Home > REPORT > PESTA BLOGGER 2008: SUKSES & MERIAH!

PESTA BLOGGER 2008: SUKSES & MERIAH!

November 22, 2008 Leave a comment Go to comments

imgp3946-200Jakarta, 22 November 2008. Beruntung saya menghadiri acara berskala nasional, yaitu Pesta Blogger 2008 yang digelar di Auditorium BPPT Jl. MH Thamrin Jakarta pada hari Sabtu (22/11) dari pukul 10.00 WIB hingga selesai pukul 17.30 WIB.

Keramaian tampaknya berlangsung sejak pukul 08.00 WIB, namun saya datang pukul 10.00 WIB karena sudah mendapatkan tiket masuk dan ID Card sehari sebelumnya untuk kemudahaan akses dan menghindari antrian.

Saat mau reservasi di front-desk, saya diarahkan ke “Jalur Media” karena kostum yang saya kenakan terlihat mirip seorang wartawan. Wartawan Blogger WordPress. Lumayan saya mendapatkan lembaran press release (siaran pers) sekaligus run-down acara. 🙂

Usai melakukan reservasi di tempat yang benar, yaitu di Jalur Blogger, saya mendapatkan “Goodie Pack” berisi tas mini laptop, brosur sponsor, aneka pin, dan segala macam pernak-pernik Pesta Blogger 2008 termasuk dua bungkusan snack.

Melangkah di lantai 3 di depan auditorium, terlihat gerai para sponsor berwarna-warni dan kerumunan orang mempersempit gerak dan langkah. Beberapa gadis manis disetiap stand yang berdiri di depan gerainya membagikan brosur.

imgp3948-200Hal yang tidak biasa ketika melihat gerai US Embassy (Kedutaan Besar Amerika Serikat) dengan logo besar melingkar dan gambar burung Rajawali.

Demikian pula ada sebuah stage mini yang disiapkan panitia untuk pemotretan dan wawancara media dengan latar belakang logo Pesta Blogger 2008 berikut deretan nama para sponsor.

Memasuki auditorium terlihat ruangan sudah penuh. Pada barisan depan tampak beberapa pejabat pemerintah termasuk Menteri Riset dan Teknologi RI Bapak Dr. Kusmayanto Kadiman.

Sekitar pukul 10.30 WIB acara dibuka dengan kehadiran MC Panji dan Johana yang lincah dan kedua MC ini mengucapkan nada-nada bercanda membuat suasana auditorium Pesta Blogger menjadi penuh senyum dan tawa.

Akrab dan bersahabat itulah suasana yang ingin diciptakan oleh panitia dalam pertemuan para blogger Indonesia dalam acara tahunan Pesta Blogger 2008. Ke-dua MC tadi memanggil rombongan serta komunitas blogger yang datang dari Bali, Jogja, Semarang, Bandung, Palembang dan bahkan komunitas dari Makasar. Hadirnya blogger dari berbagai daerah acara jadi sangat meriah!

Acara sambutan dimulai dari Ndoro Kangkung alias Wicaksono, Ketua Panitia Pesta Blogger 2008. Ia pun memanggil seluruh Team Committee yang berjumlah sepuluh orang yang telah bekerja keras menyusun  acara Pesta Blogger 2008 sedemikian rupa.

Tugas berat Team Committee termasuk mengumpulkan sekian banyak sponsor, dan instansi pemeritah yang ikut serta mensukseskan acara Pesta Blogger 2008.

Perusahaan Maverick ditunjuk sebagai EO (event organizer) dan mereka masuk didalam Team Committee.

imgp3965-200Sambutan berikutnya disampaikan oleh pejabat pemerintah antara lain Bapak Cahyana Ahmadjayadi Dirjen Telematika Departemen Komunikasi & Informatika RI.

Berikutnya adalah sambutan dari Bapak Firmansyah Rahim, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Departemen Kebudayaan & Pariwisata RI.

Sedangkan sambutan yang terakhir diberikan oleh Menteri Riset dan Teknologi Dr. Kusmayanto Kadiman.

Usai sambutan, para pejabat pemerintah tersebut diberikan plakat tanda-mata Pesta Blogger 2008.

“Respon dan dukungan yang antusias terhadap Pesta Blogger 2008 menunjukkan bahwa blog telah diterima oleh masyarakat Indonesia sebagai media baru yang efektif untuk membantu menjalin komunikasi antara masing-masing individual dengan dunia luar.” Dikatakan oleh Chairman Pesta Blogger 2008, Wicaksono atau nama lebih di ramah di kalangan blogger, Ndoro Kakung.

“Tahun lalu (red=2007) kami menggelar Pesta Blogger, temu nasional blogger pertama bagi para blogger dari berbagai wilayah di Indonesia, dan berhasil menghadirkan lebih dari 500 peserta. Tahun ini, kami telah mengantisipasi lonjakan peserta hingga dua kali lipat,” kata Wicaksono.

“Banyaknya peserta yang mendaftar untuk hadir di Pesta Blogger 2008 di Gedung BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) Jl. MH. Thamrin menunjukkan semakin meningkatnya popularitas blog di Indonesia.

Mengingat kapasitas ruangan sangat terbatas, maka saat pendaftaran ditutup lebih cepat begitu angka pendaftar sudah mencapai 1000, padahal yang berminat mau mendaftar masih banyak lagi.

Lebih penting lagi, blogger-blogger ini selama beberapa bulan terakhir juga sudah menunjukkan kontribusi positif yang bisa diberikan melalui blog dan digagas oleh komunitas blogger kepada masyarakat sekitar.

Hal ini sejalan dengan terra Pesta Blogger tahun ini, BLOGGING FOR SOCIETY—di mana para blogger dan komunitas blogger mulai menggunakan blog untuk berkomunikasi dan mengkoordinasi berbagai aktivitas sosial yang memberi dampak positif bagi masyarakat”. Ujar Ndoro Kangkung dengan semangat.

“Tahun ini, Pesta Blogger 2008 juga memberikan penghargaan BLOGGING FOR SOCIETY AWARD 2008. Penghargaan ini diberikan kepada komunitas blogger yang dinilai telah menggunakan kekuatan blog secara maksimal, telah menunjukkan konsistensi dan keberlanjutan kiprah mereka di ranah blog, serta memiliki serangkaian aktivitas sosial di sepanjang tahun 2008.

Selain itu, Pesta Blogger 2008 juga memberikan penghargaan THE MOST PROMISING BLOGGER COMMUNITY IN 2008 kepada komunitas blogger yang dinilai memiliki perkembangan yang cukup pesat dalam pemanfaatan blog, serta memiliki rangkaian aktivitas-aktivitas sosial yang menjanjikan.

Penghargaan khusus juga diberikan kepada pemenang Photo Contest Pesta Blogger 2008. Melalui kompetisi ini, para peminat fotografi diajak untuk memotret dengan tema BLOGGING FOR SOCIETY dari balik lensa kamera.

Kesuksesan Pesta Blogger ini juga terkait dengan dukungan dari para menteri dan organisasi pemerintahan yang berpikiran terbuka dan progresif, serta institusi clan perusahaan-­perusahaan yang mengerti mengenai pentingnya media-media baru seperti blog—dan mengerti bahwa media-media baru ini dapat mengubah cara kita semua berkomunikasi.

Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementerian Negara Riset dan Teknologi, serta Departemen Kebudayaan dan Pariwisata juga patut dipuji atas dukungannya terhadap cara ini.

Juga sponsor utama kami, US Embassy, yang memiliki keberanian untuk mencoba aktivitas diplomasi cara baru, dengan mendukung Pesta Blogger 2008. Tentu, terima kasih juga untuk sponsor lain seperti Telkomsel dan Telkom, Microsoft, dan lainnya.”

Demikian kalimat Wicaksono dalam sambutannya di podium.

imgp3972-200Terkait program Visit Indonesia Year 2008, dengan dukungan penuh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Pesta Blogger 2008 juga berhasil mendatangkan lima orang blogger asing untuk mengikuti serangkaian blogging trip sejak 17 November hingga 21 November 2008 untuk meliput Bali, Yogjakarta, dan Jakarta.

Selama blogging trip ini mereka diajak untuk melihat berbagai potensi pariwisata Indonesia, dlan diundang untuk berinteraksi langsung dengan komunitas blogger lokal di Bali, Jogjakarta dan Jakarta.

Tamu khusus para blogger asing ini terdiri dari Mr. Mark Tafoya dari Amerika Serikat (www.remarkablepalate.com), Mr. Anthony Bianco dari Australia (www.nickbowditch travel.com), Mr. Jeff Ooi—blogger dan anggota parlemen dari partai oposisi Malaysia (www.jeffooi.com), Mr. Mike Aquino dari Filipina (www.goseasia.about.com), dan Mr. Brown dari Singapura (www.mrbrown.com).

Usaha mendatangan tamu dari luar negeri dimaksudkan untuk menciptakan image baru mengenai Indonesia kepada dunia luar, namun menurut saya sebenarnya kita tidak perlu repot mendatangkang tamu luar negeri.

Sudah banyak blogger Indonesia yang menulis berbagai tujuan wisata Indonesia yang dilengkapi dengan foto-foto indah. Hanya saja, panitia Pesta Blogger 2008 maupun Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia belum dapat mendata blogger Indonesia yang khusus berbicara dan menampilkan wisata Indonesia.

Pada akhir acara, hasil PhotoContest Pesta Blogger 2008 direbut oleh seorang blogger wanita dengan hadiah utama Camera CANON SLR 1000D. Ia mengalahkan 3 besar foto terbaik dari 20 foto nominasi yang diterima oleh dewan juri. Luar biasa untuk pemenang seorang wanita!

Pada bagian akhir acara Pesta Blogger 2008, Ibu Sinta dari CEO BUBU.com mengumumkan tentang BLOGGERSHIP dari sponsor Microsoft, dimana bloggers akan mendapatlan semacam penghargaan (beasiswa) untuk menulis mengenai isu-isu yang mereka minati (informasi mengenai Bloggership ditulis terpisah).

Sayang sekali, adanya pembatasan usia peserta BLOGGERSHIP dibatasi antara 20 s/d 35 tahun memberikan kesan ‘diskriminasi’ terhadap hak seseorang untuk berkarya.

imgp4006-150Kehadiran penampilan penyanyi solo sekaligus pemain biola, yaitu seorang wanita bernama Maylaffayza sangat memukau peserta Pesta Blogger 2008.

Ia memainkan gesekan biola elektriknya begitu lincah membuat peserta terpana dan berdiri mendekat. Bahkan satu lagu dinyanyikan dengan suara yang sendu dan merdu.

Lucky-draw dari para sponsor tidak tanggung-tanggung, sejumlah hadiah harus diundi antara lain Camera Pocket Canon, HP 3 unit Sonny-Erickson seri terbaru persembahan Britich Counsil, 2 unit HP Nokia seri terbaru dari Nokia Indonesia, 10 unit MP3, 3 unit iPOD, 2 unit PC Desktop persembahan Hewlett Packard, dan grand lucky-draw 1 unit Notebook Hewlett Packard.

Foto-foto seputar acara Pesta Blogger 2008

The End.

Categories: REPORT
  1. akmal eky
    November 23, 2008 at 9:02 am

    Menurut gue, pembatasan usia blogger adalah hal yang picik, usia tidak menjamin kualitas tulisan seseorang, sayang sekali…sungguh sayang…amat disayangkan. Ditunggu foto-fotonya Bro.

  2. November 23, 2008 at 10:32 pm

    mas…
    copas berita ini ya di blog saya..
    hehehe…

    g tw kenapa nih mas…
    pulang dari jakarta ngeblank deh gara2 ketemu banci di busway…

    sebelumnya thanks

  3. November 24, 2008 at 2:44 pm

    Waw, pak Staven yang bertanya di sesi diskusi pertama kan?

    Salam kenal Pak! Great post😀

  4. triatmono
    November 24, 2008 at 7:18 pm

    Bro.. gue copy yaagh foto gue… yaagh kenang-kenangan.. ngikutin acara PB 2008😀

  5. November 25, 2008 at 9:43 am

    Wah.. sepertinya lumayan seru yaa…

    Pesta Blogger..
    Makan Burger..
    Desert Es Dogger..
    Banyak pemandangan yang Seger-seger..
    Lanjut terus, sampe Keblenger..

    Xixixi..🙂

  6. December 3, 2008 at 12:59 pm

    huwaaaaaa … menyesal bangat gak bisa ikutan di acara ini, secara kudu ngurusin acara penting di Milys, hiks. menyesal … :-((

  1. January 22, 2009 at 2:05 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: