Home > REPORT > Pickno: Portals Cutting Arts Stickers

Pickno: Portals Cutting Arts Stickers

October 16, 2008 Leave a comment Go to comments

Jakarta, 16 Oktober 2008. Coba perhatikan disetiap sudut di sekitar kita, pasti ada beberapa stiker yang menempel dikaca, pintu atau di tempat lain.

Bagi pemilik mobil atau motor pastinya ada stiker yang nempel. Jika mobil / motor tersebut berasal dari klub atau komunitas, maka umumnya mobil / motor bakal ditempeli dengan beragam jenis stiker. Apalagi, jika motor pakai box, maka tak salah lagi keramaian stiker sering kali mewarnai box motor tersebut..๐Ÿ™‚

Stiker adalah seni dan variasi asesories. Bisa menunjukkan indentitas pemiliknya. Menggambarkan siapa dirinya. Bisa juga menjadi kebanggaan bagi pemiliknya jika stiker di tempel (mudah-mudahan sih tidak arogan).

Yang pasti selera dari tiap individu berbeda. Beberapa stiker dibuat karena mengikuti trend yang lagi ngetop, misalkan angka “46” menunjukkan pemiliknya penggemar pembalap MotoGP Valentino Rossi.

Kalau anda kebetulan melintas Jl. Pinang I Pondok Labu (belakang Aneka Buana), perhatikan sebuah kios di kiri jalan yang berlabel “Portal Cutting Arts Stickers”. Khususnya hari Sabtu//Minggu atau juga hari libur nasional, disitu bakal ada puluhan motor yang sedang antri untuk didandani dengan ‘striping sticker’.

Kios kecil ini merupakan usaha stiker yang dikelola sejak tahun 2004 oleh Mas Pickno (28 tahun). Ia merintis usaha stiker diawali dengan jualan stiker yang dilakukan oleh para pedagang eceran stiker pada umumnya. Tapi, kios ini sekarang sudah berkembang, kios sudah dilengkapi dengan dua buah unit komputer, satu buah cutting printer, dan dibantu oleh enam pegawai! Luar biasa!

Siapakah Mas Pickno ini? Apakah ia seorang pengusaha atau berpendidikan tinggi? Jangan heran, jika ia dulu sekolah SD saja tidak tamat. Namun beberapa pegawainya, lingkungannya, ataupun para konsumennya yang suka nongkrong meramaikan kiosnya kebanyakan adalah bergelar sarjana. Ini tidak main-main!

Dikatakan olehnya, bahwa awalnya ia memang seorang penjual stiker biasa, semua stiker yang dijual adalah hasil cetakan dari sononya. Namun begitu, ia bisa cepat menyesuaikan diri mengikuti perkembangan klub motor atau komunitas motor/mobil yang kini sudah menjadi pelanggan utamanya.

Sejalan dengan waktu dan mengikuti selera konsumen, ia bisa melihat celah dimana konsumen kebanyakan ingin fleksible. Artinya kalau mau masang stiker harus cocok dengan kebutuhan maupun selera konsumen. Ornamen stiker harus bisa dipesan atau dicetak berdasarkan konsep yang diinginkan oleh konsumen.

Ia pun mengawali bermain ‘cutter’, memotong beberapa lembaran kertas stiker dan kemudian dipadukan dengan lekukan-lekukan yang ada. Kemudian hasil ornamen stiker tadi di coba dan ditempel. Jika, konsumen belum puas, maka ia ulangi lagi, dan akhirnya ia mulai mendapatkan keterampilan memotong lembaran stiker yang pas.

Pria bujang yang akan segera menikah ini mengakui jika anak-anak yang suka nongkrong di sekitar kiosnya adalah jago-jago bermain komputer. Ia pun secara tidak disengaja diajarkan bagaimana menggunakan komputer dengan software “Correl Draw”. Hasilnya sampai saat ini, peralatan komputer yang sudah dimiliki adalah dua unit PC ditambah dengan satu mesin cutter yang lebar. Canggih dan modern!

Stiker apa saja yang bisa dipesan? Striping motor, striping mobil, papan nama, blok body motor, neon box, text peringatan, merek-merek helm ternama, merek oli, gambar-gambar lucu, dan lain-lain jenisnya. Yang pasti banyak sekali ragamnya!

Ia pun sampai garuk-garuk kepala kalau mau ngikutin selera konsumen. “Gak pernah habis-habis bro” ujar pria kalem yang rada-rada cuek ini. Mau stiker “striping” motor, sebenarnya bisa saja melihat album yang tersedia, tapi biasanya konsumen suka minta yang beda, artinya konsumen gak mau pake stiker yang sudah pasaran.

Kalau sudah begini, maka ia keluar ke halaman parkir dan memperhatikan lekukan bodi motor dimana stiker ‘striping’ akan ditempel. Diukur dan dibuatkan konsepnya melalui komputer. Apa yang dikerjakan melalui komputer sudah begitu mudah, klik ‘copy’ and ‘paste’, kemudian ‘zoom’, konsumen dipersilahkan melihat dulu di layar komputer. Kalau konsumen sudah oke, tinggal di print. Cepat dan mudah!

Sebelum ia tekan tombol ‘enter print’, biasanya ia tanya dulu, mau pakai kertas apa? Kertas stiker jenis KW1 ex Jerman/USA (merek 3M), atau kertas stiker KW2 ex Jepang/Korea atau kertas stiker KW3 dari China dengan ragam merek.

Ia pun akan menyebutkan harga yang bakal dipatok sesuai kualitas kertas yang dipilih, ukurang stiker (panjangxlebar), dan ongkos pasang. JIka harga sudah cocok, maka ‘enter printer’ segera di eksekusi. Setelah diprint, maka kertas stiker dikopek dulu dengan alat ‘cutter’, secara manual dan sangat hati-hati.

Sebenarnya konsumen tidak usah pusing pilihan model/lay-out stiker, ataupun pilih huruf/text, karena semuanya sudah tersimpan di komputer. Ada ratusan, dan mungkin ribuan jenis stiker yang pernah ia kerjakan.

Pasang stiker striping motor baru Kawasaki Ninja 250R sudah lebih dari sepuluh konsumen yang beda. Jika, ada pesanan baru lagi maka ia dengan gampang melakukan modif sana-sini dengan mengambil data dari komputer.

Jadi, kalau mau pesan stiker, tinggal bilang saja, mau stiker apa. Jika barang sudah ada di etalasenya artinya sudah beres. Tapi, jika belum ada, maka anda akan dipersilahkan duduk didepan komputernya sambil mencari data yang dimaksud.

Anda masih belum yakin? Mau membuktikan sendiri? Silahkan kunjungi alamat kiosnya di Jl. Pinang I No. 54e, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Telepon 71006097 (peta lihat dibawah). Hari Jumat libur, jam buka mulai pukul 08.00 s/d 19.00 WIB.

The End.

Categories: REPORT
  1. YUDI
    October 17, 2008 at 3:44 am

    WAH PERTAMA EUY!!!!
    OM STEPH INI EMNG MANTEP2 LIPUTANNYA? JGN2 PUNYA PENGALAMAN JADI WARTAWAN YA?

  2. October 17, 2008 at 7:24 am

    siipp dah.. dilanjut lagi bro..๐Ÿ™‚

  3. ekowd
    October 21, 2008 at 8:28 am

    Info yang berguna. Thanks!
    Kebetulan mau cat tangki motor. Perlu bikin stiker lagi buat merek di tangki motor.

  4. balq
    October 23, 2008 at 10:38 am

    mantabs dah liputannya om stephen…
    masih sempet yah cari-cari berita sekitar biker atau yang berhubungan dengan biker…

  5. October 25, 2008 at 1:29 pm

    @ balq,
    sekedar bantu2 teman bro..๐Ÿ™‚ yang penting informasinya berguna.

  6. merayernest
    October 27, 2008 at 8:11 am

    ini yg satu arah itu ya om step?

  7. October 27, 2008 at 8:38 am

    @ merayenest,
    Iya betul. Kalo mau kesitu minta bro Garry anterin..๐Ÿ™‚

  8. Infanto
    October 30, 2008 at 5:09 am

    Bro, thanks info nya, kemaren gue dah kesana dah pesen stiker buat klub motor kantor. Bagus dan murah lagi, highly recommended.

    Thanks berat.

  9. October 30, 2008 at 10:56 pm

    @ Infanto,
    Siip dah. Pokoknya disana selalu rame.
    Lewat jam 16.00 sore biasanya nggak bisa dilayanai lagi..๐Ÿ™‚

  10. November 13, 2008 at 1:12 pm

    pondok labu ? oke coba dicari, mo taruh motif repsol honda edisi andrea dovi di vario gue hehehhe๐Ÿ™‚

  11. November 13, 2008 at 3:00 pm

    Kalo saya mau pesen stiker minimal pesanan berapa?

  12. November 13, 2008 at 3:31 pm

    @ Andry & Mini,
    Langsung aja datang ke Pondok Labu Jaksel sesuai peta lokasi.
    Pesan 1 biji juga dilayani. Asal mau datang ke lokasi.๐Ÿ™‚

  13. December 6, 2008 at 8:56 pm

    waaaaaaaahhh,…. liputan menarik …
    pikno ini dulu belajarnya sama ombule a.k.a gwe wakakakakakakakkakak….
    dari jaman sulid sampai sekarang ini…

    nah webnya dia pun ik yang buwatin…
    monggo kelik :

    http://portals-stickers.bravehost.com/

    salamaniselalu,
    ombule

    http://www.herumedia.co.nr/

  14. kelapa 3 motor community (K3MCO) 016
    February 6, 2009 at 1:10 am

    yang bikinin registrasi ank2 k3mco.
    sukses buat mas pickno dengan portalnya.

  15. June 6, 2009 at 2:53 pm

    Bravo Mas Pickno!!!
    Saya salah satu orang yang kagum sama usahanya Mas Pickno… Belum ada orang lain yang bisa memenuhi kebutuhan saya akan pembuatan stiker.. Teknik dan pemahaman masalahnya sangat luar biasa… mulai dari sistem manual sampai “computerised”… Makanya banyak yang men”support”. Banyak orang yang bisa software2 design tapi tidak siap untuk “berkompetisi” seperti dia…
    Ciri2 Mas Pickno “Diam tapi menghanyutkan” hehehe… Terus Berjaya…

    Bobeng
    BroBikers

  16. June 6, 2009 at 6:44 pm

    Artikel ini masuk ‘top hits’ gara-gara ada orang yg lagi cari stiker yang biasa dipake oleh GIVI Automall. Kalo mau lihat sejarahnya, Mas Pikno mulai ngetop sejak meluncurkan stiker-nya “Bro Bikers” yang kala itu dipimpin oleh Bro Bobeng. Kita ketahui bahwa Bro Bikers punya tempat kopdar di GIVI Automall, dan belakangan GIVI Automall menggunakan jasa Mas Pikno atas referensi Bro Bobeng. Ini yg namanya networking!

  17. Ian
    June 22, 2009 at 9:11 pm

    Wah ini mah deket rumah saya bro, hehehe..sempet liat2 sih cuma belum nyobain. hmm….klo bro Stephen aja udah mampir dimari nanti ane coba deh. thanks for remind me. regards.

  18. June 22, 2009 at 10:10 pm

    Ian, jangan ketinggalan bro.. dealer GIVI Automall aja pake jasa Mas Pickno..๐Ÿ™‚

  19. hendra
    August 22, 2009 at 10:40 pm

    thanks oom stephen. segera meluncuuur๐Ÿ™‚

  20. brother
    September 13, 2009 at 5:49 pm

    g minta desain striping dong

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: