Home > REPORT > Motor Superbike Ducati 1198S Siap Masuk Indonesia!

Motor Superbike Ducati 1198S Siap Masuk Indonesia!


2009-ducati-1198s-31Jakarta 6 April 2009. Bicara soal motor merek Ducati di negara Eropa maupun USA, rasanya sudah biasa. Jika Anda rajin browsing internet, produk terbaru tahun 2009 dari pabrik asal Italy yang memproduksi Ducati 1198S (abangnya Ducati 1098S) sudah beredar kemana-mana.

Tapi yang menarik justru buat negara Indonesia, walaupun motor Ducati asal Italy ini dibanderol dengan harga ratusan juta diatas US$25,000 tetap saja ada yang beli.

Menurut info yang dapat dipercaya, motor baru Superbike DUCATI seri 1198S bakal masuk Indonesia dalam waktu dekat, April 2009. Motor ini bakal ikut meramaikan pasar motor kelas sport atau superbike dengan kapasitas mesin diatas 1,000 cc.

Nah, biasanya sih setiap motor baru Ducati yang masuk ke Indonesia, sudah ada pemesannya melalui Authorized Dealer Ducati yaitu PT Supermoto Indonesia. Artinya, sudah ada pembeli yang sudah melakukan “sales oder”, serta membayar DP alias uang muka.

Jadi jangan heran, kalau di Indonesia pada jaman ini banyak beredar motor kelas sport sekelas Ducati, karena peminatnya memang ada. Biar kata cuma sedikit, tetapi tetap saja ada yang beli.

Buktinya, lihat saja motor balap replika MotoGP Ducati Desmocedici seharga 1.5 M sudah ada yang pakai di Indonesia (profil motor lihat di sini).

Selain merek Ducati, ada juga motor sport Aprilia yang konon sudah hadir di Indonesia melalui IU (baca artikel di sini).

bay-21Review Ducati 1198S

Menyonsong kehadiran motor ini, tak ada salahnya kalau kita review dulu. Konon motor ini memiliki kelebihan dibandingkan seri terhadulu yaitu seri 1098S.

Salah kelebihan adalah adanya perangkat DTC Active.

Ini adalah teknologi dari Ducati yang disebut dengan “Ducati Traction Control” yang khusus digunakan pada motor produksi masal selain Ducati Desmosedici RR dan Ducati 1098R.

Kelebihan lainnya adalah bobot yang lebih ringan dari seri 1098S, terpaut 3 kg dan tentunya kapasitas motor yang lebih besar. Yang terdahulu cuma 1099cc dan yang motor baru ini 1198.4 cc. Kenapa Ducati tidak sekalian bikin motor sampai 1,200 CC?

Power mesin yang dihasilkan dari “Ducati Testastretta Evoluzione L-Twin Powerplant” memiliki power lebih besar.  Jika seri terdahulu “cuma” menghasilkan 160Hp, maka sekarang motor baru 1198S sudah naik menjadi 170hp.

Kalau dengar cerita yang sudah pernah naik naik 1098S, konon bikersnya bisa merinding, nah apalagi kalau mau jajal seri 1198S? Tauk ah gelap..🙂

Speksifikasi & Perbadingan antara 1098S dan 1198S

comaparison-1198s-vs-1098s

1198-10Ducati Traction Control

Informasi yang diambil langsung dari blog DDOCI (Ducati Desmo Owners Club Indonesia), dijelaskan bahwa DTC ini mirip dengan fasilitas traction kontrol (pengatur traksi) yang ada di mobil sport atau mobil Eropa.

Fasilitas traction control untuk mobil sport dikenal dengan nama ASR (Anti Slip Recovery System), namun bedanya pada mobil fitur ini digunakan untuk menghindari mobil mengalami slip maupun tergelincir saat melintasi jalanan licin karena melindas lapisan es maupun tanah liat bahkan oli.

Tetapi pada Ducati Superbike 1198S ini, perangkat DTC tersebut berfungsi membalans sekaligus mensinkronisasi kecepatan rotasi pada ban depan vs belakang. Dalam hal ini DTC dapat di stel pada 8 tingkat intervensi, dimana pada level terendah maka tingkat Intervensi DTC sangat minim.

Umumnya pilihan ini digunakan oleh pembalap ”beneran” sehingga efek real wheel steering bisa dimaksimalkan dan meminimalkan resiko kehilangan grip pada ban belakang. Sedangkan level 8 atau yang paling tinggi intervensi DTC sangat kentara, opsi ini digunakan untuk melibas lintasan licin dan basah baik di sirkuit maupun jalan raya. Cocok digunakan oleh para “pembalap” untuk mempercepat timing sekaligus menghindari hi-side crash!

baylissPertanyaan: Apa iya pembalap masih sempat nyetel-nyetel alat DTC dalam kecepatan 200 s/d 300km per jam? Apalagi dalam kondisi motor sudah melayang. Weleh.. kalau saya mah langsung ngerem aja dulu..🙂

Berapa sih harga Ducati 1198S dalam rupiah?

Yup, kita tunggu aja kehadirannya. Ini bukan gosip lagi, tapi fakta motor ini bakal masuk Indonesia dalam waktu dekat.

duc-1098

Categories: REPORT
  1. arie slight
    April 6, 2009 at 8:30 pm

    kalo kata pembalap profesional, kalo sampe liat oli di tengah lintasan, maka kedipan mata berikutnya motor n jokinya sudah menikmati aspal… pake DTC manjur ga ya lawan oli? ayo, ditest dong ducatinya nginjek oli hehe……piss ah.. kabuurrr…

  2. Nug
    April 7, 2009 at 9:48 am

    1198s ya..? Wah.. udah ada reviewnya yah..? Hm,, jadi pengen…🙂

  3. April 7, 2009 at 5:43 pm

    ASN emang suka pura2 nih.. hehehe..🙂

  4. piss rider
    April 8, 2009 at 8:46 am

    wah,.. bentar lg kredit supraX125 lunas neh, jd mau???
    Ducati dikreditin jg ga ya? hehehe……

  5. Nug
    April 14, 2009 at 7:00 pm

    @Piss rider
    Beli Ducati juga bisa kredit Bro. Tapi Tentu harganya gak bisa dibandingin sama Supra X 125🙂

  6. esafri
    April 20, 2009 at 9:19 am

    AKHIR NYA TUHAN HIJABAH DOA SAYA “”HIDUP BIKER INDONESIA”” HELLO BRO BOLEH TAU BRAPA HARGANYA? AND GIMANA CARA KREDIT NYA?…. TANKS BRO HIDUP DUCATI

  7. ARTHUR
    April 21, 2009 at 11:23 pm

    yaaah asal pajak ma harga dapat dijangkau aza izinnya juga

  8. teddy
    April 29, 2009 at 6:37 am

    wah. didukung lah… tapi harganya giman yah ??? terjangkau gak… ditunggu lah

  9. Zee
    May 6, 2009 at 9:07 am

    yah klo Harga ducati sebanding dengan megapro….

    Q milih megapro ja,Cz Ducati di indonesia percuma….
    Ga bsa ngebut,dah gitu lagi krisis global gini mendingan ngirit BBM………

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: