Home > REPORT > Sirkuit Le Mans Masih Dikuasai Yamaha

Sirkuit Le Mans Masih Dikuasai Yamaha


Le Mans MotoGP Podium09-1

Marco Melandri, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa

Inilah dia yang namanya balapan “nanggung.” Trek basah-kering menjadi kendala utama bagi semua pembalap MotoGP yang bertarung di sirkuit Le Mans Perancis (Minggu 17/5/09).

Tapi, pembalap Jorge Lorenzo (no. 99) dari tim Fiat Yamaha yang start dari urutan ke-dua akhirnya yang mampu menyelesaikan balapan dengan sempurna sekaligus merebut podium juara pertama.

Selamat dan sukses buat Yamaha yang mampu mengulang sukses juara di Le Mans, hanya saja tahun 2009 ini tidak sama dengan tahun 2008, yang ketika itu tiga podium sekaligus direbut. Untuk tahun 2009 ini harus berbagi dulu dengan Kawasaki – Honda,  dan beruntung semua motor masih produk Made in Japan.

Bagaimana dengan juara kedua dan ketiga? Juara kedua direbut oleh pembalap Marco Melandri (no. 33) dari Hayate Racing Team dengan motor Kawasaki, dan juara ke-tiga direbut oleh Dani Pedrosa (No. 3) dari tim Honda Repsol. Sedangkan bagi Valentino Rossi (No. 46) Fiat Yamaha, ini balapan buruk selama musim 2009, karena ia sempat terjatuh dan 3 kali masuk pit untuk ganti motor.

Iklim di sekitar sirkuit tampaknya kurang bersahabat, turun hujan di pagi hari hingga pukul 10.00 pagi.  Menyisakan trek sirkuit jadi basah, udara mendung, suhu 15 derajat celcius, kecepatan angin 12 km/jam. Mau tak mau menuntut semua kru yag terlibat paddock sirkuit mengenakan baju hangat. Bagi umbrella girls yang bertugas tak ada yang berpakaian minim, semua mengenakan pakaian tebal.🙂

Balapan kelas 125cc masih ada sisa gerimis, dilanjutkan dengan balapan kelas 250cc juga demikian. Bahkan hampir setengah pembalap di kelas 250cc pada rontok berjatuhan. Tak ada yang lebih menarik menonton kelas 250cc hanya untuk menunggu dan melihat, siapa lagi yang bakal jatuh. Syukur-syukur kalau balapan masih bisa dilanjutkan.

Trek sirkuit basah yang sudah dilewati oleh pembalap kelas 250cc sebanyak 27 putaran, memberikan beberapa ruas trek sirkuit Le Mans menjadi kondisi antara kering-basah. Waktu jeda 45 menit hingga sampai waktu start kelas MotoGP yang tepat dimulai tengah hari pukul 12.00 (waktu setempat), terlihat kondisi sirkuit  masih dalam situasi basah-kering. Seorang petugas sirkuit mengangkat papan bertuliskan “WET RACE.”

Dengan petunjuk wet race menuntut setiap tim harus betul-betul mampu pasang strategi jitu, apakah race harus diawali dengan pasang ban basah, atau pasang ban kering. Tapi yang terlihat hampir semua tim memasang ban basah merek Bridgestone, yaitu perusahaan ban yang resmi dipakai oleh semua tim untuk balapan MotoGp 2009.

Start balapan 28 lap akhirnya pun dimulai. Pembalap kawakan MotoGP, antara alain Pedrosa, Stoner, Lorenzo, Rossi sempat berada di bagian depan. Masing-masing pembalap tampaknya belum mampu menyesuaikan diri dengan balapan trek yang basah kering secara optimal. Pakai ban basah, tapi nyatanya yang dilewati lebih banyak trek kering-nya.

Mulai dari lap ke-tiga, suasana dramatis balapan mulai terasa. Marco Melandri tampak melejit masuk ke-urutan ke-enam dari posisi start di urutan ke-sembilan. Melandri menyalip Stoner yang tampaknya ada masalah tak mampu menguasai trek balapan basah-kering. Melandri juga sudah menyalip Vermuelen yang katanya jagoan trek basah. Bahkan Melandri juga sempat menyalip Pedrosa. Dari situasi ini ada kesimpulan bahwa trek sirkuit sudah masuk kategori kering!

Lap ke-lima, akhirnya Rossi lebih dulu masuk pitstop untuk mengganti motornya dengan ban kering. Demikian pula diikuti oleh pembalap lainnya seperti  Pedrosa ketika ia mau masuk lap yang ke-enam.

Lap ke-enam, adalah keadaan paling buruk bagi Rossi, ia selip dan terjatuh. Sebuah alat kamera menempel di buritan motor Yamaha Rossi menjadikan  bukti dimana terekan dengan jelas saat selip dan jatuh gara-gara ban kering yang masuk dalam arena trek basah. Rossi mencoba bangkit dan melanjutkan balapan, tapi masalahnya footstep sebelah kiri patah, dan ia pun kembali lagi ke pitstop untuk ganti motor.

Lap ke-tujuh, giliran pembalap Melandri dan Puniet yang masuk ke pitstop untuk ganti motor yang sudah disiapkan dengan ban kering. Beberapa pembalap lainnya tampaknya masih bingung, apakah  mau ganti ban kering atau tetap mempertahankan ban basah, Masalahnya, yang sudah jadi korban adalah Rossi yang sudah keburu ganti ban kering akhirnya jatuh juga.

Suasana dramatis harus ganti motor mendapatkan ban kering terjadi untuk semua pembalap. Hingga Lorenzo yang memimpin balapan pun ganti motor juga dengan ban kering pada lap ke-13.

Pada lap yang ke-13 ini juga terlihat Rossi balik lagi masuk pitstop, berarti ia sudah tiga kali masuk pitstop untuk berganti motor. Ironis memang bagi ‘the doctor’ alias the “World Champion MotoGP” yang sedang mengejar gelar juara ke-99, akhirnya ia hanya bisa finish diurutan paling akhir.

Mulai dari lap ke-15 hingga lap akhir, semua pembalap akhirnya sudah mampu menyesuaikan diri dengan trek sirkuit Le Mans yang 85% sudah kering. Matahari pun tampak bersinar terang. Lorenzo sudah jauh didepan, diikuti oleh Melandri, kemudian Doviozo, Pedrosa dan Stoner.

Pada lap terakhir, duel antara dua pembalap Honda Repsol untuk merebutkan juara ke-tiga, dimana Pedrosa akhirnya mampu menyalip rekannya satu tim untuk masuk ke garis finish sebagai  juara ke tiga. Duel dan pertarungan menyalip Doviozo hanya menyusur 300 meter lagi menjelang garis finish. Disini tampak Pedrosa memang tergolong nekat juga.

Yang menarik adalah juara ke-dua yang dimenangi oleh Marco Melandri (No. 33) yang termasuk jarang-jarang naik podium juara. Disini ia bisa membuktikan nyalinya kepada tim resmi hijau Kawasaki yang telah mundur dari arena balapan MotoGP2009 karena alasan krisis ekonomi. Hayate Racing Team adalah tim balap MotoGP independent (privateer).

Melandri Hayate-1

Marco Melandri "Hayate Racing Team"

Hasil MotoGP Sirkuit Le Mans Perancis, Minggu 17 Mei 2009:

Pos  Rider             Bike             Time
 1.  Jorge Lorenzo     Yamaha           47m52.678s
 2.  Marco Melandri    Hayate Kawasaki  +  17.710s
 3.  Andrea Dovizioso  Honda            +  19.893s
 4.  Dani Pedrosa      Honda            +  20.455s
 5.  Casey Stoner      Ducati           +  30.539s
 6.  Chris Vermeulen   Suzuki           +  37.462s
 7.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha    +  40.191s
 8.  Loris Capirossi   Suzuki           +  45.421s
 9.  James Toseland    Tech 3 Yamaha    +  50.307s
10.  Toni Elias        Gresini Honda    +  53.218s
11.  Alex de Angelis   Gresini Honda    +  53.550s
12.  Nicky Hayden      Ducati           +  56.647s
13.  Yuki Takahashi    Scot Honda       +  56.688s
14.  Randy de Puniet   LCR Honda        +1m11.299s
15.  Niccolo Canepa    Pramac Ducati    +1m15.385s
16.  Valentino Rossi   Yamaha           +   2 laps

Tidak melanjutkan:

     Mika Kallio       Pramac Ducati    11 laps

Melandri Hayate-2
Rider Standings 17/05/2009
Pos. Rider Manu. Nat. Points
1. Jorge Lorenzo Yamaha ESP 66
2. Casey Stoner Ducati AUS 65
3. Valentino Rossi Yamaha ITA 65
4. Daniel Pedrosa Honda ESP 57
5. Andrea Dovizioso Honda ITA 43
6. Marco Melandri Kawasaki ITA 43
7. Colin Edwards Yamaha USA 35
8. Chris Vermeulen Suzuki AUS 31
9. Loris Capirossi Suzuki ITA 27
10. Randy De Puniet Honda FRA 26
11. Toni Elias Honda ESP 21
12. Alex De Angelis Honda SMR 20
13. James Toseland Yamaha GBR 17
14. Mika Kallio Ducati FIN 16
15. Nicky Hayden Ducati USA 9
Manufacturer Standings 17/05/2009
Position Manufacturer Points
1. Yamaha 95
2. Ducati 65
3. Honda 63
4. Kawasaki 43
5. Suzuki 38

Categories: REPORT
  1. coy
    May 17, 2009 at 10:17 pm

    mestinya giliran honda yg menang..tp lumayan dpt podium hehe

  2. May 18, 2009 at 9:27 pm

    go go melandri…… aku dkg truz kmu ama kawasaki privater team nya…….. KRT haluuuuuuuu…….? cayang bgeut kau cabut hahahaha……….

  3. zaedaus
    May 19, 2009 at 4:39 am

    salut wat macio ! keep up your good work !

  4. fachrulx2
    May 19, 2009 at 2:12 pm

    good luck macio!!!!…. macio keren!!! bangkit dari kematian…
    facrulx2.wordpress.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: