Home > REPORT > 50 Tahun Honda Ikut Balap Motor Kelas Dunia!

50 Tahun Honda Ikut Balap Motor Kelas Dunia!


honda-50th-anniversaryTahun 2009 ini Honda sedang merayakan ulang tahun ke-50 dalam dunia balap motor. Setengah abad nama Honda dikenal sebagai motor balap kelas dunia. Sejarah ini menjadi spesial ketika balapan dunia digelar di seri Motegi Jepang pekan lalu. Yang namanya balapan motor, Honda selalu ikut sejak tahun 1959 yang lalu,

Melihat sejarah balapan Honda, diawali dengan sosok Soichiro Honda yang lahir pada 17 November 1906 di desa Komyo (sekarang Tenryu City) Hamamatsu Shizuoka Jepang. Ia adalah seorang insinyur industri dimana pada bulan Oktober 1948 ia sudah mendirikan ”Honda Technical Reserach Institute” di Hamamatsu, Jepang untuk mengembangkan dan memproduksi motor secara utuh.

Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1950 ia secara resmi mendirikan ”Honda Motor Company.” Pada tahun 1959 ia sudah membuka dealer dan pasar di Amerika Serikat melalui kantornya di Los Angeles.

locateiom-bigSejak Honda beredar di Amerika tahun 1959, nama Honda kian makin berkibar dengan cepat, dimana pada tahun yang sama motor Honda dipakai pada ajang balapan yang berada di sekitar Inggris, tepatnya di pulau The Isle of Man, dengan nama balapan ”The Isle of Man TT (Tourist Trophy) Race.”

Saat itu pembalap Honda yang diturunkan adalah  Naomi Taniguchi denggan motor Honda jenis RC124 dikelas 125cc.

Balapan motor The Isle of Man TT adalah balapan motor yang diadakan di pulau kecil bernama ”Isle of Man” yang sudah berlangsung sejak 1907.

Balapan ini menggunakan sarana jalan umum yang cukup layak untuk dipakai sebagai ajang balapan, bahkan balapan ini sudah memiliki UU yang telah disetujui oleh parlemen Isle of Man.  Balapan pertama Isle of Man digelar pada 28 Mei 1907 dengan sebutan “International Auto-Cycle Tourist Trophy.”

29bFoto jadul terekam ketika itu ada Tim Honda yang berlaga di tahun 1959 mengikuti ajang the Isle of Man TT. Tim balap Honda terdiri dari lima pembalap (empat pembalap Jepang, dan satu pembalap Amerika Serikat) di ikuti dengan team leader dan dua orang mekanik.

Sebagai kenangan manis adanya sejarah yang terjadi antara The Isle of Man dan Honda, kantor pos The Isle of Man akan menerbitkan beberapa perangko khusus  untuk merayakan “50th Anniversary of Honda Racing Championship.”. Perangko tersebut mulai diedarkan pada tanggal 11 May 2009.

Setiap perangko yang bakal diterbitkan akan menampilkan para pembalap legendaris Honda sepanjang dekade mengikuti balapan TT (Tourist Trophy), antara lain pembalap Naomi Taniguchi (1950-an), Mike Hailwood (1960-an), Alex George (1970-an), Joey Dunlop (1980-an), Steve Hislop (1990-an) and McGuinness (2000-an).

Demikian pula, Isle of Man Treasury telah menyetujui dan akan mengeluarkan uang koin senilai 50 pence (mata uang Inggris) dalam rangka merayakan peristiwa yang sama “50th Anniversary of Honda Racing Championship” khususnya untuk balapan The Isle of Man. Uang koin baru ini akan diproduksi oleh pabrik uang koin terbesar di Eropa, Pobjoy Mint, yang akan menampilkan gambar di koin wajah pembalap John McGuinness di atas motor tunggangan Honda CBR 1000RR Fireblade.

29c1Nama “Honda Racing Championship” sangat kental dengan sebutan “HRC” maka tak pelak lagi berbagai logo khusus diciptakan, antara lain logo The Isle of Man TT, dan juga logo Honda Wing yang akan mengangkat kedekatan hubungan antara dua organisasi besar tersebut khususnya di pentas balapan dunia.

Nah, bagi mereka yang gemar mengkoleksi berbagai ragam merek Honda, selayaknya anda harus berburu untuk mendapatkan perangko, uang koin, logo-logo khusus dalam rangka merayakan 50 tahun Honda Racing Championship. Semua benda tersebut akan beredar pada bulan Mei hingga Juli 2009 dalam jumlah yang sangat terbatas (limited edition). Tak cuma itu, ada seorang penulis Mick Duckworth akan menuliskan buku khusus tentang sejarah Honda di ajang balap The Isle of Man TT.

Balapan seri the Isle of Man TT Motorcycle Racing akan dimulai pada tanggal 30 Mei 2009.

Apa kata pembalap dunia saat ini?

Valentino Rossi:

Ia kenal sebagai pembalap dunia untuk seri MotoGP yang juga pernah menoreh sejarah bersama Honda beberapa tahun silam sebelum ia pindah ke tim Yamaha. Rossi sebelum datang ke Jerez, sempat datang ke Isle of Man untuk sekedar demo dengan Yamaha R1 sepanjang lap sekitar 37.73 mil.

“Saya kagum dengan semua kegiatan motor sport dan juga kunjungan balapan ke Isle of Man, saya mau punya pengalaman berharga untuk bisa menjadi kenangan panjang,” ujar Rossi.

“Selalu jadwal balapan MotoGP sangat sibuk untuk waktu saat ini, tapi tahun ini TT (red=Tourist Trophy ) telah di geser sedikit dan ada jarak antara balapan di Mugello dan Catalunya, dan sekarang paling tidak saya punya kesempatan. Saya sudah melihat banyak foto pembalap terkenal dari ajang balap TT ini dan sudah tentu mendengarkan banyak cerita juga dari Giacomo [Agostini],” papar Rossi kepada wartawan.

Sebenarnya balapan TT telah dipakai sebagai tempat untuk ajang balapan British Grand Prix dari tahun 1949 sampai 1976, tapi setelah itu balapan TT dirasakan sangat berbahaya untuk grand prix dan selanjutnya balapan British GP pindah ke Inggris. Catatan balapan paling cepat masih dipegang oleh John McGuinness dengan kecepatan 130.354 mph.

Dani Pedrosa:

Ia adalah pembalap Honda Repsol RC212V juga turut merayakan 50 tahun keberhasilan Honda dalam dunia balap motor yang disebut World Championships. Walaupun ia belum menunjukkan kinerja yang sangat memuaskan, tapi setidaknya ia telah mampu berada di level atas MotoGP, terbukti pada ajang balap Twin Ring Motegi sebagai markas Honda di Jepang, ketika itu ia start dari urutan ke-sebelas tapi akhirnya bisa finish jadi juara ke-tiga. Malahan ia sempat menakuti posisi Rossi yang berada di urutan ke-dua.

Andrea Dovizioso

Ia juga adalah pembalap Honda. Sebagai rekan satu tim dengan Dani Pedrosa masuk dalam tim Honda Repsol RC212V. Ia boleh bangga bisa finish diurutan ke-lima walaupun ia telah disalip oleh Casey Stoner dari Ducati Marlboro.

Randy De Puniet

Bersama tim Honda LCR Playboy, Randy De Puniet juga boleh kagum bersama Honda. Ia beruntung jika tahun ini bisa bersama Honda, karena Honda memberikan motor terbaiknya untuk ajang balapan MotoGP, walaupun ia merasa belum beruntung seperti pembalap Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso.

Masih ada pembalap Honda lainnya yang berlaga di seri MotoGP, antara lain dari Tim San Carlo Honda Gresini, yaitu De Angelis dan Toni Elias. Kemudian dari Tim Honda Scot Racing, pembalap asal Jepang Yuki Takahashi.

0264_p02_honda_riders

Pada bulan Juni 1959, tepat 50 tahun yang lalu Naomi Taniguchi telah menorehkan kemenangan Honda dalam ajang balapan The World Championship yang berlangsung di sebuah pulau The Isle of Man. Hingga saat ini perjalanan karir Honda boleh dibanggakan, dikancah balapan GP, Honda sudah meraih 59 gelar konstruktor. Tujuh belas diantaranya adalah kelas utama.

Menjelang ajang balapan MotoGP di Motegi pekan lalu, acara perayaan di adakan secara sederhanan. Naomi Taniguchi, yang saat ini masih hidup dalam usia 73 tahun, menaiki motor replica Honda RC142 125cc. Ia bergabung dengan mantan pembalap Kunimitsu Takahashi (69), ia dulu pembalap Honda asal Jepang yang pertama berlaga di kelas World Championship Grand Prix. Saat itu Takahashi mengendarai RC164 dimana pembalap Jim Redman pakai motor 250cc di tahun 1963.

Pembalap legendaris lainnya, Freddie Spencer, sebagai pemenang tiga kali juara dunia dengan motor Honda turut hadir, dulu itu ia menorehkan sejarah nama harum Honda dengan motor NSR500 yang terkenal dengan motor balap masa depan memiliki desain “upside-down”.

Selamat dan sukes untuk Honda.

Categories: REPORT
  1. incognito
    May 3, 2009 at 11:29 am

    50 tahun honda ikutan ajang balap motor dunia tapi kualitas HRC kayaknya makin memburuk aja tuh apalagi setelah ditinggal Rossi…..

  2. Wenny
    May 4, 2009 at 3:44 pm

    ada apa ya sama honda indonesia ???? (AHM), denger2 dr milis tetangga, Honda disalip Yamaha sampai menang telak lebih dari 35.000 (kek rossi aje hehehehe) ..jadi ktnya sih total 2009 jan-apr Yamaha dah No.1…. malah share bln april dah ampir 50%…, gw yg nge fans honda jd lemes neh😦 uhuk uhuk huaaaaaaaaaa….. :(… woiii p loman..bangun doonnngggg, suruh timnya b’gerak lagiii…jgn tidur ajeeee

  3. June 4, 2009 at 10:30 pm

    nama gw benk benk. gw ngefans bgt ma dany pedrosa. wlpn dia jarang di posisi 1 tp gw ttp fansnya dany pedrosa. nama gw aj benk benk pedrosa. gmn cocok kan klu nama gw benk benk pedrosa???heeeeee

  4. dani
    July 12, 2009 at 2:37 pm

    ajang moto gp secara tidak langsung pengaruh banget ke penjualan produk honda termasuk di indonesia, so mudahan RDP cs bisa lebih tingkatkan daya tahan konsentrasi di track, karena kita tahu engine dan aerodinamic honda sudah yahud bgt, tinggal dari racernya aja harus lebih berani dan lebih tahan konsentrasi, peregangan sebelum race jg perlu

  5. dani
    July 12, 2009 at 2:43 pm

    salut buat honda management yang rencananya mau ambil lorenzo sebagai pendamping pedrosa, karena honda perlu rider yg juga punya daya ingat track yang tinggi, kita lihat 2 tahun lagi penjualan hoda bakal gimana.. hehehe
    salut..

  6. tiwa_isenk
    September 23, 2009 at 12:15 pm

    salam kenal aja ya bro sthephen..
    salut aja buat honda..
    belum ada pabrikan jepang yang punya prestasi secemerlang honda..
    hehehehehehehehehehe….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: