Home > REPORT > Aprilia Bakal Hadir di Indonesia!

Aprilia Bakal Hadir di Indonesia!


aprilia_rs_125_1Artikel ini kutipan dari harian Kontan Selasa 17 Maret 2009. hal. 14. Penulis Ali Imron Hamid.

Tidak lama lagi, motor sport legendaris Aprilia dari Italia bakal masuk ke tanah air. Motor tersebut akan masuk pada awal bulan depan (2010).

Adalah PT Sentra Kreasi Niaga (SKN) yang akan memboyong motor sport itu ke Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, mereka akan membawa jenis motor sport dan superbike sekaligus. “Kami akan membawa Aprilia Sport RS 125 cc dan Aprilia RSV superbike 1000 cc,” kata Direktur PT SKN, Nugroho Tjandrakusuma, Senin 16/3 di Jakarta.

Pada awalnya mereka akan membawa sekitar lima unit Aprilia Sport RS 125 cc. Kemudian, pada Mei nanti, mereka akan menambah lagi jumlahnya menjadi 10 unit. Sedangkan untuk jenis superbike mereka siap memboyong sekitar lima unit. “Kami juga siap menerima order alias pesanan,” tandasnya.

Cuma kalau untuk pesanan, butuh waktu selama sekitar tiga bulan. Pasalnya motornya pun didatangkan dari Italia. Sudah begitu terkena pajak PpnBM sekitar 75% dan bea masuk hingga 50%. “Tapi kalau stoknya masih ada indennya cuma sebulan saja,” ujarnya.

aprilia-rs125-spains-no1-mSoal harga, jangan kaget. Motor yang pas dengan dompet orang kaya ini cukup membelalakkan mata. Harga yang dibanderol untuk Aprilia Sport RS 125 cc itu sekitar Rp 90 juta.

Sedangkan untuk jenis superbike-nya sekitar Rp 600 juta. “Makanya yang beli adalah mereka yang menyukai motor sport dan para pembalap di sini,” ujarnya.

Nah, guna menjamin kepuasan pemiliknya, maka PT SKN menjamin perawatan barang tersebut akan mudah. Pasalnya persediaan suku cadang kendaraannya sudah tersedia. Pun termasuk dengan teknisinya. Jadi kalau ada masalah tinggal datang ke showroom saja.

Secara umum pasar motor sport sangat kecil. Bisa dibilang besarnya pangsa pasarnya itu cuma sekitar 1% dari total market penjualan motor secara nasional. Bila tahun ini penjualan motor diperkirakan sekitar 4,5 juta unit, maka porsi motor sport itu berkisar 45.000 unit. Pemainnya itu biasanya adalah Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.

Sedangkan untuk pasar superbike tidak sampai 1%. Kebanyakan motor jenis ini dibawa masuk oleh importir umum. Makanya pemainnya pun bisa dihitung dengan jari seperti misalnya, Ducati dan BMW. Sisanya seperti Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki itu pun dibawa oleh importir umum lainnya. Makanya tidak ada kompetisi pasar di kelas superbike.

Aprilia akan menghadapi persaingan yang cukup ketat. Salah satu pesaingnya adalah Ducati.

Wakil Ketua DDOCI (Ducati Desmo Owner Club Indonesia) Jade Bunny bilang, tahun ini importir umum (IU) PT Supermoto Indonesia di Automall SCBD baru saja memasukkan dua varian Superbike yakni, Ducati Desmocedici RR seharga Rp.1.5 milliar dan Ducati Super 1098 R seharga Rp.550 juta.  Rencananya, April nanti bakal masuk varian baru Ducati 1198 R Superbike seharga Rp.600 juta.

“Di SIngapura sudah keluar bulan ini, kami baru kebagian April nanti,” ujar Jade Bunny.

Categories: REPORT
  1. Nug
    March 18, 2009 at 6:20 pm

    Ralat Bro, PT Supermoto Indonesia, bukan “Importir Umum” tapi “Authorized Dealer Ducati untuk Indonesia”. IU dan Authorized dealer gak sama Bro.🙂

  2. March 19, 2009 at 5:36 am

    Ya setuju dengan bro Nug. Yang namanya Importir Umum (IU), tidak sama dengan Dealer.

    Sekedar meluruskan, PT Supermoto Indonesia adalah AUTHORIZED DEALER DUCATI INDONESIA, bukan sebagai IU.

    Malah PT Supermoto Indonesia punya bengkel resmi DUCATI yang terletak di Bengkel Cafe SCBD. Jadi, sarana DUCATI sudah lengkap buat para pembeli/ pemilik Ducati di Indonesia.

    Kalau IU bengkelnya dimana ya?

    Btw, jadi kapan nih Ducati 1198 R Superbike hadir di Indonesia? Kasih tau ya..🙂

  3. March 19, 2009 at 10:14 pm

    SKN juga memasukan Gilera Fuoco 500..
    http://prado2.com/gilera-fuoco-500-sudah-di-indonesia.htm
    bagaimana kalo Aprilia atau Ducati membuat motor spek down? maksud saya tidak perlu kapasitas besar dengan performa buas.begitu pula komponennya cukup yang fungsional saja.misalnya membuat motor sport jenis naked bike dengan enjin 250 cc 4 tak dengan fitur suspensi depan teleskopik? Ini untuk menekan harga jual dan lebih terjangkau bagi bikers.terlebih lagi imagenya akan terangkat.coba perhatikan blunder Ducati yang hanya memperkecil kapasitas Monster menjadi 400 cc.produk ini tidak bisa diterima pasar karena fitur saudaranya masih ada membuat harga tetap mahal. Kalo mau nekan harga,jangan nanggung-nanggung.Tapi juga jangan mengurangi kualitas..
    meniru strategi bisnis motor Jepang gak ada salahnya..
    peace ah bro..

  4. piss rider
    March 25, 2009 at 5:05 pm

    wah….
    bebek aje kredit..

  5. mr kim
    April 25, 2009 at 1:07 pm

    I would like to order for ducati 1198 r, please be inform regarding the bottom price

  6. Edi
    May 3, 2009 at 7:03 am

    Kalo.. Aprilia Pegaso.. 660 cc sudah masuk Indonesia belum ya.. thx info nya.

  1. April 6, 2009 at 7:25 pm
  2. July 25, 2009 at 11:19 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: