Home > REPORT > Be Automatic Brotherhood: HONDA BEAT CLUB!

Be Automatic Brotherhood: HONDA BEAT CLUB!


IMG_0379

Test Ride Honda Beat

Jakarta, 22 Juni 2009.  Siapa sih yang tak kenal dengan Honda Beat?

Motor matic keluaran PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) ini, semakin disukai, dikenal dan konon makin merajalela di pasaran motor matic Indonesia.

Pertengahan tahun, tepatnya dibulan Juni 2009 ini adalah usia satu tahun bagi kehadiran Honda Beat (lihat artikel pendukung).

Sudah tentu bulan Juni ini, adalah juga bulan yang penuh dengan kejutan khususnya bagi anak-anak sekolah yang ingin mendapatkan hadiah naik kelas atau hadiah kelulusan SMP  atau SMA-nya.

Sepanjang pekan lalu, penulis blog ini bulak-balik datang ke sebuah sekolah melakukan pendaftaran tahun ajaran baru atau dikenal dengan “Penerimaan Peserta Didik Baru 2009/2010.” Ya, tidak lain lagi mengurus pendaftaran sekolah bagi sang anak yang ingin masuk ke sekolah SD negeri di kawasan Jakarta Selatan.

Apa yang dapat disaksikan?

Justru yang menarik ketika melihat halaman parkir sekolah dan kesibukan  atau lalu lalang motor yang bisa dibilang “kebanyakan” adalah motor-motor kelas matic, dan salah satunya adalah jenis Honda Beat ini.

Wouw.. luar biasa melihat jumlah motor matic yang sudah sangat menjamur di kalangan anak-anak sekolahan. Motornya mungil, bahkan terlihat pas dengan ukuran anak tanggung, dan motor ini jelas sangat mudah dikendarai karena mesin matic. Sebaliknya bagi penulis, pengalaman ketika menunggang motor ini terasa sangat kecil. Lihat aja gambar diatas.🙂

Yuk mari kita selidiki lebih jauh tentang klub atau komunitas Honda Beat di Indonesia. Siapa tau ada teman-teman yang sudah punya Honda Beat tapi masih malu-malu bergabung dengan Honda Beat Club.

HONDA BEAT: BE AUTOMATIC BROTHERHOOD!

Dunia otomotif penuh dengan dinamika, baik dari segi perkembangan kendaraan bermotor beserta teknologinya, maupun dari pelaku otomotif itu sendiri. Dewasa ini juga banyak bermunculan motor-motor matic baru, persaingannyapun sangat ketat antar produsen, pengendaranya pun tidak hanya didominasi kaum laki-laki.

Dengan makin maraknya pasar motor dan pelaku otomotif  dan dari para pencinta ataupun hobies otomotif inilah  banyak klub otomotif dibentuk, banyak nilai-nilai positif yang tersalur dari terbentuknya klub-klub motor tersebut. Dari segi para pelaku bisnis pun tidak ada yang dirugikan.

Untuk itulah Honda BeAT Club dibentuk sebagai wadah komunitas sarana silaturahmi antar pemakai Honda BeAT, serta mengembangkan hobi yang positif dibidang otomotif dengan berbagi ilmu dan pengalaman dalam berkendara dengan menggunakan Honda BeAT.

Demikian salah satu kalimat yang dikutip dari deklarasi Honda Beat Club.

HondaBeat-16

Honda Beat: Motor Gaul

Honda BeAT dikeluarkan oleh pabrikan PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) tepatnya pada bulan Juni 2008 yang lalu, mau tak mau kehadiran motor ini ikut pula mengilhami para pemakai Honda Beat untuk mendirikan klub motor Honda  Beat, yang dikenal dengan Honda Beat Club.

Demi mewujudkan sebuah klub motor yang disegani dan profesional, Honda BeAT Club dalam langkah awal perjalanannya membuat milis/mailing list:

honda_beat_club@yahoogroups.com

Langkah berikutnya adalah KOPDAR atau “Kopi Darat” secara perdana pada tanggal 10 Oktober 2008 di depan patung panahan Senayan, JL.Asia Afrika, Jakarta Selatan. Acara tersebut diilanjutkan dengan menyebarkan brosur untuk merekrut anggota.

Tak terasa, jika bulan Juni 2009 kehadiran Honda Beat sudah memasuki usia satu tahun. Motor ini sudah meramaikan pasar motor skuter bebek matic (skubek matic) yang kini semakin disukai oleh masyarakat Indonesia. Padahal Honda sendiri sebelumnya sudah mengeluarkan skutik Vario.

Seiring dengan waktu dan bertambahnya anggota klub Honda Beat, baik melalui milis maupun pendaftaran langsung saat Kopdar, nama Honda Beat kini semakin populer. Nah, kali ini tidak ada salahnya kalau kita ingin mengenal lebih dekat dengan Honda Beat Club.

Melalui jaringan sosial on-line yang kini lagi populer, sebut saja facebook maka secara mudah menemukan Ketua Honda Beat Club, yaitu Bro Hendra Putra.

Sejumlah pertanyaan pun langsung di kirim dan jawaban pun diterima sehari kemudian. Inilah beberapa jawaban yang diberikan oleh Bro Hendra Putra:

Hendra Putra

Bagaimana dengan hasil Mubes, hari Minggu 14 Juni 2009?

Hasil Mubes kemarin, yaitu Pengurus Nasional dipilih setiap dua tahun sekali dengan diadakan MuBes luar biasa, dan untuk Pengurus Nasional sendiri akan di tetapkan berdasarkan wilayah yang di sepakati. Untuk menjadi Pengurus Nasional dalam periode 2 tahun tersebut, Pengurus Nasional tiap periodenya akan berpindah-pindah.

Berapa rasio keanggotaan Honda Beat Club antara cowok dan ceweknya?

Total angota Honda BeAT Club Jakarta per tgl 19/06/09  sudah memiliki 83 member (70% cowok dan 30% cewek)

Bagaimana agenda Honda Beat Club untuk satu tahun kedepan?

Untuk sati tahun ke depan adalah pada bulan Juli 2009 ini, kami akan mengadakan touring gabungan wilayah JaBoDeTaBek dengan tujuan Lampung dalam rangka pen-deklarasian Honda BeAT Club Metro Lampung. Dan ajang ini sekalian untuk silahturami dengan Honda BeAT Club Serang Banten dan juga sowan dengan klub/komunitas lain yang ada di Lampung. BAKSOS dalam rangka bulan Rahmadhan sudah pasti bakal digelar. Safety Riding Campaign dengan tema BeAT to School juga bakal digelar. Demikian pula aneka kegiatan yang menyangkut sosial budaya. Puncaknya adalah Jambore Honda BeAT Club seluruh Indonesia dan sekaligus merayakan 1st Anniversary Honda BeAT Club.

Bagaimana agenda touring Honda Beat Club?

Honda Beat Club secara bersama-sama dengan sesama anggota klub sudah toruing ke Puncak Pas, Bandung dan juga kota-kota  lain disekitar Pulau Jawa. Tetapi, kalau bicara anggota yang secara individu berangkat touring, mungkin mereka sudah beredar jauh.

Bagaimana dengan susunan pengurus Honda Beat Club tingkat nasional? Apa sudah ada?

Untuk saat ini Pengurus Nasional Honda Beat Club beum ada dan akan di pilih melalui Musyawarah Bersama Luar Biasa yang  menurut rencana akan diadakan pada saat Jambore Honda Beat Club seluruh Indonesia. Untuk saat ini Honda BeAT Club dari  masing-masing wilayah masih berjalan sendirii-sendiri karena belum terbentuknya Pengurus Nasional, dan Honda BeAT Club tidak menganut sistm chapter.

Bagaimana kesan dan pendapat setelah bergabung dengan Honda Beat Club?

S0 pasti yang mereka yang bergabung dengan kami, Honda Beat Club dan sudah menjadi member member pastinya akan mendapatkan pengalaman baru, ditambah lagi dengan banyaknya saudara baru, serta pastinya nambah pengalaman dalam berorganisasi.

Bagaimana prosuder menjadi anggota Honda Beat Cllub?

Bagi anak daerah atau wilayah yang belum ada klub Honda BeAT, langsung saja bergabung bersama kami  di “Honda BeAT Club”.

Untuk info lengkapnya bisa klik ke: Website Honda Beat Club: www.honda-beatclub.org. E-mail: honda.beat.club@gmail.com. Milis: honda_beat_club@yahoogroups.com.

Atau langsung aja kontak BeATkers Hendra Hp. 0857 1058 1085 atau BeATkers Fadli Hp. 021 9151 3010.

Salam
Be AuTomatic brotherhood

SEBAGAI bentuk dukungan terhadap konsumen dan komunitas Honda BeAT, PT AASTRA HONDA MOTOR (AHM) mendukung sepenuhnya pembentukan Honda BeAT Club (HBC).

Tedy AHM“Saya menyambut baik dengan terbentuknya HBC ini, karena semua komunitas sepeda motor baik dari komunitas sepeda motor Honda dan dari komunitas sepeda motor merek lainnya mendukukung. Saya juga meminta komunitas motor lainnya dapat membantu ‘adik’ kita yang batu lahir untuk memberikan masukan positif dalam kegiata-kegiatan HBC selanjutnya,” ujar Tedy Suryadi, Club and Community Development Supervisor Honda Customer Care Centre Division.

Dengan motto ”Be Automatic Brotherhood” diharapkan Honda BeAT Club sebagai wadah komunitas sarana silaturahmi antar pemakai Honda BeAT, serta mengembangkan hobi yang positif dibidang otomotif dengan berbagai ilmu dan pengalaman dalam berkendaraan dengan menggunakan Honda BeAT.

Sekretariat Honda Beat Cub:

Jl. Raya Ceger No. 66/67, Taman Mini Cipayung, Ceger, Jakarta Timur.

Syarat pendaftaran untuk menjadi anggota baru :

1. Memiliki SIM C
2. Memiliki Sepeda Motor Honda BeAT
3. Fotocopy KTP 1 lembar
4. Fotocopy SIM 1 lembar
5. Fotocopy STNK 1 lembar
6. Foto ukuran 2 x 3 (2 lembar)
7. Uang pendaftaran Rp. 50.000,
8. Bersedia mengikuti tata tertib yang berlaku

HondaBeat-22

Honda Beat Club: Full Safety Riding

Untuk lokasi pendaftaran bisa dilakukan pada wilayah terdekat dari domisili.

Buat BeATkers  yang ingin mengenal lebih jauh Honda BeAT Club ini, silakan datang ke Lokasi kopdar terdekat:

JAKARTA

  • PT. Tunas Dwipa Matra Jl. Dr. Saharjo No. 319 Jakarta Selatan
  • Setiap Jum’at Malam Jam 19.00 WIB s.d Selesai.
  • Contact Person :
  • BeATkers Hendra : 0857-1058-1085
  • BeATkers Fadhli : 021-9151-3010

BEKASI

  • Jalan baru Samping Islamic Centre Bekasi – bersebelahan dengan HMPC Chapter Bekasi
  • Waktu : Setiap Sabtu malam mulai pukul 20.00 s.d selesai
  • Contact person:
  • BeATkers Adin : 021 99169131

DEPOK

  • Samping Restaurant Sarimande, sebrang AHASS MURNI (Bersebelahan dengan HMPC Chapter Depok)
  • Contact Person :
  • BeATkers Natasha : 02192234980 atau 08567999291
  • BeATkers Jimmy : 02191984747

BANTEN

  • Dealer Honda PT. Mitra Sendang Kemakmuran Jl.A.Yani No.128 Serang-Banten
  • Waktu : Setiap Sabtu malam mulai pukul 20.00 s.d selesai
  • Contact Person :
  • BeATkers Donny Rosario: 0818189133
  • BeATkers Edel Budi : 08129291789 / 087871115599

TANGERANG

  • Depan Dealer Honda Supra Motor (Sebelah RS. An Nisa) Jatiuwung Tangerang
  • Kopdar: Setiap hari Sabtu pukul 20.00 s/d selesai.
  • Contact Person :
  • BeATkers Kubil : 021 – 91884743
  • BeATkers Agus : 021- 96883943

BOGOR

  • Pelataran parkir Ruko baru Klinik Dokter Kita (seberang Supermarket Papa Ho ) Warung Jambu. bersebelahan dengan HMPC Chapter Bogor
  • Setiap hari Sabtu pukul 20.00 s/d selesai.
  • Contact Person : BeATkers Ewin : 085759068686

BALI

  • Contact Person :
  • BeATkers Zoel 0815-58777-393 / 08311895263

BANJARMASIN

  • Contact Person : BeATkers Vie 0857-5158-2022

MUARA TEWEH

  • Dealer TRIO MOTOR Muara Teweh Jl. Temenggung Surapati Kel. Melayu Muara Teweh Kalimantan Tengah
  • Waktu : Sabtu Malam Minggu 19.00 s.d 22.00 WIB
  • Contact Person :
  • BeATkers : Heny (081251800061)
  • BeATkers : Dede (085249787574)

LAMPUNG

  • Jl.A.Yani Betrix caff depan taman kota. Kota Metro – Lampung
  • Waktu : Setiap Sabtu malam mulai pukul 20.00 s.d selesai
  • Contact Person :
  • BeATkers Erwin : 081977894100
  • BeATkers Alvi : 07219985856

MALANG

  • Depan Dealer Honda NSS Jl. Sukarno – Hatta no. D-510 Malang
  • Setiap hari Sabtu pukul 19.00 s/d selesai.
  • Contact Person :
  • BeATkers Yusron : 08123318110

PALANGKARAYA

  • Cafe Muda Raya Jl. Yos Sudarso
  • Waktu : Setiap hari Minggu Pukul 16:00 s/d selesai
  • Contact Person :
  • BeATkers Bambang : 08125074779/085249302809
  • BeATkers Tety : 085249302809.

HondaBeat-18

HondaBeat-1

HondaBeat-2

HondaBeat-8

HondaBeat-9

HondaBeat Kopdar Jakarta-6

Categories: REPORT
  1. June 22, 2009 at 7:22 pm

    Thanks to Honda Beat Club (Facebook Group) untuk foto-fotonya yang dimuat di halaman blog ini.

  2. June 22, 2009 at 8:05 pm

    I love Honda Beat… waktu nyobain di Astra itu enak banged.
    Mungkin kalau nambah matic mikir-mikir antara Vario, Beat atau Skywave🙂

  3. June 22, 2009 at 10:17 pm

    karena saya cuma punya motor vespa dan honda BeAT ya saya mendukung banget keberadaan komunitas ini. BeAT memang banyak penggunanya saat ini. Irit dan memiliki torsi yang bagus ini kesan saya terhadap honda BeAT, saya kemarin baru saya mencoba BeAT saya Madiun-Jogja dan Jogja-Madiun via Tawangmangu….wow…..dengan muatan Box penuh, di tengah bawa backpack lumayan berat, pembonceng dengan bobot 47kg dan saya sendiri 58kg bisa melewati tanjakan-tanjakan di Tawangmangu dengan enteng, engine break-nya pun lumayan terasa….bravo honda BeAT…!!!!!!!!!

  4. June 22, 2009 at 10:31 pm

    Sip, sukses selalu buat Honda Beat club..
    Cuman sedikit kesal dengan penyalahgunaan motor matic kecil yg banyak dipake anak kecil yg belum punya SIM dan peraturan lalu lintas. (hal ini juga berlaku untuk semua jenis kendaraan). Tolong ditertibkan kalau perlu sweeping langsung pihak kepolisian ke setiap sekolah untuk surat2 dan izin mengendarai dan sita di tempat serta pemanggilan orang tua murid. Atau pihak Kepolisian (Satlantas) bekerja sama dengan departemen pendidikan memberi aturan tentang penggunaan kendaraan bermotor tidak boleh sebelum mempunyai izin.

  5. June 22, 2009 at 11:05 pm

    senopati, terima kasih untuk pengalaman pribadi-nya.. luar biasa! Btw, kan Honda Beat sudah teruji menempuh 3000km Jawa-Bali (pp) selama 11 hari. http://stephenlangitan.com/2009/06/14/honda-matic-ikut-road-show-pertamina-enduro-matic-jaya-bali-vaganza-2009/

  6. June 23, 2009 at 6:16 am

    fenomena ini memang sangat menjamur sekarang ini, bahkan saya sendiri protes terhadap kakak saya yang membuatkan SIM anaknya yang masih duduk di bangku SMP, padahal umurnya belum memenuhi syarat. bro stephen mungkin tertarik bikin artikel tentang ini….he……

  7. June 23, 2009 at 9:23 am

    hehehe.. sabar bro.. sebenarnya kemarin tuh waktu di sekolahan.. ada beberapa siswa SMP maupun orang tua-nya yg mau gw interview.. cuma aja gw lagi fokus buat anak mendaftar sekolah dulu bro..

  8. June 23, 2009 at 3:54 pm

    hehehehe…oke bro…..

  9. June 23, 2009 at 7:00 pm

    Artikel yang sangat bagus dan informatif Bro Stephen, ini akan semakin memberikan apresiasi buat temen2 kita yang tergabung dalam klub otomotif.
    Gw pribadi juga salut sama AHM yang sudah mau memberikan perhatiannya terhadap perkembangan komunitas yang menggunakan produk Honda-nya, tinggal bagaimana temen2 klub bisa mengemban amanah untuk menjaga nama baik klub dan ATPM-nya karena sebagaian besar masyarakat kita masih bingung ngebedain komunitas dengan geng motor.

  10. adith
    June 24, 2009 at 11:03 am

    wah kapan nech beat clUb ada didaerah kaltim..
    paling tidak ya diBAlikapan…

  11. June 26, 2009 at 2:59 am

    thanx’s atas kerjasamanya om

  12. ADVAN
    June 26, 2009 at 9:28 am

    saya pengguna honda beat..tiap hari PP kalideres-balaraja,smp saat ini br gabung di milist aj,blm prnh ikut kopdar nih,btw..selama pk BEAT 3 bln ini..puas bgt..lincah,aceleration responsif abis..irit bro..1 : 45,lumayan lah buat kelas matic….
    salam kenal semua.

  13. June 26, 2009 at 1:53 pm

    Bravo to bro stephen !!! atas artikelnya…. dengan BeAtClub sya jadi tambah wawasan dalam berorganisasi, meluaskan jaringan, bertambahnya teman, tambah pengetahuan tentang motor matic ….. terimakasih to all brother on BeatCluB ….
    dinal 035/01

  14. Dede
    June 27, 2009 at 9:34 am

    Tnks bro stephen ats artikeL HBC di muat d bLogny..
    Hehehe

    Tnks
    BeATkers 016_01

    saLam RAPI 51-55
    JZ 09 ILD

  15. owi
    June 29, 2009 at 6:47 pm

    jangan dong.. ane juga gak punya sim.. kalo mau sweeping nanti aja pas gw udah punya sim😀

  16. July 1, 2009 at 11:25 pm

    apa kabar frens beat
    mau tanya jogja dah ada lom club beat
    klau ada di mana
    imael nya apa

  17. dinda
    July 16, 2009 at 3:55 pm

    Owi, Dinda doain kamu segera bisa secepatnya punya SIM ya, Biar kalau di jalan bisa senyum dengan pak polisi🙂

  18. rangga beat scoot's community (BSC)
    July 21, 2009 at 3:49 pm

    kerend nich futu2 na..
    khpan2 turing ke banjarbaru (kalsel) dunk..hee

    di tunggu yaa kedatangan na bro…

    ” RIDE FOR BROTHERHOOD”

  19. wira
    July 28, 2009 at 9:52 am

    Advan@ salam kenal juga dari wira buat Advan, pengalaman menyenangkan apa saja yang udah di dapat dengan pake matic?

  20. RietHa
    July 29, 2009 at 2:21 pm

    hi………lam kenal,
    Duh….SeRu banget Ne kayakna biSa gabung sama BeAt comunity ne,mo dunk gabung,tapi gMn ya….aKu lum punya sim Ne….gMn dUNK????
    mau Bikin ribet bangET,Kakak akU siBuk masing2,so…ga ADA yANg bantu biKin,mang harus ya syaratnya tu punya SIM?dUh…kasIAn dunk bUat anak2 yang lum layat bikin SIM jadi ga bisa ikut gabung dunk???kalo sim nya nyusul boleh ga?hehehehe,kalo boleh c,hehehe,tapi seriuz kalo boleh aku pasti langsung meluncur buat mendaftarkan diri….aku tunggu ya informasinya

    Thank………..

  21. .. Junie ..
    August 5, 2009 at 4:22 pm

    Bravo untuk Bro Stephen …

    Artikel yang Sangat Bagus Om dan Terima kasih Sekali untuk Bro Stephen, Artikel mengenai ” Honda BeAt Club ” Bisa di muat di Blognya itu merupakan Suatu Kebangaan sekali untuk kami … Apalagi Foto2 nya Keren2 …
    Mantabbzzz dech Pokok nyaaa .. hehehe

    ” Keep SmiLe & Be Automatic of Brotherhood ”

    Best Regard’s
    BeATkers 042-01

  22. August 5, 2009 at 9:37 pm

    thank you Junie.. btw acara Dunia Matik Honda datang gak? waktu itu banyak anggota Beat Club yg ada disana, sayang semua sudah pada pake baju kaos seragam Honda (hitam dan putih), jadi gw dah sulit melacak anak2, khususnya melacak asal klub atau komunitasnya.. artikel live show dunia matik honda > http://stephenlangitan.com/2009/08/02/live-show-dunia-matik-honda/

  23. August 5, 2009 at 9:38 pm
  24. August 8, 2009 at 1:36 pm

    Amin2…..!mg2 HBC sllu jaya?n to BeATres di selido mnjaga nama baek communitas HBC didaerhny msing2,oke Bro? Dari: AGUESS THBC 004 (TRENGGALEK HONDA BEAT COMUNNITY) JATIM. kontak person:085257121393

  25. August 8, 2009 at 1:47 pm

    In om…di trenggalek JATIM dh lahir THBC (TRENGGALEK HONDA BEAT COMMUNITY) alhmdulillh dh 14 BeATers. tp to cari tempat bersandar di dealer resmi honda terdekat susahny minta ampun? Kontak peson THBC:085257121393

  26. August 9, 2009 at 3:34 pm

    HBC jaya slalu…
    salam dari D’BEATLES Palangkaraya
    kpan HBC jakarta touring ke palangkaraya??

    contact person:
    ajie d’BeaTles 081349445886

  27. nanda ardian
    August 9, 2009 at 3:52 pm

    wahhh..keren banget,tapi daerah aq blum ada community beat…seperti anda….sukses slalu.

  28. dinda
    August 19, 2009 at 8:59 am

    Selamat buat pembentukan Honda Beat Club-nya, semoga sukses selalu.

  29. Aim Brigade Beat Matic Kapuas
    September 25, 2009 at 1:20 pm

    HBC jaya oke selalu

    salam nih dari Brigade Beat Matic Kapuas buat HBC …!!!

    katanya kpan HBC jakarta bisa touring kepalangkaraya biar BMMK kesana…!!!

    Aim Brigade Beat Matick Kapuas : 085248055093 / 085751200561

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: