Home > REPORT > AHM Open House: Melongok Pabrik Motor Honda

AHM Open House: Melongok Pabrik Motor Honda

February 20, 2009 Leave a comment Go to comments

arantan-70601Jakarta, 19 Februari 2009. Melihat banyaknya motor-motor berseliweran di Indonesia dewasa ini, konon katanya sebagai biang kemacetan, ternyata dibalik itu ada pabrik motor terpadu, modern yang melibatkan teknologi maju, SDM, investasi, dan juga berbagai aspek lainnya yang harus ditengok. Hal ini sungguh menarik!

Inilah PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM), perusahaan pabrikan motor nasional yang juga anggota AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor) berdiri sejak tahun 1971.

PT AHM memiliki pabrik sebanyak 3 (tiga) area lokasi yang terpisah, antara lain Plan 1 di Sunter, Plan 2 di Pegangsaan dan Plan 3 di Cikarang.

Hari Sabtu, 14 Februari 2009 yang lalu sebanyak 16 bloggers yang dikenal di weblog internet mendapat kesempatan melongok pabrik PT AHM Plan 3 Cikarang untuk menyaksikan sendiri bagaimana pabrik tersebut memproduksi motor.

img_0311Antusias para blogger luar biasa, terbukti semua blogger yang konfirm, datang tepat waktu pukul 07.30 WIB di lokasi titik kumpul tepatnya di Starbucks Coffee Tebet, Jl. MT Haryono, Jaksel.

Perwakilan PT AHM datang lebih dulu dan menunggu di Starbucks. Mereka tampak ikut bersemangat melayani kehadiran blogger. Staff AHM menawarkan  blogger breakfast dulu sembari minum kopi Starbucks. Pokoknya tidak dibatasi, silahkan minum/makan sepuasnya!

Even ini adalah yang pertama bagi kalangan blogger otomotif, khususnya para penulis artikel roda-dua yang mana di antaranya sudah saling melirik di dunia maya, namun baru kali ini bisa bertatap muka langsung dalam sebuah grup.

Para blogger terlihat sangat akrab karena mereka memiliki latar belakang dan minat yang sama yaitu penulisan blog bidang otomotif dan khususnya roda-dua.

img_0333Usai perkenalan sesama blogger, acara dilanjutkan dengan foto bersama dimuka Starbucks Coffee. Tak lama kemudian, tepat pukul 08.30 sebuah bus “Blue Star” datang menjemput.

Semua blogger bergegas naik bus meninggalkan Tebet. Didalam bus tersedia kotak kue dan minuman, namun tampaknya peserta sudah tidak peduli lagi, karena sudah kenyang dan larut dalam obrolan di dalam bus.

Cuaca sangat cerah dan perjalanan lancar. Hanya 35 menit, bus sudah tiba di muka pabrik PT AHM Plan 3 Cikarang Jawa Barat yang memiliki lahan seluas 200,000 meter persegi.

Sebuah spanduk besar terbaca: AHM Open House. Get Insight With Blogger menunjukkan sambutan yang cukup serius dari pihak PT AHM.

Blogger pada umumnya dikenal sebagai penulis internet yang ceplas-ceplos tanpa editorial dari pihak manapun. Loh koq AHM mau menerima kehadiran blogger dipabriknya. Ada apa sih?

img_0337Bus mengambil posisi parkir pas didepan lobbi pabrik PT AHM.

Begitu para blogger turun melangkah dari bus, satu persatu blogger disambut dan disalami oleh pimpinan PT AHM yang berbaris berjajar.

Terasa sambutan serius dari pihak manajemen dan staff PT AHM. Disatu sisi, para blogger juga merasakan ada kesan bersahabat, akrab yang sebelumnya memang tidak pernah diduga.

Saat masuk ruangan lobbi, blogger menyasikkan beberapa motor produksi AHM sebagai barang display di lantai lobbi. Beberapa rekan mulai memainkan kamera mengambil sudut gambar yang dianggap menarik.

Rombongan diarahkan masuk ruangan auditorium kapasitas 100 orang. Namun, sebelum itu acara dimulai, di muka ruangan auditorium ada hidangan berupa minuman kopi, teh, snack, hingga buah-buahan segar seperti jeruk mandarin, anggur dan kain lap putih untuk membilas muka/tangan. Wah.. makanan melimpah ruah.

img_0340Pukul 09.15 semua peserta masuk ruangan dan selanjutnya mengikuti acara yang sudah disusun secara apik.

Acara diawali dengan sambutan selamat datang dari pimpinan PT AHM, Bapak Kristanto, GM Corporate Communication.

Dalam kalimat Bapak Kristanto, terdengar kata-kata positif, antara lain konstribusi, informasi, komunikasi, objektifitas, tulisan akurat, melihat langsung, AHM makin terbuka, kritik, dan lain-lain yang menjadi tekanan pada kata sambutan tersebut.

Sambutan perwakilan blogger disampaikan oleh Bro Rudi Triatmono, yang menekankan pada unsur jiwa seorang blogger yang tetap bebas dan tidak terikat.

Kemudian dilanjutkan oleh PIC, yaitu saya sendiri. Saya lebih menekankan pada apresiasi PT AHM yang luar biasa terhadap blogger saat ini. Diakui, jika blogger sebagai “citizen jurnalism” kini juga mampu memberikan kontribusi informasi positif kepada masyarakat luas.

Harapannya kepada para blogger agar makin giat menulis artikel, meliput berita, membuat foto apa adanya, bebas dan tidak mengikat dengan pihak manapun.

img_0346Menutup kata sambutan, tepuk tangan riuh dari para manajemen, staff PT AHM yang duduk di sayap kanan, serta blogger yang duduk di bagian tengah auditorium.

Beberapa slide mulai ditampilkan, dan saya cukup tertegun melihat beberapa aspek yang berkembang di dalam tubuh PT AHM.

Saat ini kepemilikan saham dimiliki oleh PT Astra International Tbk 50% dan Honda Motor Company 50%. Pada awalnya pabrik Honda ini dikenal dengan PT Federal Motor. Mulai tanggal 1 Januari 2001, nama pabrik berubah menjadi PT Astra Honda Motor (AHM).

Pabrik Plan 3 Cikarang adalah pabrik terbaru PT AHM senilai 140 juta dollar AS. Pabrik itu sendiri diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat 30 September 2005 silam.

Kapasitas produksi khusus pabrik PT AHM Plan 3 Cikarang bisa mencapai 4,000 unit motor per harinya. Namun informasi yang diterima, saat ini kapasitas produksi yang terpakai 1 juta unit per tahun (2,739 unit per hari).

img_0349Dari ketiga pabrik PT AHM, total karyawan hampir 14,000. Rinciannya Sunter 4, 200; Pegangsaan 4,400; Cikarang 4,400 dan jumlah ini belum termasuk karyawan di Pulo Gadung dan Tipar Cakung.

Nah, kalau mau menghitung kapasitas produksi untuk ke-tiga pabrik PT AHM, bisa jadi produksi motor Honda tembus sampai tiga juta unit per tahun! Tarik napas dalam-dalam..🙂

Melihat bahan presentasi yang disampaikan Bpk. Kristanto, saya memberi kesimpulan bahwa peran pemerintah sangat diperlukan untuk terus memberikan intensif dan iklim investasi yang sehat bagi kalangan industri dan manufaktur.

Presentasi yang disampaikan sangat lengkap, antara lain company profile, visi dan misi, struktur organisasi, proses produksi, jumlah produksi dari tahun ke tahun, saluran distribusi, dan rencana jangka pendek/panjang PT AHM yang tidak bisa dituliskan disini karena terlalu panjang untuk dijelaskan. Usai presentasi, ada pembagian topi Honda dan acara berlanjut untuk foto bersama.

arantan-7031Tour atau keliling pabrik adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh beberapa blogger.

Kapan lagi sih bisa mengelilingi pabrik  PT AHM?  Melihat langsung proses pembuatan motor merek Honda yang di produksi sampai ribuan tersebut.

Tinjauan melalui maket pabrik ditunjukkan oleh seorang staff PT AHM menggunakan alat TOA. Setelah itu semua peserta berjalan santai mengikuti alur atau line yang sudah disediakan.

Disini blogger melihat sendiri bagimana deretan mesin dan manusia bekerja secara berkesinambungan dalam industri terpadu dan sudah high tech ini. Kurang puas informasi, blogger dapat bertanya langsung kepada staff AHM yang ikut mendampingi sepanjang tour di dalam komplek pabrik.

Tak tanggung-tanggung yang ikut menemani blogger, setahu saya hampir semua pimpinan level GM ikut turut serta tour bersama blogger, belum lagi petugas P3K yang ikut mendampingi jika ada kejadian buruk menimpa peserta tour.

arantan-7373Yang saya saksikan secara langsung, antara lain ada proses die casting, machining, general sub assy engine, assy engine. Selain itu ada juga proses rim forming, plating, wheel assembly.

Berikutnya ada proses plastic injection, painting plastic, stripping. Kemudian ada lagi proses press forming, welding, painting steel dan general sub assy.

Dari semua proses produksi tadi, semuanya masuk ke tahap assembly unit, final inspection and shipping. Itulah rangkaian proses produksi motor hingga sampai ke tangan konsumen.

Kagum dan luar biasa! Itulah komentar singkat dari saya ketika usai menjelajahi pabrik PT AHM atau melihat langsung proses pembuatan mesin motor, pembuatan bodi, merakit motor dan sampai ke pada bagian pengiriman motor.

Setelah meninjau proses produksi dengan ber jalan kaki hampir 45 menit, akhirnya semua blogger kembali ke auditoriun untuk sesi tanya-jawab. Namun sebelum itu, minuman dingin, teh, kopi dan snack disediakan lagi oleh PT AHM.

img_0351Sesi tanya-jawab rupanya sudah ditunggu-tunggu oleh blogger.

Jajaran pimpinan PT AHM mengambil tempat di meja depan, semacam ruangan pengadilan.

Tujuh pertanyaan pertama langsung dipaparkan oleh blogger Bro Rudi Triatmono yang lumayan menggebu-gebu. Kemudian pertanyaan berikutnya berlanjut kepada blogger lainnya yang juga tak kalah seru.

Tapi, apa yang saya lihat ciri khas dari orang-orang  AHM dalam menjawab setiap pertanyaan, yaitu mereka tetap tenang, sabar, pake data tertulis, objektif, dan selalu diakhiri dengan senyuman.

Seharusnya pukul 12.30 sudah rehat makan siang, namun sesi tanya-jawab diborong habis oleh blogger hingga pukul 13.00 WIB.

Sebagai manusia biasa, akhirnya rasa lapar tak dapat ditahan, pukul 13.10 semua peserta blogger dan jajaran direksi PT AHM bersama-sama menikmati hidangan makan siang yang super lengkap dan lezat. Mantap kali..🙂

img_0356

Hingga saat ini varian produk yang diproduksi PT AHM antara lain: Honda FitX; Honda Revo 110 CC; Honda Blade 110R; Honda SupraX 125 CC; Honda SupraX PGM-FI; Honda CS1; Honda MegaPro 1600; Honda New Tiger Revo; Honda Vario Matic dan Honda Beat Matic.

Usai makan siang, sesi berikutnya adalah Safety Riding.

Sesi ini juga sangat menarik. Artikel Safety Riding akan saya tulis secara terpisah.

Jadi sabar ya bro..🙂

img_0388

The End.

Categories: REPORT
  1. Lar
    February 20, 2009 at 3:31 pm

    wah jadi teringat waktu masih sekolah di STM

    kebetulan waktu itu berkunjungnya ke PT AHM Plan 1 yang di Sunter

    Sungguh Luar Biasa PT. AHM.

    Salut juga buat para blogger.

    Bravo Indonesia

  2. February 20, 2009 at 7:48 pm

    Mantab om Steph…karena acara keluarga aku jadi ngga ikut…padahal kepengen banget…

  3. Fachni Rosyadi
    February 20, 2009 at 9:01 pm

    Tolong halamannya diberi gambar proses pembuatan motor dong. Terima kasih.

  4. February 21, 2009 at 9:50 pm

    @Fachmi,
    Waktu masuk pabrik khususnya bagian proses produksi, para blogger tidak boleh mengambil foto. Harap maklum.

  5. February 21, 2009 at 9:53 pm

    @Rigen,
    Jangan kuatir bro. Masih ada kesempatan di lain waktu. PT AHM punya tiga pabrik besar. Baru satu yang dikunjungi, jadi masih ada dua lagi yang belum dlihat. Belum lagi ada berbagai “masukan/ide/gagasan” yang bakal ditindaklanjuti oleh PT AHM. Nantikan kejutan berikutnya.🙂

  6. Sonayyy
    February 23, 2009 at 5:20 pm

    Mantafff..rupanya AHM mulai terbangun dari tidur panjangnya…moga2 aja dihasilkan produk2 unggulan seperti produk2 Honda di negara2 lainnya

  7. March 24, 2009 at 10:49 pm

    Okn deh ,maju terus AHM. Tapi sekarang gi lesu2nya produksi ,jarang dapet lemburan ni bro. Gw bekerja di PT.SHOWA INDONESIA MFG , itu lo yang buat sockbreaker honda. Sama sih , gw juga kerja di perakitannya. Good luck ja deh buat honda.

  8. Alberto
    March 31, 2009 at 9:40 pm

    Saya karyawan di salah satu main dealer Sepeda Motor Honda. Saya pengen sekali mengunjungi PT.AHM. Pengen melihat proses pembuatan SMH nya. Sekali-kali undang masing2 maindealer ke AHM donk. Thanks..

  9. Alberto
    March 31, 2009 at 9:42 pm

    Honda, nmor 1 luarrr biasaaaaa…………
    Honda memang yang terbaik….

  10. May 18, 2009 at 5:00 pm

    muti jg pernah Loh ngunjuNgin pabrik honda,,
    wkt i2 mute saLah satu yang ikut diacara Astra Honda Motor Best Student 2008 perwakilan makassar,,,
    jd inget sama smua yang adda disana..
    sama pak aLi…
    engkong kami..=)
    hehe
    beLiau yang duLu mendampingi kLompok muti…
    saLam buat semua crew honda yg duLu ikut terLibat di acara AHMBS 2008 y…
    saLam sayank..

  11. dinda
    July 17, 2009 at 4:14 pm

    Walaupun dinda bukan salah satu karyawan main dealer Honda manapun, tapi Dinda pengen banget juga ikut ke PT. AHM, tapi gak ada yang ngajakin nih, Mas stephen, ajakin Dinda dong. Dinda kan fans berat Honda.

  12. July 18, 2009 at 7:03 am

    oke.. aku cata dulu ya..🙂

  1. February 22, 2009 at 9:50 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: