Home > REPORT > TVS: Motornya Iwan Fals!

TVS: Motornya Iwan Fals!


imgp1060Jakarta. 6 Mei 2009. Ketika berkunjung ke acara Otobursa Tumplek Blek 2009 milik Otomotif, selain melihat kehadiran motor Honda dan Minerva yang dihadirkan, ternyata ada juga motor merek TVS. Jadi, tak ada salahnya untuk melihat-lihat motor TVS lebih dekat lagi.

Ada tiga hal yang bikin perhatian pengunjung menghentikan langkahnya ketika melewati booth TVS yang berada di jalur tengah Otobursa, pertama karena gadis SPG-nya yang cantik,  kedua karena ada hiburan permainan bola basket, dan ketiga mendengarkan ocehan salesman Mas Rico yang sangat antusias menjelaskan kelebihan-kelebihan motor TVS.

Namanya juga pengunjung, apa yang enak harus tentunya dinikmati. Apalagi sudah bayar tiket masuk 20 ribu rupiah. Namun sebenarnya ada hal yang membuat tambah penasaran ketika melihat dari dekat merek motor TVS ini, karena melihat pasar motor di Jabodetabek untuk merek TVS ini kurang menonjol dibandingkan dengan merek ATPM lainnya a.l.  Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan Bajaj.

Keberadaan merek motor TVS ini hampir sama dengan motor merek Kanzen yang bermain di pasaran daerah, sebut saja di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau, serta Kalimantan.

Saat dipamerkan, motor yang hadir ada dua tipe, pertama motor lelaki TVS Apache RTR 160cc dan kedua motor bebek TVS Neo 110cc.

Untuk motor bebek memiliki kelebihan bagasi yang lumayan lebar,  spadboard depan/belakang tahan banting, pakai charger battere buat HP, teknologi IRide, yaitu kopling ganda (perpindahan gigi secara manual atau tekan kopling, keduanya bisa).

Motor Apache memiliki kelebihan pada desain macho, speedometer digital berikut dengan jam digital. Info yang lain bahwa motor ini memiliki 51.2 bhp/8500 rpm bisa melesat 0-60 km/jam hanya dalam 4.8 detik. Wah.. pokoknya lengkap juga nih info yang disampaikan oleh Mas Rico, salesman TVS yang jaga di Otobursa.

imgp1058

Sebelum masuk dalam data teknis, sebaiknya kita lihat info mengenai asal-usul merek TVS yang dikutip dari beberapa sumber internet:

TVS adalah merek dari TVS Group,  yaitu sebuah kelompok industri besar yang didirikan pada tahun 1911, terdiri lebih dari 30 anak perusahaan dengan pendapatan lebih dari USD 2,7 miliar dan memiliki lebih dari 30 ribu karyawan di seluruh dunia.

TVS Motor memiliki tiga pabrik berkelas dunia dengan fasilitas modern di India, yaitu di Hosur (70 hektar), Mysore (seluas 110 hektar) dan Himachal Pradesh (seluas 20 hektar).

Selain itu TVS Motor Company juga memiliki 2500 pusat layanan konsumen di seluruh India. TVS Motor Company juga meraih the Deming Prize for Total Quality Management dari Union of Japanese Scientists & Engineers.

TVS juga meraih TPM Excellence Award dari the Japan Institute of Plant Maintenance. Divisi riset dan pengembangan (R&D), yang terdiri dari lebih 400 pakar teknologi, berhasil menciptakan inovasi-inovasi yang revolusioner, termasuk teknologi VT-i (Variable Timing Intelligent) dan Economy-power mode, dan memiliki lebih dari 80 hak paten.

TVS Motor Company memproduksi berbagai jenis sepeda motor dan skuter dan telah mengekspor ke 40 negara, termasuk produk unggulannya TVS Apache dan Scooty Pep+.

Bagaimana TVS di Indonesia? Inilah selayang pandang PT TVS Motor Company Indonesia

tvs-600PT TVS Motor Company Indonesia merupakan pusat produksi TVS Motor Company India untuk kawasan Asia Tenggara. TVS mendirikan pabrik sebagai fasilitas produksi yang lengkap, terdiri dari perakitan mesin, perakitan sepedamotor, pengujian dan pengecatan di atas lahan seluas 20ha di Kawasan Industri Suryacipta City di Karawang Jawa Barat, dengan kapasitas produksi terpasang 300.000 unit sepeda motor.

Pabrik TVS adalah sebuah pabrik manufaktur yang beroperasi secara lengkap dan utuh dan dilengkapi riset dan pengembangan dalam negeri yang luas. TVS bertekad untuk memproduksi produk berkualitas kelas dunia, dari pabriknya di Indonesia.

Investasi pada tahap pertama adalah sebesar 50 juta Dolar Amerika dan TVS merencanakan untuk meningkatkan jumlah ini hingga 100 juta Dolar Amerika dalam lima tahun mendatang.

Ada yang pernah melihat iklan sepeda motor yang dibintangi Iwan Fals?

Nah, motor yang dipakai oleh Iwan Fals adalah TVS Motor. Beberapa bulan yang lalu TVS Motor membuka test ride berhadiah. Ketika itu nama program diberi tajuk “Cuma Nyobain, Bisa Dapet TVS Neo Gratis.”

Program ini diadakan selain untuk menjaring calon konsumen juga untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat. Infonya, anda cukup ikutin test ride dan tunggu, syukur-sukur bakal dapat hadiah TVS Neo. Itu adalah program yang lalu yang sudah berakhir sampai 30 Januari 2009 lalu.🙂

TVS Motor pasang di surat kabar hari Selasa, 5 Mei 2009 menuliskan bahwa kedua motornya, TVS Neo dan TVS Apache mendapat pengakuan  dari Otomotif Award 2009 dengan kelas Best Feature & Technology Bebek 110-115cc untuk TVS Neo, dan kelas Best Design Sport 150-180cc untuk TVS Apache. Boleh juga nih..

tvs-leasing0001-600

The End.

Categories: REPORT
  1. SkywaveR
    May 6, 2009 at 5:54 am

    di jakarta popularitas TVS msh kalah ama MINERVA ya?
    di daerahku (jateng) lumayan byk. but minerva yg blm ada.
    #1😉

  2. 4dw4rd
    May 6, 2009 at 8:25 am

    yg gw seneng dr blognya om Langitan : fotonya bagus bgt🙂

  3. May 7, 2009 at 12:52 pm

    @Skywaver,
    Terima kasih infonya. Ternyata benar juga pasar TVS banyak bermain didaerah. Ini sama juga Honda Megapro, yang rame dan jadi favorit di Sumsel, apalagi Megrapro Kuning..🙂

  4. aWi
    May 8, 2009 at 1:41 pm

    walaupun sudah banyak di daerah, tapi di Bandung masih disangka keluarga BAJAJ…. haiyya….

  5. s13ky
    May 10, 2009 at 9:28 am

    Iklan TVS versi Iwan Fals itu kebetulan kantor gw yang buat, directornya wong australia, Platon Theodoris. Varian motor lakinya keren bro, nggak kalah sama keluaran ATPM lainnya yang lebih mendunia. Salut liputannya, bro.

  6. bang des
    July 21, 2009 at 1:44 pm

    TVS APACHE RTR 160 AIRSCOOP NYA KURANG BERANI BRO SAMPAI HARI GINI AJA BELUM JUGA DIPASARKAN UDAH DUA TAHUN TUHH MOTOR CUMA DIPEJENGIN AJA…..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: