Home > REPORT > MotoGP 2009: Pro/Kontra Regulasi Satu Merek Ban

MotoGP 2009: Pro/Kontra Regulasi Satu Merek Ban


banmotogp-2Jakarta, 12April 2009. Apa yang menjadi masalah utama pada musim balap MotoGP 2009?

Salah satunya adalah masalah ban yang boleh dipakai hanya  satu merek saja, BRIDGESTONE.

Suka atau tidak suka, semua pembalap MotoGP 2009 mutlak harus pakai merek BRIDGESTONE.

Di tahun silam MICHELIN masih menjadi pemasok ban buat beberapa tim unggulan, sebut saja Tim Yamaha dan Tim Honda Repsol dulunya sangat kental dengan ban MICHELIN .

Masih ingat balapan MotoGP tahun 2007? Ketika itu Valentino Rossi masih pakai ban merek MICHELIN dan beberapa kali ia keteteran oleh pembalap Casey Stoner Tim Ducati yang pakai BRIDGESTONE. Pada saat Rossi diwawancara seringkali ia mengungkapkan rasa kecewanya dikarenakan performance ban MICHELIN.

Balapan tahun 2008, Rossi pun ngotot minta pakai BRIDGESTONE, sementara rekan satu tim-nya Jorge Lorenzo masih dipertahankan dengan MICHELIN.

Hasil akhir balapan di tahun 2008, Rossi pun bisa membuktikan ia sebagai “The World Championship MotoGP 2008”, tentunya ini tak lepas dari skill balap-nya dan juga performa ban BRIDGESTONE.

banmotogp-4

ATURAN BARU BAN MOTOGP 2009

Memasuki musim balap dari tahun ketahun selalu ada saja hal yang baru. Mungkin ini biar gak bikin bosen ya.

Nah, memasuki musim kompetisi MotoGP 2009 diikuti pula dengan regulasi baru, yaitu mengenai pemakaian ban tunggal dari merek BRIDGESTONE.

Kenapa harus BRIDGESTONE? Rupanya bulan Oktober 2008 silam, ketika FIM dan DORNA sebagai pihak pengelola yang berwenang di kancah balapan MotoGP telah mengundang para pemasok ban untuk MotoGP 2009, dan hanya BRIDGESTONE yang sanggup men-suply ban sesuai dengan ketentuan yang diminta panitia.

Para pejabat FIM (Federation International Motocrycle) dan DORNA  yang dikenal doyan menyedot uang sponsor, telah menyepakati beberapa butir aturan baru balapan MotoGP. “Mulai balapan MotoGP tahun 2009 ini tidak akan ada lagi “perang merek ban”, demikian  ungkapan CEO Dorna (organisasi pelaksana MotoGP), Carmelo Ezpeleta.

banmotogp-6KESELAMATAN DAN HEMAT BIAYA?

Alasannya bahwa hal ini semata-mata demi meningkatkan “keselamatan dan menghemat biaya pengeluaran” di MotoGP. Alasan lain, untuk mengurangi kecepatan motor. Komisi Grand Prix memastikan, balapan MotoGP juga mengikuti aturan balapan F1 yang mana tahun 2009 hanya memakai ban dari satu merek, BRIDGESTONE.

Tapi, rasanya sih alasan diatas mustahil jika pemakaian satu merek ban hanya bertujuan untuk mengurangi biaya, apalagi menjadi masalah keselamatan dan juga dapat mengurangi kecepatan. Namanya juga balapan,  seharusnya pembalap kan bisa lebih cepat dan bisa finish duluan. Tentu saja ban yang  dipilih harus ber kualitas, disamping itu juga pertimbangan aspek lainnya yang membawa pembalap jadi juara.

Harus diakui di ajang balapan tahun silam pembalap yang pakai MICHELIN lebih banyak tertinggal oleh pembalap BRIGESTONE. Akibatnya, ada tuntutan dari pembalap MICHELIN agar pabrikan ban yang bermarkas di Perancis itu harus bekerja extra keras dengan waktu singkat. Disinilah aspek biaya menjadi hal utama, artinya ada kerjaan harus ada uang. Ketika balapan berlangsung dimana MICHELIN merasa ketinggalan, maka MICHELIN dituntut harus kerja lebih keras lagi, ujung-ujungnya MICHELIN kewalahan.

banmotogp-3BRIDGESTONE DI KANCAH MOTO GP

BRIGESTONE adalah pabrik asal Jepang telah hadir di MotoGP sejak tahun 2002. Pada musim balap di tahun 2009-2011 ban merek BRIDGESTONE akan dipakai oleh semua pembalap MotoGP. Sesuai janjinya, pihak BRIDGESTONE akan memberi persaingan yang fair (adil) kepada semua tim, demikian pula masalah performa dan kualitas ban yang akan diberikan untuk setiap sirkuit adalah sama.

Mau tau aturan main penggunaan ban MotoGP 2009?

Jangan heran balapan MotoGP 2009 memang benar menuntut pabrikan pemasok ban harus kuat dalam hal suplai ban untuk masing-masing tim. Silahkan pelajari sendiri aturan main yang berlaku dibawah ini:

Setiap pembalap mendapat jatah maksimum 20 unit ban slick (kering) dengan 2 spesifikasi berbeda (A dan B) selama sesi latihan, pemanasan dan lomba. Jumlah ban tersebut terdiri dari:

  • 4 ban depan spek A dan 4 B
  • 6 ban belakang spek A dan 6 B
  • Ban basah 8 unit, 4 depan dan 4 belakang semua spek standar.

Usai lomba para pembalap menjalani uji coba resmi sehari. Tiap pembalap dapat jatah:

  • 8 ban, 4 depan (2 A + 2 B) dan 4 belakang (2 A + 2 B)
  • Tipe basah 4 unit, 2 depan dan 2 belakang spek standar

Selama uji coba musim dingin (2 hari atau lebih), pembalap maksimum pakai 8 ban slick di hari pertama, yaitu:

  • 2 spek A dan 2 B ban depan
  • 2 spek A dan 2 B ban belakang

Setiap tambahan hari latihan, maksimum 6 ban slick:

  • 3 ban depan dari dua spek A dan B
  • 3 ban belakang dari dua spek A dan B

Sedangkan ban basah untuk latihan 2 hari atau lebih, maksimum 4 ban tiap hari atau total maksimum mencapai 8 unit, yaitu:

  • 4 ban depan (maksimum 2 per hari) spek standar
  • 4 ban belakang (maksimum 2 per hari)  spek standar

Pertanyaan:

  • Menjadi serukah balapan MotoGP dengan satu merek ban?
  • Masih adakah komentar-komentar pembalap karena masalah ban?
  • Sipakah yang pro dan kontra MotoGP dengan satu merek ban?

Ya, kita liat saja balapan MotoGP 2009 secara menyuluruh.

DAFTAR TEAM MOTOGP 2009

banmotogp-5

The End.

Categories: REPORT
  1. kuro22id
    April 13, 2009 at 7:10 pm

    Bro stephen, spek a atau spek b itu apa?

  2. yudi
    April 14, 2009 at 12:51 pm

    pantesan harga battlax sekarang mahal banget, dipake biayain balap se..

  3. April 15, 2009 at 10:42 am

    ini baru Single Tyre Regulation . . . Nanti 2010 Moto 2 600 cc bakal ada pertauran Single Engine Regulation bro . . . bakal banyak lagi dah pro – kontranya . . . betul begitu bang stephen😀

    http://ninja250r.wordpress.com/2009/04/13/2010-moto-2-tak-ubahnya-one-make-race/

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: