Home > REPORT > Menepis Keraguan Honda CS-1: Apa Saja Plus Minusnya?

Menepis Keraguan Honda CS-1: Apa Saja Plus Minusnya?


Brosur AHM CS-1Jakarta, 13 Juli 2009. Bicara soal Honda CS-1 di blog ini sudah ada dua artikel.

Yang paling menarik ketika di tahun 2008 lalu, tepatnya di ujung acara JMCS (Jakarta Motor Cycle Show 2008), motor Honda CS-1 terpilih menjadi juara Motor Plus Award sebagai “Bike of The Year 2008.”

Motor Plus Award ini dulunya sempat diklaim karena dianggap tidak fair alias tidak adil oleh konsumen kompetitor. Info lengkap soal Motor Plus Award 2008, silahkan baca artikel ini: http://stephenlangitan.com/2008/12/16/motor-plus-award-2008-honda-cs-1-bike-of-the-year/

Namun apa yang mau dibahas oleh SL.COM di halaman blog ini: Apa sih plus minus motor Honda CS-1?

Soalnya sampai sekarang banyak orang yang masih penasaran dengan Honda CS-1.  PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) memasarkan motor ini sejak tahun 2008 yang lalu.

Bicara soal penjualan, maap ini tanpa data-data statistik, SL.COM punya opini dan menangkap kesan secara pribadi, bahwa penjualan motor diwilayah Jabodetabek belum begitu populer, tapi lain cerita penjualan di daerah Surabaya, Medan dan daerah lainnya, sepertinya motor ini lumayan populer. Entahlah, mungkin ada pembaca yang punya pendapat lain tentang hal ini. Syukur-syukur jika ada datas statistik-nya.

AHM melalui brosurnya menyebutkan, bahwa motor bermesin 125 cc ini dikategorikan sebagai motor “City Bike” (The Top City Ride: Comfort, Speed, Action).


HCS-04

Sumber Foto: Group Facebook "HCST - Honda City Sport One Team"

Dari beberapa referensi bacaan dan literatur yang tersedia, ada pihak yang menyebutkan bahwa motor Honda CS-1 ini unggul soal riding position, posisi stang enak, stepbar dan jok yang juga terasa sangat pas.

Ditambahkan lagi, ada jaminan bahwa posisi rider tidak bakal membuat punggung cepat pegal, responsif dan tenaganya pas.

Sumber lain ada yang menyebutkan bahwa gelagat motor Honda CS-1 alias “Honda City Sport Number One,” saat menikung dengan kecepatan tinggi sangat mudah dikontrol,  hal ini terjadi karena penyaluran tenaga yang reponsif namun smooth (lembut).

Lagi, Honda CS-1 bisa dibilang motor yang stabil saat dibawa jalan kencang di jalan yang bergelombang, apalagi di jalan mulus. Kalau ini memang jangan ditanya lagi, karena ada bikers yang riding Honda CS-1 bisa tembus 130 km/jam.

Kelebihan lain, adalah soal fitur seperti panel panel indikator yang sudah digital. Soal rem sudah dilengkapi dengan  double cakram untuk rem ban depan dan ban belakang.

Soal desain dan tampang motor Honda CS-1, kata orang-orang berkesan futuristik dan dijamin membuat pengendara lain menoleh. Soalnya bodinya beda dengan motor bebek lainnya. Desainnya memang kelihatan agak aneh, tapi melihat “masa depan” maka inilah desain motor yang bakal banyak dipakai nantinya.

Bagaimana dengan kelemahannya? Ada yang bilang posisi gigi terkadang suka pindah dengan sendirinya. persnelingnya walaupun dibilang enteng tapi ketika memindahkan gigi masih ada bunyi. Kelemahan yang lainnya?

HCS-01

Sumber Foto: Group Facebook "HCST - Honda City Sport One Team"

Nah, sebaiknya kita cari aja melalui komentar-komentar para bikers Honda CS-1 yang terdaftar melalui beberapa group Honda CS-1 di jaringan sosial facebook.

Kebetulan ada fasilitas jejaring sosial facebook yang bisa membantu SL.COM menjumpai bikers Honda CS-1, walaupun hanya sebatas e-mail, tetapi info yang diberikan adalah aktual dan ditulis oleh mereka sendiri, yaitu para owners, sekaligus Bikers Honda CS-1.

Apa saja komentar dan pengalaman mereka tentang Honda CS-1?

Apa saja plus minusnya?

Kumpulan tulisan dibawah ini adalah jawaban yang diberikan langsung oleh  Bikers Honda CS-1 melalui email facebook. Semoga informasi ini bisa menepis keraguan masyarakat tentang Honda CS-1.

Forum website dan komunitas Honda CS-1: http://cysers.info/

Logo HCST Honda City Sport Team

Zhang Long Chen:

Pengalaman saya selama pakai cs1 gk da masalah na. Mau dipakai jalan jauH. Cukup enak. Dan yg paling enak bensin na cukup irit. Tapi cs1 ne gak enak na masukin gi2 na .Suka bunyi2. Tp kebanyakan c enak ja. Enak buat kebut. Menurut saya gt ja.. Thx

Teguh Subihandono:

Plusnya :
– Motor ini secara handlingnya enak sekali, nyaman dikendarai, sdh saya bawa keluar kota (Yogya) kaki gak pegel, dulu waktu naik supra 100 terasa sekali pegelnya.
– Untuk kecepatan motor ini juga kencang, jgn dibandingin sama FU 150, karena secara CC juga mesin beda (DOHC), tp kalo sama MX bolehlah. Sekedar share temen motornya dah dioprek (jadi 150 cc/blok cbr) bisa lari 170 km/h
– Main ditikungan enak sekali. Tanjakan jalur Puncak Bogor terasa ringan.

Minusnya :
– kalo waktu pertama kali biasalah oper gigi agak susah masuk, tp setelah lewat masa service gratis dan oli saya ganti pake shell vsx 10w – 40 sdh normal kembali.
– Mungkin tampilannya agak beda yah, tapi ini tergantung selera aja koq.

Nico Syahputra:

Body relatif lah,,da yg suka da yg gx(klo gw suka bgeet)
Ktanya gampang di naikkan cc nya
segi speed MX,,athlete gx lwn,,,,tp ama satria mg klah bro
yg bkin mnang ma satria gw pikir kenyamanan cs1 bro,,kopling nya empuk
posisi riding nya paliiiiiiiiiing enak buat touring bro(klo gw pkir satria mnang speed aj),,,,
yg sering bermsalah biasanya pengoperan gigi nya sring buny(klo gw yg bawa gx bunyi tuh tp kbnyakan tmen gw bawa ada yg bunyi)i wlau kopling nya empuk dijalan macet,,,

Meidi Perwadi:

gw beli waktu di Jakarta Fair, inden sekitar 2 minggu. Dan delivery sekitar tgl.17 Juli 2008. Sepanjang gw pake OK bangeut nih motor. Bensin irit. Konsumsi sekitar 1:45 s/d 1:55. Krn tangki cuma 3 liter, yah gw isi Shell Super aja. Gak terlalu beratin. Utk tarikan juga oke, bahkan berani geber-2an sama Tiger yg 200cc. Utk handling juga enak krn udah monoshock. Apalagi mesin gak takut kepanasan krn ada radiator, suhu bergerak antara 3-4 bar saja…….. (to be continued)

IeVand Cysers;

Bro,gue ada sedikit pengalaman memakai honda CS-1.Sisi plusnya ada di segi kenyamanan berkendara,Odometer Digital,manual 5 speed,Double Disc brake,tarikan enteng,up to 130km/h.kalau dari segi minusnya silahkan anda masuk ke www.honda-cs1.com. karena saya belum mengalami segi minusnya.

Nico Poundra Mulia;

Sampai saat ini memuaskan,tp utk info lengkapnya bs kunjungi www.cysers.info

Sanny Cysers:

lam kenal buat stephen..
lebih lengkap lagi coba kunjungi

http://www.facebook.com/l/;www.cysers.info

semua pengalaman yg pake CS1 tertuang disitu…
yang pasti ambil positifnya ajah..

Ikhsan Zn:

pengalaman yg paling buruk kali ya….

bulan2 lalu tiap gw pake ni mtr di kala hujan d tengah jalan pasti mati sendiri…gak taw tuh apanya gw bawa d 2 ahass berbeda tetep aja sering mati…..tapi untungnya sih sekarang dah normal lagi….

klo pengalaman manisnya sih banyakkkkkkk bangettttt….hehe..

Dewi Moranita

plusnya : pk CS1 enak buat racing n travelling

minusnya : CS1 berat di bensin😦

Info Ringkas Spesifikasi Honda CS-1

  • Panjang x lebar x tinggi : 1.932 x 682 x 1.042 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.251 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 130 mm
  • Berat Kosong : 114 kg
  • Tipe rangka : Twin tube frame
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Tunggal (Monoshock)
  • Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P
  • Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P
  • Rem depan dan belakang : Cakram hidrolik, dengan piston ganda dan tunggal untuk bagian belakang
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 4,1 liter
  • Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendinginan air
  • Sistem pendinginan : Radiator dengan kipas elektrik
  • Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
  • Volume langkah : 124,7 cc
  • Daya maksimum : 9,44 kW / 10.000 rpm
  • Torsi maksimum : 10,2 N.m / 7.500 rpm
  • Kopling : manual, multiplate wet clutch
  • Gigi transmisi : 5 kecepatan
  • Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5
  • Starter : electrik & kick starter
  • Sistem pengapian : DC – CDI
IMGP4248

IMGP2218

Categories: REPORT
  1. palupi_inc
    July 13, 2009 at 5:50 pm

    CS 1 keren sih tapi masih transgender sayang AHM ga mau kloning kaya yamaha, liat mx yang jadi Vixion padahal basicmesinya sama…
    coba kaloo CS 1 di kloning type sport pasti bisa saingan ma vixion tapi ragu harganya pasti muaaahal AHM gitu loh…

  2. andi r
    July 13, 2009 at 10:23 pm

    sebagai orang yg perna minjem cs1 temen, mungkin menurut gw
    plusnya : desainnya yg beda, bisa buat selap selip dimacet, enteng, lampu lumayan terang, panel indikator digital
    minusnya : tangki dibawah jok !🙂 , stang yg menurut aku sendiri ga tinggi2 amat kok malah kyk bebek biasa .

    harapan kedepannya AHM keluarin CBR 125R tp inget, spion di fairing dan beberapa rombakan lain biar ga mirip minerva r200 ! hahaha😀

  3. ken
    July 14, 2009 at 5:54 pm

    CS1 mantaf abis…riding position mantaf,dibawa bolak balik jogja tawangmangu gak bikin pegel..ngebut enak..nikung nyaman,gak perlu takut godek..tapi kalo nikung lebih enak kalo footstep diganti ma footstep racing and ban bulat..jadi makin kerasa sensasi kenikmatan menikung dengan CS1..soalnya saya pernah jatuh pas touring pake footstep standar..hehehe,maklum,lupa diri plus keenakan rebah pake tuh motor..buat nyalip2 juga enak..bobot yg cm 100kg bikin motor gak berat tapi gak terlalu enteng..saya pake standart abis bisa nyampe top speed 127 km/jam..gimana kalo dioprek ya??wkwkwkwkwkwkwk..cakram depan belakang bikin tenang kalo pas ngebut..radiator juga bikin gak khawatir mesin overheat..ngekor Tiger Revo yang notabene 200cc aja jg gak susah..tapi minusnya ya cuma tangki bensin di bawah jok aja..bikin repot kalo pas lagi klinong2 alias muter2 sama Yayank trus harus ngisi bensin.masalah gigi susah masuk,mungkin cuma masalah settingan aja..tapi yang jelas motor saya sering miss alias gak nyantol pas gigi 3 naek ke gigi 4..overall,,ini adalah motor bebek(ato apa ya nyebutnya??suseh neh..hihihihi) paling nyaman yang pernah saya pake..

  4. arin
    July 15, 2009 at 8:51 am

    dari dulu dah kesengsem niy motor, eye catching dan well educated kesannya, sayang harian kadang suka belanja sm istri jadi naruh bawaanya dimana ya …, jadi bertahanlah pake bebek beneran, mo ada dua motor …mubadzir banget ya..!

    coba ada yang kasih saran gak!?

  5. July 16, 2009 at 7:31 am

    Kalo AHM ngeluarin versi sport ala sonic sih, ane mau.,
    Desainnya kurang mewakili jiwa lelaki.,
    Mending kalo bebek ya bebek sekalian, sport ya sport sekalian.,

  6. sekopati
    July 21, 2009 at 12:48 pm

    Betul Om…. emang enak nich motor. Dibanding motor bebek yang lain yang pernah saya coba. Tapi emang penampilan terasa aneh sich. Walaupun harga cukup mahal tapi sepadan dengan kenyamanannya.

  7. Elo
    July 26, 2009 at 10:03 am

    Dh hmpr 1 thn pake cs1, slma 1 thn tc g prnh mslh n msh standart. Plus

  8. ARIS
    July 27, 2009 at 4:13 pm

    aq pakai CS-1 sejak agustus 2008 emank sih di segala bidang CS-1 unggul itu yang buat aq jatuh cinta ma CS-1 tapi ada sedikit masalah ma tarikannya, tolong bantu aq ya… kenapa CS-1 kalau habis di cuci mesin selalu ngadat “gas_a kosong secara tiba2 waktu dibawa melaju…. aq sudah konsul tasi ma mekanik AHAS tp hasilnya tetap aja… gimana neh …. kasitau dong solusinya

  9. wira
    July 28, 2009 at 11:55 am

    Kalau menurut gue sih CS I cowok banget desainnya, keren, kelihatan macho kalau sedang diatasnya.

  10. July 29, 2009 at 10:28 pm

    sebenernya gw naksir ama nih motor cuma sayang ngak ada yg versi copling otomatis kaya yupiter MX..

  11. dinda
    July 31, 2009 at 10:25 am

    Merk nya aja udah beza, jelas produknya beza juga dong🙂

  12. August 2, 2009 at 1:53 pm

    Sekarang saya pakai New Supra Fit. Sedikit pertanyaan & keluhan :
    1. New Supra Fit saya kadang batuk2 apabila sudah di kecepatan 80-90 km/jam.
    2. Untuk New Supra Fit, bisa tidak ditambah kecepatannya (CC) kalo bisa maximal berapa dan bagaimana caranya.

  13. August 2, 2009 at 3:30 pm

    sebenarnya halaman ini lg bahas CS-1 btw, ada yg bisa bantu? siapa nih pemakai Supra Fit?

  14. August 3, 2009 at 9:57 pm

    pertanyaan seputar cs-1 (saya punya satu, lightning silver)

    – kenapa honda nggak inisiatif memperbaiki masalah ‘keras oper gigi 1 dan 2’ cs-1? seperti yang dulu mereka lakukan pd masalah ‘nut’ honda vario

    – kenapa honda nggak ngeluarin variasi warna baru? klo dibandingin sm beat, supra, vario,….cs-1 paling minim variasi warna…padahal (mungkin) kalau ada kombinasi warna yg lebih sporty, penjualan bisa didongkrak. terbukti dengan kawasaki athlete, yang laris manis setelah dikeluarkan tiga varian warna baru….

  15. August 3, 2009 at 10:35 pm

    gosipnya msh dalam proses.. sabar2 aza bro,,😀

  16. cris
    August 4, 2009 at 3:57 pm

    kelebihan :
    – enak & nyaman buat perkotaan dan touring jauh…
    – double headlamp keren…kayak naik CBR…..
    – pasti ditanyai orang tentang motor ini… ( bangga atau narsis..??? )
    – cs-1 jarang ada bukan berarti produk gagal… malah kelihatan langka & wah…

    kekurangan :
    – bagasi kecil
    – tangki bbm masih di jok, mendingan tukar tempat sama bagasi.
    – sock depan masih menganut bebek… mendingan sport kayak nova sonic tapi setir gaya touring.

  17. adytia
    August 10, 2009 at 10:41 am

    suara mesin motor CS1 gue rada kasar,pa da solusi nya ? trs..da gak kesempatan tuk anak2 aceh barat ( meulaboh ) tuk gbng d komunitas CS1 ???

  18. August 11, 2009 at 5:50 pm

    alhamdulillah….btw, yg dalam proses itu masalah service atau warna baru om?

  19. Budi
    August 12, 2009 at 2:13 pm

    Gw lagi pesen CS1 nih, apa yg harus gw cek begitu motor dateng? baca2 setelan arm nya ada yg gak balance ya? Cek nya gimana? apa lagi yg harus di cek keluaran dari pabrik.
    Terus enakkan pake Premium/ Pertamax terus oli nya bagusan apa?

  20. August 12, 2009 at 3:39 pm

    gue sih make pertamax plus…sebelumnya make pertamax, kurang ok, mesin ngelitik, tarikan kurang. pas pake plus, lebih enteng, alus, topspeed jg nambah…CMIIW

  21. jhangkrik
    August 24, 2009 at 11:41 pm

    Coba cek setelan klepnya.
    Coba kunjungi http://www.cysers.com atau http://www.cysers.info

  22. albert
    August 25, 2009 at 8:51 pm

    bisa kok…saya aja sering blaja ke pasar pake cs1.hehehe…caranya…ambil selembar kain kira2 15cm x 30cm..lalu jepitkan di tutupnya bagasi depan cs1 (console box).nah…jadi bisa ditaruh barang apa saja diatasnya tanpa merusak cat pada tutup bagasi.berat barang bawaan saya biasa sampe 15kg-20kg..jadi…ga ada yg mubadzir kan??hehehe….

  23. albert
    August 25, 2009 at 8:59 pm

    coba tarik gas full lalu selagi mesin berputar kencang tarik chokenya..karna kemarin ada motor teman saya jg begitu.pas putaran mesin pelan enak,tp kalo sudah di tarik sedikit langsung kosong seperti habis bensin..ya mudah2an saran ini bisa membantu…

  24. albert
    August 25, 2009 at 9:07 pm

    coba periksa busi,apabila busi sudah terpakai lebih dari 4000km ya coba diganti aja..tp jgn beli busi di sembarang tempat,beli di dealer resmi AHM.kalo masih batuk2 coba periksakan karburator,klep2nya,dan CDI-nya ke dealer AHM.semoga saranya dapat membantu pak syahrul…

    oya,kalo masih batuk2 lagi belikan obat batuk aja.wkwkwkwk….joke…^^

  25. August 25, 2009 at 9:49 pm

    Trima kasih bro albert sdh memberikan jawaban2. Smoga infonya berguna bwt pemilik cs1

    -original message- Subject: [stephenlangitan.com] Comment: “Menepis Keraguan Honda CS-1: Apa Saja Plus Minusnya? ”

  26. Ardy
    September 13, 2009 at 5:09 am

    Wlapun ktanya cs1 tu motor banci, dan tp pas dnaikin , yg naikin gagah bgt lah,’megapro aj yg motornya lelaki klo dnaikin,pasti yg naikin walapun nax muda kelihatan jadul bgt,tul g’

  27. andre
    September 14, 2009 at 11:13 am

    ada yg bisa bantu aku ga…kenapa klu pada saat pemindahan gigi keras sebaiknya bagaimana ya agar tdk keras pengoperannya…….

  28. ade
    September 26, 2009 at 6:01 pm

    kok ada yg bisa cs1 standar sampe 127 kpj deh? saya aja udah ganti ganti mentok 115 kpj trek 500 meteran

  29. ibnu
    September 26, 2009 at 7:14 pm

    CS 1 oke bgt, pertamanya sih sama dengan comentator lain, yaitu pergantian gigi masih bunyi dan terasa berat, tetapi setelah service pertama …..wooooowww dahsyat….jadi ringan, pergantian gigi ga bunyi lagi asalkan pergantiannya ga tiba2 dan sesuai dengan tarikan koplingnya. tarikannya mantab, ga bikin pegel kalo jalan jauh, beda dengan motor lain yang pernah aku pakai. desainnya mantab, banyak orang yang ngelirik kalo lagi di jalan apalagi saat berhenti di lampu merah dan di parkiran, pokoknya jadi pusat perhatian. kalo aku lagi di jalan, tiger selalu mendampingi walaupun ga kenal, sering kasih klakson terus senyum n acungi jempol.
    bagiku kekurangannya cuma dua:
    1. tanki bensin di bawah jok, jadi repot pas ngisi bensin terus kapasitasnya sedikit, mohon untuk honda dipertimbangkan.
    2. lampu depannya, kalo belok (tikungan) lampunya ga ikut belok (tetep lurus) jadi stang dah belok lampu masih lurus.
    Selebihnya ga ada keluhan lain. oke bgt.

  30. September 26, 2009 at 10:19 pm

    @Ibnu.. thanks ya sudah kasih info, semoga bermanfaat buat rekan2 yg lain.

  31. dpouwel
    October 4, 2009 at 2:10 pm

    ((………………….posisi rider tidak bakal membuat punggung cepat pegal, responsif dan TENAGANYA PAS.))

    kalo kata2 yg terakhir kurang setuju dech :p

  32. October 9, 2009 at 1:14 am

    tolong dong bengkel resmi honda di indonesia jual spare part
    cs one yg terpisah kyk stand seher cs one itu dijual per 1 jgn 1 set

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: