Home > REPORT > MotoGP 2009: Sirkuit Jerez Milik Valentino Rossi!

MotoGP 2009: Sirkuit Jerez Milik Valentino Rossi!


rossijerez-3Jakarta. 3 Mei 2009. Akhirnya sirkuit Jerez memang milik Rossi. Lagi-lagi “the Doctor” alias Valentino Rossi asal Itali dari tim Yamaha sebagai sang juara yang mampu menyelesaikan balapan sebanyak 27 putaran di depan 120,000 penonton.

Jumlah ini belum termasuk jumlah penonton dari rumah yang menyaksikan siaran langsung. Fantastis! Salut buat Valentino Rossi yang tampil menawan sekaligus menghibur penonton.

Sementara itu, sirkuit di Spanyol ini semula diharapkan akan terjadi duel sengit antara dua Spaniard yaitu Jorge Lorenzo dari Yamaha, dengan Dani Pedrosa dari Honda. Bisa kita lihat sendiri ketika persiapan dan warm-up lap terdengar teriakan histeris dari penonton jika ke-dua pembalap ini tampil di layar TV yang ada di sirkuit.

Namun kali ini Valentino Rossi yang jadi juara pertama, dan bagi Rossi ini adalah podium pertamanya untuk musim balap 2009 yang ia raih di sirkuit kesukaannya “Gran Premio bwin.com de España.” Balapan itu sendiri berlangsung di hari  Minggu siang yang sangat terik di waktu Spanyol.

Rossi start dari urutan ke-empat, akhirnya  mampu menyelesaikan balapan dengan baik, satu persatu pembalap yang berada didepannya ia salip dengan sempurna. Bahkan rasanya kurang seru, karena tidak ada duel atau pertarungan saling overtake di antara Rossi dengan pembalap lainnya.

rossijerez-1Rossi menyalip Stoner antara lap 5 dan 6, dan Stoner menyalip lagi di Rossi dalam lap yang sama, tapi Rossi balik lagi menyalip Stoner.

Dan setelah itu Stoner mulai keteran dan ketinggalan jauh oleh Rossi. Mau tidak mau Stoner harus mengakui jika Rossi adalah pembalap kawakan untuk trek sirkuit Jerez.

Semula Rossi ditinggal jauh oleh Pedrosa, tapi pada lap ke-16 Rossi mulai medekati dan akhirnya bisa menyalip Pedrosa, padahal disini Pedrosa sudah di daulat oleh para penonton bakal jadi juara pertama. Tapi cerita jadi berbeda setelah Rossi menyalip Pedrosa, bahkan tak ada perlawanan dari Pedrosa buat menyalip Rossi lagi. Lagi-lagi Rossi memang sangat pekasa untuk balapan sirkuit Jerez ini. Boleh dibilang sirkuit Jerez memang milik Rossi.🙂

Valentino Rossi, demikian nama sang sang piawai pembalap dari tim Yamaha yang sedang jaya pada saat ini, ia memang tampil luar biasa. Ia pun bisa berperan sebagai  ”entertainment” dalam dunia balap. Setidaknya ia mampu memberikan hiburan dalam permainannya di ajang kecepatan tinggi. “Pokoknya gue boleh start dari belakang, tapi yang penting gue nyampe duluan,” kurang lebih itulah gambaran yang ada di benak Rossi ketika ia finish pertama.

Juara kedua akhirnya diraih oleh Dani Pedrosa dari tim Honda Repsol. Ia  boleh bangga dengan hasil ini walaupun sebagai tuan rumah ia terpaut waktu 3.4 detik dari Rossi. Sedangkan untuk juara ketiga diraih oleh Casey Stoner dengan motor Ducati dari tim Marlboro Ducati.

Pedrosa dikenal sebagai pembalap Honda selalu dielu-elukan oleh fans Spanyol, tetapi ia sudah merasa puas dengan hasil di urutan ke-dua. Hal ini jelas ketika ia sampaikan pada wartawan pada sesi wawancara begitu ia selesai menerima piala grand prix.

Bagi Casey Stoner Ducati, walaupun ia hanya mendapat juara ke-tiga, tapi Stoner boleh berbangga juga karena podium ini adalah yang pertama kali ia rasakan di Jerez. Sebelumnya ia tak pernah berdiri di podium Jerez yang terletak di bagian selatan Spanyol yang konon penuh dengan wanita-wanita sexi-nya.

Ketika kita melihat pembalap meninggalkan grid saat start,  tampak semua pembalap akhirnya langsung menyesuaikan diri untuk bersiap menikung pertama ke arah kanan. Dari sini kita bisa lihat siapa saja yang masuk tikungan pertama,  mereka dalah Pedrosa, kedua Stoner, ketiga Lorenzo, keempat Rossi, kelima Randy de Puniet, dan seterusnya pembalap lainnya.

Pada saat start, Lorenzo gagal melakukan start dengan baik, ia yang semula di urutan pertama bergeser keurutan ketiga. Pada akhirnya, Jorge Lorenzo sebagai tuan rumah memang kurang beruntung pada seri balapan Jerez ini.

rossijerez-2Nah, bagi penonton dirumah yang sedang menyaksikan siaran langsung MotoGP ini, dapat merasakan bagaimana Lorenzo terjatuh sendiri dari motornya. Lorenzo out of control ketika sedang menikung di lap 24. Ia terlalu rendah sehingga jatuh sendiri dan masuk gravel. Ia melanjutkan balapan, tapi akhirnya ia cuma masuk pit untuk menyelesaikan balapan sebelum finish yang menyisakan 3 putaran lagi.

Sayang sekali bagi Lorenzo, ia pun harus kehilangan poin.

Lorenzo gagal, tapi ini memberikan keberuntungan bagi pembalap lainnya, antatara lain ada Randy de Puniet pembalap dari Perancis dengan Honda LCR Plaboy-nya. Ia boleh bangga bisa finish di urutan ke-empat dan hasil balapan ini adalah karir terbaiknya selama ia mengikuti MotoGP sejak tahun 2007.

Setidaknya ini akan memberikan semangat dan motivasi untuk mengikuti ajang balapan MotoGP Le-Mans di kampung halaman Puniet di Perancis, tepatnya 17 Mei 2009.

Selain itu, Marco Melandri mantan pembalap Ducati, Honda dan terakhir Tim Kawasaki yang akhirnya mundur di musim balap MotoGP 2009 karena alasan krisis ekonomi. Tapi apa yang terjadi sekarang? Kini Melandri mampu menyelesaikan balapan di urutan ke-lima bersama Tim Hayate Racing.

Pos  Rider             Bike             Time
 1.  Valentino Rossi   Yamaha           45m18.557s
 2.  Dani Pedrosa      Honda            +   2.700s
 3.  Casey Stoner      Ducati           +  10.507s
 4.  Randy de Puniet   LCR Honda        +  31.893s
 5.  Marco Melandri    Hayate Kawasaki  +  33.128s
 6.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha    +  34.128s
 7.  Loris Capirossi   Suzuki           +  34.421s
 8.  Andrea Dovizioso  Honda            +  34.625s
 9.  Toni Elias        Gresini Honda    +  42.689s
10.  Chris Vermeulen   Suzuki           +  45.183s
11.  Sete Gibernau     Hernando Ducati  +  48.192s
12.  Yuki Takahashi    Scot Honda       +  51.875s
13.  James Toseland    Tech 3 Yamaha    +  53.683s
14.  Alex de Angelis   Gresini Honda    +  53.941s
15.  Nicky Hayden      Ducati           +1m01.237s
16.  Niccolo Canepa    Pramac Ducati    +1m10.896s

Gagal Finish:

     Jorge Lorenzo     Yamaha           23 laps
     Mika Kallio       Pramac Ducati    12 laps

The End.
Categories: REPORT
  1. May 4, 2009 at 4:12 am

    Yeah,bukti kematangan Rossi dari pembalap2 lain..

    Pedrosa?? Ga ada apa2nya, mending Stoner yang masih bisa ngasih perlawanan.,

    Melandri keren, cocok bgt ama motor Kawasaki.,
    Kalo hasilnya bagus gitu, apa Kawasaki tetep keukeuh mundur ya?

  2. rossiabis
    May 4, 2009 at 12:54 pm

    kalo sirkuit bnyk tikungan mah…Rossi pasti menang…yang lain seng ada lawan..

  3. Wenny
    May 4, 2009 at 3:52 pm

    dapet info dr orang asosiasi siang ini, honda kalah telak dari yamaha untuk penjualan april (dan malah mungkin des08-april 09) bener boss ? konfirmasi dong…

    sebagai penggemar berat honda KUCIWA NEEHH…KUCIWAA…., secara makin lama arahan iklan honda koq malah ikut2an yamaha sih… ? mo ikut2an ke anak muda, harusnya kan ahm punya strategi sendiri, bukannya malah ikut2an acara n aktifitas kompetitor….

  4. May 7, 2009 at 12:58 pm

    @Wenny..
    Sorry bro.. gak punya info data penjualan April, yg ada Kwartal I 2009 milik AISI. Topik ini tidak membahas tentang persaingan penjualan.

  5. WIRA
    May 23, 2009 at 7:42 am

    rossi memang hebat and gak ada lawannya, itulah tanda pembalap huuueeeebaaaaaatttttttt.

  6. ardis
    July 1, 2009 at 10:44 pm

    rossi u r the best…………………….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: