML bagaimana? (waduh akhir2 ini suka kebayang cacat kaki eung… jadi was-was mana ini lagi di jalan pula..)

    Tapi ada benernya, yg namanya naik motor (yg notabene roda cuma 2), jatuh ya kalo gak ke-kiri ya ke-kanan. Harus prepare for the worst, dan asuransi adalah persiapan yang lumayan jitu..

    **masi kepikiran eung**

  6. Krisna
    July 20, 2009 at 12:06 am

    Setuju bgt om. setidak-tidaknya beban finansial korban diambil alih oleh pihak asuransi. baik seluruhnya atau hanya sebagian, tergantung dari besarannya.

    btw sekarang sudah banyak asuransi lain, yg klausul kecelakaannya sudah diperluas di polis dasar. contoh definisi kecelakaan yg tertulis dipolis adalah unsur kekerasan yang berasal dari luar tubuh, yang datangnya secara tiba-tiba…. dst.

    sedangkan pasal perkecualiannya adalah karena profesi, olahraga ekstrim, perang, terlibat tindak kejahatan, dll. dan pasal ini biasanya terdapat diperusahaan asuransi asing.

  7. July 21, 2009 at 10:44 am

    Bro Robby, setiap perusahaan asuransi punya jaringan pemasaran melalui agent dan broker. Mereka beredar ada disekitar lingkungan anda, silahkan aja hubungi mereka.

  8. malz
    December 18, 2013 at 3:16 pm

    premi-nya berapa yah ?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: