Home > REPORT, TIPS > Blogger? Citizen Journalism? Press?

Blogger? Citizen Journalism? Press?


IMGP2593Jakarta 17 Juli 2009. Apa mau dikata jika seorang Blogger alias Citizen Journalism (pewarta masyarakat) akhirnya bisa juga disebut sebagai orang Pers?

Bicara soal Blogger yang katanya bisa sejajar dengan Journalis sebenarnya sudah pernah di ulas oleh rekan blogger Adhi Nugroho dengan judul artikel: “MK (Mahkamah Konstitusi): Blogger Sejajar Dengan Journalis.”

Namun apa yang mau di sampaikan ini, bahwa hal itu benar dan sah-sah saja.

Salah satu contoh apa yang terjadi pada hari ini, yaitu blogger SL.COM mendapatkan ID Card khusus PRESS untuk ajang “The 17th Indonesia International Motor Show – IIMS 2009” yang akan dibuka pekan depan 24 Juli 2009.

Info lengkap tentang apa saja acara IIMS 2009, bisa dibaca lewat artikelnya: Proud2ride’s Weblog atau Dunia Otomotif .

Awalnya, pada bulan lalu ketika SL.COM menanyakan via telepon mengenai pesryaratan apa saja untuk bisa meliput acara IIMS 2009, maka pihak panitia hanya bertanya: “Dari media apa?” Dijawab singkat oleh SL.COM: “Media online stephenlangitan.com.”

Sesudah itu komunikasi berlanjut melalui e-mail dan ada formulir isian yang harus diisi secara lengkap, berikut mengirimkan pas foto digital. Dua minggu  kemudian, hari Kamis 16/7/09, sebuah e-mail masuk memberitahukan bahwa ID Card IIMS 2009 sudah bisa diambil. Ketika ID Card sudah ada ditangan: terbaca kata PRESS.


IMGP2592

SL.COM mendaftarkan diri atas nama http://www.datasentra.com yaitu induk usaha SL.COM, dll.

Betulkah Blogger bisa jadi orang Pers? Jawabnya 100% bisa.

Pada prinsipnya peran seorang blogger sudah memiliki peran yang sama dengan pers. Ulasan bagian ini ada di sini.

Soal Blogger mau jadi anggota PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), kini pun sudah bisa. Anda khususnya bagi seorang blogger cukup memberikan nama data media online blog anda sendiri.

Apakah sesederhana itu? Ya betul, nama blog anda sudah cukup mewakili bahwa anda adalah seorang pewarta masyarakat yang sudah bisa mendaftarkan diri menjadi anggota PWI. Kalau blogger memang ingin melangkah jadi anggota PWI, mari silahkah cari informasi pendaftaran melalui www.pwi.or.id. Sebagai pelengkap, jangan lupa baca juga ranjau-ranjau buat kalangan blogger.

Selain sudah memiliki media blog yang aktif, persyaratan lainnya untuk jadi anggota PWI adalah melengkapi dokumen SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dan memiliki ijazah minimal lulusan S1. Siapkan foto 2×3 berwarna sebanyak lima lembar dan membayar iuran tahunan. Informasi selanjutnya, silahkan saja hubungi kantor PWI di masing-masing wilayahnya.

Categories: REPORT, TIPS
  1. AHTS 032
    July 17, 2009 at 11:52 pm

    Canggih bener Bro Stephen ini… Salut deh buat SL.COM

  2. Kuburan
    July 18, 2009 at 12:32 am

    Ditunggu ulasanya ttg IIMS om….
    Jgn lupa foto SPG nya…he

  3. robbymilo
    July 19, 2009 at 7:19 pm

    Wah… ternyata benar yd di ceritakan joe begundalz dan epik Celeng…

    Salam kenal Om Stephen. Pertama denger mengenai Om dari WP-nya Tozzy.. (dulu bincang2 mengenai jalur jkt-plbang). Dan epik Celeng juga cerita kalo Om suka jalur-2 off track..

    Kehormatan besar bisa kenal Dengan Om Stephen..

    Robby
    Tangerang

  4. July 19, 2009 at 7:26 pm

    salam kenal juga bro robby milo, gw sambil nonton motogp 13 laps to go si stoner ducati disalip ama dua pembalap yamaha..

  5. robbymilo
    July 19, 2009 at 9:28 pm

    Sadis… podium 1 & 2 milik motor dengan logo garputala… Tapi asli, ini bukan mengenai mesin–skills+mental juara jadi faktor penentu.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: