Home > REPORT > Menyambut Ultah Milis HTML ke-8: Sabtu, 18 Oktober 2008

Menyambut Ultah Milis HTML ke-8: Sabtu, 18 Oktober 2008

October 17, 2008 Leave a comment Go to comments

“A Tale of Three Communities: Harley-Davidson, Facebook and HTML”

Wah! Ada apa tuh dengan judul tersebut yang pernah muncul di halaman Klasika harian Kompas, Jumat 10 Oktober 2008? Artikel ditulis oleh Hermawan Kartajaya, pakar pemasaran dari Indonesia, sekaligus penulis buku bidang bisnis dan pemasaran.

Kebetulan saja, saya adalah anggota komunitas Facebook dan HTML (Honda Tiger Mailing List), oleh karena itu saya tertarik baca artikel tersebut lebih jauh. Setelah saya simak tulisan tersebut, rupanya Pak Hermawan Kartajaya sedang membahas tentang ‘social connector’ yang dibangun oleh para komunitas yang mampu memberikan pengaruh yang tidak kecil terhadap lanskap bisnis.

Kalau begitu, emang ada apa?

“Inilah yang menunjukkan peranan Connector—dalam hal ini Social Connector—dalam lanskap New Wave Marketing” demikian tulisannya pada bagian akhir artikel tersebut. Sebagaimana kita ketahui bahwa tulisan Pak Hermawan Kartajaya perihal New Wave Marketing setiap hari muncul di harian Kompas, maupun media Kompas.Com

Ia memberikan contoh komunitas HOG (Harley Davidson Owners Group) yang dikatakan adalah murni komunitas berbasis ‘offline’. Sedangkan FB (Facebook) adalah komunitas ‘online’, dan komunitas HTML (Honda Tiger Mailing List) adalah berbasis mutual, ‘offline’ dan ‘online’.

Memang ada benarnya, apa yang ditulis oleh Hermawan Kartajaya di artikel tersebut, isinya sesuai dengan apa yang saya alami, baik saya sebagai anggota komunitas FB (Facebook) dan HTML (Honda Tiger Mailing List). Walaupun kedua komunitas tersebut beda aliran, tapi pada prinsipnya sama, yaitu tempat menjalin hubungan ‘social and networking’ yang lebih luas.

Bersama komunitas Facebook (FB), saya mendapatkan banyak teman, apakah itu teman lama, teman baru, maupun teman-temannya dari teman tersebut. Sangat mudah dan sangat luas menjumpai orang-orang yang berada di alam jagat ini hanya dengan tombol keyboard. Tak disangka dengan FB kita bisa menemui kembali teman-teman lama (baca artikel ini).

Informasi dan data yang disuguhkan FB sangat lengkap melalui tampilan menu info, foto, link posted, group, dan sebagainya.

Demikian pula ketika saya berada dalam komunitas HTML (Honda Tiger Mailing List) dimana saya bergabung sejak akhir tahun 2004.

Mailing-list HTML‘ dan forum KHTI (Komunitas Honda Tiger Indonesia) adalah media internet yang sedikit agak beda, tapi kedua-nya bisa dipergunakan untuk ber komunikasi on-line dengan banyak teman di seluruh dunia. Dari situ saya mendapatkan banyak teman dalam hitungan ribuan.

Memasuki ultah HTML yang ke-delapan, terdata anggota ‘Stiker Resmi HTML’ mencapai lebih dari 1900 orang. Sedangkan anggota yang terdaftar di dunia maya, yaitu ‘milis HTML’, sudah tembus di atas 8000 orang.

Waktu acara Kopdar Parkit (Parkir Timur) Sabtu, 28 Juni 2008 tercatat hadir lebih 300 motor anggota HTML; ketika itu lagi ada acara khusus pembagian stiker resmi HTML dengan nomor urut 1800 s/d 1900-an.

Bersama HTML, saya bisa menjumpai teman-teman yang ada di setiap kota di tanah air Indonesia. Aktifitas berkala ikut kopi-darat (kopdar) atau ikut even touring ke luar kota, memperkokoh hubungan relasi dengan sesama ‘brother’ penyuka motor Honda Tiger, sekaligus membangun hubungan dengan klub/komunitas dari aneka merek motor yang lain.

Saya telah banyak menjalin hubungan pertemanan yang solid dan kokoh. Secara jujur, penulisan weblog pribadi ini hadir, gara-gara saya banyak melakukan wisata touring dengan HTML. Semua laporan touring saya ulas ke dalam Forum Touring KHTI.

Namun karena tuntutan perkembangan ‘social networking’ yang makin meluas, maka hal tersebut meminta saya menulis secara bebas. Semuanya kini saya salurkan melalui weblog pribadi seperti yang anda baca saat ini.

Bagaimanapun juga, saya tidak akan melupakan atau meninggalkan milis HTML maupun forum KHTI yang telah memberikan konstribusi dalam banyak hal.

Sejak bergabung dengan komunitas HTML dan FB, perkembangan hubungan relasi makin berlanjut, saya tidak saja akrab dengan para pemilik motor, tapi berambah kemana saja. Saya membangun hubungan relasi dengan para penyuka RAKOM (radio komunikasi), antara lain RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia).

Selain itu, saya juga bisa menjalin hubugan relasi dengan DDOCI (Ducati Desmo Owners Club Indonesia), para ‘Blogger roda-dua’, dan menciptakan hubungan relasi dengan berbagai “Group Facebook” (ada ratusan jenis group yang bisa dicari di menu search facebook).

Apa keuntungan masuk dalam komunitas besar? Jawabannya, menciptakan hubungan relasi dengan masyarakat secara luas: Social, Relationship and Networking!

Ketika berbicara mengenai weblog ini, lagi-lagi saya beruntung dengan fitur dari WordPress, FB, milis HTML, dan KHTI karena secara tak langsung telah terjadi unsur pemasaran elektronik. Semua tulisan yang ada di weblog ini sangat mudah dicari melalui ‘search engine Google’.

Saya tidak pernah repot pasang iklan, saya pun tidak pernah mengeluarkan biaya pemasaran, apalagi cuap-cuap. Bahkan saya tak pernah pusing mikirin bagaimana weblog ini bisa dibaca oleh masyarakat luas. Semuanya mengalir begitu saja melalui fasilitas elektronik ‘link to link”.

Yang pasti saya ingin senantiasa memuaskan pembaca weblog ini dengan aneka ragam informasi yang benar-benar informatif dan berguna. Wisata touring adalah salah satu kegemarannya saya, dan semoga artikel seperti ini makin bertambah.

Gaya penulisan saya berbasis pengamatan dan pengalaman langsung, yang disertai dengan rekaman foto. Jadi, prinsipnya suguhan artikel-artikel yang sudah pernah dibaca maupun yang akan datang, akan senantiasa menganut paham “Real and actual!🙂

Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk “Milis HTML” yang ke-8 (berdiri sejak 18 Oktober 2000). Semoga tetap jaya dan sukses dengan anggotanya yg sudah mencapai 8,064 (terekam di yahoogroup per Jumat 17/10/08 pkl. 14.30 WIB).

The End.

Categories: REPORT
  1. Ryan
    October 17, 2008 at 9:15 am

    BRAVO HTML…

    selamat ulang tahun ya HTML….

    buat om stephen tetap berkarya ya om..

    kirim foto motornya ke saya dong om..

    *penasaran*

    Ryan-HTML Tangerang

  2. October 17, 2008 at 3:02 pm

    Om steve, ralat dikit om… nama beliau adalah Bpk. Hermawan Kartajaya, bukan Herman Kertajaya seperti tertulis di atas..

    thx

  3. October 18, 2008 at 2:30 am

    Selamat Ulang Tahun, Semoga sukses terus

  4. October 20, 2008 at 8:33 am

    BRAVO HTML!!!

  5. October 29, 2008 at 2:41 am

    Salut to HTML
    SAlut to Pak Stephen
    Saya kagum dengan tulisan2 Pak Stephen, terus berkarya pak bro
    Kebetulan tanggal lahir HTML sama dengan tanggal lahir saya..hehe…(iklan)_

    salam dari,
    HTML barat
    1821

  6. October 29, 2008 at 3:59 am

    @ arytopo,
    Ultah dicatet nih.. jadi tahun depan gampang diingat, apalagi sudah terekam disini.. hehehe..🙂
    Thanks untuk komentnya, ya semoga saja isi weblog berguna buat para pembaca. Have a good day!

  7. October 30, 2008 at 3:55 am

    xixixi…wah terima kasih pak bro
    traktirannya yah pak stephen, hehe…eh terbalik yah…
    thanks udah mampir diblog saya ya pak…mohon ide dan sarannya…
    terus berkarya pak bro…

  8. January 5, 2009 at 2:07 am

    Cukup FB dulu j…tp msh dkt

  9. February 8, 2009 at 11:29 pm

    Salut Juga untuk HTML
    Selamat ultah ya….
    Walau saya nggak punya Tiger, tapi saya suka tulisan2 disini

    taruna

  10. February 9, 2009 at 11:44 am

    @Taruna,
    Terima kasih kalo betah disini..
    Hari Minggu kemarin 8/2/09 sebenarnya HTML punya acara Group Safety Riding, cuma sayang saya tak sempat datang untuk melihat/meliput acaranya. Sebenarnya acara tersebut bagus sekali tentang tata-tertib Safety Riding bersama Group.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

