Home > REPORT > JMCS 2008: The American Iron Horse of Harley Davidson

JMCS 2008: The American Iron Horse of Harley Davidson

December 16, 2008 Leave a comment Go to comments

imgp4521Jakarta, 16 Desember 2008. Satu lagi yang hampir terlupakan diajang pameran motor Indonesia JMCS: Jakarta Motor Cycle Show 2008 yaitu kehadiran motor gede Harley-Davidson yang akrab disebut “The American Iron Horse” (Kuda Besi Amerika).

Mengambil lokasi booth yang berada pas di pintu entrance Hall A Jakarta Covention Center, Senayan, membuat para pengunjung JMCS 2008 setidaknya berhenti sejenak di depan booth Harley Davidson.

Tampak tiga sosok motor gede Harley-Davidson yang dipajang, sementara kerumunan orang ingin melihat dari dekat pun dilayani dengan ramah oleh petugas dengan sosok maskulin berkostum khas para bikers Harley Davidson.

Sejalan dengan pertumbuhan penjualan, serta pangsa pasar yang kian makin berkembang di kancah motor gede, maka PT Mabua Harley-Davidson merasa perlu untuk menampilkan sosok motor besar Harley Davidson melalui ajang pameran JMCS 2008.

imgp4518Rama Budiman salah seorang Sales Motorcycle dari PT Mabua Harley-Davidson yang kebetulan saat itu sedang bertugas mengungkapkan, bahwa kehadiran motor gede Harley Davidson di JMCS 2008 kali ini, lebih kepada orientasi perkenalan agar bisa lebih dekat dengan publik tentang seluk beluk motor gede Harley Davidson yang katanya hanya dipakai oleh orang-orang tertentu saja.

PT Mabua Harley Davidson (Mabua HD) sebagai perusahaan yang resmi merakit dan memasarkan motor Harley Davidson di Indonesia, saat ini tidak menjadi anggota AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia), karena semua komponen motor Harley Davidson masih 100% murni diimport dari negara asalnya Amerika Serikat.

Keberadaan PT Mabua HD di Indonesia masih disebut sebagai perusahaan perakitan dan agen pemasaran motor merek Harley Davidson, sekaligus memasarkan aneka-ragam merchadise dan gear-apparel dibawah merek dagang Harley Davidson.

imgp4519Kehadiran motor HD di ajang pameran JMCS 2008 adalah yang pertama kali. Selain  membawa 3 motor sebagai display, juga dihadirkan 4 motor gede lainnya yang siap dipakai sebagai ajang “Riding Experience“, dimana pengunjung JMCS 2008 boleh merasakan langsung riding motor HD berputar di kawasan Senayan.

“Nah, bagi mereka yang penasaran tentang HD sebenarnya semuanya bisa terjawab ketika mengunjungi booth HD sekaligus ikut serta dalam ajang Riding Experience HD. Disini, setiap pengunjung JMCS 2008 harus lebih dulu mendaftar karena antusiasme pengunjung cukup tinggi, dan mereka cenderung ingin tahu dan ingin merasakan langsung bagaimana sensasi berkendara motor besar HD tersebut,” ujar Rama dengan kalem.

“Motor HD yang kami pajang di ajang JMCS 2008 kali ini sebenarnya adalah tipe-tipe yang tergolong baru yang bisa disebut dengan “Model Year of 2009.” Untuk motor yang pertama adalah  HD 1200 Nighster, motor kedua HD Softail, dan motor ketiga adalah HD Sportster XR1200 yang bisa dibilang motor HD yang paling baru,” ungkap Rama disela-sela kesibukannya melayani para pengunjung.

Ketika ditanya mengenai kenaikan harga berkaitan dengan nilai rupiah yang melemah, ditambahkan oleh Rama bahwa memang ada kenaikan harga, namun itu tidak begitu signifikan. Harga naik sekitar 15 juta dan itu tidak menjadi pengaruh besar bagi calon pembei HD yang kebanyakan dari segmen pasar tertentu.

Sejarah Harley Davidson di Indonesia

imgp41871Mengutip sumber tulisan dari website resmi PT Mabua Harley Davidson (Mabua HD), dikatakan bahwa eksistensi PT Mabua HD sebagai perwakilan dari Harley-Davidson Motor Company (HDMC) yang juga ditunjuk sebagai ‘authorized dealer‘ di Indonesia, pertama kali hadir di Indonesia pada tanggal 13 Juni 1997. Hal ini adalah hasil kerja bareng dan inisiatif dari Soetikno Soedarjo, dan belakangan Bambang Pramono Sungkono.

Krisis ekonomi yang terjadi di tahun 1997 tidak menyurutkan semangat para pendiri PT Mabua HD untuk melanjutkan eksistensi usaha dimana mereka memilih tempat usaha di Jalan Fatmawati No. 14 Cipete, Jakarta Selatan sebagai kantor sekaligus show-room untuk authorized dealer motor Harley-Davidson di Indonesia.

Sembilan tahun kemudian, PT Mabua HD pindah menempati lokasi baru di Jalan TB Simatupang 19, Jakarta Selatan, tepatnya bulan April 2006.

Sejalan dengan waktu, kini PT Mabua Haley Davison makin berkembang. Hadirnya klub-klub motor maupun komunitas pemilik motor HD, antara lain disebut ada HOG, HDI, Silver Hawk dan lain-lainnya membuktikan eksistensi motor HD dapat diterima oleh masyarakat Indonesia secara luas.

PT Mabua HD juga acap kali mendukung setiap agenda kegiatan klub/komunitas, sekaligus merangkul, mengajak, menemani hingga menyediakan prasarana yang diperlukan.

Tak itu saja, kini PT Mabua HD sudah memiliki banyak kantor cabang penjualan dan pusat pelayanan servis motor HD di berbagai lokasi untuk memudahkan konsumen memelihara “kuda besi” nya agar bisa diajak lari.

Untuk Kantor Main Dealer terletak di Jl. Iskandarsyah Kebayoran Baru. Sebagai Kantor Dealer ada di Jl. TB Simatupang Jaksel, Jl. By-Pass Ngurai Rai Bal, Jl. Puri Anjasmoro Semarang, dan Jl. HR Muhammad Surabaya. Sebagai Show-Room untuk penjualan merchandise maupun gear and apparels HD terletak di Gading Auto Center Kelapa Gading, Automall SCBD Jakarta, dan Pondok Indah Mall II Jakarta.

PT MABUA HARLEY DAVIDSON
Jl. Iskandsyah Raya No. 1
Kebayoran Baru
Jakarta 12160
Tel. (021 7206606
http://www.harley-davidson-jakarta.com/

The End.

@2008: Hak Cipta dilindungi oleh UU yang berlaku. Jika ada yang ingin mengambil atau mengcopy materi, isi, dan/atau foto-foto weblog ini, diminta lebih dulu memberitahukan secara tertulis.

Categories: REPORT
  1. January 18, 2009 at 11:27 am

    TOURING KE DAERAH PTP DI PENIWEN ALAM AND GAWE FOTOGRAFER BUAT OEM DEDE PASS BUANGET APALAGI GIRL + PASS BANGET DECH BOLEH DI RALAT DULU DAERAHNYA DI MALANG AMA KAYAK DI BANYUWANGI TEMPATNYA DI KALIKLETEK…….. DARI VERY 3X SUNTUK

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: