Home > REPORT > Pertamina Enduro Matic Jaya-Bali Vaganza 2009

Pertamina Enduro Matic Jaya-Bali Vaganza 2009


IMAGE0108-350Ajang “Pertamina Enduro Matic Jaya Bali Vaganza 2009” yang sempat tertunda karena Pemilu akhirnya jadi di gelar.

Hari Selasa, 2 Juni 2009 pukul 08.00 di halaman parkir Kantor Pusat Pertamina Gambir Jakarta Pusat terjadi keramaian dalam rangka melepas enam bikers touring motor matik yang masing-masing menggunakan motor skutik, antara lain merek Honda, Yamaha dan Suzuki.

Mereka adalah peserta touring resmi “Pertamina Enduro Matic Jaya Bali Vaganza 2009” yang akan menempuh 11 hari rute touring Jakarta-Bali pulang-pergi dengan jarak 3,000 kilometer.

Menurut keterangan panitia, Rifat Sungkar selaku EO dari perusahaan PT Trendypromo Mandira, bahwa ajang ini dimaksudkan tidak hanya sebagai pembuktian kualitas ketangguhan pelumas Enduro Matic di motor matik yang bakal melahap pulau Jawa-Bali, melainkan juga sebagai upaya lebih mendekatkan diri kepada konsumen setia pelumas Pertamina di sepanjang perjalanan.

Pelepasan Pertamina Enduro Matic Jaya-Bali Vaganza 2009

Secara resmi acara pembukaan dan pelepasan “Pertamina Enduro Matic Jaya Bali Vaganza 2009” dilakukan oleh para pejabat Pertamina antara lain Bapak Haryoto Saleh mewakili Direksi Pertamina, Bapak Toharso selaku VP Corporate Secretary Pertamina, Bapak Afandi selaku Manajer Retail Marketing Pelumas Pertamina, Bapak Redesmon Munir dari Pelumas Pertamina dan para staff Pertamina lainnya yang ikut menyaksikan ditempat.

Acara pelepasan diselingi oleh atraksi motor skutik free-style dengan bermacam gaya keberanian dan keahlian bikers memainkan motor skutiknya.

Acara juga diramaikan oleh kehadiran para anggota komunitas dan klub motor skutik dari berbagai merek. Mereka hadir sesuai undangan yang sudah dilengkapi dengan t’shirts dan rompi khusus Pertamina Enduro. Wah.. tamu yang hadir di-absen dan mereka satu persatu mendapat jatah satu botol pelumas Enduro Matic.

IMG_4889

Adapun mengenai para peserta ke-enam bikers, serta dua bikers yang menjadi cadangan sudah tentu sangat gembira mengikuti touring  Enduro Matic, karena ajang ini merupakan perlehatan kelas nasional. Mereka pun di back-up dengan para sponsor kelas satu, mobil PJR, perlengkapan, safety-car,  motor skutik cadangan, dan akomodasi yang memadai.

Untuk formasi touring, iring-iringan dimulai dari mobil PJR sebagai pembuka yang berada paling depan, kemudian enam bikers peserta, dan dibelakangnya ada mobil double cab Mitsubishi Strada, kemudian Daihatsu Grand Max, Daihatsu Grand Max Luxirio dan dua buah mobil support pick-up dari TDR untuk menunjang spare-parts racing motor skutik. Salah satu mobil pick-up sudah jalan lebih dulu untuk pembuka.

Kehadiran mobil double cab Mitsubishi Strada yang ikut disertakan karena memang ada program khusus dari pihak Pertamina untuk uji coba pelumas Pertamina bahan bakar solar. yaitu Fastron Solar, kemudian produk minyak rem Pertamina, dan juga air cooler Pertamina dalam rangka menempuh jarak 3,000 km.

Acara Lengkap di 11 Kota Besar

Nantinya di setiap kota besar, khususnya 11 nama kota  besar, baik yang dijalur utara Jawa, maupun di jalur selatan Jawa, touring motor skutik ini akan berpatisipasi dalam acara khusus yang disiapkan oleh panitia pusat yang bekerjasama dengan beberapa perusahaan EO di kota setempat.

Di setiap kota yang sudah ditentukan tadi, bakal ada acara hiburan dengan mengundang artis lokal dan/atau nasional. Tak itu saja, ada juga atraksi free styler, tatap muka dengan komunitas maupun klub motor matik.

Nah, bagi yang ingin melihat langsung, silahkan catat nama ke-sebelas kota untuk acara akbar “Pertamina Enduro Matic Jaya-Bali Vaganza 2009”.

Cirebon (2 Juni 2009), Semarang (3 Juni 2009), Surabaya (4 Juni 2009), Banyuwangi (5 Juni 2009), Denpasar (6 Juni 2009), Banyuwangi (7 Juni 2009). Malang (8 Juni 2009), Yogyakarta (9 Juni 2009), Cilacap (10 Juni 2009), Bandung (11 Juni 2009) dan finish di Jakarta (12 Juni 2009) tepatnya di Mal Artha Gading.

Kabar baiknya, bagi masyarakat yang ada di kota-kota tersebut, bisa juga memperoleh penggantian pelumas Pertamina Enduro Matic dengan harga khusus. Pelumas Pertamina Enduro Matic yang dipasarkan dengan harga jual HET Rp. 33.000,- setiap 0.8 liter-nya bakal bisa diperoleh dengan harga Rp. 25.000.

Pelumas Pertamina Enduro Matic

enduro_matic_botolEnam motor skuktik dari berbagai merek termasuk Honda, Yamaha dan Suzuki yang mengikuti ujian dan pembuktian kinerja pelumas Enduro Matic sebagai pelumas motor matic keluaran terbaru Pertamina.

“Sebagai pemimpin pasar pelumas di Indonesia, Pertamina ikut pula meluncurkan Enduro Matic, karena ini sebuah pelumas terbaru yang khusus didesain untuk motor kelas matic.”

“Dan sejalan dengan cita-cita Pertamina untuk menjadi perusahaan minyak nasional berskala dunia, Pertamina terus mengembangkan teknologi terkini guna menghasilkan produk berkualitas tinggi seperti Enduro Matic,” ujar Hendrato Tri Y., VP Pertamina Pelumas.

Enduro Matic sudah mengalami pengujian laboratorium, dyno test dan uji jalan di Jabodetabek.

Enduro Matic merupakan minyak pelumas sintetik untuk mesin motor jenis matic dengan kekentalan ganda atau multi grade. Dengan spesifisikasi teknis SAE 10W-30 memenuhi tingkat performance JASO MB, yang merupakan standar Jepang untuk motor jenis matic dan memenuhi kriteria tingkat performance API SL.

Enduro Matic merupakan pelumas motor matic dengan aditif Moly (Mo) untuk mengurangi gesekan pada mesin di kecepatan dan suhu yang tinggi. Dengan tingkat viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi pelumas sehingga menunjang konsumsi bahan bakar yang lebih irit serta mempermudah pengoperasian pada saat mesin dingin. Ini menjadikan Enduro Matic sebagai pelumas terbaik dan sesuai untuk semua jenis motor matik.

Enduro Matic merupakan pelumas dengan tingkat viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi pelumas sehingga menunjang konsumsi bahan bakar yang lebih irit serta mempermudah pengoperasian pada saat mesin dingin. Ini menjadikan Enduro Matic sebagai pelumas terbaik dan sesuai untuk semua jenis motor matik.

Adapun pasaran motor matik yang beredar secara resmi di Indonesia saat ini adalah Yamaha Mio, Honda Vario/Beat, Suzuki Spin/Skydrive, Kymco maupun tipe-tipe yang lain memakai teknologi CVT. Teknologi motor matic ini memang berbeda dengan sepeda motor lainnya, maka mesin-mesin otomatis CVT seharusnya membutuhkan pelumas dengan tingkat kekentalan tersendiri.

Kendati Enduro Matic masih tergolong produk baru, namun telah banyak konsumen yang mengakui kehandalan produksi anak bangsa ini.

Nantikan artikel berikutnya mengenai siapa saja peserta touring yang ikut serta dalam tim Pertamina Enduro Matic Jaya-Bali Vaganza 2009, dan juga siapa saja anggota komunitas/klub motor hadir di garis start.

Siapa aja sih. mereka..🙂

EXCLUSIVE PHOTOS FROM HELMY SUNGKAR

PT TRENDYPROMO MANDIRA

Categories: REPORT
  1. gadjah
    June 2, 2009 at 10:06 pm

    thanks om stephen atas infonya. saia pengen nyoba ni olie, buat mio adek saia. walo untuk motor saia sendiri masih belom make pelumas dalam negeri..

  2. June 3, 2009 at 1:51 pm

    saya cukup tertarik dengan kehadiran enduro matic ini, pengen nyoba sih…tapi beat saya sudah terlanjur pake mesran fastron synthetic 10w-40, karena waktu saya beli beat ini enduro matic blm ada. menurut anda bagaimana???apakah saya juga perlu mencoba oli ini?
    atau anda bisa memberikan referensi perbandingan penggunaan fastron dengan enduro..
    trims…

  3. June 3, 2009 at 4:35 pm

    @arief, Seharusnya tidak ada masalah kalau mau ganti oli dengan Enduro Matic. Motor skutik Mio milik saya, sudah beralih dengan Enduro Matic, sebelumnya pakai merek X dan sekarang terasa lebih baik. Soal apa dan gimana, kan harus dicoba aja dulu..🙂

    http://stephenlangitan.com/2009/05/10/motor-skutik-pakai-pelumas-pertamina-enduro-matic/

  4. June 3, 2009 at 10:27 pm

    kalo boleh tahu, bahan dasar enduro matic itu mineral,semi synthetic, atau synthetic. karena saya masih percaya kalo synthetic memiliki kestabilan molekul paling baik dari 2 jenis oli yang lain.
    saya sudah cukup kecewa dengan kinerja oli OEM yang memiliki viskositas sama dengan enduro matic yaitu 10w-30, dimana saat digeber cukup lama dari madiun-yogya terasa sekali lost powernya, memang saat memakai fastron gejala lost power hampir tidak terasa, tapi kalo pagi cukup terasa berat harus tunggu agak lama untuk mencapai suhu ideal.
    oke 500km lagi saya akan coba enduro matic, dan hasil review mungkin kalo ada waktu akan saya masukkan dalam note di facebook saya. terutama pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar, sekedar info saat ini konsumsi saya rata2 1:48 dengan kecepatan rata2 70km/jam.
    btw trims infonya….

  5. June 4, 2009 at 12:23 am

    wah harganya sama kayak enduro racing nih yang notabene 1 liter. smentara enduro matic 800ml..

    apa gara-gara dia lebih encer..??

    sebenernya bermasalah gak sih pake oli seencer 10w30???

  6. June 4, 2009 at 5:48 am

    kalo menurut saya sih kalo oli encer tu gak masalah kok, justru oli encer ini malah bagus karena bisa melakukan penetrasi ke celah2 yang sempit dan sirkulasi juga lebih cepat. tapi masalahnya kalo motor udah terlalu tua dan celah clearancenya udah terlalu gede ya malah ngebul ntar.

  7. June 4, 2009 at 10:00 am

    kalo tahun 2009 (tiger revo picek) gak masalah ya..??

    soalnya da oli keluaran AHM 10w30..

    pengen coba takut jebol..

    tapi paling suara mesin lebih kasar di banding yang 10w40 ya bro..??

  8. June 4, 2009 at 2:54 pm

    saya kira tidak masalah toh motor masih baru jadi mestinya jarak clearance parts-nya juga belum terlalu besar.
    bung stephen ini saya tidak sabar menunggu 500km akhirnya saya ganti barusan pake enduro matic….tapi uji performanya baru besok akan saya lakukan…

  9. June 4, 2009 at 2:57 pm

    @anggi : masih percaya dengan produk AHM dan Federal ya…???? pake pertamina aja bung, bangsa untung kita juga untung. asal jangan pake enduro matic di tiger revo piceknya, coba pake enduro racing 4T 10w-40 aja….
    oli produk pertamina sebenarnya bagus kok, cuma marketingnya aja yang gak kreatif….

  10. June 4, 2009 at 3:26 pm

    @arief.. wah buru-buru amat sih.. kalo gitu mendingan bro ikutan touring skutik pertamina jakarta-bali..:-)

  11. June 4, 2009 at 3:40 pm

    hahaha…gak pa2 bung stephen, lagian oli fastron saya udah dapet 1000km, penginnya sih ikut touring tapi pekerjaan tidak bisa ditinggal.
    lagian saya favorit touring kalo lewat medan pegunungan, seperti madiun-jogja lewat tawangmangu, atau madiun-malang lewat ponorogo-trenggalek…🙂

  12. June 4, 2009 at 4:56 pm

    @arief.. ok. Koment gw untuk rute toruing-nya tuh mantap banget.. jalur tawamangu terus ke magetan, membelah gunung.. pernah lewat situ, waktu pulang dari bromo.. keren..🙂

  13. June 4, 2009 at 5:04 pm

    yup, apalagi klo bung stephen potong kompas jalur setelah pasar tawangmangu jadi ntar tembusnya langsung alun2 karanganyar, pemandangannya masih alami banget. kemarin eksperimen mencari jalur lereng lawu masih belum ketemu jalur yang nyaman…..:-(

  14. June 4, 2009 at 8:57 pm

    @all
    oli Pertamine Enduro Matic versi terakhir mempergunakan sintetis.
    Kalo dulu memang Pertamina belum menyediakan pelumas khusus untuk matic, jadi disarankan memakai oli Fastron dengan asumsi sama-sama kopling kering (dry clutch). Juga tingkat performance-nya JASO MB..
    Hm, marketingnya kurang kreatif?
    siapa bilang? Produksi dan marketing secara konsisten bersinergi,kabar terbaru malah lintas benua untuk mempromosikan pelumas anak bangsa ini.
    http://prado2.com/enduro-matic-inovasi-baru-dari-pertamina.htm

  15. June 4, 2009 at 10:59 pm

    hehehe….maksud saya kurang kreatif untuk desain reklame-nya….terutama reklame di media massa…serasa kurang heboh, coba dibandingkan dengan reklame produsen oli lain seperti castrol magnatec, shell…cuma sekali dulu reklame-nya fastron lumayan keren, tapi sekarang reklame-nya enduro matic…..aduh….:-(
    tapi walaupun reklamenya kurang mengena saya tetap pendukung setia produk Indonesia….

  16. June 5, 2009 at 12:35 am

    masih percaya lah bro sama produk AHM..

    buktinya saya pake Honda Tiger..

    Kalo gak percaya produk AHM mah ane gak pake honda😆

    si picek dah pake enduro 10w40 kok..
    cuman tahan 1000km. ni sekarang lagi nyoba VSX 10w40

    tapi kayakny abakal balik ke enduro lagi..

    soalnya pas banget dah sama si tigor..

  17. June 5, 2009 at 6:45 am

    semoga bung stephen berkenan memberi komentar tentang hasil pengalaman saya menggunakan oli
    http://arief.unmer-madiun.ac.id/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=44

  18. espede
    June 11, 2009 at 10:11 am

    kayaknya perlu dicoba tuh tuk sky wave gw

  19. Arie
    June 28, 2009 at 2:13 pm

    Pak,mo ikutan gabunh. Salam kenal buat semua. Pak, di maticku (yamaha mio n honda beat) selama ini pake enduro 4t racing. Rencana mo aku ganti dengan enduro matic,apakan performa yang dihasilkan lebih baik? Lebih baik n awet mana buat mesin metic antara enduro matic dengan enduro 4t racing? Terima kasih atas pencerahannya.

  20. June 28, 2009 at 4:16 pm

    Arie, gw yakin tak ada masalah.. dicoba aja.. Enduro Matic lebih encer..🙂

  21. Ahmad saefudin
    July 7, 2009 at 3:29 pm

    Semoga gk cuma bagus disaat promosi doang.eh udah kesononya kualitas turun harga naik.and kemudian banyak di bajak orang/dipalsukan.buat om2 pertamina tlg ya.. Kita cinta berat ame negri ini.jgn karna kt kecewa sehingga anak bangsa ini berpaling dan berbangga diri dgn produk negri orang lain.trims bang stephen

  22. Aril
    July 14, 2009 at 2:58 pm

    Salam kenal semua, saya make mio sporty 2009. mesin mio saya terlalu cepat panas, kalo udah panas ada suara mendesis or nglitik dan tenaga jadi ngempos, selama ini saya pake oli dari yamaha. apa oli enduro metic bisa mengatasi masalah itu?? dan satu lagi kalo oli yg disaranin dr pabrik kan 20W40 apa bisa pake 10W30 dr enduro..??
    mohon pencerahannya karena saya sangat tertarik akan produk ini, apa lg ini produk dalam negri… I love…

  23. July 14, 2009 at 3:08 pm

    Bro Aril.. langsung aja diganti olinya, bisa jadi permasalahannya ada di oli. Tak ada masalah dan tak ada yg melarang kalau hanya ganti oli. Kan perlu dicoba dgn merek lain. Mudah2an mio-nya bakal makin lincah dan kenceng..😀 Ditunggu berita selanjutnya setelah ganti oli.

  24. aril
    August 10, 2009 at 2:54 pm

    oli nya udah saya ganti pake oli enduro metic dan baru jalan 200 km nie… tarikan terasa lumayan, tapi agak getar sedikit ditarikan awal dan kecepatan 20, suara mesin lumayan halus tapi nga tau nih bisa bertahan brapa lama nie oli… trus top speednya jg blom tau nie…

  25. andy
    August 11, 2009 at 2:13 pm

    motor saia nouvo z 2005,,
    sebelumnya saia pake yamalube matic,, trus mesin dikuras pake DCS engine flush agar sekalian bersih dari kerak yang nempel di mesin,, setalah saya kuras olinya,, saya ganti pake oli enduro matic ini,, tapi kq belum terasa ya perubahannya?? pemakaian oli baru 31km,,,
    apa butuh masa inreyen?? jadi misalnya jika sudah dipakai xxKM oli akan bekerja secara maksimal,,???
    jadi bagaimana?? boleh minta pencerahannya..???

  26. August 11, 2009 at 4:47 pm

    sabar2 aja bro.. butuh adaptasi.. baru dikasih darah segar, jadi mesin perlu penyesuaian..

  27. anes
    September 22, 2009 at 11:18 pm

    Halo..
    bro sy hr ini baru coba utk honda beat.. kapasitas mesin 0,7 liter sudah saya ukur pake dipstik di motor kok jadinya saya isi olinya penuh 0,8, liter(di stiker)….. apanya yg salah ??
    tp ga papa ah yg penting percaya di ukuran dipstiknya motornya..

    blom di coba buat jalan jauh apa ada perbedaan, sebelumynya sy pake oli resmi honda….

    Trims

  28. September 23, 2009 at 8:51 am

    @Anes,
    Gak masalah. Masih dalam toleransi, kan isi oli Pertamina Enduro Matic memang 0.8 liter. Soal performance jalan jauh, kan ini Honda Beat sudah teruji lewat perjalanan jauh Jawa-Bali (pp). So, sekarang giliran Anes aja yg mau nyobain Jawa-Balinya, kapan?🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: