Home > REPORT > Sekilas ACCELERA Auto Contest 2008

Sekilas ACCELERA Auto Contest 2008

December 17, 2008 Leave a comment Go to comments

accelera-logoJakarta, 17 Desember 2008. Satu lagi sebuah ajang kontest mobil modifikasi disebut dengan “ACCELERA Auto-Contest 2008.

Gelaran kontest berlangsung di Hall Jakarta Expo Pekan Raya Jakarta, Kemayoran pada hari Sabtu-Minggu (13-14/12) yang lalu.

ACCELERA Auto Contest” merupakan kontes modifikasi mobil terbesar di Indonesia, yang melombakan lebih dari 1000 mobil dari seluruh Indonesia dalam rangka memperebutkan hadiah total 1 milyar rupiah.

Yang menarik adalah “Grand Prize” sebuah mobil CBU warna hitam mewah yaitu Mitsubishi Evolution 10 (EVO X) untuk pemenang utama “The Champion X-treme of Auto Contest 2008.”

prize-logoSecara keseluruhan, acara seperti ini adalah event-show yang menarik untuk semua aspek otomotif, mulai dari kontes modifikasi dengan melibatkan 200 mobil yang masuk di dalam arena, kemudian mempetandingkan 124 kategori bergengsi seperti SQ contest, SPL Contest, dan Dyno Challenge.

Serta tak kalah menarik ada juga bursa otomotif mirip perdagangan bebas antara lain dihadirkan produk-produk exclusive audio and sound-system car, velg racing, kaca film, ban, body kit dan aneka ragam asesories.

Even yang kerap diselenggarakan oleh EO “Cody Enterprises” ini, tampaknya memang kental dan dekat dengan kalangan muda Indonesia. EO tampak cukup berpenglaman untuk mengadakan even otomotif berkelas di tingkat nasional.

p5183136Ajang Auto-Contest sendiri sudah dimulai sejak dari tahun 2000 dengan dukungan dari berbagai pihak sponsor baik perusahaan lokal, nasional maupun multi-nasional.

Sedangkan ajang ACCELERA Auto-Contest 2008 itu sendiri baru berlangsung sejak dua tahun terakhir ini.

ACCELERA sebagai sponsor utama dikenal sebagai salah satu prosusen ban mobil nasional dari perusahaan EP Tyres atau PT Elang Perdana Tyre Industry yang memproduksi sejak dari tahun 1996 melalui pabriknya yang berada di wilayah Citeureup Bogor.

Bapak Jayus selaku Marketing Manager Accelera Auto-Contest 2008 yang sempat ditemui disela-sela puncak acara yang ketika itu ia sedang duduk menghadap stage dan membelakangi hadiah utama Mitsubishi EVO X, berujar bahwa acara Auto Contest 2008 ini adalah yang paling semarak karena animo mayarakat yang hadir di acara ini mencapai 5000 orang pengunjung selama dua hari acara berlangsung.

p5193388“Animo peserta dari tahun ke tahun juga meningkat bagus sekali, pada acara kali ini ada 200 mobil peserta yang ikut di Final Battle Accelera Auto Contest 2008 untuk memperebutkan 124 kategory trophy.

Tahun 2007 yang lalu kami keliling di 10 kota besar. Tahun 2008 ini kami keliling di 9 kota besar. Kota Makasar adalah kota daerah yang terakhir, dan sekarang Final Battle terpusat di PRJ Jakarta,” ujar Jayus.

Ketika ditanya apakah ada kaitannya dengan pengaruh krisis gobal.

“Krisis global tidak ngefek ya.. buktinya hampir semua peserta mampu memberikan penampilan terbaiknya dengan memodikasi mobilnya yang terbilang sangat ekxtrim. Untuk tahun 2009 yang akan datang, kami akan melangsungkan acara di 5 atau 6 kota besar, hal ini semata-mata karena ada agenda nasional PEMILU yang tidak bisa diganggu gugat,” kata Jayus lagi.

dsc_5412Ketika didesak siapakah kandidat yang bakal jadi pemenang utama? “Wah.. sulit untuk dijawab. Semua peserta yang hadir disini adalah yang ‘terbaik dari yang terbaik’ – all the best from the best,’ pungkasnya.

Sementara itu obrolan pun terputus karena tiba-tiba suara dentuman keras dari sebuah speaker besar membuka acara yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung yang mulai memadati arena panggung.

Satu persatu acara entertainment berlangsung sebut saja ada show DJ, show sexy-dancers, show Miss Auto-Contest 2008, show Battle-Dance Contest, show Cheerleader Competition, Live Music Band Performance dan seabrek acara panggung yang selalu memukau pengunjung.

Adhi Ebel (24) salah satu peserta dengan membawa mobil sport-racing full modification Mitsubishi Lancer Evolution 8 juga tidak berani menebak siapakah yang bakal juara. “Semua peserta yang ikut di Accelera Auto-Contest ini oke-oke banget. Semua pantas jadi juara!” katanya dengan semangat.

acceleraresize1Sebenarnya ia sendiri dijagokan oleh teman-temannya. Mobil EVO 8 berwarna kuning tampak keren habis. “Mobil ini hasil modifikasi tim sendiri dibawah bendera ‘WISESA Motorsport Radio Dalam’. Bisa juga dilombakan di arena racing, jadi bukan cuma buat di ajang pameran saja” ujar anak muda lulusan sekolah bisnis Australia ini yang katanya bakal ikutan pameran di tahun 2009 mendatang dengan mobil konsep.

Lain halnya dengan Andry (21) mamhasiswa semester 5 Fakultas Desain & Interior UNTAR Jakarta, mengusung mobil Honda Jazz tahun 2005 dengan modifikasi versi ‘BATMAN’. Bodi exterior dilapisi dengan permainan stiker bergambar BATMAN, dan pada bagian interior bertaburan patung BATMAN.

“Saya ikut perlombaan the lowest body-kit alias center ketanah atau istilahnya sebagai mobil ceper. Aku senang dengan Batpan sejak kecil dan ini cuma permainan stiker body. Hitung-hitung menyalurkan hobi bersama teman-teman di automotive,” kata Andry yang datang bersama klub mobil “Solution”.

acceleraresize5“Kami dari Sulution ada dua mobil. Anak-anak Solution sering kopdar parkiran di STC Senayan tiap Jumat malam. Solution berdiri tanggal 29 November yang lalu dan sudah punya 13 anggota. Anak-anaknya oke banget. Ada yang kerja maupun masih mahasiswa yang penting kita punya selera sama di modifikasi mobil,” imbuhnya sambil memperlihatkan spanduk klub Solution.

Tepat pukul 21.30 WIB penulis meninggalkan lokasi. Sementara itu acara pengumuman pemenang baru saja dimulai.

Menurut panitia acara, pembacaan pengumuman berlangsung hingga pukul 24.00.

Siapakah yang memboyong Mitsubishi Evolution 10 (EVO X) sebagai pemenang utama “The Champion X-treme of Auto Constest 2008.”

Siapakah dia?

About EVO 10

evo_concept_002What Is The Mitsubishi Evolution 10

After nine generations, the Mitsubishi Lancer has proved the theory of evolution! Ever since the first Evo was launched in 1992, the Japanese firm’s performance flagship has become the devastatingly fast saloon we know and love – but a quantum leap is just around the corner.

Is The Evo 10 A Supercar

The Evo has always been a superstar in the high performance car world, and the next incarnation looks set to elevate its already lofty status. On the basis of our test, it will have the ability to make even novice drivers feel like rally champions. An all-wheel-drive system, along with up rated brakes, will ensure the Mitsubishi is a match for the all-new Impreza.

The End.

Categories: REPORT
  1. aji
    December 18, 2008 at 9:47 am

    wah..gak sempet liat neh..om stipen, ada poto2 mobil modifnya gak???posting2in donks..

  2. December 18, 2008 at 9:59 am

    ditunggi foto-foto “lainnya” he….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: