Home > REPORT > Ducati Desmosedici RR: Is It Only One In Indonesia?

Ducati Desmosedici RR: Is It Only One In Indonesia?

December 20, 2008 Leave a comment Go to comments

nelly-3122119811_d3c84614ab_oJakarta, 20 Desember 2008. Antara percaya dan tidak, sekitar pukul 15.00 Sabtu (20/12) ketika cuaca diantara mendung dan gerimis di kawasan SCBD Jaksel, telah hadir sebuah motor balap “limited edition” yaitu motor DUCATI DESMOSEDICI GP 2006 (GP6).

Motor replika ini dikenal sebagai motor balap dari Tim Ducati Course yang dipakai saat balapan MotoGP tahun 2006 ditunggangi oleh pembalap Loris Capirossi dan Sete Gibernau.

Pabrikan Ducati pertama kali memperkenalkan motor balap ini kepada publik di area resort bermain ski di Italy Madonna di Campiglio.  Sosok motor DUCATI DESMOSEDICI RR dikenal sebagai kuda liar yang memiliki kapasitas mesin 989 cc.

Terbukti motor ini bisa langsung jadi juara pertama yang dijajal oleh pembalap asal Italy, Loris Capirossi “Capirex” pada balapan diputaran pertama MotoGp 2006 Sirkuit Jerez, Spanyol.

Info engine speknya mengatakan tarikan motor ini bisa tembus 200HP dengan putaran mesin 13.800RPM.


loris-capirossi-motogp06Saking liarnya motor ini, pada balapan MotoGP 2006 di Sirkuit Catalunya terjadi tragedi buruk yang dialami oleh Tim Ducati Course.

Kedua pembalapnya Loris Capirossi dan Sete Gibernau bersenggolan dan jatuh. Kondisi yang paling parah dialami oleh Sete Gibernau sampai patah tangan.

Kecelakaan yang terjadi pada tikungan pertama setelah start sangat disayangkan hanya karena Sete Gibernau terlambat merem. Sebagai pertanyaan, apakah ini karena power mesin 200 HP 989cc yang dihasilkan motor DUCATI DESMOSEDICI ini terlalu berlebihan?

Kedua pembalap pun absen pada putaran berikutnya di sikuit Assen Belanda. Tapi beruntung Capirossi masih bisa ikutan di Sirkuit Bristih Grand Prix , namum Gibernau masih absen dan sementara diganti oleh pembalap Jerman, Alex Hofman dan seterusnya pada musim balapan di Sirkuit Czeeh.

accident-in-jerez-170383393_4bd89d1ad5_mYang menarik, pada putaran terakhir balapan MotoGP 2006 di Sirkuit Valencia, Tim Ducati Course terpaksa harus meminjam pembalap Troy Bayliss yang diakui sebagai jawara pembalap Ducati kelas SUPERBIKE.

Berita bagusnya, Troy Bayliss yang dikasih kepercayaan Tim Ducati Course akhirnya bisa memimpin balapan sekaligus menjadi juara pertama di Sirkuit Valencia yang diikuti oleh Loris Capirossi yang menempati podium dua.

Juara 1 dan juara 2 dari Tim Ducati dengan motor DESMOCEDISI RR.

Di ajang balapan akhir di tahun 2006 tersebut Tim Ducati Course bisa tersenyum lebar membuktikan kepada publik jika motor mereka, DUCATI DESMOSEDICI RR sebenarnya memang sangat tangguh dan powerfull.

Ketika itu, gelar sebagai “The MotoGP Champion 2006” adalah Nicky Hayden dari Tim Honda Repsol karena ia bisa unggul melalui perolehan angka dari setiap balapan 2006. Konon, ia sebenarnya tidak konsisten masuk di podium tapi hanya konsisten bisa finish.

Itulah kilas balik mengenai kehadiran motor balap DUCATI DESMOSEDICI RR yang pernah dijajal di arena balap MotoGP sepanjang tahun 2006.

p10104261The Legal Street Bike from MotoGP

Nah, pabrikan DUCATI pun memberanikan diri untuk memproduksi motor seri MotoGP tersebut dan dijual kepada publik. Semula dalam jumlah terbatas 500 unit dan terakhir di tahun 2007, motor tersebut diproduksi lagi menjadi total 1500 unit.

Setiap motor DUCATI DESMOSEDICI RR atau motor replika MotoGP 2006 ini diproduksi secara terbatas. Langsung dibuat dari pabrik Ducati Borgo Panigale dan pembelian pun harus berdasarkan reservasi (pemesanan).

Pemesanan pun harus mendapat persetujuan dulu melalui Tim Official Ducati yang tentunya pembayaran harus disepakati melalui sebuah perjanjian tertulis antara buyer dengan Ducati. Ini tentunya karena harga motor yang sudah saking mahalnya sehingga konsumen diminta komitment  dalam membayar sebelum motor di produksi.

d1687nuProduksi motor versi “limited edition” ini pun baru dimulai bulan Oktober 2007 dan produksi unit di angka yang ke-1500 pun dihentikan pada bulan Desember 2008.

Maka tak heran, jika motor balap DUCATI DESMOSEDICI RR tersebut baru bisa hadir di Indonesia pada bulan Desember 2008.

Bagaimana dengan sosok dan kualitas motor ini?

Jangan diragukan lagi. Sulit untuk diceritakan.

Hanya dua hari motor berada di show-room DUCATI di Automall SCBD untuk “sementara waktu” dipakai sebagai display.

Menurut informasi yang dapat dipercaya, motor ini akan diserah-terimakan kepada pembelinya yang sudah melunasi pembayaran.

p1010430Jadi, jangan ditanya lagi kalau anda berkunjung ke show-room DUCATI yang berada di Automall SCBD milik PT Supermoto Indonesia itu dan ternyata motor tersebut sudah tidak ada lagi.

Sudah ada yang beli bo! Hari gini mau bilang Indonesia lagi krisis?

Hm.. cape de!

CHASSIS

  • Frame: Tubular steel Trellis hybrid
  • Wheelbase: 1430 mm / 56.3 in
  • Rake: 23,5° / 24,5°
  • Front suspension: Ohlins FG353P forks 43 mm pressurized, with preload, rebound and compression adjustment, TiN coated sliders
  • Front wheel: travel 120 mm / 4,7 in
  • Front brake: 2 x 330 mm semi-floating discs, radially mounted Brembo Monobloc calipers 4-piston.
  • Front wheel: Marchesini forged and machined magnesium alloy wheels, with 7 spoke design as GP6
  • Front tyre: Bridgestone 120/70 R17
  • Rear suspension: Ohlins rear shock, with rebound, low/high speed compression adjustment, and hydraulic preload adjustment. Aluminium swingarm.
  • Rear wheel: travel 120 mm / 4.7 in
  • Rear brake: 240mm fixed disc, calliper with two 34mm pistons
  • Rear wheel: Marchesini forged and machined magnesium alloy wheels, with 7 spoke design as GP6
  • Rear tyre: Bridgestone 200/55 R16
  • Fuel tank capacity: 15L (of which 4L reserve) / 4 US gal (of which 1 US gal reserve)
  • Weight*: 171 kg – 377 lbs
  • Seat height: 830 mm / 32.6 in
  • Instruments Digital MotoGP derived unit displaying: Speedometer, 2 partial speedometers (Trip A and Trip B), trip fuel, rev counter, speed, clock, scheduled maintenance warning, engine cooling water temperature, air temperature, battery status (in the menu), Lap time, warning light for low oil pressure, fuel level, fuel reserve, lights, turn signals, neutral, over rev, vehicle diagnosis, engine diagnosis and immobilizer
  • Warranty 3 years unlimited mileage
  • Body colours (frame/wheels) (Rosso GP – GP red – Black) (Red with white stripe – GP Red – Black)
  • Versions Single seat
  • * = The weight excludes battery, lubricants and, where applicable, cooling liquid.

ENGINE

  • Type: L-4 cylinder, liquid-cooled, DOHC, Desmodromic, 4 valves per cylinder, gear driven camshafts
  • Displacement: 989cc
  • Bore x Stroke: 86 x 42,56mm
  • Compression Ratio 13,5:1
  • Power*: 147.1kw – 200hp @ 13800rpm (with 102 dB race pipe)
  • Torque*: 11,8 kgm – 85,55 lb-ft @ 10.500rpm
  • Fuel injection: Four 50 mm Magneti Marelli throttle bodies, 12-hole “microjet” with injectors over throttle, manual idle control
  • Exhaust: ‘4 into 2 into 1’vertical exit exhaust/silencer
  • Emissions: Euro3

TRANSMISSION

  • Gearbox: 6 speed Cassette type
  • Ratios: 1st 37/15, 2nd 30/17, 3rd 28/20, 4th 26/22, 5th 24/23, 6th 23/24
  • Primary drive Straight cut gears, Ratio 1.84:1
  • Final drive Chain; Front sprocket 16; Rear sprocket 44
  • Clutch Dry multi-plate slipper clutch, hydraulically actuated
  • * = Data calculated using an inertia dynamometer clos


Photographer Agung Wibowo


Photographer Agung Wibowo


Photographer Nelly Wibisono


Photographer Nelly Wibisono

The End.


Categories: REPORT
  1. December 22, 2008 at 12:15 pm

    siapa bilang org indonesia kere2..miskin2…
    lhah buktinya ni desmoRR langsung laku!!ppffth!!

  2. Bukan Anak Club
    January 3, 2009 at 12:45 am

    Ga bisa beli motornya, sama modelnya aja juga gak knapa2

  3. Fao
    January 21, 2009 at 3:17 pm

    ko gak di sebutin harganya berapa seh di situ,

  4. spp
    June 2, 2009 at 10:18 pm

    Denger2 Rp 1,5 M yaa…
    ckckck.

  5. kidut
    September 10, 2009 at 3:04 pm

    dimana kalo kita mau beli bisa gk skrng harganya berapa beli dimana

  1. December 22, 2008 at 2:21 pm
  2. January 21, 2009 at 10:54 am
  3. March 17, 2009 at 9:34 am
  4. April 6, 2009 at 7:25 pm
  5. April 6, 2009 at 7:28 pm
  6. August 11, 2009 at 10:56 pm
  7. November 4, 2013 at 8:32 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: