Home > REPORT > MotoGP 2009: Klimaks Balapan Yamaha vs Honda!

MotoGP 2009: Klimaks Balapan Yamaha vs Honda!


motegi-motogp091Jakarta, 26 April 2009. Inilah balapan seru antara dua prabrikan motor Jepang: Yamaha vs Honda yang berlangsung sangat ketat di kandang sendiri tepatnya di sirkuit Motegi Jepang, Minggu (26/4/09).

Yang terjadi dua tim pabrikan besar Yamaha dan Honda, keduanya saling berjuang memperebutkan podium juara.

Hasilnya adalah juara pertama Jorge Lorenzo Fiat Yamaha, juara ke-dua Valentino Rossi Fiat Yamaha, dan juara ke-tiga Dani Pedrosa Honda Repsol.

The Doctor Valentino Rossi, sang juara dunia pemenang balapan utama enam kali, sempat memimpin balapan sejak start, ia semula diharapkan akan bertarung ketat dengan Casey Stoner dari Marlboro Ducati, tapi justru Dani Pedrosa yang menggoyang Rossi. Akhirnya Rossi boleh puas dengan posisi juara ke-dua, setelah ia disalip oleh rekannya sendiri, Jorge Lorenzo pada lap ke-8.

“It was a good race,” kata Rossi.

“Podium ke-dua bukan masalah dalam kemenangan balapan, tapi bagaimana mengumpulkan angka 20 jauh lebih penting untuk jadi juara dunia nantinya,” imbuh Rossi saat diwawancara oleh official MotoGP.

“Saya rasa kemenangan di Motegi ini jadi sangat menarik karena ada empat pembalap yang berasal dari dua tim motor Jepang sendiri, bersaing ketat untuk memenangkan balapan,” tambah Rossi saat diwawancara oleh wartawan.

motegi-motogp09-lorenzo_09Bagi Lorenzo sendiri, ia katakan bahwa kemenangan di Motegi merupakan kejutan besar.

“Sebenarnya saya tadinya tak berharap banyak untuk kemenangan juara satu ini, betul loh, saya tak berharap banyak, karena waktu di balapan Qatar saya finish jauh di belakang Stoner,” seperti ia katakan kepada BBC.

“Tapi banyak hal yang berubah ketika saya sudah berada di atas lintasan balap, semuanya jadi lebih baik apalagi ketika saya bisa start dari urutan ke-tiga. Padahal waktu start saya merasa kurang baik. Di atas trek balap, saya beruntung ada kesempatan baik, kalau pada akhirnya saya bisa menyalip Rossi, nah itu adalah hal yang tidak terduga. Setelah itu saya hanya terus membalap untuk jadi juara satu setelah menyalip Rossi tadi,” ujar Lorenzo kepada wartawan yang lain.

Lain cerita apa yang diungkapkan oleh Spaniard Dani Pedrosa yang sebenarnya ia masih merasakan rasa sakit pada pergelangan tangan-nya.

“Rasanya ajaib jika saya bisa bersama Yamaha sekaligus menjadi juara ke-tiga pada balapan Grand Prix Motegi ini, yah setidaknya saya bisa merasakan podium juara setelah musim dingin kemarin kena musibah kecelakaan,” ujarnya kepada wartawan disela-selah persiapan naik ke podium untuk menerima piala.

“I’m very tired, but the race was really, really good, more than I expected,” ujar Pedrosa ketika ditanya wartawab BBC.

Sekilas Jalannya Balapan MotoGP Motegi

Cuaca cerah panas terik di sekitar sirkuit Motegi Jepang memberi keuntungan bagi semua pembalap melakukan start balapan MotoGP untuk 24 putaran. Susunan pembalap diambil dari hasil kualifikasi Jumat (24/4) dan untuk lengkapnya dapat dilihat pada artikel sebelumnya.

motegi-motogp09-lorenzo_01Ada 18 pembalap yang tengah bersiap untuk bersaing melaju dengan cepat di ajang balapan MotoGP 2009 di Motegi Jepang, mereka antara lain:

Valentino Rossi Fiat Yamaha, Casey Stoner Ducati Marlboro, Jorge Lorenzo Fiat Yamaha, Chris Vermeulen Rizla Suzuki, Colin Edwards Tech 3 Yamaha, Loris Capirossi Rizla Suzuki, Andrea Dovizioso Honda Repsol, Marco Melandri Hayate Kawasaki, Toni Elias Gresini Honda, James Toseland Tech 3 Yamaha, Dani Pedrosa Honda Repsol, Nicky Hayden Ducati Marlboro, Yuki Takahashi Scot14. Sete Gibernau Hernando Ducati, Alex de Angelis Gresini Honda, Randy de Puniet LCR Honda, Mika Kallio Pramac Ducati, Niccolo Canepa Pramac Ducati

Lap pertama: Start yang baik dilalukan oleh Rossi sebagai pemegang posisi pole, sementara itu rivalnya Casey Stoner berada di urutan kedua tampak ‘terlambat start’ sehingga ia tampak kesulitan melesat karena lintasan balap sudah keburu rame. Beberapa pembalap start dari dibelakang Stoner, tiba-tiba sudah berada didepannya, termasuk Dani Pedrosa yang start dari urutan ke-11 mendadak ia sudah ada di bagian paling depan.

Terlihat beberapa pembalap memasuki putaran pertama sudah berada di depan Stoner, yaitu Valentino Rossi Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo Fiat Yamaha, Loris Capirossi Rizla Suzuki, Andrea Dovizioso Honda Repsol, Marco Melandri Hayate Kawasaki, dan Dani Pedrosa Honda Repsol.

motegi-motogp09-lorenzoLap kedua: Empat pembalap di depan berhasil menjaga jarak dengan pembalap lainnya, yaitu Valentino Rossi Yamaha, Dani Pedrosa Honda, Jorge Lorenzo Yamaha dan Andrea Dovizioso Honda. Pada bagian ini terasa aura panas diantara dua pabrikan Jepang, Yamaha dan Honda.

Lap ketiga: Lorenzo mampu mengejar dan menyalip Dovizioso dengan manuver yang berani disebuah tikungan. Situasi di bagian belakang, ada musibah dialami oleh Nicky Hayden Ducati karena jatuh ditabrak dari belakang oleh pembalap Yuki Takahashi Honda. Nicky Hayden tampak emosional karena ia tak dapat menyelesaikan balapan untuk 24 putaran.

Lap ke-empat dan ke-lima: Jarak antara para pembalap mulai saling berjauhan. Posisi terdepan masih dipimpin oleh The Doctor Valentino Rossi Yamaha sebagai pemegang juara dunia. Ia melesat jauh meninggalkan Jorge Lorenzo rekan satu tim Yamaha, kemudian dibelakanganya ada Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso ke-duanya dari Honda, serta urutan ke-lima Casey Stoner Ducati.

Pada lap ke-lima musibah terjadi pada pembalap Toni Elias dari Honda Gresini, ia melintir dan terjatuh, tapi ia berusaha bangkit dan mengikuti balapan lagi.

Lap ke-tujuh: Jarak Lorenzo dengan Rossi semakin dekat. Ia mulai menekan Rossi. Akankah Lorenzo bisa menyalip Rossi untuk berada di urutan pertama? Apakah sesama satu tim akan saling bersaing ketat?

Lap ke-delapan: Lorenzo terus menempel ketat pembalap Rossi dan satu kesempatan tikungan bisa dimanfaatkan oleh Lorenzo menyalip Rossi, namun Rossi menyalip Lorenzo lagi. Sempat tegang karena mereka berdua adalah satu tim dari Yamaha. Jika mereka berdua bersenggolan dan terjatuh maka keberuntungan ada di pihak Honda yang sudah berada di urutan ke-tiga dan ke-empat.

motegi-motogp-lorenzo_02Tapi akhirnya tekanan Lorenzo membuat Rossi melemah, Lorenzo kembali menyalip Rossi dan mengambil alih posisi urutan pertama sampai ia di garis finish.

Lap ke-sembilan sampai lap ke-11: Tidak ada perubahan yang signifikan, kecuali lima pembalap di depan saling berusaha untuk mendapat urutan yang lebih bail lagi. Posisi terdepan pembalap masih di isi oleh Lorenzo, Rossi, Pedrosa, Dovizioso, dan Stoner.

Lap ke-12: Dovizioso dengan Honda sebagai pembalap yang diunggulkan oleh HRC melaju pesat menempel ketat rekan satu tim-nya sendiri, Dani Pedrosa dengan jarak terpaut 0.2 detik. Sementara itu jarak Dovizioso dengan Stoner di urutan ke-lima terpaut 2 detik lebih.

Lap ke-13: Sete Genernau dari Hernando Ducati apes lagi. Ia pun terpaksa harus mencium lintasan balap dan masuk gravel. Jadi ingat ulah pembalap veteran ini dikala balapan MotoGP beberapa tahun yang lalu, kalau tidak jatuh, ya mogok. Itulah sifat Gebernau yang sempat bergabung dengan Ducati Marlboro 3 atau 4 tahun yang lalu. Mungkin karena ia sudah gaek (tua).

Lap ke-14 dan 15: Jarak antara Rossi dengan Casey Stoner terpaut 3-4 detik. Semula diharapkan kedua pembalap ini akan bersaing ketat, saling menyalip, tapi nyatanya Rossi sudah sulit dikejar oleh Stoner dengan jarak 3 detik dan sisa balapan tinggal 10 lap lagi.

Lap ke-16: Pedrosa mulai menempel ketat Rossi dengan jarak 0.399 detik dan semakin dekat lagi hingga 0.2 detik.

Lap ke-17 dan 18: Inilah klimaks perseteruan antara Yamaha dengan Honda yang berlangsung di kandang sendiri. Yamaha dan Honda tampaknya ingin unjuk gigi bikin senang CEO dan publik Jepang bahwa kedua motor ini memang bisa diandalkan. Terjadi salip menyalip antara Pedrosa dan Rossi untuk merebut posisi ke-dua.

motegi-motogp09-lorenzo_02Beberapa kali salip menyalip terjadi ditikungan bikin semua penonton tadi tegang, apakah Rossi bisa ditinggalkan oleh Pedrosa? Tapi apa yang terjadi? Rossi terus mengambil alih posisi dengan menyalip lagi Pedrosa. Terkesan Rossi betul-betul tak mau menyerah, tak memberi kesempatan, berjuang keras, tak ada ruang, tak ada celah sehingga tekanan Pedrosa akhirnya melemah dan kembali ke posisi ke-tiga. Balapan yang seru!

Lap ke-19: Lima pembalap paling depan kembali pada posisi semula, antara lain. Lorenzo, Rossi, Pedrosa, dan Dovizioso yang makin lama makin didekati oleh Stoner.

Lap ke-20 dan 21: Jarak Stoner Ducati mendekati Dovizioso Honda makin dekat, terpaut 1.2 detik, kemudian bergerak menjadi 0.9 detik.

Lap ke-22: Stoner akhirnya bisa menyalip Dovizioso masuk dalam urutan ke-empat. Balapan menyisakan dua putaran lagi. Akankah Stoner mampu mengejar Pedrosa dan Rossi? Sementara itu jarak Lorenzo dengan Rossi sudah terpaut 1.332 detik.

Lap ke-23: Jarak Lorenzo dengan Rossi terpaut 1.277 detik.

Balapan tinggal satu lap dan ke-lima pembalap paling depan hanya bertahan agar sampai di finish.

Yamaha semakin didepan! Bagaimanapun juga Honda lebih unggul! Pas banget!!!

01.  Jorge Lorenzo     Yamaha           43m47.238s
02.  Valentino Rossi   Yamaha           +   1.304s
03.  Dani Pedrosa      Honda            +   3.763s
04.  Casey Stoner      Ducati           +   5.691s
05.  Andrea Dovizioso  Honda            +   9.207s
06.  Marco Melandri    Hayate Kawasaki  +  30.555s
07.  Loris Capirossi   Suzuki           +  32.756s
08.  Mika Kallio       Pramac Ducati    +  39.416s
09.  James Toseland    Tech 3 Yamaha    +  43.106s
10.  Chris Vermeulen   Suzuki           +  43.245s
11.  Randy de Puniet   LCR Honda        +  44.834s
12.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha    +  46.540s
13.  Alex de Angelis   Gresini Honda    +  53.525s
14.  Niccolo Canepa    Pramac Ducati    +1m21.804s
15.  Toni Elias        Gresini Honda    +    1 lap
Tidak finish:
Sete Gibernau     Hernando Ducati   13
Nicky Hayden      Ducati            0
Yuki Takahashi    Scot Honda        0
Categories: REPORT
  1. SkywaveR
    April 27, 2009 at 3:24 am

    Pertama..
    Lha suzuki mana ya?

  2. arie slight
    April 27, 2009 at 4:46 pm

    wow, lengkap bos…
    btw, pedrosa bukannya yang dioperasi dengkulnya? tangannya kena juga ya? kasian yah… tapi pedrosa di jerez bakal menang..abis ganteng sih hehehe(gaya cewe abg mode:on)

  3. udit
    May 1, 2009 at 4:15 pm

    kacian si dovi…dah lumayan lama di posisi 4 eh dsalip stoner jg.apa dovi g nyaman ma motornya y coz ktanya honda itu adalah pedrosa???

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: