Home > REPORT > Senin Subuh Yang Apes Nungguin MotoGP!

Senin Subuh Yang Apes Nungguin MotoGP!


hujan4Jakarta, 13 April 2009. Apes! Itulah kata yang tepat untuk warga Indonesia penggemar MotoGP yang lagi menantikan ajang siaran langsung balapan dari sirkuit Losail, QATAR pada jam 3.00 subuh tadi pagi (Senin, 13/4/09).

Kenapa apes?

Balapan MotoGP yang ditunggu-tunggu akhirnya harus ditunda hingga Senin malam pukul 09.00 (waktu setempat) atau pukul 02.00 WIB (Selasa pagi). Semoga saja Trans 7 masih mau kasih jatah waktu untuk siaran langsung balapan MotoGP.

Ironisnya, ketika pembalap MotoGP lagi siap-siap mengambil posisi start menunggu lampu hijau, eh malah papan petunjuk “Start Delay” yang muncul di hadapan pembalap. Selidik punya selidik hujan pun turun dengan derasnya, berbarengan dengan tiupan angin kencang, dan sambaran petir di Doha tepatnya di lokasi sirkuit Losail Qatar. Begitulah suasana alam yang tidak bersahabat tampak jelas melalui  siaran langsung ESPN tadi subuh pukul 03.00 WIB.

“Ya gimana gak apes.. gw dah bangun cuma bela-belain nonton MotoGP jam tiga subuh, bahkan gw dah siapin camilan, eh tauknya balapan malah dimundurin hingga Senin siang (waktu setempat),” ujar rekan kerja tadi pagi.

Carmelo Ezpeleta, Boss of MotoGP organiser Dorna, menguraikan bahwa cuaca yang terjadi di saat pembukaan balapan MotoGP di Qatar menyebabkan penundaan balapan sebagai suatu hal yang “extraordinary”.

hujan1Kilatan petir disekitar sirkuit Losail dan lapangan terbuka arena balap MotoGP cukup mengerikan ketika formasi start pembalap MotoGP sudah terbentuk, dan akhirnya mau tak mau panitia segera mengangkat papan petunjuk “balapan ditunda” demi keselamatan pembalap.

Pada prinsipnya komite MotoGP sudah memiliki kesepakatan bahwa balapan malam hari tidak akan dilangsungkan jika kondisi sirkuit dalam keadaan hujan yang menyebabkan sirkuit menjadi basah dan banyak genangan air.

Doha, Qatar biasanya hanya memiliki waktu musin hujan hanya “delapan hari” dalam setahun, tapi apa yang terjadi, selama waktu tiga hari dari perkiraan musim hujan tersebut, ternyata hujan benar-benar kejadian di waktu balapan sirkuit. Ini artinya, agenda balapan di Qatar harus segera di-adjust dan di agendakan di luar angka delapan hari tersebut. Atau kalau perlu pakai Pawang from Indonesia..🙂

Akibat guyuran hujan, balapan kelas 125 CC hanya berlangsung 4 putaran yang pada akhirnya harus dikibarkan ‘Red Flag.’ Sedangkan balapan seri 250 CC cuma dikasih 13 putara saja. Yang seru cuma liatin pembalap yang pada berjatuhan, tapi secara keseluruhan balapan 125 CC dan 250 CC tidak begitu seru. Jadi, waktu melihat mereka para juara naik podium sebenarnya karena mereka pembalap beruntung karena hujan, dan itu bukan hasil balapan yang maksimal.

carmelo_ezpeletaAkibat penundaan sampai ke hari Senin, mau tak mau Carmelo Ezpeleta harus mengucapkan terima kasih kepada pihak pengelola Qatar Sporting karena di beri tenggang waktu tambahan untuk ajang balapan MotoGP.

Sebenarnya ini kan harus ada ongkos sewa tambahan.. ini sih katanya orang bisnis kalo lagi bicara sewa tempat..🙂

“Masalah penundaan harus bisa diterima secara mayoritas oleh semua tim dan pembalap. Keputusan yang extraordinary memang karena situasi dan kondisi yang juga bersifat extraordinary,” jelas Ezpeleta.

Claude Denis, President FIM mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada pertanyaan yang harus dikemukakan untuk mencoba-coba balapan dikala hujan dan malam hari.

“Ini untuk alasan keamanan, balapan tidak mungkin dilaksanakan pada malam hari yang diguyur hujan, hal ini karena banyak hal yang akan membahayakan bagi para pembalap itu sendiri” ujarnya. “Keputusan ini sebenarnya telah disepakati dan telah diambil bersama sejak beberapa tahun silam ketika balapan malam hari diputuskan di sirkuit Losail Qatar”, tegasnya lagi.

hujan3Apa komentar Valentino Rossi?

Rossi bilang, situasi balapan huajn seperti menjadi pelajaran bagi pengelola balapan harusnya mereka mampu mempertimbangkan jalannya balapan dengan keadaan cuaca  khususnya hujan di malam hari.

“Sebenarnya, mereka (panitia) ingin membuat balapan malam hari di Sepang juga, bisa jadi ini sebuah ide yang tidak sehat,” ungkap sang juara The World Champion.

“Menurut pemikiran saya, kita harus balapan selama siang hari tadi. Jika kita balapan pukul 2.00 siang tadi, itu akan lebih baik,” ujar Rossi dengan nada kesal.

“Hujan disini benar-benar sangat aneh,” kata Rossi lagi.

“Bagaimanapun, kalau kamu mau balapan pada malam hari, maka disitulah resiko-nya. Ini bener-bener memalukan, karena sudah 6 bulan tidak ada balapan, musim dingin sudah lewat, testing sudah selesai, mencoba segala sesuatunya sudah tuntas, eh tiba-tiba saya masuk dalam situasi yang aneh. Jika balapan in dibatalkan, dan Hungaria juga ikut dibatalkan, maka balapan cuma menyisakan 16 sirkuit. Kami disini ingin balapan, tapi apa yang kamu bisa buat?” ungkap Rossi sebagaimana dikutip dari Autosport.com

Sabar Rossi.. yuk kita liat aja balapan pada Selasa subuh pukul 02.00 WIB.

The End.

Categories: REPORT
  1. bayugunanjar
    April 13, 2009 at 5:17 pm

    oom steph.. dah ada kabar belum dari trans 7 untuk menyiarkan balapan motogp?

  2. yudi
    April 14, 2009 at 12:31 pm

    udah bos tadi pagi jam 1 pagi, stoner menang rosi kedua, lorenxo ketiga. klo menurut ane sih kurang seru balapnya jauh2an antara stoner ma rosi n lorenzo

  3. ole
    April 14, 2009 at 4:47 pm

    yuph krg seru.ga ada yang menegangkan!!!heeeeeeeeee

  4. ega972
    July 6, 2009 at 2:26 am

    Apeesss bener… baru dapet kesempatan nonton motogp lombanya diundur…😦 payah bener dah…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: