Home > REPORT > Apa Kabar Motor Jetmatic Kymco?

Apa Kabar Motor Jetmatic Kymco?

November 18, 2008 Leave a comment Go to comments

kymco-logoJakarta, 18 November 2008. Masih ingat motor skutik pertama di Indonesia? Kymco. Saat ini apa kabarnya ya?

Usut punya usut rupanya ada sebuah berita di harian Kontan, Selasa 18/11/2008 yang menyebutkan jika PT. KYMCO LIPPO MOTOR INDONESIA (PT KLMI) sebagai ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) KYMCO sedang ada perkara.

Selain dari pada perkara atau gugatan dengan pihak ketiga, ternyata PT KLMI juga punya masalah dan konflik internal yang terjadi didalam tubuh PT KLMI yang menyebabkan kegiatan pabrik Kymco harus menghentikan semua kegiatan produksi.

Yang lebih parah, dikatakan jika karyawan Kymco telah menerima surat untuk tidak bekerja sementara hingga Desember 2008.


Pemilik PT KLMI adalah ‘Kwang Yang Motor’ memiliki 75% saham, dan sisanya 25% dimiliki oleh ‘PT Metropolitan Tirta Perdana.’

Sangat disayangkan, kehadiran merek Kymco ex Taiwan ke Indonesia sudah dianggap sebagai pelopor dalam industri motor skutik atau ‘automatic bike’.

Kymco pada awalnya diminati oleh pasar di beberapa di daerah, khususnya Pulau Dewata Bali. Ketika itu motor skutik yang dianggap aneh karena masih baru, tetapi akhirnya pasar mulai dimasuki dan direbut oleh produsen besar seperti Yamaha dan Honda.

Sejarah Kymco di Indonesia

Pada bulan April 2000 motor Jetmatic KYMCO telah terbukti sebagai motor paling tangguh dengan tes performa Jakarta-Bali NON STOP 100 JAM, dan rekor ini tercatat di MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai rekor yang tak tertandingi.

Pada tahun 2002 KYMCO resmi menjadi anggota AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) bergabung dengan Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki & Piaggio.

Pada bulan Juli 2005 motor Jetmatic KYMCO kembali membuktikan diri sebagai motor satu-satunya dan pertama di Indonesia yang berhasil memecahkan rekor MURI 150 Jam Non-Stop Jakarta – Bali – Jakarta.

Jetmatic KYMCO Free-EX diberi penghargaan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup sebagai motor dengan standar Emisi Gas Buang EURO 2 terbaik dikelasnya sesuai dengan Program Peringkat Hasil Uji Emisi Gas Buang Kenderaan Bermotor Tipe Baru Tahun 2005.

sooner100s-2Ironis memang jika produsen tidak siap masuk dalam pertarungan pasar motor skutik yang begitu ketat. Pada akhirnya membuat PT KLMI agak keteteran dalam persaingan motor skutik di Indonesia. Beberapa persoalan pun muncul, apalagi dalam situasi krisis pada saat ini.

Beberapa motor terbarunya di tahun 2005 antara lain Kymco Free EX sudah mulai menghilang dari pasaran. Website resminya http://www.kymco.co.id pun tidak punya berita terbaru. Artikel yang dimuat sudah basi, terakhir dimuat bulan Mei 2007 dan setelah itu diam seribu bahasa.

Disatu sisi ada kesedihan, namun dilain pihak ada yang lagi tersenyum.

The End.

Categories: REPORT
  1. ekowd
    November 19, 2008 at 8:42 am

    Padahal akhir2 ini lagi tert6arik sama kymco nih, karena testimoni teman2 pengguna.
    Value for money-nya & performa-nya ternyata sangat menggoda.
    Tapi emang agak ragu dengan aftersales-nya karena ga pernah liat bengkel kymco di daerah deket rumah ane. Tambah berita ini, jadi makin ragu deh

  2. November 20, 2008 at 9:24 am

    FYI : sekarang pusat sparepart motor KYMCO ada di BeRes Bintaro, kedepannya menurut info dari http://www.kymco.or.id, main dealer Jakarta, Bandung dan Bali akan bertindak seperti IU, kurang lebih modelnya seperti PT Sentra Karya Niaga yg jadi dealer sekaligus importir Piaggio, Aprilia dan Husqvarna di Indonesia,
    cmiiw

  3. November 20, 2008 at 9:47 am

    @ Bro Benny,
    Thanks untuk infonya.
    Kalau punya nama/alamat lengkap Impotir Umum KYMCO, mungkin bisa disampaikan disini agar para pembaca/masyrakat yang minat beli Kymco punya datanya.

  4. ferry
    November 20, 2008 at 11:25 am

    Kyk nya emg nih pabrik lg bermasalah, dah sebulan ini gua liat, di sekitar parkiran depan Kymco ada tenda dari pekerjanya, kyk lagi demo solidaritas atau apa gua gak ngerti.

  5. February 25, 2009 at 11:50 pm

    Aku pengguna Kymco baru 4 bulan lebih. merk: LX sporty. Sparepart sampe skrg gak ada masalah. Importer diluar atpm pastinya ada. Buktinya, Ribuan pengguna Kymco seIndonesia masih eksis motornya. bahkan besok 7-9 Maret di Pangandaran ada perhelatan besar KYMCO Jambore ke-3 se-Indonesia. kurang dari 400 pengguna Kymco hadir bro… Info lanjutnya di http://www.kymco.or.id

  6. February 25, 2009 at 11:51 pm

    Aku pengguna Kymco baru 4 bulan lebih. tipe: LX sporty. Lebih mantap dari matic sejenis dan sekelas merk Jepun (menurut saya). Sparepart sampe skrg gak ada masalah. Importer diluar atpm pastinya ada. Buktinya, Ribuan pengguna Kymco seIndonesia masih eksis motornya. bahkan besok 7-9 Maret di Pangandaran ada perhelatan besar KYMCO Jambore ke-3 se-Indonesia. kurang dari 400 pengguna Kymco hadir bro… Info lanjutnya di http://www.kymco.or.id

  7. adidalton
    February 27, 2009 at 9:41 am

    saya pengguna kymco trend SR dan easy JR menurut saya tutup gak tutup pihak pabrikan kymco para user tetap eksis dengan kymconya saya yakin mereka sependapat dengan saya bahwa sampai saay ini blom ada motor kelas premium yang bisa senyaman, seirit, setangguh kymco jd tidak usah taku dengan kelangkaan spare part karna banyak part subtitusi dan dr beberapa user masih sanggup untuk mendatangkan part dari taiwan langsung ….

  8. February 27, 2009 at 7:21 pm

    sangat disayangkan kalo gak bisa dilanjutkan KYMCO di indonesia..
    sumpah.. nih motor emang enak banget…!!

    Pinky Libero

  9. Pras
    March 13, 2009 at 11:42 am

    Pertama saya pake Kymco Metica sejak th 2001 sampai saat ini masih berjalan dengan baik, dengan perjalanan Touring seperti
    -Gunung : Bromo,Dieng,Merapi,Sarangan/Solo,Dll
    -Pulau : Bali, Sumatera(Selatan)
    Yang Kedua pake Trend SR sejak th 2008, sering ke Bandung dan majalengka(tmpt istri). Terakhir mengikuti Jambore III kymco 2009 (7-9maret). Kedua Motor Kymco sayapun jadi kendaraan Harian/kerja. Kesimpulan saya selama 8thn (s/d Juni)mengendari Matic kymco khususnya yg 125Cc (Matica&Trend SR), inilah motor matic nyaman yang bisa dipakai utk perjalanan Dekat dan Jauh sesuai dgn kebutuhan dan kemampuan saya… Jadi apapun yg melanda pabrikan kymco di Indonesia (bisnisnya).. saya tetap pake Matic Kymco… selanjutnya impian utk memiliki Matic 150Cc. ***Jika ada Rezekinya… Bravo Kymco Matic –
    http://www.kymco.com.tw/products/models/techno/techno.asp

  10. March 14, 2009 at 7:09 am

    @Pras..
    Sukses bro.. salut deh anda penggemar setia motor Kymco.
    Maju terus.. semoga komunitas bikers Kymco jg tetap eksis..
    Ditunggu cerita2 touring-nya… info ke sini juga ya..🙂

  11. bangtopik
    March 28, 2009 at 11:19 pm

    Tadi nye gw bangga sama Kymco punya gue Free ECX merah
    Motor yg paling enak dan sangat nyaman di kendarainya.
    Tapi mendadak semua bengkel tutup,sparepart tutup,bintaro,kebon jeruk tangerang,ada apa gerangan?
    para konsumen mulai terlantar,,,
    pemuja melarikan diri karena diacuh kan,,,
    memutuskan hubungan secara sepihak tanpa basa basi,,,
    merugikan penggemar2xnya,,,
    nama baik yg di ukir di rusak sendiri oleh kymco,,,
    konsumen bingung,,,
    BT gw ama Kymco,emang kaga mikirin konsumennya apa?

  12. March 29, 2009 at 6:37 pm

    @bang topik,
    setahu saya pemilik Kymco punya komunitas yang solid, silahkan browing di google.

  13. March 31, 2009 at 12:17 pm

    Ga nyesel koq pakai kymco, walaupun tahu pabriknya udah tutup, baru sebulan kemarin gw nekad juga beli libero hitam… nyatanya nyaman banget, klo lagi blanja bisa ampe tiga kantong plastik masuk (hehe), klo isi bensin ga perlu turun dari motor dan bisa sampe 5 liter lebih, kualitas plastik bodynya beda, keliatan lebih keker… dan getarannya itu yg minim, gas responsif banget (klo yg ini gw kurang paham, apa mungkin efek dari tunning2 si montir kymco)

    Klo ga percaya coba deh pinjem punya temen yg pakai kymco…
    penasaran khan… 🙂

  14. eful
    March 31, 2009 at 4:44 pm

    aku pake dink… meski kymco gi resah dan ribut2 mo tutup… aku mau beli trend SR baru… kmren aq cba kontak dealer2 bdg dah ga ada stock barang baru karena lgi krisis… buat rekan2.. mohon infonya buat order produck. siapa tau jkt atau dealer lain daerah msih punya stock SR baru. thanks

  15. March 31, 2009 at 4:49 pm

    Tapi klo service sama masalah spare partnya gimana om?
    brani mau ambil kymco lagi???

    sekarang yg lagi saya pusingin klo ada kerusakan mesin bagaimana benerinya, klo spare partnya aja ga ada di indonesia…

  16. eful
    April 1, 2009 at 11:10 am

    @abdus salam
    sevice pda umumnya sama ma mtor2 matic lainnya, makanya Persaudaraan kita antara sesama biker mesti solid, terutama rekan2 montir2 dibengkel. klo beres tutup.. ya tinggal call aja rekan2 montir.. trus klo masalah spare part. pengalaman saya pke kymco.. kymco ga banyak masalah trus ga rewel ya tpi semuanya jga kembali lagi ke kita masing2 bagaimana kita merawatnya… spare part yg sering diganti bisa pke spare part merk lain.. kya kanvas rem. ban, accu.. bahkan ampe daleman mesin bsa pke punya merk lain.. trim’s buat rekan2 ditunggu info stock SR brunya…

  17. April 1, 2009 at 12:27 pm

    @eful, waah penjelasannya udah bikin saya lega om… trims.

    btw : ada nomor kontak rekan2 montir kymco pa? klo berkenan boleh di email ke abdusxsalam@gmail.com… please! buat antisipasi😀

  18. candra
    April 22, 2009 at 10:53 am

    saya perlu drive belt kymco easy 100pc dan lx 50 pc….. mohon info harganya, barang tersebut diatas akan dijual kembali di toko kami, mohon diberikan harga yang terbaik. trims

  19. April 24, 2009 at 10:13 pm

    saya ada 3 kymco; cevira, metica dan free lx karena demen ama kymco. tapi agak minder juga denger pabriknya bangkrut. ngga ada yang dibanggain lagi. mudah2an akur lagi, produksi lagi.

  20. osfaldo
    May 12, 2009 at 3:16 pm

    bos, g usah kuatir banyak beres (red=bengkel resmi) yang tutup, ane juga baru punya trens sr sekitar 4 bulan lalu last stock dari beres kebon jeruk, emang sempet bingung juga waktu mo service gratis, eh tau2 nya beresnya dah tutup, bingun mo service kemana, akhirnya baca2 dari milis http://www.kymco.co.id ini thread alamat2 bengkel yg bermunculan setelah banyak beres tutup istilahnya mati 1 tumbuh seribu🙂 http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=4139, kalo masalah nyaman , speed, lincah, stabil, canggih, kymco dah rajanya.

  21. neptunes
    May 28, 2009 at 7:33 pm

    gw sedih banget kymco indonesia udah g produksi lagi..gw punya free lx sporty,,smp skrng seh g ada masalah,makanya gw pengen beli libero.coz menurut gw lebih keren lagi. tapi gw cari2 di dealer kymco yg msh aktif ga ada stock satupun cing!!sold out!. gw pikir waktu ada kabar kymco bangkrut,motor matic sisa bakal jadi sampah,,tp ternyata orang tetep percaya sama merk kymco. SALUT!!

  22. mugi
    June 8, 2009 at 1:23 pm

    gw udah ngrasain enaknya motor matic kymco. Bener2x ga ada tandingannya, nyaman bgt.

  23. mugi
    June 8, 2009 at 1:27 pm

    bener bgt bro. gw baru pertama pake metic punya temen, langsung ngefans. akhirnya gw ja ikut beli kymco free ecx

  24. June 13, 2009 at 2:33 pm

    Bissmillah….
    semenjak ane denger KLMI bangkrut, ane makin berhati2 dalam merawat SR-ane, Dulu kalo make gas POOOL teruys.., Tapi sekarang agak hati2…….. banget. karena sedikit khawatir umur mesin ga panjang. dan untuk nyari spare part-nya langka bgt. Tapi alhamdulillah sampe sekarang Trend SR ane masih AJIB aje. rekor ngebulin motor laen: Jupi MX di Fatmawati, Satria FU (Rival Bebuyudan): X- Malang,Matic Jepun TEWAS semuanya. Lokasi bekasi, bengkel: SOMATIC deket gapura JATIMULYA (Mekanic: Mas Bilal), KYSS LARASATI Pdk. Guede(Maknic: Pak WITO). Mudah-mudahan Produksi motor KYMCO di Indonesia bakal ada yang Ngelanjutin dengan Bendera baru jangan KLMI !!!! supaya bisa meminang lagi kymco jenis lainnye….

  25. eazycomeneazygo
    August 4, 2009 at 3:44 pm

    Ada baiknya Bro Admin SL sebagai blogger yang banyak menulis tentang dunia roda dua langsung saja menyebutkan http://www.kymco.or.id sebagai referensi bagi para peminat/pemerhati Kymco di Indonesia, terutama jika ada pengunjung blog anda yang lain yang meminta informasi tentang Kymco.

    Dan perlu diketahui juga bahwa website tersebut dikelola secara independen oleh para kymco-mania, dan tidak mempunyai hubungannya dengan produsen (ATPM) kymco di Indonesia.

  26. felix
    August 4, 2009 at 4:56 pm

    buat konsumen yang membanggakan Kymco…its u’r choice men!!!up to you lah….Ok lah spare part mesin masih bisa subtitusi ma motr laen……tapi tuk part cover-cover gmana?masa’ kalo pecah di tambal trus…ato bisa juga pk merk laen…brand Kymco anda bisa luntur lho!!!!!!u know……..yang rasional ajalah….

  27. felix
    August 4, 2009 at 4:59 pm

    mau gak ma tanding ma MIo 2006,?,,,,,,,,,,,,,Bengkel JAS- Malang….Jatim…….

  28. August 4, 2009 at 7:38 pm

    ok bro.. thanks atas inputnya.. http://www.kymco.or.id/

  29. August 8, 2009 at 9:50 pm

    Tolong dong bantu supaya kymco bisa eksis lagi di Indonesia,
    dukung petisi kymco Indonesia dgn menuju link ini:

    http://www.petitiononline.com/kymcoid/

    moga2 para petinggi kymco taiwan bisa mendengar dan segera bertindak untuk Indonesia..
    ***Indonesia peoples are waiting to buy more Kymco products!

    note: ga perlu nunggu KLMI atau Lippo Group yg ga pernah beres……..

  30. August 8, 2009 at 10:18 pm

    Setuju bro!

    -original message- Subject: [stephenlangitan.com] Comment: “Apa Kabar Motor Jetmatic Kymco?”

  31. Ve
    August 24, 2009 at 12:00 pm

    Hallo everyone…
    Mo nanya, dealer kmyco bandung di mana ya ?
    Uda pake segala jenis matic selain kymco, ternyata kymco gada lawannya, buset dah tu motor.
    Skrng pgn balik beli kymco baru lagi, tp bingung nyarinya dmn di bandung ? Trus bengkelnya dmn ?

    Anyone knows ?? Thanx berat.

  32. Ve
    August 24, 2009 at 12:04 pm

    ( lanjutan )

    Di bandung uda muter muter, di tlp tlp, nanya sana sini.
    Ngontek k jkt ga nyambung nyambung, email ga di bales bales, demi kymco haha,
    nyaman bgt si, what can i say.

    Anyone knows ??

  33. rey
    October 8, 2009 at 2:50 pm

    nyari Cymco easy 100 nih,,, di malang.
    ada yg punya info g yak?
    tolong donk kalo ada,
    thnx’s

  1. June 22, 2016 at 12:11 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: