Home > KOPDAR > Kopdar Blogger: Bahas UU ITE

Kopdar Blogger: Bahas UU ITE


IMG UU ITE

Cover Buku UU IT (sumber: http://www.gradienmediatama.com)

Beruntung masih ada kesempatan mengikuti acara kopdar (kopi darat) dengan teman-teman “blogger” yang berlangsung Senin malam, 25 Mei 2009 di Restoran Es Teler 77 Jl. Adityawarman Kebayoran Baru, Jaksel.

Kopdar blogger kali ini mendengarkan  tiga pembicara utama, yaitu Edy Caplang (http://www.caplang.net/), Anggara (http://anggara.org/) dan yang ketiga Ari Juliano Gema (http://arijuliano.blogspot.com/).

Secara keseluruhan acara, dari awal sampai akhir dipandu oleh moderator Wicaksono, yang dikenal sebagai seorang blogger nasional (http://ndorokakung.com/)

Topik pembicaraan para blogger malam itu tidak lebih kepada: “apa, mengapa dan bagaimana” yang berkaitan dengan penolakan uji materi MK (Mahkamah Konstitusi) tentang UU ITE (Undang-Undang Republik Indonesia No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik).

Kita ketahui bahwa beberapa rekan blogger sebelumnya pernah mengajukan permohonan Pengujian Pasal 27 ayat (3) UU ITE yang diajukan oleh Edy Cahyono, Nenda Inasa Fadhilah, Amrie Hakim, PBHI, AJI, dan LBH Pers. Namun, permohonan tersebut akhirnya telah diputus oleh Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi yang pada pokoknya menolak permohonan dari Para Pemohon (baca berita: website resmi MK).

Pada intinya Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan uji materi UU 11/2008 yang tercantum di Pasal 27 ayat (3) UU ITE tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE):

“setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dapat diajukan ke pengadilan.”

Dari sinilah masalah berawal yang dihadapi oleh kalangan blogger, dimana blogger merasa perlu mengajukan permohonan uji materi atas pasal tersebut.

Karena kalimat yang tertuang di dalam pasal tersebut dinilai oleh banyak pihak, khususnya kalangan blogger ataupun pewarta warga (citizen journalist) memiliki sanksi hukum berat dan batasan-batasan dalam hal kebebasan berekspresi menyangkut penyebaran informasi/berita. Artinya, tanpa adanya delik aduan, seorang blogger sudah bisa langsung berurusan dengan pihak berwajib.

IMGP1511Sepanjang acara kopdar yang berlangsung dari jam 19.00 sampai pada bagian tanya-jawab pukul 21.00, ke tiga rekan blogger pembicara yang memang berprofesi sebagai pengacara, tentu saja sangat mendominasi pembicaraan menyangkut aspek hukum dan contoh-contoh kasus yang pernah terjadi.

Acara ini sangat bagus bagi kalangan blogger yang hadir malam itu, karena setidaknya rekan-rekan blogger mendapat wawasan baru dibidang hukum yang berkaitan langsung dengan profesi blogger-nya.

Berkaitan dengan putusan MK tersebut, ada kabar baiknya pula bahwa keberadaan blogger pada saat ini sudah bisa disamakan atau disejajarkan dengan profesi wartawan jurnalis yang sama-sama harus memiliki “kode-etik dan kaidah jurnalistik.”

Hanya saja masalahnya,  para blogger sekarang sudah tidak bisa lagi seenaknya menulis, membuat opini yang tidak mendasar, memuat artikel bohong, tetapi sebaliknya para blogger sekarang lebih dituntut menjadi seorang pewarta yang profesional yang memliki kode etik jurnalistik, seperti yang dimiliki oleh rekan-rekan wartawan.

Walaupun media blogger berbasis media on-line internet, tapi pada prinsipnya blogger harus memiliki aturan main, selayaknya ia juga berperan sebagai seorang wartawan (baca ini: Ranjau-Ranjau & Kode Etik Jurnalis Cyberjournalist).

Bagaimana blogger menyikapi kondisi ini?

Kalau blogger mau dibilang profesional marilah menulis secara profesional, mengumpulkan data secara akurat dan menyajikan artikel yang bisa dipertanggung-jawabkan. Internet adalah media elektronik terbuka, setiap tulisan yang dipublikasikan oleh blogger akan memiliki konsekuensi hukum yang harus dapat dipertanggung-jawabkan.

Kembali kepada masalah Pasal 27 (3) UU ITE No. 11/2008, maka tips sederhana untuk blogger menghindari “penghinaan dan pencemaran nama baik”, maka sebaiknya “nama objek”  yang mau ditulis harus dipikirkan dulu. Solusinya, para blogger bisa saja menuliskan dengan sebuah plesetan atau sebuah inisial (apakah dia orang per orang, instansi, perusahaan badan hukum, organisasi, dll).

Itulah sekilas info yang bisa di sampaikan dari hasil pertemuan kopdar blogger yang dirangkum dengan masukan-masukan dari penulis sendiri.

Dibawah ini adalah beberapa referensi website yang terkait dengan profesi wartawan, jika memang blogger ingin serius menjadi seorang ‘citizen journalist’ atau pewarta masyarakat, maka rasanya blogger perlu juga membuka-buka halaman website ini:

1. Journalisme Berinternet

2. Lembaga Pers Dr. Soetomo

3. Dewan Pers

4. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

5. Aliansi Jurnalis Independen (AJI)

FOTO KOPDAR BLOGGER UU ITE: Senin 25/5/09

IMGP1505

IMGP1506

IMGP1508

IMGP1509

IMGP1510

Categories: KOPDAR
  1. edy
    May 26, 2009 at 5:47 pm

    om, ijin sedot foto saya😀

  2. Matthews
    May 26, 2009 at 5:57 pm

    kayanya hukum tidak dianggap serius sehingga pasal-pasal multi interpretasi dan batasan yang tak jelas bisa di-UU-kan.

  3. May 26, 2009 at 6:09 pm

    Liat aja ntar kelanjutannya gimana

  4. May 26, 2009 at 6:38 pm

    satu lagi yang kurang AJI (Aliansi Jurnalis Independen) pak situsnya di http://www.ajiindonesia.org

  5. May 26, 2009 at 9:52 pm

    @Edy, silahkan..
    @anggara, terima kasih utk tambahan link AJI

  6. May 26, 2009 at 10:16 pm

    @Stephen Langitan
    gimana bro? apakah KoBOI angkat bicara akhirnya?

  7. May 27, 2009 at 3:54 am

    Izin kopi paste buat fesbuk pak he he he he😀

  8. May 27, 2009 at 11:17 am

    Rangkuman yang menarik!

    Ini link presentasi saya yang kemarin apabila Pak Stephen membutuhkan: http://www.slideshare.net/arijuliano/bagaimana-blogger-menyikapi-uu-ite

    Sekalian mohon ijin meng-copy foto2 di atas ya, Pak🙂

  9. May 27, 2009 at 12:09 pm

    @Ari Juliano Gema,
    terima kasih sudah memberikan link bahan2 presentasinya. Lengkap sudah. Silahkan saja copas foto2nya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: