Home > REPORT > Ride For Peace: Kang JJ Solo-Touring Menuju 3 Benua

Ride For Peace: Kang JJ Solo-Touring Menuju 3 Benua

December 1, 2008 Leave a comment Go to comments

web_adscn5237Jakarta, 1 Desember 2008. Luar biasa! Fantastis! Decak kagum dan bahkan tidak terkatakan.

Saudara kita, Jeffrey Roni Polnaja atau akrab dipanggil “Kang JJ alias Jurig Jalanan” telah kembali ke tanah air dengan selamat.

Kang JJ telah melintasi 72 negara, 3 benua yakni Asia, Afrika dan Eropa dengan waktu 2,5 tahun perjalanan solo-touring dengan sepeda motor BMW 1150 GS Adventure tahun 2004.

Atas keberhasilannya ia menempuh perjalanan tiga benua, Kang JJ disambut secara resmi oleh Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga (Menegpora), Bapak Adyaksa Dault di Kantor Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Jl. Asia Afrika Senayan Jakarta, hari Minggu kemarin (30/11).

Sebagaimana kita ketahui saat ia start tepatnya tanggal 23 April 2006, persis kurun waktu 2.5 tahun yang lalu, beliau juga dilepas secara resmi oleh Bapak Adyaksa Dault, masih Menegpora yang sama.🙂

2007-01_polnaja-kidswithbikeAyo mau ngomong apalagi!

Siapapun harus mengakui kalau “Kang JJ” asal Bandung ini adalah orang Indonesia yang pertama kali melakukan “solo touring” dengan motor sampai ke ujung Inggris sana.

Kehadirannya pulang kembali ke bumi pusaka Indonesia menggugah para pecinta touring dan otomotif Indonesia. Mari kita semua mengangkat kedua jari jempol setinggi mungkin. Salute and two thumbs bro.🙂

Ride For Peace

Mengusung tema perjalanan “RIDE FOR PEACE” atau membawa misi perdamaian tidaklah mudah. Ketika melewati daerah konflik yang ditakuti orang seperti Afghanistan, justru di negara ini ia bisa lewati dengan selamat tanpa ada tembakan atau harus disandera dulu.

Semula ia memberi target untuk melintasi 45 negara di 3 benua (Asia, Afrika dan Eropa), tapi faktanya ia bisa menempuh 72 negara dengan total jarak 112.000 km.

070807bmw03Ia tuturkan bahwa perjalanannya ia menemukan banyak sekali kejadian membahayakan, menegangkan, mengharukan dan pengalamannya yang lucu-lucu dalam perjalanannya touring seorang diri.

Sulit bagian mana yang paling berkesan. Ia katakan semakin jauh ia berjalan, maka semakin sulit ia menceritakan perjalanannya.

Mungkin lain lagi ceritanya jika ia riding bersama teman atau grup riding, biasanya rekan atau teman yang bisa bercerita apa dan bagaimana yang terjadi dalam suatu perjalanan.

Ada informasi kalau Kang JJ ini belum selesai melakukan solo-toring nya yang sudah menelan biaya sekitar 300 ribu US Dollar. By the way, itu duit dari mana ya?

Menurut rencana, Kang JJ masih mau beraksi lagi untuk tahap II yaitu melakukan solo-touring menuju benua Amerika dan Australia pada tahun 2009 yang akan datang. Wah..🙂

Peyambutan dan Penghargaan Negara

2007-01_polnaja-torkhamsignKetika di acara penyambutan di Kantor Menpora, hadir para sesepuh otomotif nasional antara lain Bapak Solihin GP, pendiri Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI); Bapak Fahmi Idris selaku Ketua “Ride for Peace”; dan Juliari Batubara selaku Ketua PP IMI (Ikatan Motor Indonesia).

Namun sebelumnya, Kang JJ sudah disambut oleh Mantan Kapolri Jend. (Purn) Roesmanhadi di Bandara International Soekarno-Hatta yang sekaligus mewakili Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI).

Sementara itu, Menegpora Adhyaksa Dault menyatakan bahwa Kang JJ ini telah menunjukkan perbuatan kebangsaan untuk Indonesia. Maka dari itu, Kang Jeffry akan mendapatkan kesempatan membubuhi tanda tangan di Menara Pemuda yang akan ditempatkan di TMII jakarta Timur.

Sedangkan Ketua PP IMI, Jualiari Batubara akan memberikan penghargaan “Lifetime Achievement Award” untuk Kang Jeffry atas usahanya yang sudah menempuh perjalanan jauh dengan cara solo-touring.

Negara Yang Ditempuh

web_adscn6706Dimulai 23 April 2006: Kang JJ dari Jakarta terbang ke Singapura untuk memulai perjalanan solo-touring antara lain Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, China, Nepal, Butan, Banglades, India, Pakistan, dan Afganistan.

Masuk ke negara Timur Tengah, antara lain Iran, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Arab Saudi, Jordania, Lebanon, Mesir, Libya, Tunisia, Algeria, Maroko.

Masuk daratan Eropa, antara lain Spanyol, Portugal, Perancis, Monako, Swiss, Hongaria, Yugoslavia, dan Yunani, Vatikan, San Marino, Slovenia, Austria, Belgia, Belanda, Jerman, Perancis, dan Inggris (masih ada beberapa negara yang belum disebutkan).

Selamat dan sukses untuk Kang JJ.

Yang pasti Ini menjadi inspirasi bagi bikers touring Indonesia. Kalau mau touring ya sekalian yang jauh-jauh.🙂

Selanjutnya ditunggu perjalanan Tahap ke-II.

Sumber foto perjalanan di kutip dari:

www.rideforpeace.info

http://www.geocities.com/heri_susyanto/KBRI/BersamaKangJJ.htm

The End.

Categories: REPORT
  1. December 1, 2008 at 12:39 pm

    pertamax euy…..
    angkat helm tinggi2 buat kang JJ,
    klo jiwa biker dah nempel di hati jalan 3 benua pun kayanya ga kerasa ya…

  2. December 1, 2008 at 12:46 pm

    btw klo report turingnya dimana ya om, pengen baca ne penasaran?

  3. December 1, 2008 at 1:18 pm

    @ Yudi,
    Belum dapat info yg jelas. Ia sendiri bingung mau cerita mulai dari mana.🙂
    Untuk foto-foto di beberapa negara yang di lewatinya ada di website resminya:
    http://rideforpeace.info/index.php

  4. Bimo
    December 1, 2008 at 2:02 pm

    njisss..motornya euy….usul niy…RRnya dibukukan aja gimana ? keren tuh…Long Way Down aja lewaatttt…

  5. akmal eky
    December 1, 2008 at 2:21 pm

    Keren bro, semakin memantapkan status lu sebagai blogger otomotif. Keep it up

  6. December 1, 2008 at 2:22 pm

    Sekilas mengenai motor BMW 1200 GS (satu tingkat dari BMW 1150 GS) ada disini:
    https://stephenlangitan.wordpress.com/2008/10/15/sosok-motor-adventure-touring-bmw-r-1200-gs/

  7. gsx250
    December 1, 2008 at 6:57 pm

    wuihh Kang JJ journey lagiii… Ati kang2 Di tunggu ride report nyaa…
    yah gak dateng donk nanti ke acara bandung biker week..

    mas stephen ulas juga dok.. Junaedi yang keliling indonesia yang sering di suruh tes drive ama ATPM motor..

  8. December 2, 2008 at 10:40 am

    @gsx250
    Ok bro… mudah2an gw bisa ketemuan ama bro Junaedi Arief. Berita terakhir dia solo-touring ke Sumatera (Jelajah Nusantara Tahap I) naik motor Honda CS1.

  9. December 3, 2008 at 2:29 pm

    Nihhhh….(jempol kanan kiri saya angkat) Bro Stephen….salut…salut….saluttttttt
    semoga biker lain bisa meniru nyali Kang JJ….jangan hanya rang..reng…rong……udah motor hanya 50cc nya bodi batat…kagak laki kagak perempuan……nyasrak nyusruk…..sok jagoan….
    ayoooo kalo berani tiru dieeeee
    salam brotherhood

  10. hardybkk
    December 3, 2008 at 4:18 pm

    no comment, no word that represent the most appreciate on Kang JJ solo touring, most incredible for Indonesian Rider.

  11. aji
    December 5, 2008 at 1:03 pm

    salut akang JJ…mestinya dia juga mendapat penghargaan dr ADV rider juga kali yah…secara kelilingnya kemane-mane…

  12. Fabriansyah
    December 16, 2008 at 8:08 am

    Nah ini baru biker sejati, membawa merah putih berkibar di mancanegara. Tanpa banyak bicara kang JJ membuktikan pada dunia internasional bahwa kita merupakan bangsa yang patut diperhitungkan. Keberanian, skill yang tinggi dan mental tangguh merupakan sedikit dari banyak hal yang dibutuhkan, kemampuannya sudah diakui dunia internasional… Pokonya hueeebat banget deh…Tiba tiba jadi lebih bangga jadi orang Indonesia…Sedikit informasi untuk Bung Stephen Langitan, menurut sumber terpercaya ( termasuk anak Kang JJ yang teman sekampus) dananya selain dirogoh dari kantong sendiri, juga dari sponsor dan para donatur…Two thumbs untuk Kang JJ…We proud of you !!!!!

  13. Fabriansyah
    December 16, 2008 at 10:16 am

    Ini baru ‘Biker Sejati, mengibarkan merah-putih di mancanegara. Tanpa banyak bicara membuktikan Indonesia punya kemampuan yang patut diperhitungkan. Keberanian, daya tahan yang baik, skill yang tinggi serta mental yang tangguh merupakan sebagaian kecil dari banyak hal yang diperhitungkan. Sekedar informasi untuk Stephen Langitan, menurut sumebr terpercaya (kebetulan putra Kang JJ, rekan sekampus) dananya selain dirogoh dari kocek sendiri juga dari sponsor serta donatur serta simpatisan Ride For Peace……Jaman gini, jarang ada orang mau berkorban kaya gitu…Tiba tiba aku merasa lebih bangga jadi orang Indonesia. Pokonya Kang JJ huuuueeeebat banget deh, yang lebih hebat lagi beliau tetap low profile. Bravo Kang JJ !!!!! Bravo Indonesia !!!!!

  14. drn
    December 17, 2008 at 10:33 pm

    Seandainya gw bisa kaya Kang JJ gw bakal seneng banget deh…

    Pake BMW GS udah kemana-mana… impian gw banget!!

    Bravo Kang!!!

  15. allan
    January 12, 2009 at 2:31 pm

    tadi malem liat acara tatap muka di tv one tentang ride for peace yg melakukan singel turing keliling 72 negara yg dilakuin jeffry polnaja…hebat bener…salut pokoknya,

    ini termasuk luar bisa coz ak penah liat juga ada 2 biker australia lewat jogja mereka juga pake BMW F 800…mo keliling asia kli

    semoga bisa melanjutkan rute berikutnya melahap benua amerika

  16. herry evolutionfx
    February 3, 2009 at 9:19 pm

    wah kang jj manteb euy…..salut euyy….wah jadi pengen ikutan bonceng nich….

    salam touring kANG…

    herry evolution
    YM,FB,FS……henimri@yahoo.com

  17. piss rider
    March 19, 2009 at 4:45 pm

    gokil…
    btw Kang mang diluar negri ada yg jual premium/pertamax?
    salut jg bwt kluarganya yg mendukung Kang JJ?
    Kang JJ ikut club?komunitas ga?

  18. Blackholic_part
    April 8, 2009 at 9:17 am

    Wah .. wah .. wah .. nga ada lagi nh di dunia .. gmna kalo kita daftarin Kang JJ masuk ke Guinness World Of Record Book .. Perlu di catat tuh bro .. biar ada orang Indonesia yang menorehkan rekor di dunia ..

  19. brotherhood 4ever
    April 19, 2009 at 10:18 pm

    alusssssssss bro,……………. hade pisan,………….. tp mun geus tenar tonk poho ka barudak,…………….. mun bisa ayakeun open house di acara barudak ngarah timbul motivasi ti barudak sugan we aya barudak nu wani touring make DKW UNION keliling dunia,…………….. hade tah

  20. havid dwiril
    May 15, 2009 at 6:22 pm

    aduh kang jj saya sudah merasakan touring bareng kang jj ke sumbawa gila bener

  21. Denhas
    July 24, 2009 at 10:47 am

    Sungguh suatu (DOSA BESAR!!!) jika para biker’s tidak salut dan tidak menghargai keberanian dan pengorbanan kang JJ Polnaja,blm pernah ada orang semacam kang JJ di indonesia.

    dia telah mewakili jiwa besar para biker di INDONESIA. bayangkan,keliling dunia,ninggalin anak istri & pengorbanan kang JJ selama perjalanan beliau kena panas,debu,hujan,kelaparan,kehabisan bensin,capek,ban kempes,gak bisa tidur,konsentrasi tinggi ketika riding jauh. semua itu tidak bisa dilakukan oleh orang yang bermental tidak kuat.

    sekali lagi saya atas nama pribadi:
    Denhas Ginanjar
    Surabaya
    Komunitas Otomotif Surabaya Saluut for kang JJ only!!!

  1. August 6, 2009 at 11:46 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: