Home > REPORT > Paramedic Motorcyle: For Emergency Medical Service

Paramedic Motorcyle: For Emergency Medical Service

December 4, 2008 Leave a comment Go to comments

respon-motorbikeJakarta, 4 Desember 2008. “Poor Emergency Medical Services Endanger Lives of Jakarta Residents“.

Bahasa gaulnya “Buruknya Pelayanan Darurat Kesehatan Dapat Membayahakan Kehidupan Warga Jakarta”, demikian artikel yang ditulis oleh Jimmy Crouch di blog Talk Medical.

Ketika melintas di Jl. Prapanca Raya No. 6A Kebayoran Baru terlihat sebuah motor warna merah darah yang lagi diparkir didepan halaman rumah besar yang bertuliskan “I Can Save A Live.”

Motor tersebut merek YAMAHA V-Xion. Walaupun warna merah lebih dominan, namun beberapa bagian seperti blok mesin, swing-arm, spadboard belakang di cat putih untuk memberikan kesan sebagai motor ambulance.

Yang menarik adalah perlengkapan Top Box GIVI V46 dan Side Box GIVI E21 yang sudah di cat full-red, termasuk velg di cat merah. Ditambah dengan perlengkapan engine-guard, alat sirene, strobo lights, ban tapak lebar Bridgestone, dan windshield besar.

Jelas sekali motor tampak keren! (lihat fotonya di bawah)

imgp4165-200Usut punya usut rupanya motor tersebut stand-by 24 jam 7 hari untuk dipergunakan dalam kegiatan jasa pelayanan bantuan darurat yang disediakan oleh MEDIC ONE, yaitu perusahaan swasta asing yang melayani jasa bantuan darurat.

About Medic One

Medic One is the first private healthcare organization in Indonesia that provides the most rapid and most thorough response to any and all emergency medical needs.” Demikian kata pembuka yang terbaca di website resminya www.medic-one.org

Medic One adalah organisasi private yang didirikan oleh sejumlah dokter, paramedis, dan juga para profesional yang bergerak dibidang kesehatan yang sangat memperhatikan terhadap kondisi kritis bagi masyarakat yang memerlukan bantuan dan tindakan yang cepat dan tanggap.

Organisasi ini memiliki kelebihan dalam hal teknologi dan praktek kesehatan khususnya di bidang Emergency Medical Services (EMS).

Pada intinya jasa pelayanan organisasi ini ingin memberikan perlindungan dan pertolongan darurat agar pasien atau korban yang ditolong tidak sampai kehilangan nyawa atu bisa selamat.

Medic One adalah bagian dari “The Indonesia Designate of Australasian Registry of Emergency Medical Technicians (AREMT)”.

imgp4162-200Memiliki jasa pelayanan 24 jam 7 hari dalam hal “First Response Service” yang mungkin baru pertama kali hadir di Indonesia menggunakan pendekatan pelayanan 9-1-1 ala paramedis Amerika Serikat.

Layaknya seperti yang kita saksikan di film barat.🙂

Yang menarik, Medic One memberikan layanan private, mulai dari “Alarm Center“, kemudian “Basic Life Support Operators“, selanjutnya pelayanan “Motorcycle Paramedic” dan terakhir adalah pelayanan “Life Support Ambulance.”

Selain itu ada juga jasa-jasa lainnya seperti First Aid Services, yaitu pelayanan pertolongan pertama yang didukung dengan First Aid Training, First Aid Kits and Equipments, dan Special Event medical Stand-By.

Jika memang diperlukan dengan “kondisi dan syarat” tertentu, maka evakuasi menggunakan sarana transportasi udara atau “Air Medical Evacuation Service” bisa juga dimungkinkan.

Hal ini untuk membawa pasien atau korban ke rumah sakit yang ada di luar negeri, serta merta membutuhkan sarana medis dan spesialist.

Untuk informasi tentang jasa-jasa dan pelayanan Medic One, langsung saja berhubungan dengan Medic One melalui alamat dan telepon yang tertera dibawah.

Siapa Yang Berhak Menerima Pelayanan Medic One?

img-individual-200Operasional Medic One masih sebagai “private emergency medical services.”

Pada saat ini Medic One hanya memberikan pelayanan khusus kepada para members atau anggota yang sudah terdaftar (pre-paid fee).

Ini dikarenakan infrastruktur Medic One yang masih dalam perkembangan.

Tetapi bukan berarti Medic One tidak melayani pertolongan yang masuk, hanya saja bukan menjadi prioritas Medic One.

Medic One masih melayani wilayah Jabodetabek saja. Team Medic One juga didedikasikan untuk menjaga beberapa klien korporasi.

Rencananya dalam waktu dekat, sesuai dengan permintaan klien korporasi, pengembangan akan dilakukan di lima kota besar, antara lain Bandung, Surabaya, Medan, Balikpapan, dan Bali.

Demikian isi e-mail yang dikirim oleh Ibu Ivonne Tampubolon, Senior Officer Client Relation dari Medic One yang dilayangkan ke redaksi.

Nah, bagi mereka yang ingin terdaftar atau menjadi Individual atau Corporate Membership Access 24/7 (24 jam 7 minggu), silahkan langsung menghubungi Ibu Ivonne tersebut.

Problem Kemacetan Jakarta

img-homeMelihat dan mengalami sendiri kemacetan Jakarta, rasanya memang benar jika sekarang sudah saatnya membutuhkan bantuan darurat medis dengan sepeda motor.

Kurir pengantar surat saja sekarang sudah pakai motor untuk mengantar surat-surat penting. Nah, bagimana kalau mau dibandingkan dengan pertolongan nyawa manusia, mana yang lebih penting?

Maksudnya: Tindakan pertolongan manusia harus segera! Sekalipun pertolongan dengan sepeda motor! Nyawa manusia harus cepat ditolong, maka kehadiran motor sangat diperlukan untuk mengimbangi detak jantung manusia yang lagi sekarat.

Dalam arti yang luas, ditengah carut marut orang sedang membicarakan motor sebagai penyebab kemacetan, tapi motor diakui juga sebagai alat transportasi yang cepat. So what!🙂

Menghadapi situasi kemacetan Jakarta yang sudah semakin parah, maka setidaknya para pengelola Rumah Sakit, Klinik, Jasa Pelayanan Kesehatan dan lain-lainnya sudah saatnya memiliki sepeda motor paramedis yang cepat.

Yang perlu diketahui juga bahwa bikers Medic One tersebut adalah murni petugas paramedis yang handal dan memiliki keahlian dibidang pertolongan pertama dalam keadaan darurat.

Mari belajar dari Medic One yang sudah lebih dulu hadir memberikan jasa bantuan paramedis dengan sepeda motor.

Information About Medic One:
Health Information and Training Center
Wisma Medic-One
Jl.Prapanca Raya 6A
Jakarta 12160
Tel. (62-21) 725 9111 ext. 122
Mobile (62) 8131900411
http://www.medic-one.org

The End.

@2008: Hak Cipta dilindungi oleh UU yang berlaku. Jika ada yang ingin mengambil atau mengcopy materi, isi, dan/atau foto-foto weblog ini, diminta lebih dulu memberitahukan secara tertulis.

Categories: REPORT
  1. December 4, 2008 at 8:45 am

    tugas yang mulia.

    nah yang mau pasang strobo – sirene, mending ngelamar jadi petugas paramedic ini aja kali ya biar dilegalkan….hehehe

  2. Rio
    December 4, 2008 at 8:55 am

    wuidih…
    yang kaya gini nih yang masih kurang di jakarta khususnya…
    banyak para korban, meninggal justru karena kesalahan penanganan pada saat kejadian…bukan karena kejadian itu sendiri….

  3. Rio
    December 4, 2008 at 8:56 am

    makanya..kalo liat kecelakaan yang lumayan parah, jangan coba2 memindahkan atau memberikan pertolongan, kalo kita gak tau pasti…kantongin no telpon pak polisi atau RS yang paling dekat…hehehehehe…bantuin palangin aja si korban, supaya gak ada yang nyosor nubrug lagi….

  4. Benny The Great
    December 4, 2008 at 12:20 pm

    wow…cost yang begitu besar dengan memodifikasi motor ini menjadi sebuah kendaraan medis, atau stylish ya?
    ^_^

    pertanyaan saya banyak..tapi ini saja deh

    – kenapa Yamaha Vixion?
    – kenapa harus ber wingrack?

  5. oni
    December 4, 2008 at 1:18 pm

    ide yg brilliant,,
    disamping buat nolongin orang sekalian buat gaya juga nih motor..
    two thumbs up!!

  6. ono
    December 4, 2008 at 1:21 pm

    1 motor gitu modal brapa ya?? secara pake givi v46 n e21, trus pake sirine polisi,,
    blom yg printilannya…
    topp om…

  7. semar mesem
    December 4, 2008 at 2:28 pm

    Apa bisa di sewa buat turing,kan bisa jd Medic ofiicer buat turing tuh…..

  8. h17
    December 4, 2008 at 3:08 pm

    waaaaaww…keren….

    samperin aaah…

    mau nawarin sapa tau mau masuk REDZONE…

    huhuhuhu

  9. darwinarya
    December 5, 2008 at 2:40 am

    gilak …
    kendaraan nya kelas ‘mewah’ semua nih.
    Ckckckck…

  10. aji
    December 5, 2008 at 12:53 pm

    bisa sebagai pertolongan pertama…tapi kalo pasien perlu dibawa ke RS harus tetep nunggu ambulan…kl ada kecelakaan di jalan…mereka kita telpon bisa gak yah kira2 langsung meluncur?tp harus jadi member dulu yah????mudah2an ide motor ambulan bisa jadi ide juga untuk beberapa rumah sakit pemerintahan ato RSUD deh….jadi kl lagi tugas…nongkrongnya bareng ama pak polisi….memonitor informasi….roger, roger…

  11. Aank
    December 5, 2008 at 2:15 pm

    Pilihan yg tepat untuk motornya….!
    Yamaha V-IXION : Gesit, irit, & injection yg pasti mudah perawatannya.
    Tapi pendukung motornya juga ga kalah maksimal : Box GIVI v46, side box GIVI e21, wingrack,
    ban batlax, winshild GIVI & lampu & sirine.
    Wah ok bgt dech, kalo modif kayakgitu abis brapa ya…!
    “salut dech sama yg bikin medic one”

    ankz27
    MILYS

  12. EMSSSSSST....???
    March 21, 2009 at 2:14 pm

    Salut untuk Medic One, semoga jadi cambuk untuk AGDT Din Kes DKI Jakarta, pada kemana Ninja-ninjanya yang ga kalah keren itu ????, ayo maju First Aider- First Aider di Jakarta, Prog Medic One memang luar biasa tapi sayang sepertinya komersial, karena harus jadi member, AGDT Din Kes juga luar biasa karena dapat di kontak kapan saja dan di mana saja tanpa harus jadi member, n udh dapat anggaran jd tidak komersial pd saat menolong korban 33-L, tapi sayang ke mana action nya sekarang, udah ga kelihatan ninja-ninjanya, n unit ambu dah sedikit n jarang kelihatan, ah jadi curhat nih…

  13. opa
    May 25, 2009 at 3:10 pm

    wih kren banget salutttttttttttt…..tapi gimana komersil gak yah….bisa buat orang yang gak mampu gak…yah kitakan gak punya kartu kredit, punya nya kartu GAKIN.ninja2 din kes dah pada gak ada sih???? nah medic one bsa tuh jadi pengganti AGDT.tapi lambangnya Kok mirip ma PMI yah

  14. yosio
    September 10, 2009 at 7:11 pm

    Bang Stepehen, kami mohon ijin menggunakan materi tulisan dan foto untuk bahan artikel di media kami..TQ

  15. September 10, 2009 at 8:12 pm

    Ok boleh. Jgn lupa sebutin sumbernya http://www.stephenlangitan.com

    -original message- Subject: [stephenlangitan.com] Comment: “Paramedic Motorcyle: For Emergency Medical Service”

  1. August 16, 2009 at 1:48 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: