Home > REPORT > Sekilas Teknologi PGM-FI: Honda Supra X-125R

Sekilas Teknologi PGM-FI: Honda Supra X-125R


honda-supra-x-125-pgm-fi1Apa kabar motor Honda Supra X-125 Tipe PGM-FI?

Konon motor ini tampaknya belum disukai oleh pasar Indonesia jika dibandingkan dengan motor lainnya keluaran PT Astra Honda Motor (AHM)?

Kalau begitu, apakah ini karena harga motornya Rp.16,100,000 yang belum terjangkau? Atau karena performa motor yang kurang? Apakah informasi tentang teknologi sistem PGM-FI belum dipahami oleh masyarakat kita? Atau, karena begitu kuatnya persaingan penjualan motor?

Entahlah. Yang saya ketahui tentang sistem PGM-FI adalah sistem bahan bakar di motor yang sudah menggunakan teknologi kontrol secara elektronik, yang mampu memasok bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap kendaraan. Mohon koreksi jika ini salah.

Informasi dari literature yang ada, dikatakan jika Honda adalah pelopor dalam penerapan sistem PGM-Fl sepeda motor di Indonesia dan sistem ini telah diaplikasikan pada jenis motor Honda keluaraan PT AHM, yaitu Honda Supra X 125 R PGM-FI.

Informasi lain yang dikutip dari teknologi Honda yang bertajuk ”The newly developed PGM-FI (electronic fuel injection) system for small motorcycles” menjelaskan sebagai berikut:

supra-x-125-pgm-fi1The development of an ECU-integrated throttle body module for an electronic fuel injection system for small motorcycles

Honda has a goal to reduce the total emissions of HC (hydro-carbon) from new vehicles to approximately 1/3 and to further improve the average fuel economy by approximately 30% (both from 1995) by the year 2005. To realize the goal, we at Asaka R&D Center considered that the small motorcycles used in many countries in the world should be improved further for clean exhaust gas and low fuel consumption. Accordingly, we have started development of the PGM-FI system for small motorcycles with engines of 125cc or smaller, including air-cooled engines.

To ensure clean exhaust gas and high fuel economy, the control of combustion through an accurate fuel supply is a must. As the conventional FI system (electronic fuel injection system) applied to motorcycles is bulky and costly, its application has been mostly in large motorcycles using multi-cylinder engines. In the newly developed PGM-FI, in order to apply to small displacement models, the obstacles have been eliminated by fully using Honda\’s techniques to down-size components as well as making maximum use of the FI techniques attained from the large motorcycles. The compact PGM-FI offers new benefits such as the reduction of released environmentally detrimental substances and the improvement of driveablity, economy, etc.

PGM-FI is a registered trademark of Honda Motor Co., Ltd.

Aplikasi PGM-FI Di Motor Honda

Berdasarkan keterangan tersebut, jika PGM-FI di terapkan pada motor Honda, maka motor akan mempunyai peforma yang ramah lingkungan yang tinggi, irit bahan bakar namun tetap tidak mengurangi performa motor, karena perbandingan antara suplai bahan bakar dan udara serta pengapian di kontrol melalui sensor elektronik.

Pada intinya motor Honda Supra X-125 PGM-FI jadi lebih enak dari motor lain, biker-nya akan mendapatkan sensasi riding yang menyenangkan, aman, nyaman, ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Itulah beberapa yang bakal di dapatkan jika memiliki motor dengan teknologi PGM-FI.

Kurang lebih ada 3 sistem yang sangat menonjol dam berpengaruh ketika teknologi PGM-FI diaplikasikan, yaitu:

  1. Sistem Bahan Bakar: Yaitu fuel pump akan bertugas mengalirkan bensin dari tangki hingga injektor dengan sempurna.
  2. Sistem Induksi Udara: Yaitu jumlah udara yang dihisap masuk ke dalam silinder melewati sensor bisa diukur kevakumannya sebagai patokan jumlah bensin yang akan diinjeksikan.
  3. Sistem PGM-FI memberikan kelebihan, yaitu mengurangi emisi gas buang, lebih hemat dalam pemakaian BBM, memberikan tarikan motor lebih responsif, mesin dengan mudah dihidupkan pada kondisi apapun (cuaca dingin pegunungan sekalipun), idle tidak terpengaruh pada ketinggian suatu daerah (pegunungan), dan memberikan kemudahan dalam perawatan secara berkala.

honda-rcv-motogpSejarah Teknologi Honda

Pabrikan Honda sebenarnya telah mengembangkan teknologi Fuel Injection lebih dari 20 tahun. Di tahun 1982 Honda yang pertama kali memperkenalkan model Honda CX-500 TURBO yang merupakan sepeda motor pertama di dunia yang menggunakan teknologi Fuel Injection. Motor Honda Model CX-500 Turbo bisa jadi sepeda motor yang memiliki akselerasi yang lebih baik dari pada model CB-900F, dan ini karena efisiensi bahan bakar yang lebih baik dari model CX500 yang menjadi platform dari Honda CX-500 TURBO

Dimulai tahun 1993, Honda mulai mencoba teknologi baru untuk motor balapnya yang bergengsi di kategori GP500 dengan teknologi Fuel Injection. Belakangan motor Honda di kelas MotoGP yang dikenal dengan jenis RC211V mampu menghasilkan tenaga yang luar biasa yang dikontrol oleh teknologi PGM-FI. Hal ini menunjukkan bahwa performa PGM-FI yang luar biasa dapat diterapkan pada motor balap.

supra-x-125-pgm-fi_11Honda Supra X 125 R PGM-FI

Inilah motor Honda yang pertama kali dihadirkan dan satu-satunya motor bebek injection di Indonesia yang sudah memakai teknlogi PGM-FI.

Motor Honda Supra X 125 R PGM-FI memiliki kombinasi dengan desain bergaya sportif, atraktif dan mewah menjadikannya tampil makin terdepan. Jika Anda sedang menimbang-nimbang ingin membeli motor masa depan, memiliki teknologi terbaru, dan ramah lingkungan mungkin motor Honda ini bisa menjadi pertimbangan Anda. Pilihan tentang motor akhirnya berada ditangan Anda sendiri.

Ketika penulis ikut acara “AHM Open House Get Insight With Blogger” pada bulan Februari yang silam, sayang sekali motor ini tidak ikut dihadirkan dalam sesi Test Riding.

Jadi, penulis tidak bisa merasakan langsung bagaimana perbedaan dan performanya. Mudah-mudahan ada undangan khusus dari PT AHM untuk melakukan test-riding Honda Supra X 125 R PGM-FI. Ngarep mode set-on..🙂

SPESIFIKASI Honda Supra X 125 R PGM-FI

DIMENSI DAN BERAT

  • Panjang x lebar : 1.889 x 702 x 1.094 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.242 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 136 mm
  • Berat kosong : 107 Kg

RANGKA

  • Tipe rangka : Tulang punggung
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dan peredam kejut ganda
  • Ukuran ban depan : 70/90 – 17 38P
  • Ukuran ban belakang : 80/90 -17 44P
  • Rem depan : cakram hidrolik dengan piston ganda
  • Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal

KAPASITAS

  • Kapasitas tanki bahan bakar : 3,7 liter
  • Kapasitas minyak pelumas mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik
  • Gigi transmisi : 4 kecepatan rotari/bertautan tetap
  • Pola pengoperan gigi : N-1-2-3-4-N

MESIN

  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection (PGM-Fi)
  • Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, pendingin udara
  • Diameter x langkah : 52,4 x 57,9
  • Volume langkah : 124,8 cc
  • Perbandingan kompresi : 9,0:1
  • Daya maksimum : 9,18 PS / 7.500 rpm
  • Torsi maksimum : 0,99 kgf.m/5.000 rpm
  • Kopling : Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah
  • Starter : Pedal dan elektrik
  • Busi : ND U20Epr9 / NGK CPR6EA-9

KELISTRIKAN

  • Aki/battery : MF 12 V -3,5 Ah
  • System pengapian : fill transistorized

HARGA: Rp.16,100,000 OTR DKI Jakarta (per 31 Maret 2009)

Categories: REPORT
  1. petromaxx
    April 5, 2009 at 6:26 pm

    [img]http://i40.tinypic.com/wuhyix.jpg[/ img]

    Motor Bebek yg sebenarnya.. IMHO🙄:mrgreen:
    sekalian test bisa picture ga’ sih di comment itu..
    hiakakakakaa

  2. petromaxx
    April 5, 2009 at 6:27 pm

    BBcode ga mau coba code html satu lagi..

  3. petromaxx
    April 5, 2009 at 6:29 pm

    wah ga muntjul
    hiakakakaaaa… ya weis laghh,.

    btw hettrik..!! :blush:

  4. April 7, 2009 at 12:18 pm

    @steph
    bisa gak dipasang di Honda CB wuediyan?
    http://prado2.com/modif-cb-wuuediyannn-dari-nganjuk.htm

  5. piss rider
    April 8, 2009 at 8:41 am

    akhirnya BEBEK diliput juga,.. tengkyu ya Bro Stephen

    dulu sempet pengen beli yg begitu, tp berhubung masih langka
    (mahal pula), jd takut kalo napa2 djalan ga ada yg ngerti???

  6. Masked Rider
    April 8, 2009 at 12:35 pm

    “Inilah motor Honda yang pertama kali dihadirkan dan satu-satunya motor bebek injection di Indonesia yang sudah memakai teknlogi PGM-FI.”
    ===========================================================
    Shogun 125 injeksi gimana

  7. utenk
    April 9, 2009 at 10:23 am

    bagaimana kabar CBR 150 R nya om steph?

  8. April 10, 2009 at 7:23 pm

    @Utenk,
    belom ada kabar nih? AHM dengan KoBOI (komunitas blogger otomotif indonesia) boleh dibilang sudah akrab. Gw jamin mereka bakal kasih tau KoBOI kalau ada launching produk baru..🙂

  9. April 10, 2009 at 7:43 pm

    @piss rider,
    motor bebek kan motor juga, jadi bakal ikut meramaikan blog ini juga.. merek lain pasti bakal diliput juga..🙂

  10. Adbul Basor
    April 12, 2009 at 6:20 am

    Saya pengguna motor honda 125 PGM Fi, dan selama tiga tahun tidak ada keluhan. Tapi akhir-akhir ini sering mati bila ditenga-tengah perjalanan.Mohon sarannya

  11. allan jsl
    April 13, 2009 at 11:51 am

    pgn jga nih ngerasain supra PGM FI….

    beneran lebih Hmat BBM????

  12. April 15, 2009 at 8:39 pm

    @stephen langitan
    kapan nih KOBOI ada acara lagi? apa yang kemarin kontak sama Nugroho Adi?

  13. April 15, 2009 at 9:30 pm

    @giri, yup betul. tapi belum ada info lagi nih..

  14. Bambang
    May 1, 2009 at 12:36 am

    -Supra X 125 PGM-FI punya saya kok setelah dipakai 2 th ada trouble nggak mau stasioner? kalau di stel rendah malah mati tapi kalau di stel tinggi malah meloncat bila dimasukkan giginya, kan bahaya bosssssssss…….. apalagi yang pake wanita. masuk bengkel resmi udah bosen nggak ada hasilnya juga.
    -Honda CS 1 anak saya juga ada trouble, baru dipake 4534 km spedometernya malah nggak mau berfungsi padahal kan pake digital? kok kwalitasnya lebih jelek dibanding yang manual. masuk bengkel resmi jg sama aja,,,,,,, nggak ada hasil.
    mohon masukan biar saya tetap percaya sama kwalitas honda.

  15. aboe hasna
    May 1, 2009 at 11:15 pm

    salam kenal semua,
    gw pemakai honda PGM-F1, klo di selah ko ga bisa knp ya?
    padahal gw baru dua bulan pake… mohon bantuannya, thanks

  16. Andre
    May 8, 2009 at 2:43 pm

    Slm knl,gw jg pake Supra FI,hampir semua lampu gw gnti pake LED,kayak lampu sein kanan/kiri dpn blkang,lampu senja dpn,lampu rem,ama indikator posisi gigi,dan rncna mo gw tmbhin electrik2 lainya,kayak alarm,buka jok elektrik,dsb.pngaruh ga ma sistem FI nya?sama klo saringan knalpot di bobol gmn? Thanks boss

  17. Aar
    May 13, 2009 at 2:29 pm

    buat yang poenye pgm-fi kalo diatas 1 tahun baeknya cek nozle injectornya,, karna gue sering dapet konsumen ngeluh susah hidup dan sbgnya tapi ternyata injectornya yang bermasalah/mampet, u/ Cs1 yang mati speedometer ajukan aja claim garansinya ke AHAss ACS terdekat pasti dilayani ko,,,, Salam honda,,,

  18. May 27, 2009 at 10:31 am

    HSX 125 PGM FI kan banyak sekali sensornya tuh, gimana pas waktu banjir, apa gak ngaruh ke sensornya atau sudah ada pengamannya?/??? mohon penjelasannya?? tq

  19. 05_125
    June 4, 2009 at 10:17 pm

    Memang diakui oleh banyak pihak / individual bahwa kualitas produk2 AHM beberapa tahun ini mulai kurang baik, entah itu dari sisi body, kelistrikan dan mesin ( mengejar kuantitas produksi tapi mengenyampingkan kualitas )

  20. bedjo ponggawa
    June 18, 2009 at 11:26 pm

    hai sobat…jika anda2 semua kurang faham terhadap teknologi PGM-FI…janganlah berkomentar untuk menjatuhkan merek HONDA dong…,aq juga pake motor yang sama…tapi hingga saat ini aq tdk ada keluhan apa2 tuh…malah pengalaman aq nih…udah lakukan test drive sejauh 1267 km…malah SUPRA X125R PGM-FI itu nyata iritx dipacu juga tahan banting lho…BANDEL mesinx….dan pelumas oli yang q pake enduro 4 Tak 20/50 buatan PERTAMINA aja kok…thx regard.

  21. bedjo ponggawa
    June 18, 2009 at 11:39 pm

    kepada semua rekan yang pake SUPRA X125R PGM-FI…diwajibkan untuk mentaati aturan service yang ada pada buku panduan…dan jangan lupa bawalah selalu ke bengkel resmi HONDA…agar anda2 semuax mendapatkan layanan maximal dan tepat serta efisien….gitu lho…thx regard

  22. bedjo ponggawa
    June 18, 2009 at 11:54 pm

    jika sobat rajin untuk meng utak atik motorx…sudah pasti sangat salah kapra…karena SUPRA X125R PGM-FI itu…sudah sangat memenuhi standarnisasi keselamatan berkendara dari HONDA…,ntar sepeda motor anda itu pasti akan rusak total so juga nyesal… thx regard

  23. June 19, 2009 at 1:46 pm

    Bedjo, terima kasih untuk info testimonialnya.. semoga ini menjadi acuan bagi mereka penyuka Honda..

  24. July 1, 2009 at 4:24 am

    I found stephenlangitan.com very informative. The article is professionally written and I feel like the author knows the subject very well. stephenlangitan.com keep it that way.

  25. jowo
    July 8, 2009 at 1:09 am

    bwat mas bambang. aku juga pernah alami hal semacam itu. Kebetulan saya juga pengguna honda supra x 125 . Tapi beberapa kendala yang ada pada motor tersebut dapat diatasi, asalkan ada spare partnya. Saya juga pernah mengalami kendala2 tsb ,tapi untunglah dapat diatasi semuanya.

  26. dinda
    July 16, 2009 at 3:39 pm

    Halloooo Mas Stephen, besuo lagi kita, Dinda setuju dengan Mas Bedjo, Service harus bener-bener di Tempat Honda, karena kalau service di sembarang bengkel, Baut sepeda motor kita bisa hilang satu, lama-lama jadi habis dong, cape deh

  27. 125
    July 25, 2009 at 11:56 pm

    saya baru make honda supra x injeksi sekitar 3 bulan an..
    yang saya bingung, begitu kecepatan di 40 km/jam, speedometer pasti langsung geter dan bunyi kenceng banget, jadi mesti ganti gigi 3..
    di gigi 3, di kecepatan 60 km/jam geter lagi speedometernya, tapi kalo saya gas terus, masi geternya ilang, tapi bunyi lagi di keceptan 80 km/jam..
    kenap begitu ya ?? napasnya supra x injeksi kok pendek banget si ??
    mendingan make yang kaburatorr dehh..

  28. Cholid
    August 11, 2009 at 4:15 pm

    Motor PGM FI saya bermasalah. bengkel resmi kabupaten sampe kota cirebon engga mampu memperbaiki. Apa aku perlu bawa ke jepang. pantes aja banyak teman2 ku ga suka sama SUPRA X125 PGM FI.
    Mumet coooy.

  29. Suryanto
    August 18, 2009 at 3:35 pm

    Honda 125 PGM FI mantab gw pake warna coklat tampilan okkk mesin halus n irit
    yg mau beli motor gw rekomendasiin …honda 125 PGM FI ini.. ga nyesel dehh

  30. ferry
    August 27, 2009 at 4:29 pm

    masalahnya apa mas?

  31. ferry
    August 27, 2009 at 4:35 pm

    Kalau supra PGMFI memang standar putaran stationernya tidak sama dengan Supra karbu, jadi kalau distel pelan ya pasti mati, untuk mengatasi gigi loncat tinggal stel ulang koplingnya.

  32. September 19, 2009 at 2:27 pm

    aku mau beli ah…tapi duit ga nykupin…beli yang second aja ah…hahah
    bensin 1: beapa sich bro..penasaran…

  33. Kang Bejo
    October 7, 2009 at 4:16 pm

    Secara rencana mo jual Supra PGM ku yg masih 1600 KM.
    Kemudian ada beberapa part yang dibenahin dikit
    – benahin disk brake belakang,
    – ganti busi dengan tipe racing,
    – oli pake BM1,
    – tune up untuk jarak renggang klep di AHASS.
    Hasilnya tarikan enteeengg…..
    Ga jadi dijual dah……

    Ada lagi part yang masih bisa bikin ngaciiiir ga yah????

  1. June 22, 2009 at 8:47 am
  2. September 19, 2009 at 11:43 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: