Home > TIPS > Memilih dan Memasang Box Motor Yang ‘Sesuai’

Memilih dan Memasang Box Motor Yang ‘Sesuai’

November 12, 2008 Leave a comment Go to comments

imgp3494-smallJakarta, 12 November 2008. Jika membaca judul diatas, “Memilih dan Memasang Box Motor Yang Sesuai” seakan kalimat tersebut belum selesai.

Ya, betul kalimat tersebut memang belum selesai, karena apa yang ingin dimaksudkan dengan kata “sesuai” sangat luas sekali. Kalau begitu, maksudnya apa?

Inilah masalahnya. Ketika seorang akan memilih dan memasang box di motornya, setidaknya ia harus bisa “menyesuaikan diri” dengan berbagai situasi dan kondisi. Terutama pada sikon “kebutuhan utama” dan “anggaran” yang tersedia.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan antara lain ketika seorang bikers, atau pengusaha ingin pasang box di motor harus menyesuaikan kebutuhan utamanya berdasarkan jenis motornya, jenis usahanya, jarak perjalanannya, maupun anggaran yang tersedia.

Terakhir, dan ini selalu tidak pernah luput dari sebuah keputusan adalah “gaya dan selera”.🙂

Menimbang dan memperhatikan secara seksama sebelum ambil keputusan adalah cara yang bijaksana.

Pada prinsipnya kenyamanan dan keserasian adalah tujuan ketika sebuah motor mengalami modifikasi dan menambah asesories. Namun, jika kita berbicara untuk keperluan gaya dan mode, ya sudah tentu hal ini tidak akan ada matinya.

Sudah tidak salah lagi jika pemasangan box di motor kini menjadi trend bagi kalangan bikers dan juga bagi para pengusaha. Selain dari pada aspek effisiensi dan aspek penampilan (keserasian), maka aspek teknis harus lebih dulu diperhatikan.

Box motor khusus expedisi

Dibawah ini ada beberapa tinjauan ringkas (tips) bagaimana memilih dan memasang box motor yang bisa diaplikasikan; apakah untuk keperluan pribadi/individu, maupun untuk keperluan usaha.

  1. Pilih ukuran box yang pas dan cocok dengan ukuran motor yang bakal dipakai.
  2. Katakan secara jujur bahwa box yang bakal dibeli “pas” dengan ukuran motor yang dimaksud. Hindari masalah mubazir, salah beli atau merasa tidak pas setelah barang sudah dibeli.
  3. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan seorang sohib, atau rekan yang pernah pasang box, tanyakan suka-dukanya atau pengalamannya selama ia pakai box di motornya.
  4. Jika anggaran terbatas, maka batasi memilih box sesuai kebutuhan utama.
  5. Jangan pernah memaksakan diri memilih box yang bakal menyulitkan diri-sendiri, antara lain ketika melakukan manuver di jalan atau saat parkir. Pertimbangkan bahwa saat ini lahan parkir motor di perkantoran maupun di shopping mal sudah makin sempit.
  6. Pilihlah box yang berkualitas, tahan banting, dan tidak mudah rusak. Bedakan box dengan beberapa merek yang berbeda. Ada harga, pasti ada kualitas, tapi pikirkan anggaran dan ukuran box yang sangat dibutuhkan.
  7. Motor adalah kendaraan roda dua yang mudah mengalami kecelakaan, atau mudah terjatuh. Jadi, pertimbangkan box yang bakal dipilih memiliki kualitas yang sudah teruji.
  8. Pilih braket dari bahan besi yang kuat, tidak mudah patah. Harus diingat bahwa tumpuan beban yang ada di dalam box berada di braket.
  9. Braket harus dikunci secara kuat/kokoh pada bagian belakang kerangka motor. Braket yang terpasang jangan sampai bergoyang atau bergetar.
  10. Memasang braket “simetris” mengikuti kemiringan bodi motor yang agak menungging. Penampilan dan keserasian membuat motor juga enak dilihat.
  11. Box motor yang terpasang harus tampak menungging kedepan, karena saat motor jalan gaya momentum barang didalam box bakal terpusat ke depan. Perhatikan bodi seorang bikers, mana yang harus dilakoni, apakah ia harus berat kedepan atau berat kebelakang?
  12. Dapatkan informasi dan silang pendapat yang objektif.
  13. Hindari perasaan-perasaan yang membuat keputusan jadi tidak objektif.
  14. Jika bingung dan bimbang, kembalikan permasalahan pada tujuan utama: mengapa saya memerlukan box? Misalkan, pada saat ini sedang musim hujan, maka alasan utama membeli box adalah untuk keperluan menyimpan jas hujan dan sepatu boot.
  15. Kros cek harga adalah hal yang wajar. Silahkan kunjungi beberapa alamat, toko, maupun bengkel yang biasa menjual box motor. Pembelian dalam jumlah banyak untuk usaha bahkan bisa mendapatkan diskon.
Pertimbangkan lahan parkir yang makin sempit
Beruntung jika dapat parkir khusus
Pilih box yang berkualitas
Jangan terlalu maksa bro..🙂


Bijak pilih box sesuai dengan ukuran motor


Pilih box yang pas untuk touring

The End.

Categories: TIPS
  1. akmal eky
    November 12, 2008 at 7:12 pm

    Lho….kok ada foto ini? Kapan lu ke Udin dan gw nggak tau?

  2. akmal eky
    November 12, 2008 at 7:16 pm

    Pasti motornya nggak pernag dipake turing, bersih banget🙂

  3. AChOeL
    November 12, 2008 at 11:23 pm

    Busyet, Honda Beat pake Givi E52..Shogun NR sy aza paling berani pake E370. Ini motor lebih imut pake Givi paling besar. Boleh banyak duit, tapi diperhatikan juga motornya cocok gk. Duh, berapa point diatas yg dilanggar tuch.

  4. November 13, 2008 at 9:45 am

    betul tuh jangan maksa, CS1 gue pikir max pake model e35 flow tp ternyata ada yang pasang lebih gede heuheuheuee

  5. ekowd
    November 13, 2008 at 12:02 pm

    HIDUP BOX!!!!!

    Buat ane, apapun motornya, harus pake box lengkap. Very practical, terutama musim hujan gini nih. Top box buat helm & riding gear kering kalo parkir, sidebox kiri barang lain2, sidebox kanan box basah.

  6. November 14, 2008 at 9:52 am

    hmmm …
    parah tu HONDA BEAT
    pffttt x_x

  7. robot gedek
    November 14, 2008 at 12:42 pm

    Mau sharing doangan nih….gw tuh kesel dengan pengendara dgn side box samping padahal itu cuma perjalanan dari rumah ke kantor masa harus sebanyak itu kah…..????? jalanan jakarta sepertinya gak cocok dgn hal itu..sempit…tanpa ada itu juga dah sempit….! jadi tolong deh disesuaikan dgn fungsinya kita kembalikan hal itu. Emang itu hak semua orang…..duit sendiri gak dibeliin cuma toleransi berkendara juga harus ada karena bukan kita doangan yg bawa kendaraan.

  8. akmal eky
    November 14, 2008 at 4:45 pm

    Bro RG, sebenarnya, mereka mungkin punya alasan sendiri dalam hal melengkapi motor dengan sidebox, rasanya cenderung karena alasan fungsional. Mungkin mereka diharuskan membawa perlengkapan ekstra yang rasanya nggak mungkin dimasukkan ke dalam tas? Jalanan Jakarta sudah sempit sejak dulu bro, namanya juga Kota Metropolitan…toh dengan memakai sidebox, mereka sendiri yang mendapatkan dampaknya, mereka sulit bermanuver serta bergerak lincah di antara kemacetan. Itu resiko yang harus mereka tanggung sendiri. Saya pribadi, kalau ingin berangkat tanpa berdesakan di jalan atau sekedar ingin berkendara santai ke kantor, saya menyiasatinya dengan berangkat lebih awal. Terima kasih atas space-nya Bro Stephen…

  9. ferry
    November 17, 2008 at 8:51 am

    Gua pake E45 buat MX ,bukan mau gaya2 an, tp gua emg perlu nih box, terutama buat buat tempat helm gua ama istri, sayang klo helm di cantolin di motor, lecet iya ntar, soalnya gua beli helm yg udah memenuhi standar yang ada, plus isi jas ujan 2 set buat gua ama istri, Buat belanja bulanan juga oke ini box.
    Gua setuju ama bro Stephen harus sesuai ama kebutuhan dan ukuran motor.
    Tp klo yg punya Honda Beat nyaman ama E52 gpp klo menurut gua, yang penting nyaman aja klo kita bawa motor dengan box gede.

  10. ekowd
    November 17, 2008 at 9:13 am

    @ robot gedek:

    Yup, setuju sama bro akmal. Gw pake sidebox bukan buat gaya2an. Tapi karena fungsinya, walaupun cuma dari rumah ke kantor. Box atas buat helm & riding gear & barang2 cewek gw, box samping buat jas hujan gw & cewek gw, box kiri buat barang2 gw termasuk dokumen2.
    Gw ga mau barang2 gw basah karena hujan, makanya gw pake box. Backpack ga aman dr hujan.
    Gw sebelumnya pake mobil, jadi tetep bisa dibilang penghematan ruang di jalan dong….
    Kalo mau protes sama yang buang2 ruang di jalan, protes sama yang sehari2 naik mobil sendirian tuh.

    Satu lagi, kalo di jalan, lebar motor gw pake box ga beda sama yang ga pake box kok. Walaupun gw pake motor gede. Karena titik paling lebar motor gw tetep setang.
    Coba aja deh, anda di depan saya naik tiger standar. Saya pake full box. Celah sesempit apapun yang anda bisa lewatin tanpa nurunin kaki (miring2in motor), gw juga pasti bisa lewat kok.
    Paling parkir aja sedikit lebih banyak butuh space. Tapi cuma beda dikit kok.

  11. ronie
    November 17, 2008 at 3:29 pm

    mungkin maksudnya robot gedek, yang pake sidebox gede2 macem e20, e460, e41.
    pan lebar tuch…

    btw, demen ane ngeliat beat pake maxia…
    keknya kalo jalan, yang nempel ke tanah cuman ban belakangnya doang…bwehehehehe

  12. bluepio
    November 17, 2008 at 11:30 pm

    si beat pake e52..
    di ajak nanjak jalan di parkiran mall yang terjal bangets naeknya dari basment..
    trus di box isinya penuh plus ada boncengers..
    apa gak ilang grip roda dua tuh di tanjakan..
    bisa ngangkat tuh motor..

    ane sebagai pengguna full 3 box aja kadang ngerasa roda depan kadang lost grip tiap jalan nanjak keluar parkiran gedung apa lagi ada boncengers n box full..
    solusinya sok depan ane turunin dikit dengan asumsi motor rata jangan mendongak posisinya..

    begunu..

  13. farid HRC-009
    November 20, 2008 at 4:14 pm

    Beat pake E52? moso ollooooohhhh

  14. aji
    November 21, 2008 at 10:06 am

    beat pake maxia????kyk kenal motor dan lokasinya….hehehehehee….

  15. dAnAn9 TC_1851
    November 21, 2008 at 2:50 pm

    SALUT NTU Gw BWT Si BeAT, sprti Pribahasa:”BESAR BOX MAXISnya DARIPADA BAN & BODY MOTORNYA,yg PENTING SAFETY RIDINGNYA AJ BRO..
    *OHY Gw lg cari harga miring box GiVi E45 & KaPPa 46,qlo ADA INFO TOLONG BRITAHU Y BRO di; danangrahardjo85@gmail.com
    thanKs,i Love u to ALL BROtherhood indOnESiA..

  16. November 21, 2008 at 3:02 pm

    semok bagt pke boks gede…..

    over size bro

  17. rifky
    November 22, 2008 at 6:47 am

    Kalo utk vario maximum pake yg berpa liter ya bro? Lagi nyari box yg pas nih buat vario gw, perjalanan tiap hari tebet jababeka cikarang harus di tempuh, rada ribet bawa backpack mulu. Apalagi kalo ujan gini, bingung bawa jas ujannya, bagasi sempit euyyy…info donk box yg pas buat vario….

  18. November 24, 2008 at 10:41 am

    pake side box, laptop beserta tas kecilnya pas banget, bila musim hujan tidak kena hujan…
    jadi tidak gaya gaya an. tapi tidak musim hujan copot lagi…

  19. November 24, 2008 at 4:49 pm

    @ Bro Rifky,
    Box untuk vario dan sekelasnya paling pas pake ukuran 33-35 liter. Enak di liat sesuai dengan ukuran motor. Tadi gw liat ada yg pake 45 liter, rasanya kebesaran. Ibarat kita pake baju ada ukuran, kalo badan ukuran S, mbok ya jgn pake baju ukuran L, apalagi XL🙂

  20. November 26, 2008 at 5:18 pm

    Tengkyu bro atas info nya, secepatnya beli box dahhh….

  21. November 28, 2008 at 10:00 pm

    klo mau beli box sesuaikan dgn motor,lahan parkiran dan kebutuhan.sebelum beli sharing sm temen yg dah pake box.ok bro.

  22. g_satriany
    January 4, 2009 at 9:30 pm

    Robot Gedek, mungkin yang bersangkutan memilih naik motor dengan sidebox dengan pertimbangan lebih efisien jika dibandingkan dengan naik mobilnya yang ternyata juga dilengkapi sidebox, lebih sempit kan jalannya? wakakakakak…..does ‘freedom’ means anything to you?

  23. anggi
    February 9, 2009 at 4:19 am

    izin copas yah bro….

  24. February 9, 2009 at 11:46 am

    @Anggi, silahkan saja asal jangan dilupakan sumbernya.. hehehe..🙂

  25. ferdi
    March 11, 2009 at 1:08 am

    saya minta tolong untuk para pecinta motor …saya mau pakai box belakang untuk motor jupiter mx kira2 besarnya yang pantas dan indah di lihat berapa ya ukurannya..ok .

    terima kasih
    ferdi

  26. March 11, 2009 at 5:57 am

    @ferdi,
    Gampang koq bro..
    Kita bisa liat orang2 yag sudah duluan pake box.
    Buat Jupiter MX bisa jadi cocok ukuran 33-35 liter.

  27. ipunk
    May 7, 2009 at 9:36 am

    bro…ane maw pasang side box?bisa kasih info na broo.
    thxz…

    sw nr
    B 6565 TRU

  28. May 7, 2009 at 12:24 pm

    @Ipunk, langsung aja ke bengkel PMS. Info bengkel ada di blog ini juga. Ketik “PMS” di menu search.

  29. corleone
    September 6, 2009 at 10:31 pm

    mas ada Bracket bekas ga untuk vixi,,tlg klo ada kirim email ke aku ya.maklum mw pulang kampung,,,hehehethx atas infonya ya…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

