Home > REPORT, TIPS > JAKARTA RESCUE: Loyalitas Tanpa Batas Untuk Selamatkan Sesama!

JAKARTA RESCUE: Loyalitas Tanpa Batas Untuk Selamatkan Sesama!


IMGP2205

Situ Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan

Jakarta, 9 Juli 2009. Hari Minggu kemarin (5/7/09) pada tengah hari beberapa bikers yang tergabung dalam satu rombongan besar terdiri dari  HTML JAKSEL, STREET BIKERS COMMUNITY, dan BULCOM (Bulungan Community: Hornet, TC125, Red Zone, dan Insert) bersama-sama meluncur ke arah Situ Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sebuah danau irigasi yang serupa dengan Situ Gintung, dikunjungi oleh para bikers tidak lain adalah dalam rangka menuju markas JAKARTA RESCUE yang berada persis dipintu gerbang Situ Babakan, Jagakarsa, Jaksel. Jadi pada ngapain mereka disana?

Termonitor melalui pancaran radio 2 meteran VHF, ternyata rekan-rekan bikers ini dalam perjalanan menjelang lokasi JAKARTA RESCUE, tepatnya di Jl. Mohamad Kafi II Jagakarsa lagi terjebak macet akibat adanya perbaikan jalan dengan sistim buka-tutup satu jalur.

Ketika tiba dilokasi, sebanyak 50 motor dengan total 50 bikers sudah lebih dulu tiba dilokasi. Para bikers sudah berkumpul di dalam sebuah rumah yang bernuansa gaya Betawi.  Mereka duduk dilantai didalam ruangan tengah rumah yang dikenal sebagai “Sekretariat JAKARTA RESCUE.”

Bikers dengan tertib mendengarkan arahan dan perkenalan tentang seluk beluk, maupun sejarah JAKARTA RESCUE yang langsung dipimpin oleh Ketua Umum JAKARTA  RESCUE, Bapak R. Hadianto W.,SH. Suasana didalam ruangan tampak sangat akrab, bersahabat, dan penuh dengan canda tawa.

Kehadiran bikers kini sangat diperhitungkan, karena bikers sebenarnya  sudah memiliki alat transportasi yang dapat dihandalkan, cepat dan effektif yaitu sepeda motor, khususnya untuk kawasan kemacetan di Jakarta. Pertolongan pertama setidaknya bisa diberikan oleh anggota bikers, jika bikers melihat suatu musibah dilapangan.

Kunjungan bikers kali ini masih terbatas pada tahap perkenalan tentang JAKARTA RESCUE dan bikers belum masuk pada tahap praktek lapangan atau pelatihan yang harus bermain di danau Situ Babakan. Persyaratan ikut bergabung dalam praktek harus mengenakan baju khusus berwarna oranye, dan tampaknya bikers akan bisa ikut serta dalam praktek lapangan pada sesi berikutnya.  Hal ini mengingat waktu pelatihan yang dibutuhkan adalah satu hari penuh.

IMGP2201SEKILAS JAKARTA RESCUE

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Bapak Hadianto, bahwa Jakarta Rescue merupakan organisasi kemanusiaan yang bersifat mandiri yang bergerak dalam bidang kemanusiaan; bencana sosial maupun alam; dengan fokus “memberdayakan masyarakat dan pemuda seluruh Indonesia” melalui pelatihan-pelatihan khusus, antara lain WATER RESCUE, SURF RESCUE, JUNGLE RESCUE & MEDICAL EMERGENCY RESCUE.

JAKARTA RESCUE yang selanjutnya disingkat dengan JR memiliki moto:

LOYALITAS TANPA BATAS, SELAMATKAN SESAMA.

Usia JR sudah 23 tahun, hal ini ditandai dengan peringatan ulang tahunnya yang dirayakan pada tanggal 28 Juni 2009 yang lalu yang diadakan di Sekretariat Jakarta Rescue di Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Kegiatan tersebut dihadiri aliansi Jakarta Rescue di Jakarta dan daerah lain termasuk anggota dari Pondok Pesantren Al Fatah, Rotary Youth Leadership Award member, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dari lima wilayah DKI Jakarta serta RAPI Wilayah Depok, serta sejumlah 70 orang anggota.

Dalam perayaan tersebut, Ketua Umum JR; R. Hadianto W.,SH memaparkan bahwa langkah JR yang sudah 26 tahun diwarnai dengan kepergian beberapa anggota senior yang telah meninggal sebagai pahlawan rescue, masuknya sejumlah anggota JR yang bersemangat baru dan muda; serta berbagai kegiatan nasional internasional yang diharapkan dapat makin memperkaya kekuatan JR sebagai organisasi sosial kemanusiaan berlandaskan visi misi Loyalitas Tanpa Batas Selamatkan Sesama.

IMGP2196SEJARAH JAKARTA RESCUE

JAKARTA RESCUE adalah organisasi sosial kemanusiaan yang didirikan pada tanggal 28 Juni 1986 oleh Bpk. R. Hadianto Warjaman, SH.

Dikukuhkan oleh Ketua PMI Jakarta Bpk. Moh. Muas, SMHK dengan tujuan menggalang seluruh lapisan masyarakat Jakarta khususnya elemen pemuda, mahasiswa dan pelajar untuk peduli kepada bidang-bidang kemanusiaan dalam rangka mengantisipasi berbagai bentuk bencana alam yang melanda kota Jakarta.

Dalam pemberdayaan kegiatan kemanusiaan pada berbagai elemen tersebut diatas, diperlukan adanya perencanaan yang efektif, edukatif, dan proaktif sehingga membentuk watak pemuda Jakarta yang peduli terhadap kegiatan  kemanusiaan.

Dalam perjalanannya, Jakarta Rescue telah berperan serta pada kegiatan kemanusiaan diantaranya bencana alam Gunung Galunggung, misi kemanusiaan Timor-Timur, banjir dan gempa di Flores, gempa Liwa, banjir Jakarta 2002, tsunami Aceh, gempa Jogyakarta, tsunami Pangandaran, banjir Jakarta 2007 dan longsor di Babakan Madang, Sentul Selatan. Bencana longsor sulawesi, gempa bengkulu, erupsi gunung kelud, banjir jakarta 2008

Perjalanan tersebut diatas menjadikan sebuah proses pembelajaran dan pengalaman yang sangat berharga dan dijadikan sebuah konsep kurikulum pendidikan rescue (penyelamatan) bagi seluruh elemen masyarakat di Jakarta.

Pada kurun waktu 2006, Jakarta Rescue menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan penyelamatan air, laut, dan gunung tanpa dipungut biaya (gratis) sebanyak 250 personil meliputi instansi TNI, POLRI, sipil, dan penyelamat pantai (Balawista) dan 400 anggota Satpol PP Linmas DKI Jakarta.

Program ini akan dikembangkan terus pada tahun-tahun mendatang sesuai dengan moto ”Selamatkan Sesama”.

IMGP2195Visi, Misi dan Paradigma Visi

Visi Jakarta Rescue adalah Loyalitas Tanpa batas Selamatkan Sesama.

Misi Jakarta Rescue adalah melahirkan manusia Indonesia peduli kemanusiaan.

Paradigma Visi Jakarta Reque mewujudkan visi dan misi Jakarta Rescue merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh jajaran Jakarta Rescue dan dalam pelaksanaan tugasnya mengacu pada perilaku Loyalitas Tanpa Batas Selamatkan Sesama secara professional.

FUNGSI

Jakarta Rescue adalah organisasi sosial kemanusiaan yang bersifat mandiri dan mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Bekerjasama dengan berbagai instansi baik pemerintah, maupun swasta asing dalam rangka membantu program pengendalian bencana alam
  2. Sebagai mitra kerja strategis pemerintah DKI Jakarta dalam rangka membantu program pengendalian bencana alam
  3. Sebagai konsultan penanggulangan bencana alam

TUGAS & TANGGUNG JAWAB

Tugas dan tanggung jawab Jakarta Rescue adalah:

  1. Melaksanakan kegiatan kemanusiaan secara mandiri di seluruh wilayah Republik Indonesia
  2. Melakukan kegiatan upaya penanggulangan bencana alam diseluruh wilayah Republik Indonesia
  3. Melakukan program pendidikan dan latihan pencarian dan penyelamatan (Search And Rescue)

dsc_0081-copyMEKANISME KERJA

Untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab Jakarta Rescue , maka perlu disusun rencana kegiatan meliputi:

  1. Rencana Kerja Jangka Panjang (5tahun)
  2. Rencana Kerja Jangka Pendek (1 tahun)

STANDAR OPERASIONAL

Dalam pelaksanaan kegiatannya, Jakarta Rescue mengacu pada standar nasional dan internasional yang meliputi penyelamatan air, laut, dan darat termasuk penggunaan alat darurat serta pertolongan pertama pada kondisi bencana terutama Basic Life Support.

ETIKA

Organisasi Jakarta Rescue dijalankan berdasarkan pada prinsip-prinsip etika yang dianut sesuai nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

KANTOR SEKRETARIAT

Jl.Situ Babakan No.25A Srengseng Sawah Jagakarsa JakSel 12640

HP: 0812-9797.007 & 0813-840.20.555

Wesbite: www.jakartaresque.org

Menurut daftar pustaka bahwa lokasi Situ Babakan adalah kawasan terpelihara untuk kebudayaan Betawi. Jadi, jelas kalau datang ke lokasi Situ Babakan Jagakarsa, bisa ditemui rumah-rumah asri bergaya Betawi yang harus dipertahankan. Sebagai lokasi kunjungan wisata sebenarnya sangat menarik, hanya saja bagi pengendara mobil kesulitan mendapatkan tempat parkir. Hati-hati jangan sampai mobil/motor nyemplung masuk danau (SL).

Categories: REPORT, TIPS
  1. arie slight
    July 10, 2009 at 4:08 pm

    top abis….. nah gicu dong…

  2. July 12, 2009 at 10:44 am

    bro yang bener RESCUE atau RESQUE ????? di judul bro stephen menuliskan RESQUE tapi dalam konten isi menuliskan RESCUE…….kalo setahu saya kata yang mendefinisikan tentang pertolongan itu RESCUE bro…confirm….

  3. July 12, 2009 at 11:58 am

    hehehe yg bener rescue.. thnks bro sudah ngoreksi.. maklum ngantuk..😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: