Home > TIPS > Peta Jalur Touring Bikers: Jawa Barat, Banten & Lampung

Peta Jalur Touring Bikers: Jawa Barat, Banten & Lampung

December 29, 2008 Leave a comment Go to comments

indonesiaJakarta, 29 Desember 2008. Menutup tahun 2008 sebenarnya banyak sekali hari libur nasional, selain dari pada liburan Hari Natal dan Tahun Baru ternyata ada juga hari libur Tahun Baru Hijjriyah.

Hari liburnya bisa bertambah banyak lagi dengan HARPITNAS (Hari Kejepit Nasional) yang notabene hampir semua instansi pemerintah dan perusahaan swasta memberikan cuti masal kepada karyawannya.

Bagi para bikers penggemar touring tentu saja hal ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan touring ke luar kota. Ada beberapa rekan bikers yang mengirimkan SMS mengajak touring bareng yang datang dari ragam komunitas. Ada yang ingin ke Lampung, Pelabuhan Ratu, Bandung bahkan ada pula yang mengajak sampai ke Jogja hingga Bali-Lombok.

Tulisan saya kali ini hanya ingin sharing perihal berbagai tempat tujuan dan rute touring bike. Tepatnya “jalur touring” yang bisa disebut sebagai “jalur favorit” selama saya mengikuti touring motor khususnya di wilayah Provinsi Jawa Barat, Banten dan Lampung.

Jujur kata kalau berbicara mengenai wilayah dan peta Indonesia, dari Sabang s/d Metauke, sebenarnya ada banyak sekali tempat tujuan dan juga rute/jalur touring yang bagus-bagus. Tapi, apakah dari kita semua sanggup melahap semua tempat indah untuk dijajal dengan motor? Hmm..

Nah, untuk kali ini saya coba batasi tempat tujuan maupun rute touring yang dimaksud untuk wilayah Jawa Barat, Banten dan Lampung dulu. Kenapa? Karena saya menganggap kebanyakan para bikers, komunitas dan klub datang dari kawasan Jabodetabek atau wilayah Jawa Barat.

Lagian, jenis motornya pun kebanyakan masih dibawah 200 cc, jadi mereka yang suka touring keluar kota adalah kebanyakan masih menggunakan motor yang ada di pasaran Indonesia dan memilih jalur yang dapat ditempuh dalam 2 atau 3 hari perjalanan.

Secara umum, di wilayah Provinsi Jawa Barat saja ada banyak sekali jalur dan tempat tujuan wisata touring yang bisa dilewati atau dikunjungi. Namun bagi bikers yang disebut sebagai pe-touring sejati, sebenarnya lebih mengutamakan “sense of touring” melalui rute atau jalur yang dipilih sedikit berbeda dengan jalur umum.

Misalnya, bagi bikers Jabodetabek ketika ingin memilih kota Bandung sebagai tujuan bisa dikatakan adalah hal yang sangat biasa. Apalagi kalau memilih jalur atau rute Bogor-Puncak-Cianjur-Padalarang-Cimahi. Itu sih sudah sangat biasa!

Tapi bagi kalangan pe-touring sejati mungkin akan memilih jalur yang berbeda. Mungkin memilih jalur berputar. Contohnya waktu berangkat mengambil jalur Jakarta-Jonggol-Jatilihur-Purwakarta-Tangkuban Perahu-Bandung, dan pulangnya memilih jalur biasa yaitu melewati Puncak Pas.

Dibawah ini adalah daftar beberapa tujuan dan rute touring bikers yang mungkin layak dipilih untuk sekitar Provinsi JAWA BARAT, BANTEN dan LAMPUNG:

1. BOGOR-CIBATOK/GUNUNG BUNDER/GUNUNG SALAK

2. BOGOR-PUNCAK PAS/CIPANAS/CIBODAS

3. BOGOR-CIBADAK/CIKIDANG/PELABUHAN RATU

4. BOGOR-CIBADAK/JAMPANG KULON/UJUNG GENTENG

5. BOGOR-PANTAI BANTEN SELATAN/MALIMPING/BAYAH

6. BOGOR-PANTAI ANYER/CARITA/LABUHAN/TANJUNG LESUNG

7. BOGOR-CIANJUR/SINDANGBARANG/CIDAUN/CIWEDEY

8. JONGGOL-JATILUHUR/PURWAKARTA

9. BANDUNG-LEMBANG/TANGKUBAN PERAHU/SARI ATER

10. BANDUNG-CIWIDEY

11. BANDUNG-GUNUNG MALABAR

12. BANDUNG-GARUT/PAMENGKEUK

13. BANDUNG-TASIKMALAYA/KARANGNUNGGAL/PANGANDARAN

14. CIKAMPEK-INDRAMAYU/CIREBON

15. PURWAKARTA-SUBANG/MAJALENGKA/KUNINGAN

16. SERANG-CILEGON/BAKAUHENI/KALIANDA/BANDAR LAMPUNG

17. BANDAR LAMPUNG-BENGKUNAT/KRUI/LIWA/BUKIT KEMUNING

PETA RUTE/JALUR TOURING BIKERS:

The End.

Categories: TIPS
  1. haryowidodo
    January 12, 2009 at 2:52 pm

    om Stephen mohon izin meng-save as petanya ya om…

  2. January 12, 2009 at 3:08 pm

    @Haryo Widodo,
    Ok silahkan.

  3. helmy
    February 23, 2009 at 11:45 am

    Bosz.. Tenkiyu bangeett dah Boleeh Save pic Peta nya moga2 bisa touring ke semuanyaa

  4. February 23, 2009 at 5:22 pm

    @Helmy,
    Silahkan bro. Asalkan jgn lupa sebutin sumber-nya kalau mau dipublikasikan di tempat lain.

  5. February 27, 2009 at 9:02 am

    Om stephen,,boleh nanya gk kl peta yg lampung itu,,,ada angka2 86,12 dll itu artinya apa yah,,,
    maklum newbie om,,,lg ada rencana mo touring ke lampung,,,

    thx b4

    ~rusanto~

  6. erra g
    March 10, 2009 at 11:06 am

    dalam wkt dkt ini sy ada rencana touring. tp msh bingung antara dieng dan lampung. ada masukan?btw m save as peta boleh ya.tengkiyu om.

  7. March 10, 2009 at 11:40 am

    @erra,
    keduanya bagus.. kalo bosan dengan jalur jawa, silahkan jajal lampung. Dieng panoramanya bagus, dan kalau mau ke lampung coba teruskan sampai ke Danau Liwa (lampung barat) pasti punya cerita menarik..πŸ™‚

  8. March 31, 2009 at 1:57 pm

    bro..kita Purwakarta Pulsar Club/ P2C mau mo touring ke Anyer nich. ijin mengsave map nya ya Bro.

  9. Goens IBC
    April 3, 2009 at 4:08 pm

    Om Saya ijin save peta rute touringnya
    tararengkyu atas sharenya, sering sering ya oom

  10. April 3, 2009 at 4:35 pm

    Goens IBC, silahkan aja bro..

  11. adi maulana
    April 24, 2009 at 1:12 am

    Om mohon izin save mapnya.
    Minta tolong juga om, jelasin rutenya kalo dari bogor sampai anyer, lebih enak dan lebih mudah lewat mana?
    jika tidak merepotkan lebih detailnya om.

    Thx before..
    adi

  12. rachmat
    April 24, 2009 at 1:50 pm

    om ada peta jalur jogja-bali ga ya?? matur nuwun…

  13. April 29, 2009 at 9:28 am

    @Rachmat,
    peta jogja-bali yg paling gampang di cari..
    anak SD/SMP pasti punya, jadi pinjam aja..πŸ™‚
    jalur jogja-bali juga sgt mudah diingat/dikenali

  14. April 29, 2009 at 9:46 am

    @Adi Maulana,
    Rute Bogor-Anyer mudah sekali bro.. silahkan jajal ke arah barat Bogor, tujuan IPB Dramaga, Leuwiliang, Jasinga, Rangkas Bitung, Pandeglang, Labuhan, kemudian ke Carita/Anyer. Dari Bogor berangkat pagi jam 07.00 sampe Anyer antara jam 10-11 siang. Saya jadi ingat pengalaman “solo riding” dari Depok tujuan Labuhan melalui rute ini. Pulangnya bersama enam bikers HTML melewati Malimping – Bayah – Pelabuhan Ratu – Bogor – Depok. Semua berjalan lancar..πŸ™‚

    http://stephenlangitan.com/2008/06/27/touring-html-banten-selatan-juli-2006/

  15. Daru
    May 7, 2009 at 10:46 pm

    Om Stephen, slm kenal ya. Mau izin neh untuk save as peta. Krn rencananya sy mau bawa tmn2 kantor touring ke tanjung lesung. Oia skalian mau tanya neh Om, kLo dr jakarta menuju tanjung lesung enakan lwt rute mana. Many Thanks

  16. Daru
    May 7, 2009 at 11:11 pm

    Om Stephen, mau tanya lg neh. Klo nyari ban battlax yg harganya miring dMn ya?

  17. May 8, 2009 at 9:11 am

    @Daru,
    Salam kenal juga ya.. silahkan di copas petanya.

    Kalau mau touring ke Tanjung Lesung pilih jalur yg menantang lewat Bogor terus ke arah barat tujuan IPB Dramaga, Leuwiliang, Jasinga, Rangkas Bitung, Pandeglang dan Labuhan. Kalau lewat utara, yaitu jalur Tangerang-Serang-Cilegon dan setrusnya ke Anyer-Carita rasanya itu sudah biasa. Tapi bisa juga dari Serang, langsung aja ke arah Pandeglang dan Labuhan, ini jalur potong biar lebih cepat.

  18. May 8, 2009 at 9:16 am

    @Daru,
    Harga ban battlax baru, rata2 di DKI sama saja, palingan beda2 tipis selisih 20 ribuan.
    Informasi lengkap silahkan cari disini:
    http://stephenlangitan.com/2008/08/11/jl-kebon-jeruk-iii-jakarta-barat/
    http://stephenlangitan.com/2008/08/10/pms-ponorogo-motor-sport-agustus-2008/

  19. Firdaus
    May 20, 2009 at 10:52 am

    Salam Kenal Om Stephan….
    mw tanya, niih baru2 ini sekring motor tiger saya putus berturut2 lagi….
    kalo saya ganti sama yg 25A bisa ga atau biasanya ada masalah dimananya yaaach
    Thanks
    FD

  20. Sibian
    May 27, 2009 at 7:32 am

    Salam Kenal Om…

    Numpang tanya dong…
    Klo ke curug cikaso bisa naek motor gak ??? klo gak bisa brarti motor dititipin ya ?

    Trims..

  21. May 28, 2009 at 2:45 pm

    om Stephan, punya peta jalur selatan dari cilacap pantai ayah hingga ke anyer,
    thanks

  22. arief pribadi
    June 11, 2009 at 1:11 pm

    om..mo tanya kalo ke curug cimahi dari cikampek itu kmana ya?
    thx..met knaL ya OM Stephen

  23. June 11, 2009 at 1:30 pm

    Arief, met kenal juga ya.. curug cimahi dimana? curug kan air terjun.. terus nama cimahi kan dekat bandung.. terus kalo dari cikampek emang dekat mana ya?? asli bingung nih.. sorry gak tau bro..πŸ™‚

  24. arief pribadi
    June 11, 2009 at 9:38 pm

    ok gp2 om..kbtlan saya udah dpt download petanya om!lokasi ga jauh dkt lembang..makasih om bwt komentarnya

  25. June 30, 2009 at 8:18 am

    om di daerah lampung yang ada tempat wisatanya dimana ya?
    n tolong donx liatin petanya biar jelas kan enak?

  26. giri adhi
    July 14, 2009 at 1:38 pm

    bro, mohon izin copy map ya.. buat turing selatan “Anyer – Pameungpeuk” klo sempet, lanjut sampe pangandaran..πŸ™‚ tenkiyu…

  27. July 14, 2009 at 1:41 pm

    bro giri adhi.. monggo silahkan aja,

  28. Depokers
    August 13, 2009 at 7:26 pm

    Met malem om steph…, dalam waktu dekat ini saya akan menuju cidaun pantai jayanti dan sekitarnya..apakah disan tersedia penginapan yang tentunya harga terjangkau dan aman buat parkir si tigi..Tks

  29. alkop tea
    September 11, 2009 at 5:07 pm

    om aq baru pertama kali ke bandung pake motor, tolong kirim petanya biar ga kesasar, he…..

    petanya dari bandar lampung ke bandung (rancaekek/cileunyi),

    sebelumnya hatur nuhun ya om…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: