Home > REPORT > Menyambut Pesta Blogger 2008: Blogging For Society

Menyambut Pesta Blogger 2008: Blogging For Society

November 21, 2008 Leave a comment Go to comments

picture-4Jakarta, 21 November 2008. Inilah yang acara dinantikan oleh blogger Indonesia, sebuah perhelatan tahunan tempat berkumpulnya semua blogger Indonesia.

Jika tidak ada aral melintang Pesta Blogger 2008 akan berlangsung besok Sabtu (22/11) di Auditorium Gedung BPPT II, Jl. MH Thamrin, Jakarta.

Melihat list nama para blogger Indonesia yang sudah konfirm dan bakal hadir sudah lebih dari 1500 orang.

Angka ini melonjak drastis dibandingkan dengan acara yang sama di tahun lalu, katanya tahun 2007 yang hadir sekitar 500 blogger.

Fenomena apakah dibalik pertumbuhan blogger di Indonesia?

Apakah karena kemudahan sarana media internet yang kini berkembang dengan pesat?



Statistik blog http://www.stephenlangitan.com periode Mid-Juni s/d 20 November 2008.

Bicara mengenai statistik blog yang sedang anda baca ini, http://www.stephenlangitan.com, pada awalnya blog ini hanya berupa tulisan dan artikel yang merekam kegiatan saya dalam perjalanan keluar kota. Kebetulan saya juga menyukai touring sepeda motor, maka saya juga membuat rangkaian cerita perjalanan sekaligus menyajikan foto-foto touring melalui blog ini.

Empat setengah bulan yang lalu, tepatnya pertengahan Juni 2008, saya mulai mempersipakan sebuah blog, menyusun dan mengetik artikel sekaligus mengumpulkan semua foto-foto digital yang ada. Hal ini terjadi karena sudah ada kemudahan berupa fasilitas tekologi komputer dan broadband yang mudah diakses dari mana saja.

Benar-benar saya masih pemula, namun saya mempelajari sofware blog yang tersedia secara gratis www.wordpress.com sekaligus melihat isi dan tampilan blog para tetangga di internet. Ternyata, apapun kegiatan yang baru dilakoni membutuhkan waktu serta ‘trial and error.’

Beberapa artikel akhirnya di klik ‘publish’, artinya artikel beredar dan bisa dilihat oleh masyarakat luas. Tepat 1 Juli 2008 saya mengumumkan kehadiran webblog ini kepada teman-teman melalui jaringan komunitas dan jejaring sosial facebook.

Berjalan dengan waktu, akhirnya saya menyadari jika isi weblog harus terus di update atau ditambahkan. Artikel di weblog ini harus mengarah pada sebuah bidang, dan ternyata tidak bisa dicampur adukan.

Sampai saat ini saya mencoba memfokuskan isi weblog dalam hal berbagai kegiatan otomotif roda-dua, sekaligus kegiatan wisata touring, maupun wisata umum.

Yang pasti kekuatan dari pada weblog ini adalah artikel aktual dan memiliki fakta disertai dengan sajian foto-foto sebanyak mungkin. Weblog ini bukan bahan celotehan atau omong kosong belaka, tapi isinya merupakan artikel-artikel ringkas yang bersifat informatif, solid, dan aktual.

Puji syukur, ditengah kesibukan didalam pekerjaan sehari-hari sebagai seorang kuli perusahaan swasta, saya masih bisa menulis artikel minimal satu topik dalam satu hari.

Yang tak kalah menarik, ketika saya harus memburu sebuah berita dengan cepat, maka profesi seperti seorang wartawan harus dijalani, antara lain melakukan wawancara dengan nara sumber, hadir dalam jumpa pers, memotret, mendata, survey dan lain-lain.

Semoga weblog ini tetap exist dan berguna buat para pembaca. Terima kepada para pengunjung yang berkenan meluangkan waktunya membaca/melihat, serta mereka yang memberikan komentar di setiap artikel yang ada di weblog ini.

Mari kita sambut dan sukseskan Pesta Blogger Indonesia 2008!

Sekelumit latar belakang acara Pesta Blogger Indonesia 2008 sebagai berikut:

  • Pesta Blogger 2008 merupakan acara kumpul-kumpul dan temu muka para blogger berskala nasional di Indonesia.
  • Acara ini pertama kali digelar pada 27 Oktober tahun lalu, di mana Menkominfo Muhammad Nuh menyatakan bahwa tanggal 27 Oktober resmi diperingati sebagai Hari Blogger Nasional (Hablona).
  • Pesta Blogger 2008 rencananya akan digelar pada hari Sabtu, 22 November 2008.
  • Tema Pesta Blogger 2008 tahun ini adalah โ€œBlogging for Societyโ€. Tema ini dipilih untuk memacu semangat para blogger sehingga dapat menggunakan media blog sebagai bentuk kontribusi mereka terhadap masyarakat.
  • Pesta Blogger diprakarsai oleh konsultan kehumasan Maverick bersama Bubu Internet, serta didukung oleh Departemen Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.
  • Pesta Blogger 2008 mendapatkan dukungan sponsor dari Kedutaan Besar Amerika Serikat dan beberapa perusahaan komersil antara lain Telkom, Telkomsel, Toyota, BCA, Canon, Microsoft, Kompas.Com, dll.
Informasi pendukung:
Categories: REPORT
  1. zani
    November 21, 2008 at 4:22 pm

    sejak agustus-oktober kemaren, gua selalu jadi pengunjung ini blog.. setiap hari mungkin..
    blog ini menarik, mungkin karena informasinya nyata, atau mungkin karena foto2nya yg menarik.. gua ga tau..๐Ÿ™‚
    terus menulis bang…

  2. November 21, 2008 at 5:26 pm

    @ Thank you bro Zani..๐Ÿ™‚

  3. kuro22id
    November 22, 2008 at 6:18 am

    Kita tunggu info soal pesta blognya lg bro stephen.

  4. rifky
    November 22, 2008 at 6:37 am

    Bro Stephen saya pengunjung blog anda sudah sekitar 3-4 bulan ini, isinya menarik apalagi soal touring n info lainnya yg berbau otomotif. Sebenernya gak sengaja ketemu blog bro stephen. Kebetulan dulu lg googling soal box Givi, eh gak taunya blog ini menarik banget!!! Makasih bro Stephen atas blog yang menarik ini. Semoga isinya selalu menarik dan up to date…tx bro!!!

  5. Taufik
    November 22, 2008 at 1:05 pm

    Hi, Stephen… wah luar biasa man..
    geu tau kalau loe dah jadi blogger hebat dari pak Irvan Rahardjo.

    Next insya Allah gue bakal sering-resing visit your blog deh apalagi
    isinya gue suka, mengenai motor.

    Maju trus Stephen….

  6. November 23, 2008 at 5:20 pm

    @ Taufik,
    Terima kasih sudah berkunjung. Ini blog sangat sederhana.
    Btw, ada artikel mengenai Ranah Minangkabau: Rancak Bana.
    Artikel tersebut di Wisata Touring. Klik Select Category.
    Maju terus..๐Ÿ™‚

  7. November 25, 2008 at 9:34 am

    Saya juga jadi pengunjung “setia” Blog ini karena Tania, adiknya Bro Stephen, manis sekali..Halah.. GAK NYAMBUNG..!!!๐Ÿ™‚

    Gak lah, becanda. Blog ini sangat menarik dan dinamis karena infonya selain aktual juga up to date. Bro Stephen dengan cerdik merangkai kata-kata yang diperkuat dengan visualisasi gambar2 di Blognya ini yang membuatnya jadi bacaan ringan yang sangat menarik. Blog ini tampaknya akan tetap memiliki banyak penggemar…๐Ÿ™‚

  8. November 25, 2008 at 9:51 am

    @ Nugroho,
    Kaget gw liat e-mail yg masuk, tertulis sebuah pesan dari WordPress: please moderate this. Nggak taunya ada yg lg GAK NYAMBUNG.. ya tentu aja wordpress bingung..๐Ÿ™‚ Btw, thanks utk supportnya bro Nugroho. Semoga weblog tetap exist dengan artikel2 yg aktual.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: