Home > REPORT > fX Lifestyle X’nter @Photo Hunting!

fX Lifestyle X’nter @Photo Hunting!


img_0584Jakarta, 1 Maret 2009. Memilih lokasi foto sebenarnya sangat mudah.

Setiap orang dengan mudah menemukan objek foto. Coba saja perhatikan ruang disekitar kita, jika seksama maka ada puluhan objek foto yang bisa di-shoot (kalau mau).

Jika mau lebih banyak lagi, silahkan keluar rumah/gedung, maka objek foto yang tersedia akan lebih banyak lagi. Setidaknya di luar sana, ada ribuan objek yang bisa di tembak dengan berbagai jenis lensa kamera, tapi semua itu tergantung dari pada minat setiap orang.

Bagi seorang fotografer, inilah beberapa konsep fotografi yang sering dipilih, antara lain landscape, human interest/people, kids/children, arsitektur bangunan, interior/exterior design, sports, animals, adventures, diving, food, aerial (penerbangan), fashion, life-style, model dan lain-lain.

Setelah memilih konsepnya, maka fotografer harus mencari atau mendapatkan lokasi dan objek foto. Masalahnya, disini fotografer dituntut lebih kreatif dan dinamis bagaimana ia bisa menemukan objek dan lokasi yang tepat. Caranya?

img_0552Ya sudah tentu, seorang fotografer mau tak mau harus terus bergerak mencari objek foto. Jangan hanya diam ditempat.

Nah, jika sudah mendapatkan lokasi atau objek forto yang dimaksud, maka fotografer pun harus juga bersedia melakukan shoots (jepretan) dengan puluhan hingga ratusan kali shoots.

Bagi seorang fotografer, ketika ia harus mencari lokasi sebenarnya sangat mudah. Namun, bagi mereka yang ingin disebut fotografer kreatif dan dinamis, setidaknya ia bergabung dengan komunitas untuk mendapatkan banyak info, sekaligus sharing dengan sesama teman dan anggota komunitas.

Beruntung, fasililtas internet sekarang ini sangat memudahkan bagi orang yang ingin berinteraksi atau berkomunikasi melalui jaringan komunitas.

Setelah kontak di dunia maya, maka yang bersangkutan bisa melanjutkan bertemu muka (kopdar/kopi darat), yang mana biasanya dilakukan dengan praktek dan belajar bersama.

Ada ratusan komunitas fotografer yang bisa di cari melalui ‘yahoogroups’ dan ‘googlegroups’. Tetapi satu hal yang lebih menarik, ketika media www.facebook.com hadir, maka kini hampir semua interaksi dan komunikasi sesama anggota komunitas bergeser dan lebih banyak dilakukan melalui media facebook.com.

img_0593Inilah dia salah-satunya, “facebook photography Indonesia”, adalah salah satu grup yang exist di media facebook. Komunitas ini menampung penggemar photography.

Tak heran, bagi mereka penyuka fotografi, atau mereka yang senang di foto, atau mereka yang mau jadi model foto ikut pula meramaikan komunitas ini.

Apakah sesama anggota grup sudah saling kenal satu sama lainnya? Itulah yang menarik untuk disimak. Hampir 85% dipastikan sesama anggota belum pernah bertemu muka secara langsung, apalagi melakukan praktek fotografi secara bersama.

Menutup bulan Februari 2009, tepatnya hari Sabtu tanggal 28, komunitas ‘facebook fotography indonesia’ membuat even rutin, yaitu kopi darat yang ke-tiga kalinya (lhat liputan even sebelumnya, klik ini). Acara pertemuan semacam ini digelar secara rutin setiap bulannya (hari sabtu minggu terakhir).

Skala pergelaran memang tidak terlalu besar, tetapi segala persiapan dan pelaksanaan yang baik akhirnya mampu membuat segalanya menjadi  sesuatu yang luar biasa. Secara rata-rata anggota yang selalu hadir  adalah 40 orang, dengan tamu pilihan 3 atau 4 model yang dipilih secara bergantian.

img_0545Anggota yang datang, dari bulan ke bulan selalu bervariasi, 50% rutin adalah wajah lama dan 50% adalah wajah baru.  Grup terasa sangat dinamis dengan hadirnya 50% wajah baru dari setiap pertemuan yang digelar.

Yang tak kalah menarik, untuk menjadi anggota komunitas tidak dipungut bayaran. Tapi, nilai-nilai pertemanan yang dibangun oleh sesama anggota, atau berkenalan dengan teman baru, serta berkenalan dengan model, itulah hal yang tidak dapat dinilai harganya.

Dilihat dari sisi keterlibatan pihak luar, maksudnya sponsor, memang masih belum kelihatan. Tetapi, pada even yang ke-tiga ini acara dibuat di dalam gedung yang sarat dengan kegiatan komersial seperti cafe dan restaurant, tepatnya di gedung fX Jl. Jend. Sudirman, Jakarta.

439188837503sKenapa harus di gedung fX? Hal ini tidak lebih kepada masalah pemilihan lokasi dan konsep fotografi seperti yang sudah dituturkan diatas.

Di gedung fX, khususnya bagi seorang fotografer yang mau disebut kreatif dan dinamis, akan mudah menemukan aneka ragam konsep foto, apakah itu landscape, human interest/people, children, arsitektur, interior/exterior design, food, fashion, life-style, dan tentunya juga model.

fx-center-wlan_smKarena alasan inilah, maka pihak panitia ‘facebook photography indonesia’ memutuskan memilih gedung fX yang ternyata mendapatkan dukungan penuh (fully supported) dari pihak management fX Lifestyle X’nter.

Dukungan management fX tidak hanya sebatas hanya memberikan izin kegiatan fotografi di dalam gedung fX, tetapi management fX juga memberikan beberapa nama tenants fX yang sekiranya bersedia dipakai sebagai lokasi pemotretan.

Inilah beberapa nama tenants gedung fX yang sudah bersedia berkejasama dengan pihak komunitas ‘facebook photography indonesia’:

1. Boutique PURE MILK (f4)
2. Boutique BUTTERFLY (f3)
3. Cafe NEW CHAPTER (f1)
4. Cafe SEGRAFEDO Expresso (f1)
5. Cafe COLD STONE Ice Creamery (f1)
6. Cafe BISTRO DELIFRANCE (f1)
7. Cafe CREOLE (f2)
8. Cafe COSI (f2)

img_0521-1

img_0538-1img_0547-1

segafredo-logocold_stone_logo_hr149img_0572img_0573

Event ke-tiga dari komunitas ‘facebook photography indonesia’ ini boleh dibilang lancar dan sukses, walaupun sempat turun hujan tetapi semua peserta bisa berlindung didalam gedung fX.

Kepuasan peserta dapat dibuktikan dengan beberapa komentar rekan fotografer yang mengatakan senang bisa menyelesaikan acara sesi pemotretan secara tuntas, mulai dari pukul 12.00 hingga pukul 17.00.

Demikian pula tanggapan para tenants di fX yang berlokasi di f1 dan f2 yang ternyata juga kooperatif. Mereka tidak hanya menyediakan tempat lokasi pemotretan, tapi juga menyediakan minuman bagi model yang sudah pasang aksi di cafe-nya.

Lebih dari itu, butik Pure Milk turut berpatisipasi menyediakan wardrobe buat para model. Semua pilihan diserahkan kepada model, kalo marasa sreg dan concok, silahkan dipakai. Sedangkan, butik Butterfly turut berpatisipasi menyediakan  aneka ragam aksesoris yang dipakai model, antara lain kalung, gelang, anting-anting, ikat pinggang, topi, shal, dan kacamata.

Meninjau ulang seluruh rangkaian kegiatan fotografi selama berada di gedung fX, dapat dirasakan juga keramah-tamahan para petugas keamanan fX, serta petugas dari para tenants fX.

Fotografer boleh berbangga dengan profesi dan hobi fotografinya. Karena kini fotografi memang sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan di banyak sisi kehidupan yang semakin kompetitif ini. Awalnya hobil, namun di hari kemudian bisa berkembang menjadi sebuah usaha. Why not?

Nantikan artikel berikutnya..🙂

agungfx11Foto Bersama di Lobby fX

agungfx21Hadir tamu khusus Bpk Edi Suyitno (owner Pirates Production & Komunitas
IniFotoku.com
) dan Bpk Faisal Arief Fala (fotografer senior)

Karya fotografer TOMMY PALGUNADI (5 foto ke bawah):

Karya Fotografer TANIA LANGITAN (4 foto kebawah):

The End.

Categories: REPORT
  1. March 1, 2009 at 5:17 pm

    maaf ya om..
    saya sudah ada janji laen pas acara ini.
    lihat yang bulan maret ini deh ya.😀

  2. geranta
    March 1, 2009 at 10:04 pm

    Bro…foto-foto hasil jepretan saya sudah saya kirim ya sesuai permintaannya…sori baru dikirim malam ini, karena harus diedit dulu…
    salam jepret jepret…:P

  3. March 2, 2009 at 7:19 am

    @Matthews,
    gak pa-pa bro.. kan masih banyak waktu..
    yg penting komunitas ini tidak mengikat..
    fexible and santai ajalah…🙂
    next event bakal ke bandung.. pasti seru!

  4. March 2, 2009 at 12:21 pm

    Pak Stephen, kemarin acara-nya keren sekali… Everything going well & smooth. Jarang-jarang punya kesempatan motret Model Cantik-cantik & baik hati di mall yang secara konsep dan interior juga Keren. Belum lagi soal biaya patungan yang relatively terjangkau (the best value of money). Lain kali mau juga doong diajak hunting lagi🙂 kalau longgar dan ada waktu pasti hadir…🙂

    BR,

    Reza

  5. fritz ( bob )
    March 2, 2009 at 6:10 pm

    Boss…

    Boleh kirim yg photo keluarga…please🙂
    Next event yg ada model indo nya kapan jadinya boss…thx

  6. March 2, 2009 at 9:35 pm

    @Fritz (bob),
    Foto bersama ada tuh nyempil diatas.
    Next event bisa jadi ada model indo
    (indonesia).. hehehe.. paham bro..🙂

  7. March 2, 2009 at 10:08 pm

    event yang sangat terorganisir dengan baik, dan lokasi keren dan mudah terjangkau.. go hunting terussss….., sayang kemaren gak bisa sd selesai, ada keperluan lain…. khabar2in kalau ada event lagi ya mas Stephen….

  8. March 2, 2009 at 11:06 pm

    Prinsipnya acara berjalan lancar dan sukses. Dengan demikian panitia mengucapkan terima kasih kepada semua rekan fotografer dan para model yang sudah hadir. Juga, terima kasih kepada tamu khusus, yaitu Bpk. Edi Suyitno dan Bpk Faisal Arief Fala yang turut hadir pada acara pembukaan.

    Demikian pula panitia menyampaikan terima kasih kepada nama-nama dibawah ini, yang mana sudah memberikan dukungan penuh demi suksesnya acara Photo Hunting tersebut:
    1. Management fX Lifestyle X’nter
    2. Boutique PURE MILK (f4)
    3. Boutique BUTTERFLY (f3)
    4. Cafe NEW CHAPTER (f1)
    5. Cafe SEGRAFEDO Expresso (f1)
    6. Cafe COLD STONE Ice Creamery (f1)
    7. Cafe BISTRO DELIFRANCE (f1)
    8. Cafe CREOLE (f2)
    9. Cafe COSI (f2)

  9. March 15, 2009 at 11:41 pm

    Wah Bro stephen keren niy.. mau dunk kalo ada event photo2 info2.. heehehe…. nice… salam bro..

  10. indra
    July 10, 2009 at 1:50 pm

    mas-mas mau tanya klau buat foto model cocoknya pake kamera slr seri berapa ya?cannon/nikon?
    thanks sblmnya…

  11. July 10, 2009 at 3:38 pm

    Indra.. soal kamera bebas.. tergantung settingan dan cahaya..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: